Penyakit Belatung Pada Hewan Peliharaan | Drh. Fira Sovica

"Dok, ada belatung di anus kelinci saya!

Gimana cara mengobatinya?" Demikian pertanyaan yang disampaikan salahsatu pengunjung blog ini kepada saya. Masalah belatung pada anus kambing, kucing, anjing, dan kelinci memang kerap sering sekali ditanyakan oleh pengunjung blog ini kepada saya, itulah yang membuat saya akhirnya memutuskan untuk mempublish artikel ini.


Penyakit Belatung Pada Hewan Peliharaan
Image taken from alligator-sunglasses.com
  • Kenapa sampai ada belatung di luka atau anus hewan peliharaan saya?
  • Penyebabnya adalah kurang terjaganya kebersihan hewan, terutama area sekitar anus atau luka terbuka. Lalat lucilia cuprina yang sering kita sebut sebagai 'lalat hijau' akan menempelkan telurnya di area tersebut. Telur itu kemudian menetas dan jadi belatung. Nah, belatung tersebut kemudian masuk ke dalam luka atau anus, menyebabkan penyakit fly strike.
  • Sebenarnya, apa sih fly strike itu?
  • Seperti yang saya tulis di atas, secara singkat fly strike adalah kondisi dimana larva lalat berkembang biak di dalam tubuh hewan peliharaan. Larva lalat tersebut biasanya masuk lewat luka terbuka yang kurang terjaga kebersihannya, membuat lalat berhasil menempelkan telurnya di luka tersebut. Setelah menetas, larva lalat tersebut masuk ke dalam tubuh dan menggerogoti daging-daging di sekitar luka tersebut dari dalam tubuh. Pada kelinci, fly strike kerap terjadi di area anus dan sekitarnya akibat dari kebersihan area anus yang kurang terjaga.
  • Ciri dan tanda hewan yang menderita fly strike
  • Semua hewan sebenarnya bisa terinfeksi fly strike, namun umunya fly strike terjadi pada kelinci, kucing, anjing, domba, dan sejenisnya. Saya bahkan pernah menangani kasus fly strike pada musang. Ciri-ciri fly strike pada hewan biasanya hewan tersebut merasa gelisah akibat rasa tak nyaman, berbau tidak enak, dan bulu hewan yang kusut. Hewan yang terkena fly strike biasanya sering menggorok-gosokkan area yang terjangkit fly strike pada jeruji kandang.
  • Musim-musim terjadinya fly strike
  • Fly strike biasanya lebih sering terjadi pada musim kemarau/musim panas. Lalat jenis lucilia cuprina yang merupakan penyebab fly strike berkembang pesat pada musim ini, mengincar hewan-hewan peliharaan yang kurang terjaga kebersihannya.
  • Bagaimana mencegah fly strike pada hewan peliharaan
  • Sudah sangat jelas bahwa menjaga kebersihan hewan merupakan amunisi ampuh untuk mencegah fly strike. Saya juga menyarankan agar anda menempatkan kandang hewan jauh dari tempat yang biasa dihinggapi lalat.
  • Mengobati fly strike

    pada hewan yang sudah terlanjur terkena fly strike
    1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memisahkan hewan yang sehat dengan hewan yang kena fly strike (karantina). Hal ini untuk mencegah penularan fly strike kepada hewan lain.
    2. Saya sangat-amat menganjurkan agar hewan yang kena fly strike dibawa ke dokter hewan. Akan lebih baik jika anda menelepon dokter hewan terlebih dahulu sebelum melakukan kunjungan agar dokter hewan tersebut bisa bersiap. Dokter hewan biasanya akan memberikan dosis antibiotik untuk mencegah berkembangnya larva lalat yang ada di dalam luka fly strike.
    3. Jika anda memang tidak bisa membawa hewan yang terkena fly strike ke dokter hewan, bersihkan bagian tubuh hewan yang ada belatungnya dengan menggunakan pinset, lalu bersihkan bagian tubuh yang kena fly strike dengan larutan air hangat dan cairan antiseptik betadine. Siapkan satu bagian air hangat tuangkan beberapa tetes betadine sambil diaduk hingga air hangat tersebut berubah warna menjadi seperti teh. Gunakan cairan tersebut untuk membersihkan area yang kena fly strike, dan keringkan. Lakukan terus selama 3 hari sambil melakukan langkah pencegahan fly strike, dan jika dalam waktu 3 hari fly strike belum menunjukkan tanda-tanda kesembuhan, sebaiknya segera kunjungi dokter hewan terdekat. Terima kasih. (FS)

