Meninggalkan Sugar Glider Dalam Waktu Lama | Drh. Fira Sovica

Cara meninggalkan sugar glider peliharaan dalam waktu lama

kerap ditanyakan oleh pengunjung blog ini kepada saya. Maka artikel ini akan mengungkapkan cara meninggalkan sugar glider pergi dalam waktu yang lama, misalnya ketika mudik atau semacamnya. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara menjinakkan sugar glider dan artikel cara membawa sugar glider bepergian.
Meninggalkan Sugar Glider Dalam Waktu Lama
Image taken from animals.desktopnexus.com
Bagaimana cara meninggalkan sugar glider dalam waktu lama? Berikut adalah cara meninggalkan sugar glider peliharaan bepergian dalam waktu lama:


  • Hal pertama yang harus dilakukan agar anda dapat meninggalkan sugar glider dalam waktu yang lama adalah membiasakan memberikan kurma sebagai makanan sugar glider. Hal ini sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya.
  • Kurma adalah buah yang sangat unik. Kandungan kurma bisa dikatakan sangat lengkap dari segi kandungan vitamin, protein, fosfor, dan karbohidrat.
  • Hal unik lain mengenai buah kurma adalah kurma bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama. Sangat amat lama.
  • Saya terbiasa mengeringkan beberapa kilogram buah kurma di bulan ramadhan, untuk dikonsumsi setelah bulan ramadhan. Dan anda boleh percaya atau tidak, namun buah kurma kering itu bisa bertahan hingga bulan ramadhan berikutnya (tidak busuk dan tidak rusak). Jujur, buah kurma kering itulah rahasia kesehatan saya disamping juga rajin mengkonsumsi kapsul minyak jinten hitam.
  • Saat masih memelihara sugar glider, saya terbiasa memberi makan sugar glider saya dengan kurma kering yang dicacah. Terutama saat saya harus meninggalkan mereka dalam waktu satu atau dua minggu karena tugas.
  • Daya tahan buah kurma yang tidak mudah busuk dan tidak mudah rusak membuat saya tenang meninggalkan mereka. Selama pergi, mereka bisa mengkonsumsi buah kurma kering yang sudah dicacah tersebut.
  • Saya menempatkan cacahan halus buah kurma kering di tempat makan sugar glider buatan saya sendiri.
  • Cara membuat tempat makan makanan kering sugar glider adalah sebagai berikut:
    1. Siapkan botol softdrink berukuran sedang, 2 buah pipa knee dengan ukuran berbeda, dan kawat secukupnya.
    2. Meninggalkan Sugar Glider Dalam Waktu Lama
      Image taken from http://serama2u.blogspot.co.id
      Pipa knee yang digunakan berukuran berbeda, satu lebih kecil (sekira mudah dipasangkan ke mulut botol softdrink) dan satunya lagi lebih besar (sekira mudah disatukan dengan yang lebih kecil tadi).
      Meninggalkan Sugar Glider Dalam Waktu Lama
      Image taken from http://serama2u.blogspot.co.id
    3. Sambungkan kedua pipa knee. Isi botol softdrink dengan cacahan buah kurma kering, kemudian pasangkan ujung pipa knee yang lebih kecil ke mulut botol softdrink yang sudah disiapkan. Ikat tempat makan sugar glider tersebut di kandang sugar glider.
    4. Meninggalkan Sugar Glider Dalam Waktu Lama
      Image taken from http://serama2u.blogspot.co.id
      Pastikan buah kurma sudah dicacah dengan halus sehingga bisa melewati pipa knee dengan mudah. Dan sebaiknya, gunakan tempat makan sugar glider tersebut jauh-jauh hari sebelum anda bepergian. Mungkin sebulan atau dua bulan sebelumnya, hingga si sugar glider terbiasa menggunakan tempat makanan tersebut.
Demikian adalah artikel mengenai

cara meninggalkan sugar glider dalam waktu lama

dan artikel cara membuat tempat makan sugar glider. Semoga artikel ini bisa membantu para breeder sugar glider. Terima kasih. (FS)

24 Responses to "Meninggalkan Sugar Glider Dalam Waktu Lama"

  1. Terimakasih dokter, sangat bermanfaat. Oh ya, sekalian tanya. Apa penyebab penyakit pada mulut dan hidung SG dok, dan bagaimana mengatasinya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyakitnya kayak gimana mas? apa ingusan atau luka?
      saya tunggu kabarnya... :)

      Delete
    2. Maaf, SGnya sudah mati dok.. :(

      Pori2 dan bentuk hidung membesar dan keluar semacam buih warna merah gelap. Pipi sobek sehingga gigi SG terlihat.

      Delete
  2. Dokter, kenapa sugar glider saya masih suka gigit" pdhal setiap hari sudah saya ajak main. Dan saya juga memeliharanya sudah lumayan la.a. gimana caranya biar dia gak suka gigit" lagi? Terimakasih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat wajar kok. dan sg gigit2 bukan berarti dia galak. ada artinya loh gigitannya dia. coba baca artikel saya arti bahasa tubuh sugar glider....

