Sunday, May 28, 2017

Cara Memelihara Ayam Hutan | Drh. Fira Sovica

Ayam hutan adalah jenis hewan dimorfis, artinya bisa dibedakan antara jantan dengan betina dari tampilannya (baca: hewan dimorfis dan monomorfis).

Cara memelihara ayam hutan

relatif mudah. Selain sudah banyak yang berhasil memelihara dan kawin silang, banyak pula penghobi yang sudah berhasil menternakkan jenis ayam eksotis ini. Anda bisa membaca artikel saya, cara memelihara ayam kalkun.
Cara Memelihara Ayam Hutan
Image taken from wikimedia.org
Berikut adalah beberapa poin cara merawat ayam hutan hijau:
  • Ayam hutan membutuhkan kandang yang luas dan tinggi. Hal ini dikarenakan ayam hutan mampu melompat lebih tinggi dari jenis ayam lainnya.
  • Jangan memelihara ayam hutan di dalam kandang kecil karena bisa menyebabkan ayam hutan stress. Dalam satu kandang, anda bisa menempatkan satu ekor ayam hutan jantan dan lebih dari satu ekor ayam hutan betina. Jaga agar suhu kandang ayam hutan selalu terjaga, tidak terlalu dingin dan tidak pula panas menyengat. Hindari pula suara-suara mengagetkan. Setelah sampai rumah, karantina ayam hutan di ruangan kosong tanpa diikat. Diamkan ayam hutan di ruangan tersebut selama 3 sampai 5 jam.
  • Saya sarankan agar anda membeli ayam hutan hasil ternakan, bukan yang hasil tangkapan liar.
  • Selain dari kesehatan yang lebih terjaga, ayam hutan hasil ternakan juga lebih tahan terhadap stress karena sudah terbiasa dengan kehadiran manusia.
  • Makanan ayam hutan bisa anda beli di toko makanan burung. Anda juga sebaiknya bertanya kepada penjual ayam hutan tentang pakan ayam hutan yang digunakan.
  • Di habitat aslinya, ayam hutan memakan serangga kecil, buah dan biji-bijian hutan, pucuk rumput, dedaunan, cacing, dan kodok.
  • Kesehatan ayam hutan bisa diketahui dari perilaku dan fesesnya.
  • Ayam hutan yang sehat memiliki nafsu makan yang bagus, aktif bergerak, dan bentuk feses yang spesifik (tidak mencret). Untuk menjaga kesehatan ayam hutan, anda bisa memberikan super-n setetes setiap hari.
Demikian adalah

cara memelihara ayam hutan hijau

. Semoga artikel ini bisa membantu anda yang ingin memelihara ayam hutan. Ada pertanyaan? Silakan ajukan pertanyaan anda dibawah ini. Terima kasih (FS)


Silakan upload gambar.