83 Responses to "Penyakit Belatung Pada Hewan Peliharaan"

  1. Dok maaf melenceng , Kok BOP saya Mulut ya suka Mangap gitu dok ? W

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, tapi pertanyaan mas udah ada artikelnya. judulnya kenapa burung hantu suka mangap-mangap.... secara prinsip sama aja... :)

      Delete
  2. selamat sore dok.
    I wanna asking nih hehehe
    1. Metronidazole dijual dimana ya?
    2. Trs cara pemakaian nya gimana ya dok? Yang dokter tulis di blog kurang saya mengerti hehehe.
    Salam dok dari igo buat errol dan padma.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh.. :)
      1. metronidazole yang di artikel apa mas?
      2. nah ini dia, mas liat keterangan mengenai metronidazole di artikel yang mana?

      Delete
  3. Saya gak ngerti bagian "25 mg per berat badan si burung", 1 tablet metronidazole dapat digunakan berapa hari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau maksudnya mas adalah artikel cara mengobati frounce (http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.co.id/2014/11/mengobati-frounce-pada-burung-hantu.html), di situ jelas banget kok keterangannya...

      cara memberikan Metrodinazole buat burung hantu yang kena frounce juga jelas banget di sana: "Satu tablet Metrodinazole (250mg) bisa dicairkan dengan air sebanyak 10 cc. Pemberian Metrodinazole yang dicairkan bisa dilakukan tiap pagi dan sore hari selama satu minggu penuh."

      coba baca dulu baik2, mas... :)

      Delete
  4. Iya dok saya lupa beritahu artikel nya. Jadi pemberian obat metronidazole 1tablet untuk pagi dan 1 tablet untuk siang dok?
    Dimana saya bisa dapatkan metronidazole?
    Ada artikel lain yg saya baca gejala frounce belum tentu terkena frounce bisa saja capilaria atau kekurangan vitamin a apakah itu benar dok? Maaf ya dok sayaa baru pernah menangani penakit ini jadi banyak tanyaa hehe saya takut owl kesayangan saya kenapa2 dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang mas ragu2 apakah burungnya kena frounce atau nggak, saya sarankan mending bawa ke dokter hewan aja mas. beda kok antara frounce sama capillaria, cuma kadang emang agak samar bedanya bagi yang awam...

      cek aja fesesnya. kalau di fesesnya ada cacing atau semacamnya, bisa jadi emang capillaria. kalau gak ada cacing cuma beruybah warna dan bau saja, kemungkinan emang frounce...

      udah beli metrodinazole? iya belah aja mas, terus satu bagian kasih 10 cc air, aduk hingga larut, dan minumkan ke burungnya pagi dan sore. jangan semuanya diminumin, stop aja kalau burungnya udah nggak mau minum lagi... :)

      Delete
  5. Dan bagaimana jika saya memberikan metronidazole yang 500mg apakah harus dibelah menjadi 2 agar 250? Hehee maaf ya dok saya banyak bertanya

    ReplyDelete
  6. terimakasih dok sebelum nya hehehe feses nya berubah warna dok bau dan bagian putih nya hanya sedikit. 10 cc itu sama saja dengan 1 sendok makan kan dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kira2 segitu mas. :)
      mulutnya agak berbau? cek ke dalam mulutnya, apakah ada cacing atau semacamnya?

      Delete
    2. Dok datang ya jl murai paling atas soal nya kaki kelinci saya ber ulat
      Ulat nya masih kecil

      Delete
  7. Mulut nya pun agak sedikit bau yang beda dari bisanyaa.

