Membuat Bow Perch Menggunakan Tempat Parcel | Drh. Fira Sovica

Di artikel sebelumnya, saya sudah pernah membahas mengenai cara membuat bow perch menggunakan bahan besi. Nah, di artikel kali ini, saya akan membahas cara lain membuat bow perch dengan bahan yang lebih sederhana, yaitu menggunakan tempat parcel bekas.
Image taken from kaskus.co.id
Nah, berikut adalah

cara membuat tangkringan burung hantu dari tempat parcel




  1. Bahan yang diperlukan untuk membuat tangkringan BOP dari tempat parcel adalah tempat parcel bekas, adukan semen dan pasir yang sebagai pemberat, 3 potong batang besi yang dilengkungkan sama seperti lengkungan pegangan tempat parcel, kawat dan tang untuk mengikatkan potongan besi pada pegangan.
  2. Cara membuat bow perch dari tempat parcel:
    • Pertama, ikatkan 3 potong batang besi ke pegangan parcel. Posisikan batang besi di bagian kanan, bagian kiri, dan bagian tengah pegangan parcel, lalu ikat menggunakan kawat dengan bantuan tang untuk menguatkan ikatan kawatnya.
    • Selanjutnya, siapkan adukan semen dan pasir, lalu tuangkan ke bagian dasar parcel untuk menguatkan perch. Ratakan dengan menggunakan sendok semen. Lalu, diamkan hingga rata.
    • Dan, voila! Bow perch siap digunakan. Anda bisa menaruh lembaran koran bekas dibawah lengkungan perch agar kotoran burung tidak langsung mengotori bagian bawah perchnya.
Demikian adalah

cara membuat bow perch sederhana menggunakan tempat parcel

. Semoga artikel singkat diatas bisa membantu para BOP lover dan owl lover dalam membuat perch. Terima kasih. (FS)

14 Responses to "Membuat Bow Perch Menggunakan Tempat Parcel"

  1. Siang dokter saya mau tanya dok, burung sayakan g mau makan cuma masih seger si mau minum ni baru 2 hari feses ny ijo putih gt, solusiny ap y dok, thx sebelumny dok, udh pnh dibawak kedokter hewan dok disuntik juga tp tetep ga mau makan

    ReplyDelete
  2. Siang dokter saya mau tanya dok, burung sayakan g mau makan cuma masih seger si mau minum ni baru 2 hari feses ny ijo putih gt, solusiny ap y dok, thx sebelumny dok, udh pnh dibawak kedokter hewan dok disuntik juga tp tetep ga mau makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang fesesnya putih semua, kemungkinan pertama: dia stress. kedua, masnya pernah telat kasih makan.
      saran saya, coba mas kasih obay yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat.

      Delete
  3. assalamu alaikum mba doc fira,,, salkem
    saya bru aj beli celepuk,,, ta ksih mkn ayam memth krn dsni jangkrik lgi kosong,, dh dcri kmn2 :D

    dr mlm kmren shbis mkn satu tusuk sate mentah sampe skrg tdur mulu, pasesnya normal

    ta ksih nama ebbol celepuk saya ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu... :) kasih juga super-n, cara kasihnya ada di artikel cara agar burung hantu tetap sehat... pastikan daging ayamnya bebas bahan kimia, dan cacah dulu kecil2. dan kalo jangkriknya udah ada, mending kasih jangkrik lagi... :)

      Delete
  4. Dok... Salam kenal... Tadi jam 9 pagi saya nemu burhan celepuk (kayaknya) gelantungan di pohon sawo, kayaknya masih bayii... Saya harus melakukan apa dok??? Karna saya baru sekali ... Dan ga tau itu jnis apa...saya ingin memeliharanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada kok artikelnya, cara memelihara celepuk. kasih jangkrik aja sebagai makanannya.
      coba baca artikel saya juga, cara agar burung hantu tetap sehat. kasih suplemen yang saya tulis di sana. :)

      Delete
  5. Asalamualaikum kak saya mau nanya dong , saya baru dapet burhan dari kaka saya owl barn , kaka saya melihara dari merah dari kecil pas dikasih saya sudah berbulu remaja gitu , kalo dielus dia suka ,saya masih belum punya tempat tangkringannya jadi saya taro dulu di kandang anjing ukuran 1 mete x 1meter ,dan kata kaka ssaya kasih makannya kepala ayam apakah boleh itu kak saya takut kenapa napa jadi saya potong kecil kak lalu saya suapin gak sakit pas di gigitnya cuma pas di cengkram kakinya luar biasaa mantap hehehe , dan juga saya mau buat tangkringannya kira kira kasih rantai untuk kakinya agar tidak terbang atau biarkan saja ?? Kalo di taro di tangkringan boleh gak di luar rumah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kakinya gak usah diiket, lepas aja di dalam kandangnya.
      soal makanannya, mending kasih daging puyuh aja. beli puyuh, siangin (ambil dagingnya aja, bisa minta tolong sama tukang ayam potong di pasar), taro di freezer. kalo mau kasih makan, ambil sedikit, rendem di air biasa (matang, jangan di air panas/hangat), cacah2 kecil, baru kasih ke owlnya....

      dan agar owlnya sehat, coba baca artikel saya, CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT... :)

      Delete
    2. Oh iya dok saya lupa bilang kalo burhan saya tuh masih brancher sudah 2 hari ini saya kasih makan terus dengan tangan biar lebih deket , dan saya mau lanjuut taro di perch tapi dia kayaknya masih belum kenal sya apa lebih baik saya taro di kandang dulu dan beri makan melalu tangan terus , dan kapan saya bisa memasang anklet pada burhan dok ??? Terimakasih dok

      Delete
    3. Oh iya dok saya lupa bilang kalo burhan saya tuh masih brancher sudah 2 hari ini saya kasih makan terus dengan tangan biar lebih deket , dan saya mau lanjuut taro di perch tapi dia kayaknya masih belum kenal sya apa lebih baik saya taro di kandang dulu dan beri makan melalu tangan terus , dan kapan saya bisa memasang anklet pada burhan dok ??? Terimakasih dok

      Delete
    4. mending taro di kandang aja dulu. tapi sering ajak main dengan cara dielus di dalam kandang dan kasih makan pakai tangan... :)
      kalau dia udah kenal sama masnya, bisa coba keluarkan dari kandang. tapi pastikan dia mau menclok di jari dulu.
      kalau masih brancher biasanya gampang... :)

      udah dikasih super-n?

      Delete
    5. Maaf dok nanya lagi hehehe ,apakah bisa dok burhan dengan sendirinya bisa mengenal tuannya ?? Hanya melalu kontak mata tanpa sentuhan ???

      Delete
    6. kalau untuk pemula, agak susah mas.
      kalau untuk pemula, jelas si owl perlu mengenali sentuhan tangan tuannya.

      kalau udah pernah jinakin owl sebelumnya dan udah terbiasa melakukan imprint sama owl, mungkin bisa aja... meski saya belum pernah nyoba, hehehe. saya biasanya suka elus owl... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.