Saturday, May 27, 2017

Penyakit Monyet Pantai | Drh. Fira Sovica

Seperti halnya jenis hewan lain, kesehatan monyet pantai bisa diketahui dari perilaku dan fesesnya. Ciri monyet pantai yang sakit akan kita bahas di artikel kali ini. Bagi anda yang ingin memelihara monyet pantai, anda bisa membaca artikel saya, cara memelihara monyet pantai.
Penyakit Monyet Pantai
Image taken from wikimedia.org



Dan berikut adalah beberapa

penyakit monyet pantai

:
  • Distemper.
  • Ya, distemper bisa menyerang monyet pantai. Gejala distemper pada monyet pantai adalah bersin, keluarnya ingus dari lubang hidung monyet pantai, mata berair, monyet pantai susah bergerak (hilang keseimbangan), demam, mata monyet pantai berair, terlihat kesulitan bernafas (terengah-engah), fesesnya mencret, dan dehidrasi. Pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk menolong monyet pantai yang kena distemper adalah dengan memberikan larutan air kelapa muda campur sari kurma, dan membawanya ke dokter hewan terdekat.
  • Rabies.
  • Monyet pantai juga bisa terjangkit rabies. Untuk mencegah rabies pada monyet pantai, anda bisa memberikan vaksin kepada monyet pantai peliharaan anda. Selain itu, hindari kontak dengan hewan lain yang dicurigai mengidap rabies.
  • Scabies.
  • Scabies adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh kutu, ditandai dengan adanya ketombe, kerak, dan bintik merah pada badan monyet pantai. Untuk mengobati scabies pada monyet, anda bisa menggunakan shampo Benzoyl Peroxide yang bisa dibeli di toko perlengkapan kucing. Mandikan monyet pantai peliharaan anda minimal seminggu dua kali dengan air hangat dan shampo Benzoyl Peroxide. Penting pula untuk menjaga kebersihan kandang monyet pantai anda agar penyakit scabies bisa sembuh. Untuk referensi, anda bisa membaca artikel saya, obat scabies untuk musang.
  • Hind leg paralysis (kelumpuhan akibat kurang kalsium).
  • Selain bisa terjadi pada sugar glider dan musang, hind leg paralysis juga bisa terjadi pada monyet. Untuk mencegah hind leg paralysis pada monyet pantai, pastikan asupan kalsium tercukupi dengan memberikan makanan tinggi kalsium atau bisa juga dengan rutin memberikan bubur bayi promina minimal seminggu 3 kali. Anda juga bisa memberikan suplemen kalsium untuk monyet pantai anda.
Demikian adalah beberapa

penyakit pada monyet pantai

. Semoga artikel singkat ini bisa membantu anda para owner monyet pantai. Ada pertanyaan? Silakan ajukan di kolom komentar. Nanti pasti saya balas. Terima kasih (FS)

25 komentar

selamat pagi dok?
saya mau tanya. monyet saya di sebelah atas matanya terdapat benjolan seperti nanah itu bagai mana mengobatinya?

parah nggak mas? ada lukanya juga?
mas bisa kasih amoxicillin. tapi ada dosisnya. jangan sembarangan. ada kok artikelnya: DOSIS AMOXICILLIN UNTUK HEWAN...

seperti di gambar itu dok, terimakasih sebelumnya dok..

mana gambarnya mas?
kalo mas sentuh, kayak lunak atau keras?

sekarang gimana? mengecil atau malah membesar?
udah coba kasih amoxicillin mas?

Met malam bu dokter...monpai saya kalo di kandang kadang tiduran terus kadang agresif kenapa ya? Trus pup nya agak lembek...saya kasih susu dancow sama makan biskuit n roti...pernah dikasih promina campur susu dancow langsung mencret...apa monpai saya sakit y dok?

mending mas kasih buah aja sementara. pisang atau pepaya.
terus pagi dan sore kasih minum air kelapa campur sari kurma...

jangan dikasih makan dan minum selain yang sudah saya sebutkan tadi.... lakukan selama seminggu ya mas...