    ReplyDelete
  8. Dok, saya punya barn owl juve.. Pas nyampe kosan saya pakein angklet dan dia aman aman aja.. Terus 2 minggu kemudian angkletnya putus karena sering digigitin.. Semenjak saya bebasin di kamar, dia defends banget dok, padahal pas pake angklet sering main banget sama saya.. Apa ada yang salah ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di owner sebelumnya, dia emang biasa dipakein angklett ya? kalau udah terbiasa dipasangin angklett emang suka gitu.

      mas beli aja angklett baru lagi, mas... :)

      Delete
  9. Dok, saya punya barn owl juve.. Pas nyampe kosan saya pakein angklet dan dia aman aman aja.. Terus 2 minggu kemudian angkletnya putus karena sering digigitin.. Semenjak saya bebasin di kamar, dia defends banget dok, padahal pas pake angklet sering main banget sama saya.. Apa ada yang salah ya dok?

    ReplyDelete
  10. memang nya ccing capilaria itu dapat terlihat dengan kasat mata dok? Dan cara mengecek dan melihat nya gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kadang bisa keliatan. kayak benang warna putih gitu.
      sekarang gimana keadaan owlnya? :)

      Delete
  11. sekarang igo udah gak lesu udah kembali loncat belaja terbang kesana kesini karna saya bebasin dok dirumah jalan2 kaya anak ayam. Kan baru 2 hari dok saya beri meronidazol tapi plak putihnya udah agak ilang dok mungkin ketelen juga fesesnya pun udah kembali normal tapi cairan urine nya berwarna kuning karna obat nya mungkin dan agak banyak. Pertanyaan saya apakah pemberian obat masih diteruskan kalo udah ilang semua plak nya? Dan sampai kapan pemberian obat di stop dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang plak-nya udah ilang semua dan fesesnya udah mulai normal, mas bisa stop pemberian obatnya... :)

      saya seneng dengernya igo udah sehat lagi. kabari terus kalo ada apa2 ya mas.///

      Delete
  12. Terimakasih sebelum nya dok karna dokter banyak membantu saya dan sahabat saya dok (igo) sekarang dia sudah brancher tengah dok hehehe salam dok untuk errol dan padma. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam balik dari errol dan padma. gimana kabarnya igo? :)

      Delete
  13. Emmm gitu ya dok? Tapi dia kalo dipakein angklet kaya ga nyaman gitu dok..

    Oiya dok, saya penasaran sama cerita dokter sampai bisa bonding sama Errol pas dokter masih ngekos.. Trus saya juga penasaran, gimana cara dokter ngenalin Errol ke orang orang sekitar sedangkan barn owl rentan stres kan.. Boleh sharing sharing dok hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau burung hantunya belum terbiasa pake angklett, emang gitu. dia merasa gak nyaman....

      triknya: yang penting buat dia bonding dan nyaman dulu sama kita. itu aja. sehingga kalau ada kita, mau tempat seramai apapun, dia akan tenang karena merasa 'ini loh, emak gua. kalo ada dia, gua aman' setidaknya begitu prinsipnya... :)

      Delete
  14. Emmm gitu ya dok? Tapi dia kalo dipakein angklet kaya ga nyaman gitu dok..

    Oiya dok, saya penasaran sama cerita dokter sampai bisa bonding sama Errol pas dokter masih ngekos.. Trus saya juga penasaran, gimana cara dokter ngenalin Errol ke orang orang sekitar sedangkan barn owl rentan stres kan.. Boleh sharing sharing dok hehe

    ReplyDelete
  15. Ohh iyaiya dok hehe makasih banyak ya dokk.. Oiya dok,owl saya suka nyerang gitu dok kalo tangan saya ngedeketin dia.. Sayangnya saya ga pake glove, karena pengen lebih akrab aja sama dia.. Salah ga dok saya?

    ReplyDelete
  16. Ohh iyaiya dok hehe makasih banyak ya dokk.. Oiya dok,owl saya suka nyerang gitu dok kalo tangan saya ngedeketin dia.. Sayangnya saya ga pake glove, karena pengen lebih akrab aja sama dia.. Salah ga dok saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah bagus.
      dan saya setuju mas gak pake glove... :)

      mungkin sering2 diajak ngobrol aja sambil liat matanya, mas. itu aja dulu. :)

      Delete
  17. Oke dok syukur kalo ga salah hehe

    ReplyDelete
  18. Replies
    1. artikel kucing yang mana, mbak? maaf baru balas...

