Cara Memelihara Musang Tenggalung | Drh. Fira Sovica

Memelihara tenggalung

bisa dikatakan hampir sama dengan merawat musang pandan yang saya publish beberapa hari yang lalu. Musang tenggalung adalah jenis musang yang umum ditemui di Malaysia, sumatra, dan jawa. Meski berkerabat dekat dengan musang rase, musang tenggalung termasuk jenis musang omnivora (pemakan segalanya), berbeda dengan musang rase yang merupakan karnivora. Daya tahan tubuh musang tenggalung cenderung mirip musang rase, yaitu lebih rapuh dibandingkan musang pandan. Artikel ini terkait dengan artikel saya sebelumnya, yaitu cara memelihara musang rase. Pada dasarnya, musang tenggalung adalah hewan soliter (penyendiri) kecuali saat musim kawin tiba.
Cara Memelihara Musang Tenggalung
Image taken from biolib.cz



  • Makanan musang tenggalung adalah buah-buahan (pisang dan pepaya matang), kepala ayam dan kaki ayam rebus. Untuk musang tenggalung anakan, anda bisa memberikan makanan berupa bubur bayi promina. Makanan diberikan 3 atau 4 kali sehari.
  • Bulu musang tenggalung mudah rontok. Sebaiknya, jaga kebersihan kandang dan lap sisa makanan yang menempel di bulu musang tenggalung setelah makan.
  • Pada dasarnya, watak atau karakter musang tenggalung cenderung lebih aktif dari jenis musang pandan ataupun musang bulan. Maka dari itu, sebaiknya ajak musang tenggalung peliharaan anda bermain setiap hari, minimal 10 hingga 15 menit setiap harinya. Berinteraksi dengan musang tenggalung peliharaan anda akan membuat musang tenggalung anda jinak dan bonding kepada anda sebagai pemiliknya.
  • Pada dasarnya, musang adalah hewan buas. Apapun jenis musangnya. Terlebih, musang tenggalung yang memang memiliki watak dasar pecicilan dan suka iseng. Sebaiknya, jauhkan musang tenggalung dewasa dari jangkauan anak-anak, sejinak apapun musang tersebut.
Begitulah

cara merawat musang tenggalung

. Semoga artikel singkat di atas bisa membantu anda dalam memelihara tenggalung dengan baik dan benar. Oh ya, bagi anda yang ingin berkonsultasi, silakan ajukan pertanyaan anda di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

4 Responses to "Cara Memelihara Musang Tenggalung"

  1. permisi dok numpang tnya , saya punya musang, skrg sudah memasuki usia 5 bln an gitu, saya punya sedikit masalh pd musang saya dok , musang saya ini aneh, dia jarang tidur di kandang pada saat pagi - sore, dia lebih suka di bebaskan dan tidur di tempat yg lembab atau gelap, yg jadi permasalahnya dia cuman makan 1 hari sekali saya takut dia jadi kurus, gmana yaa solusinya agar dia tetap di kandang dan asumsi makanannya terjaga dok agar tetap gemuk dan sehat ??
    oh yaa satu lgi dok, kondisi kotoranya itu hitam dok ?
    mohon di jwb yaa dok
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama fesesnya gak mencret dan nggak terlalu bau (baunya masih normal dan gak terlalu busuk), saya kira dia masih sehat. kalau mas mau dia gemuk, coba mas baca artikel saya CARA MENGGEMUKKAN MUSANG....

      emangnya mas kasih makan dia berapa kali sehari dan kasih makannya gimana?

      Delete
  2. Dok mau tanya gimana sih biar musang tenggalung agar ga iseng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah, karena emang "dari pabriknya" musang tenggalung ya suka iseng. namun tergantung karakternya juga sih mas. ada juga tenggalung yang kalem.

      lalu, balik lagi ke pertanyaan mas, gimana bikin musang tenggalung biar anteng? pelihara dari bayi biar dia bener2 mengenal mas sebagai orangtuanya. itu satu-satunya cara kayaknya. dan itupun gak bisa 100% bisa bikin anteng, cuma bikin mengurangi sifat isengnya... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.