Dokter
Monyet saya jenis siamang...sering digarut-garutnya badanya..
Cara mengobati gatalnya gimana ya..
Terimah kasih

perlu dicek dulu, dia garuk2nya karena apa... apa karena kutu, atau jamur, atau karena kotor aja....

sering mas mandikan?

monyet pantai boleh di selingin makan jangkrik gak dok ,soalnya bony ( nama monyet pantai sya ) seneng banget makan jangkrik ,usia monpai saya sekitar 5 bulan ,makanan yg rutin konsumsi ( anggur ,pisang , sari kurma , vit.minyak ikan , promina pisang ) kalau jngkrik baru dua kali ,itu pun gak sngaja kemakan pas temen kasih makan owl nya jngkrik eh malahan ketangkep boni ,trus mint lagi dan lahap deh ,mohon pencerahan y dok

sesekali boleh, mas... :D
tapi ya gitu. fesesnya jadi lebih bau. :)

Cara agar monyet dekat dengan kita gimana ya soalnya monpai punya saya kalo pengen di pegang ngejauh mulu

sementara jangan diganggu dulu. jangan dipegang. cukup sodorin aja makanan dari luar kandang pake tangan, dari sela2 jeruji. biar dia percaya sama mas.
masnya merokok? kalau masnya gak merokok, mas bisa taro kaos bekas pakai mas yang masih bau keringet, taro kaos bekas pakai mas di atas kandangnya. dilebarin, dijemberingin, di atas kandangnya, biar dia kenal bau tubuh mas. lakukan terus menerus ya mas. atleast, kalau dia sering liat mas, lama2 dia akan percaya sama masnya...

Dok saya punya monpai uda berumur 1tahun, saya pelihara dr umur 2 bulan,berjenis laki2, apakah saya harus membeli lg untuk pasanganya dok, karna saya takut jika kelak dewasa seksnya tidak tersalurkan dia akan jadi ganas, saat ini monpai saya sangat jinak dan suka saya ajak main dlm rumah sampai 2jam sehari

setahu saya, monpai hanya sedikit galak kalau lagi birahi. gak galak banget kok, masih bisa kita handle.
tapi emang lebih bagus mas beli pasangannya sih, meski kalau nggak beli juga gak masalah. :)

dok monpai saya umur 6 bulan.. kmaren saya kasih obat cacing tapi malah hari ini mencret ya dok?
kenapa ya dok?
dan cara mengatasinya gmana dok?

mas kasih obat cacing manusia?
kasih obat cacing khusus hewan dan harus pake dosis dari dokter. jadi jangan sembarangan.

Dok.. Mau tanya, monpai saya baru umur 1bulan..tapi dia gamau susu, dia maunya air putih, kira2 saya harus bagaimana ya dok, biar dia tidak kekurangan kalsium. Makannya dia pisang, gamau yang lainnya.. Bubur promina rasa apapun juga gamau.

nggak apa2. malah bagus air puitih.
atau coba aja kasih air madu atau air sari kurma. sari kurma dikasih air.

dia cuma makan pisang aja? pepaya?

kalau monpainya baru umur 1 bulan, yang penting dia mau makan. nggak apa2 makanannya hanya pisang aja. nanti setelah umur 3 bulanan, bisa latih makanan makanan lain dengan dipuasakan terlebih dahulu.

Halo dok, mau tanya.
Monpai saya umur 11 bulan. Dari kemarin siang badannya hangat, tapi masih mau makan.
Tetapi menjelang sore sampai malam, hanya makan sedikit dan seperti susah untuk membuka mulut, menjilat seperti biasa, dan seperti susah untuk menelan.
Sudah saya kasih air kelapa muda.
Kira-kira itu kenapa dan penanganannya seperti apa dok?

saran saya, mas bawa aja ke dokter. kayaknya ada infeksi akibat virus atau bakteri. makanya badannya panas.

fesesnya gimana? mencret? kalau mencret, kayaknya infeksi bakteri.

atau kalau masnya emang belum mampu bawa ke dokter hewan, mas kasih amoxicillin. TAPI JANGAN SEMBARANGAN NGASIH. cek dulu artikel saya, dosis amoxicillin untuk hewan.

kalau dalam waktu 3 hari belum baikan juga setelah dikasih amoxicillin. segera bawa ke dokter hewan.

sementara ini kasih makanan yang lembut2 aja dulu. misalnya bubur bayi promina. usahakan agar dia tetap makan.

Feses nya normal dok.
Baik,
ini setelah saya telaah lagi, seperti ada pembengkakan di pipi kanan. Karena ketika saya pegang dia respon seperti sakit. Apakah radang atau bagaimana?
Terima kasih

sekarang gimana mas? :)
maaf karena baru balas. saya abis sakit kemaren.

mas udah coba cek bagian dalam mulutnya?
udah dikasih amoxicillin? :)

Monyet saya kok tiba tiba mencret apa ya obat alami nya ... tolong di jawab ya

perlu dicari dulu kenapa dia mencret. mas kasih dia susu ya? kalau iya, mending stop aja.

ubah makanannya. coba kasih makan buah aja untuk sementara. pisang atau pepaya.


Silakan upload gambar.