      Delete
    2. Maaf dok...dah ketemu nih artikel tentang pemeliharaan kucing😊.saya baca2 dulu ya dok.nti klo kurang jelas saya tny dr.fira.😊😊

      Delete
    3. Dok muspan saya rontoknya tambah parah dok kayaknya.sy udah ikutin saran dokter supaya taroh kandangnya didlm takutnya sensitif kulitnya.perlu disuntik jamur g ya dok.

      Delete
    4. hmm, iya. mending periksakan dulu ke dokter hewan biar sekalian dicek, mbak. nanti yang memutuskan suntik atau obat, biar beliau aja....

      karena dari fajktor cuaca juga bisa aja sih. cuaca emang lagi kurang bagus... :)

      Delete
    5. Oh gitu ya dok.nti saya coba bw kedokter dulu deh klo gitu.apalagi yg bagian buntutnya hampir botak dok.

      Delete
    6. Oh gitu ya dok.nti saya coba bw kedokter dulu deh klo gitu.apalagi yg bagian buntutnya hampir botak dok.

      Delete
    7. dia suka garuk2 gak? terutama bagian ekornya?
      kabari lagi ya mbak... :)

      Delete
    8. Dok kemarin saya baru konsultasi ke dokter.lom dibawa soalnya saya bawa kucing persia sya yg kena jamur jg.terus kata dokter disana muspannya disuruh mandiin seminggu 2x.dan hanya dikasih shampo buat penghilang jamur.klo bagian buntut nya g suka digaruk.tp botak dok.apa mungkin bulu lama rontok karena mau tumbuh bulu baru.aps seperti itu ya dok.kemarin saya mau tanya2 ke dokter disana g enak pas bgt lg rame pasien hewan nya

      Delete
    9. Dok kemarin saya baru konsultasi ke dokter.lom dibawa soalnya saya bawa kucing persia sya yg kena jamur jg.terus kata dokter disana muspannya disuruh mandiin seminggu 2x.dan hanya dikasih shampo buat penghilang jamur.klo bagian buntut nya g suka digaruk.tp botak dok.apa mungkin bulu lama rontok karena mau tumbuh bulu baru.aps seperti itu ya dok.kemarin saya mau tanya2 ke dokter disana g enak pas bgt lg rame pasien hewan nya

      Delete
    10. saya belum menyarankan seperti itu ya? :D
      saya pikir sudah menyarankan memandikan musang...
      iya, mandikan aja dengan sampo khusus. dan maaf kalo saya baru menyarankan saat ini. kadang emang suka pusing saking banyaknya yang konsultasi (sehari 150+ komentar).... :D

      sekarang gimana keadaan musangnya?
      nanti sore jam 1 siang saya online. bisa kirimkan fotonya ke saya? saya tunggu jam 1 ya.. :)

      Delete
    11. Dok caranya gimn saya g tau cara kirim fotonya😊

      Delete
    12. Dok caranya gimn saya g tau cara kirim fotonya😊

      Delete
    13. oh ya. kemaren emang saya gak jadi online.... maaf ya mbak warsi... :D

      hmm, gini aja, coba post aja gambarnya di facebook, set sebagai public, terus kirim linknya kemari...

      Delete
    14. Kemarin saya coba kirim lewat bales email.g kekirim ya dok

      Delete
    15. Kemarin saya coba kirim lewat bales email.g kekirim ya dok

      Delete
  19. oke dok.. oiya dok, kenapa ya owl saya kadang kalo saya kasih makanan, dia suka nunduk sambil geleng2 kepala gitu dok.. kenapa ya?trus owl saya kaya takut gitu dok sama hamster.. saya pernah beli hamster buat makanan dia, tapi pas di simpen di bawah perch, dia cuma defends sambil nyerang nyerang ga jelas gitu dok.. hehe khawatir dia agak susah makan kalo pilih pilih gitu dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas lukai dulu hamsternya, sampe agak berdarah (tapi masih hidup), terus tinggal aja. jangan diliatin. :)

      atau bisa juga kasih bayi hamster yang masih merah... :)

