Mengobati Burung Yang Nyilet | Drh. Fira Sovica

Cara mengobati dada burung yang nyilet

atau bahasa kerennya disebut prominent keel atau prominent breast bone. Artikel kali ini akan membahas sedikit tentang cara mengobati burung yang nyilet. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara memelihara lovebird:
Mengobati Burung Yang Nyilet
Image taken from smartmastering.com



  • Arti nyilet pada burung
  • Burung disebut nyilet jika ada tonjolan tulang yang mencuat di dadanya. Disebut nyilet karena bentuk tulang yeng 'nongol' tersebut berbentuk tipis, mirip silet, dan agak menonjol. Nama tulang yang muncul di dada burung saat burung nyilet disebut tulang dada (keel). Hampir semua burung dan unggas sebenarnya bisa 'nyilet': burung lovebird, burung kakatua, ayam, burung berkicau, burung kenari, burung kolibri, dan sebagainya.
  • Sama saja seperti manusia, yang keliatan tulang dadanya kalau kurus, begitu pula dengan burung.
  • Dengan kata lain, penyebab nyilet pada burung adalah salahsatunya adalah karena burung kurang gizi. Perhatikan gizi burung anda jika terdapat tonjolan tulang di dadanya.
  • Jika anda rasa burung anda tidak kurang gizi (gizi baik), namun tetap saja ada tonjolan tulang di dadanya (nyilet), maka kemungkinan kedua adalah adanya penyakit.
  • Cara termudah untuk mengetahui apakah burung peliharaan anda sakit atau tidak adalah dari fesesnya. Feses burung yang sakit biasanya berbeda dengan burung yang sehat, apalagi penyakit penyebab nyilet pada burung umunya menyerang bagian dalam tubuh burung seperti keracunan logam berat, parasit (tungau) dan cacingan, dan infeksi. Feses burung yang sakit biasanya memiliki urate (bagian putih seperti susu) yang berwarna kekuningan, serta bagian feses (bagian kehitaman atau kecoklatan) yang agak berwarna hijau. Selain dari fesesnya, cara mudah mengetahui burung sakit atau tidak adalah dari nafsu makannya. Burung yang sakit biasanya memiliki nafsu makan yang sedikit, bahkan ada yang tidak mau makan samasekali (mogok makan). Karena tidak mau makan, maka burung menjadi kurus dan nyilet.
  • Pengobatan burung yang nyilet
  • Obat untuk mengobati burung nyilet adalah Megabac. Obat burung nyilet Megabac diberikan kepada burung yang nyilet dengan cara dicampurkan ke dalam minumannya. Sebelum memberikan Megabac kepada burung yang nyilet, sebaiknya pastikan dulu bahwa burung yang sakit ditempatkan di dalam ruangan dengan suhu yang stabil, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Hentikan proses penjemuran dan mandi pada burung untuk sementara. Berikan Megabac di dalam air minum burung, dan ganti secara rutin setiap hari. Jangan lupa untuk membersihkan kotoran burung setiap harinya. Anda bisa membeli Megabac di toko online seperti Bukalapak, forum jual beli kaskus, dan atau bisa juga dibeli di toko makanan burung terdekat.
Demikian adalah

cara mengobati burung dan ayam yang nyilet

. Semoga artikel singkat ini bisa membantu anda semua para pecinta burung kicau dan unggas lainnya. Bagi yang mau bertanya, silakan isi form tanya dibawah ini. Terima kasih. (FS)

5 Responses to "Mengobati Burung Yang Nyilet"

  1. Dok kemarin musang saya sakit lemes trus sekrg sudah mulai aktif lagi tapi gimna ya dok cara nyembuhin matanya yg putih nonjol keluar dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, judulnya MENGOBATI MUSANG SAKIT MATA.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Dok megabac beli dmn? Selain megabac adakah yg lain ? Maklum kota kecil

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.