Cara Agar Warna Salvator Lebih Cerah | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa faktor yang bisa menjadikan

warna salvator lebih terang

. Nah, dengan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kecerahan warna salvator, saya berharap anda bisa mempraktekkannya kepada salvator anda yang mungkin warnanya kusam. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara memelihara salvator.
Cara Agar Warna Salvator Lebih Cerah
Image taken from instagram.com
Nah, bagaimana cara agar corak salvator terlihat lebih cerah dan lebih kuning? Berikut adalah beberapa cara agar warna salvator lebih cerah:



  • Pertama, pastikan salvator anda bebas stres.
  • Stress adalah penyebab pertama kenapa warna salvator anda jadi kusam. Pada tingkat stress yang sangat parah, adakalanya warna salvator berubah menjadi abu-bau bahkan menghitam. Faktor penyebab salvator stress antara lain makanan yang kurang, suhu yang turun naik (tidak stabil), serta penyakit.
  • Jika anda susah memastikan bahwa salvator anda sudah bebas stress, maka langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa asupan makanan dan vitamin (terutama vitamin C) serta kalsium untuk salvator anda mencukupi, kebersihan kandang yang terjaga, dan perawatan salvator yang benar. Anda juga bisa memberikan asupan minyak ikan dengan dosis satu kapsul per minggu dengan cara dioleskan ke makanannya. Jaga kebersihan kandang dengan mencuci dan menjemur kandangnya minimal seminggu sekali.
Jika dua hal di atas sudah mencukupi, biasanya warna salvator akan lebih cerah dibanding sebelumnya. Jika warna salvator tidak kunjung berubah jadi lebih cerah dan fesesnya berbentuk cairan (mencret), saya harap anda bisa membawa salvator anda ke dokter hewan terdekat. Terima kasih. (FS)

21 Responses to "Cara Agar Warna Salvator Lebih Cerah"

  1. Kirain ada makanan khusus ternyata caranya doang hmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. ada. terutama asupan vitamin C, sesekali bisa kasih minyak ikan (seminggu sekali). :)

      Delete
    2. memangnya tidak masalah kalo reptile dikasih vitamin C Dok?
      Terus asupan vit c darimana ya?

      Thanks

      Delete
    3. bisa dari buah-buahan atau sayuran, mas. tentu buah-buahan yang memang bisa dikonsumsi salva... :)

      mungkin nanti saya kasih listnya... dan maaf karena baru balas. kabari lagi.

      Delete
    4. Emang salva makan buah juga dok? 🙄

      Delete
    5. bisa mas, tentu bukan makanan utama.
      semua hewan karnivora biasanya makan tumbuhan atau buah kalau merasa pencernaannya lagi bermasalah... :)

      Delete
  2. Dok kaki biawak saya patah untuk mengobatinyya bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo patahnya parah, agak susah juga sih mas. kenapa bisa sampe patah? parah nggak?

      mending bawa aja ke dokter hewan, biar sekalian dicek...

      Delete
  3. Asaalamu'alaikum ibu dokter...
    saya baru pelihara salvator juve, AlhamdulillaaH makan sudah lancar meskipun karakter alamnya masih kuat hoho.
    dok mau bertanya untuk:
    1. list buah atau sayuran yg dapat dikonsumsi salva atau reptil sejenis apa saja yah?
    2. Bagaimana vara pemberiannya?
    terimakasih sebelumnya untuk semua info dan artikel yg dokter tulis. Sangat membantu sekali dalam perawatan setiap pets nya, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada kayaknya, mas, artikelnya. coba cek artikel jenis buah dan sayuran untuk reptil....

      cara kasihnya langsung aja. atau cacah dulu kecil2....

      kasih pepaya matang aja mas. cacah dulu. atau dijus airnya dikit aja, gak pake air. jadi, dikerok pake sendok, terus disuapin ke salvanya...

      Delete
  4. Dok ini kenapa yah??terus cara ngatasinya gimana?

    ReplyDelete
  5. https://i.imgur.com/nylvwsg.png,

    ReplyDelete
    Replies
    1. di matanya mas?
      saya takut ada bakteri sih di matanya. dia suka garuk matanya? matanya agak kemerahghan...

      Delete
  6. Dok cara melemotkan salva gmn ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering diajak main, mas. rutin ajak main biar dia bonding sama mas... :)

      Delete
  7. Dok klo pewangi ruangan ad pengaruh nggk sama reptil? Soalny ane taruh kamar khusus reptil

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa mas gak bikin pengharum ruangan alami?
      kalo saya dulu naro serbuk teh yang saya bungkus pake kain tipis di ruangan tempat memelihara hewan. bisa juga pake serbuk kopi.
      bagus pake kopi sih, soalnya dia menyerap bau. :)

      Delete
  8. bisa bantu send ke gmail saya atau wa saya tentang menstabilkan dot pada salva dan warna agar nge up kuning pada salva jawa bukan sumbawa, saya ada beberapa percobaan hasil ajaran teman" saya yaitu makan full udang, semi jangkrik dan udang, bahkan semi udang dan salmon, ada beberapa perubahan pada mutasinya, ada yg bisa nge up warna kuningnya, ada yang sedikit memutih tetapi bukan axantic, mungkin dokter mau berbagi resep kepada saya
    email saya soulartzcrew@gmail.com, wa saya 085708062773, terimakasih

    ReplyDelete
  9. dokter mau tanya baby salva saya di tubuhnya ada benjolan kecil kecil katanya sih jerawat pada reptile itu cara penyembuhannya gimana yaa dokter.. tolong di bantu ?

    ReplyDelete
  10. dok mau tanya kalau cara agar warna turtle lebih cerah ada nggak ya??

    ReplyDelete
  11. Untuk minyak ikan itu belinya dimana ya dok, mohon infonya. Terima kasih dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.