      Delete
  20. ternyata dimakan dok tadi.. tapi dia keliatan kaya yang gimanaa gitu dok makannya.. kaya riweh sendiri gitu.. kaya orang baru nyobain makanan baru dan masih ngerasa aneh gitu dok.. gapapa kah?

    mau nanya lagi dok, owl saya itu setiap ngeliat tangan saya kaya liat musuh dok, jadi saya ngeri deketinnya .. saya harus gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, mungkin emang dia terbiasa disuapi (handsfeed), jadi kalo dikasih makan tanpa di-handsfeed kayak canggung gitu kan maksudnya? :)

      gak apa2, itung2 belajar... :)

      dia kayaknya belum terlalu kenal sama masnya. udah pelihara berapa lama? coba ajak ngobrol, sambil liat matanya... dan kalau mas tidur, biarkan dia liat mas tidur (owlnya taruh di dalam kamar)

      Delete
  21. Dok, saya mau tanya..saya nemu kucing liar, masih kecil ditinggal ibunya. Tadi saya baru sadar, di area anus sama ekornya banyak belatung. Saya sudah coba bersihin semampu saya, tapi belatungnya ada yang masuk ke saluran kencing, gimana ini dok?? Saya kasihan sama kucingnya 😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa mas/mbak nggak langsung coba praktekkan artikel di atas aja? :)

      maaf karena baru balas...

      Delete
  22. Dok bener g sih klo tempe itu bagus buat pertumbuhan bulu pada kucing?klo iya tempe nya mentah atau matang

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur saya baru denger teori itu, mbak... :)
      gak, gak bener itu... :)

      Delete
  23. dok, tokek saya di dadanya itu ada belatung, trs belatungnya itu saya rendem pake detol cair, jadi tinggal sisa luka nya dok, gimana ya cara ngilangin sisa luka nya itu, takut ada belatung lagi dari situ dok, apa luka nya udah masuk ke dalam kulitnya dia apa belum ya, soalnya sebelum ada belatung di badanya, sempet ada cicak mati di kandangnya yg udh ada belatung nya sedikit dok, tks

    ReplyDelete
  24. dok, tokek saya di dadanya itu ada belatung, trs belatungnya itu saya rendem pake detol cair, jadi tinggal sisa luka nya dok, gimana ya cara ngilangin sisa luka nya itu, takut ada belatung lagi dari situ dok, apa luka nya udah masuk ke dalam kulitnya dia apa belum ya, soalnya sebelum ada belatung di badanya, sempet ada cicak mati di kandangnya yg udh ada belatung nya sedikit dok, tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending segera bersihkan kandangnya secara menyeluruh.
      kalo ada kandang lain, pidahin kandangnya.
      dia suka garuk2 bagian lukanya?

      mending setelah dipindahkan ke kandang baru, lalu mas observasi selama 3 hari. apakah keluar belatung lagi atau nggak. lukanya tetep kasih dettol, mas...

      Delete
  25. Dok saya mau tanya, kucing saya baru melahirkan sekitar 2 minggu yg lalu, saya masih awam bgt karena ini kelahiran pertama. awalnya anak2nya di bagian anus nya cuma basah saya kira bekas dijilat ibunya eh tadi saya baru liat ternyata ada belatungnya td saya udh coba bersihin beberapa belatungnya pake pinset dan bersihin pake antiseptik tapi ada belatung yang masuk ke dalam anus nya dan enggak bisa keambil, kasian bgt kucingnya masih kecil, gimana ya dok cara ngobatinnya ? Thanks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang mas awam banget, saya sarankan mending segera bawa ke dokter hewan aja. bilang sama dia problemnya apa, biar dapet antibiotik....

      segera ya mas. murah kok biayanya....

