Saturday, May 27, 2017

Penyakit Monyet Pantai | Drh. Fira Sovica

Seperti halnya jenis hewan lain, kesehatan monyet pantai bisa diketahui dari perilaku dan fesesnya. Ciri monyet pantai yang sakit akan kita bahas di artikel kali ini. Bagi anda yang ingin memelihara monyet pantai, anda bisa membaca artikel saya, cara memelihara monyet pantai.
Penyakit Monyet Pantai
Image taken from wikimedia.org



Dan berikut adalah beberapa

penyakit monyet pantai

:
  • Distemper.
  • Ya, distemper bisa menyerang monyet pantai. Gejala distemper pada monyet pantai adalah bersin, keluarnya ingus dari lubang hidung monyet pantai, mata berair, monyet pantai susah bergerak (hilang keseimbangan), demam, mata monyet pantai berair, terlihat kesulitan bernafas (terengah-engah), fesesnya mencret, dan dehidrasi. Pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk menolong monyet pantai yang kena distemper adalah dengan memberikan larutan air kelapa muda campur sari kurma, dan membawanya ke dokter hewan terdekat.
  • Rabies.
  • Monyet pantai juga bisa terjangkit rabies. Untuk mencegah rabies pada monyet pantai, anda bisa memberikan vaksin kepada monyet pantai peliharaan anda. Selain itu, hindari kontak dengan hewan lain yang dicurigai mengidap rabies.
  • Scabies.
  • Scabies adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh kutu, ditandai dengan adanya ketombe, kerak, dan bintik merah pada badan monyet pantai. Untuk mengobati scabies pada monyet, anda bisa menggunakan shampo Benzoyl Peroxide yang bisa dibeli di toko perlengkapan kucing. Mandikan monyet pantai peliharaan anda minimal seminggu dua kali dengan air hangat dan shampo Benzoyl Peroxide. Penting pula untuk menjaga kebersihan kandang monyet pantai anda agar penyakit scabies bisa sembuh. Untuk referensi, anda bisa membaca artikel saya, obat scabies untuk musang.
  • Hind leg paralysis (kelumpuhan akibat kurang kalsium).
  • Selain bisa terjadi pada sugar glider dan musang, hind leg paralysis juga bisa terjadi pada monyet. Untuk mencegah hind leg paralysis pada monyet pantai, pastikan asupan kalsium tercukupi dengan memberikan makanan tinggi kalsium atau bisa juga dengan rutin memberikan bubur bayi promina minimal seminggu 3 kali. Anda juga bisa memberikan suplemen kalsium untuk monyet pantai anda.
Demikian adalah beberapa

penyakit pada monyet pantai

. Semoga artikel singkat ini bisa membantu anda para owner monyet pantai. Ada pertanyaan? Silakan ajukan di kolom komentar. Nanti pasti saya balas. Terima kasih (FS)

9 comments

selamat pagi dok?
saya mau tanya. monyet saya di sebelah atas matanya terdapat benjolan seperti nanah itu bagai mana mengobatinya?

parah nggak mas? ada lukanya juga?
mas bisa kasih amoxicillin. tapi ada dosisnya. jangan sembarangan. ada kok artikelnya: DOSIS AMOXICILLIN UNTUK HEWAN...

seperti di gambar itu dok, terimakasih sebelumnya dok..

mana gambarnya mas?
kalo mas sentuh, kayak lunak atau keras?

sekarang gimana? mengecil atau malah membesar?
udah coba kasih amoxicillin mas?

Met malam bu dokter...monpai saya kalo di kandang kadang tiduran terus kadang agresif kenapa ya? Trus pup nya agak lembek...saya kasih susu dancow sama makan biskuit n roti...pernah dikasih promina campur susu dancow langsung mencret...apa monpai saya sakit y dok?

mending mas kasih buah aja sementara. pisang atau pepaya.
terus pagi dan sore kasih minum air kelapa campur sari kurma...

jangan dikasih makan dan minum selain yang sudah saya sebutkan tadi.... lakukan selama seminggu ya mas...

Dokter
Monyet saya jenis siamang...sering digarut-garutnya badanya..
Cara mengobati gatalnya gimana ya..
Terimah kasih

perlu dicek dulu, dia garuk2nya karena apa... apa karena kutu, atau jamur, atau karena kotor aja....

sering mas mandikan?


Silakan upload gambar.