      Delete
  3. Dokter, kenapa sugar glider saya masih suka gigit" pdhal setiap hari sudah saya ajak main. Dan saya juga memeliharanya sudah lumayan la.a. gimana caranya biar dia gak suka gigit" lagi? Terimakasih dokter

    ReplyDelete
  4. Terimakasih dokter. Saya mau tanya sekali lagi, saya kan ini punya 2 sg, yg 1 betina. Nah dia perutnya besar bagian pouchnya apa itu tandanya dia hamil atau bagaimana ya dokter? Soalnya klo pouchnya d sentuh dia langsung menggigit.

    ReplyDelete
  5. dok. saya mau tanya awalnya SG saya grooming grooming biasa , tapi sekarang dia grooming nya sambil gigitin badan nya sendiri sampai berdarah , itu kenapa ya dok? saya cuman adopt 1 sg dan umurnya kurang lebih 2,5 bulan , tapi makan lancar dok

    ReplyDelete
  6. dok maaf saya mau tanya nih, udh bbrapa hari ini sg saya hidungnya berair gtu, trus suka bersin2 ..
    trus habis itu sya stop bubur bayi, sementara makan buah2an, saya kasih pepaya sih, tp warna feses nya jd agak kemerahan gtu dok, itu knpa ya?
    gmna ya dok penanganannya, mohon di bantu ya ..

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. sg saya bersinnya parah dok, ky masuk ke hidung gtu kalo makan .fesesnya skrg udh biasa lg dok udh item sih, gmna ya dok?boleh minta rekomendasi dokter hewan dibandung yg bisa nanganin sg ga dok?saya panik banget dok .

    ReplyDelete
  9. Dok sugar glider boleh dikasih buah-buahan Dalam keadaan dingin gak
    Trus buah buahan yang bagus buat SG apa ya
    Minta saran nya dok

    ReplyDelete
  10. Dok sg saya diare gimana ngobatinnya dok ???

    ReplyDelete
  11. Malam dok
    saya baru adopsi SG namanya jim jantan 2 bulan sama arora betina 2 bulan. Terus fesesnya bagus dok. Saya baru pelihara selama 5 hari
    Pertanyaan saya :
    1. Saya sekarang lagi di makassar cuacanya yg begitu panas membuat saya harus menggunakan AC di ruangan yg berukuran 3 × 2,5 M. Sangat sempit tapi itulah hidup. Trus jim dan arora saya simpan di dalam kamar, pertanyaan saya adalah apakah Sg bisa berada di ruangan ber Ac dok. Trus kalau malam saya pake suhu 25 aja dok trus kalau pagi biasanya saya matika. Mohon infonya dok
    2. Trus kalau aku tidur nagusnya gimana dok aku matiin lampunya kamar aku atau gimna dok supaya bagus, takutnya kalau dimatiin nanti sg buta hehehe soalnya di kar gelap banget kalau di matiin.. mohon infonya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. jujur untuk sg umur segitu, masih sangat rentan suhu dingin. saran saya, kalau malam pindahkan kandangnya ke ruangan non ac. kalau siang bolehlah di ruangan ber-ac asalkan jangan terlalu dingin. :)
      kasih kain2 bekas juga di kandangnya, biar kalau kedinginan dia bisa menyusup ke dalamnya. kalau masnya gak merokok, mas bisa taro kaos bekas pakai mas di kandangnya. :)
      2. sg kan emang hewan nocturnal (aktif pada malam hari), jadi ya gak masalah kalau digelapin atau terang juga oke. yang pasti, mereka lebih aktif pada malam hari... :)

      Delete
  12. Proses pengeringan kurma hanya dijemur biasa atau bagaimana?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  13. Kok jadinya dijemur malah agak berair ya? Perlu berapa lama dijemurnya?
    Ada saran makanan lain ga dok? Mau ditinggal 4 malam
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang perlu beberapa hari, mbak, dijemurnya. hingga agak kering. atau kalau ada oven, dioven sampe agak kering juga bisa....

      tapi kalau emang urgent, langsung potong2 aja kurma-nya. gak udah dikeringin. kalau cuma 4 hari, bisa tahan kok...

      Delete
  14. Kok jadinya dijemur malah agak berair ya? Perlu berapa lama dijemurnya?
    Ada saran makanan lain ga dok? Mau ditinggal 4 malam
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang perlu beberapa hari, mbak, dijemurnya. hingga agak kering. atau kalau ada oven, dioven sampe agak kering juga bisa....

      tapi kalau emang urgent, langsung potong2 aja kurma-nya. gak udah dikeringin. kalau cuma 4 hari, bisa tahan kok...

      Delete
  15. Kok jadinya dijemur malah agak berair ya? Perlu berapa lama dijemurnya?
    Ada saran makanan lain ga dok? Mau ditinggal 4 malam
    Thx

    ReplyDelete
  16. dok cara mengeringkan buah kurmanya cukup dijemur saja atau gimana? terus apakah ada kurma khusus? karna takut salah beli kurma yg ada pemanis buatannya, terimakasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang perlu beberapa hari, mbak, dijemurnya. hingga agak kering. atau kalau ada oven, dioven sampe agak kering juga bisa....

      tapi kalau emang urgent, langsung potong2 aja kurma-nya. gak udah dikeringin. kalau cuma 4 hari, bisa tahan kok...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.