      Delete
  26. Dok kaki kucing saya ternyata hilang bagian kuku dan dagingnya saya baru menyadarinya ternyata ada belatung , di sini dokter hewan jauh sedangkan saya sibuk bekerja .
    Sebaiknya cairan atau obat apa yg bisa di beli ke apotek buat menghilangkan belatung dan mengobati lukanya.
    Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending sering2 dibersihkan lukanya. belatungnya bisa dibuang.... untuk obatnya, agak susah sih sebenernya, soalnya perlu diliat juga lukanya kayak gimana. saya bisa merekomendasikan amoxicillin, tapi kalo tanpa referensi dokter, agak susah.....

      mas bisa baca artikel saya dosis amoxicillin untuk hewan....

      jaga kebersihan lukanya. dan sering2 dibersihkan, terutama belatungnya....

      Delete
  27. Dok.. sy punya anjing.. beberapa hari yg lalu sy baru sadar ternyata anjing itu ad luka bolong gtu dok.. terus skrg bernanah dan berdarah.. kira" gmna cara ngobatinnya dok? Sy ga tega liatnya.. dokter hewan jauh dr sni dok.. rmh sy terpncil soalny..

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah sebenernya...

      bolongnya di sebelah mana?

      mending bersihkan, dan kasih betadine. saran saya sih tetap bawa ke dokter hewan biar sekalian di cek.

      coba baca artikel dosis amoxicillin untuk hewan. baca dulu baik2, terus bisa kasih ke doggy-nya.. :)

      Delete
  28. Dok saya punya kucing,dia habis kecelakaan tidak bisa jalan jadi kencing dan pup sambil tiduran,tiap hari kotor bulunya...sekarang dihinggapi lalat hijau bertelur di bulunya,dan menjadi larva saya bersihkan satu satu..tapi tiap hari selalu ada telur baru karena lalatnya makin bertambah...kira" gimana solusinya ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending hindari dari lalat. mas bisa coba pake kelambu kecil. yang biasa buat bayi itu loh mas.

      kalau emang parah, mending bawa aja ke dokter hewan, sekalian dicek kakinya, kenapa dia nggak bisa jalan... :(

      saya mah nggak bisa bayangin. :(

      mas tinggal dimana? kalo checkup doang, nggak mahal kok...

      Delete
  29. Dok mau tanya :')
    Saya punya hamster, udah berumur
    Dan sekarang saya lihat dia punya banyak luka padahal di kandang dia sendirian, terus waktu saya angkat bagian perutnya seperti meleleh dan bernanah dan sewaktu saya bersihkan telinganya ternyata banyak bilatung nya

    Itu bagaimana ya dok?
    Saya sudah bersihkan telinganya tapi bilatungnya ada di bagian telinga dalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang selama ini nggak diurus hamsternya, mbak?
      mending bawa ke dokter hewan aja, sesegera mungkin. itu udah infeksi dalem kayaknya.

      Delete
    2. Diurus kok, cuman beberapa hari ga digendong

      Kemarin dibawa ke puskeswan tapi ditolak kuotanya penuh, saya sudah bilang sekarat tapi tetap diarahkan ke dokter lain

      Saya ga mampu kalau ke dokter lain

      Kta dokter di puskeswan pun paling cuman dikasih salep aj

      Delete
    3. Oh iya terima kasih dok atas saran dan jawabannya :)

      Delete
    4. akhirnya sekarang gimana mbak? :(
      harusnya dikasih antibiotik sih. saya udah bahas di artikel dosis amoxicillin untuk hewan. tapi kalo udah separah itu, emang kudu dibawa ke RSH....

      Delete
  30. Dok.kucing saya juga kayak gitu dok.belatungnya udah menjalar ke ekor.badan nya lemas dok.apa itu fly strike juga????bahkan sampai ke kaki dokk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kayaknya sih flystrike. mas udah coba lakukan treatment di atas?

      Delete
  31. dok. Kalo fly strikes nya keluar dari anus kucing saya gimana cara nyembuhin nya?

    ReplyDelete
  32. Terima kasih, dokter. Artikelnya sangat membantu.
    Sedikit share, 3 hari yang lalu, ada orang membuang kucing kecil depan rumah. Perkiraan saya berumur sekitar 1 bulan. Berdasarkan pengamatan saya, si kucing ini sudah beberapa hari dibuang dan tidak mendapatkan asi dari induknya. Matanya penuh kotoran, anusnya banyak belatung. Seketika itu, saya browsing dan bertemu dengan artikel ini. Tanpa berpikir panjang, saya ke apotik, membeli betadine ukurag besar, suntikan ukuran 1,5ml dan 3,5ml, sulfa yang bubuk, dan antibiotik berbentuk sirup kering..
    1. Awalnya, Saya mandikan si kucing dengan sabun sulfur, saya bersihkan juga matanya dengan air hangat. Banyak sekali kotoran di matanya. Alhamdulillah, matanya sudah terbuka. Begitu juga telingan dan anusnya yang banyak belatungnya. Terlihat di bawan anusnya sudah berlubang.
    2. Kemudian badannya segera saya keringkan dengan tisu halus. Oleh karena khawatir belatung semakin banyak, segera saya campu betadine dengan air hangat dan bubuk sulfa, saya injekkan di anus dan lubang luka tadi. Saya gunakan alat suntik yang saya buang jarumnya. Sebelumnya, suntikan tersebut saya rendam air panas 3 menit. Setelah saya injekkan cairan tersebut, si kucing kesakitan. Beberapa belatung keluar dari anus dan luabng tadi. Saya cek ternyata masih banyak belatung bersarang disana. Sisa campuran betadine, sulfa, dan air hangat tadi saya gunakan untuk merendam bagian anus dan lubang tadi kurang lebih 10 detik. ALhamdulillah, banyak belatung keluar dan ikut terendam diana. Tanpa menunggu waktu lama lagi, saya bersihkan sisa cairan obat tadi dengan air hangat sebelum saya obati dengan antibiotik.
    3. Langkah terakhir adalah saya beri minum susu untuk kucing. Terlebih dulu saya rendam dot kucing di air panas selama 3 menit. Sebelumnya sudah saya siapkan susu yang telah dicampur air hangat dan sedikit air dingin. Si Kucing minum dengan lahapnya sampai sebotol habis. Luar biasanya, setelah minum, si kucing BAB di tisu yang sudah saya siapkan. Sekitar 10 belatung kecil-kecil keluar dati anus dan lubang tadi.
    4. Setelah 1 jam sejak pemberian susu, saya siapkan obat antibiotik (sirup kering) yang sudah saya campur air matang sesuai petunjuk. Agar obat bisa ditelan mudah, saya gunakan suntikan 3,5ml dengan terlebih dulu dibuang bagian ujung dan jarumnya. Cairan obat tadi disedot dengan alat suntik tadi sampai penuh. Saya minumkan pelan-pelan, 3 tahap, karena kucing agak menolak. Alhamdulillah, obat diminum sampai habis. Pengobatan ini saya ulangi setiap 8 jam sebagaimana yang saya baca di petunjuk obat.
    Tiga hari sudah berlalu, Alhamdulillah..., si kucing sudah lincah dan belatung-belatung di bagian anus sudah tidak ada. Bahkan saya cek fesesnya pun tidak terdapat belatung, mungkin ada telurnya tapi saya tidak terlihat karena saya tidak punya alat untuk mengamatinya. Bahkan sampai saat saya menuliskan sharing ini lubang kecil di bawah anus sudah menutup. Hanya saja, fesesnya masih cair dan sedikit kental. Minum susunya juga lahap sekali.

    Nah, yang mau saya tanyakan,
    1. Apakah antibiotik ini saya berikan lagi atau cukup sampai disini?
    2. Apakah sudah waktunya juga diberikan makanan tambahan selain susu?

    Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih, dokter. Artikel di atas sangat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selesai membaca semua penjelasan mas, saya cuma bisa bilang, wow! :)
      keren banget. bisa sampe sedetail itu merawat anak kucing yang mas temukan di depan rumah. saya salute.

      antibiotiknya seukuran berapa mas? apa sekarang masih banyak sisanya? merknya apa?
      7 hari aja. kalau udah lebih dari 7 hari dan udah gak ada belatungnya, saya kira aman untuk di stop. TAPI pastikan dulu tidak ada belatung atau telur lalat di anusnya dan di fesesnya....

      mas bisa kasih makanan kucing yang khusus kitten (anak kucing).

      Delete
  33. Dok mau tanya, ini kucingki bagian ekornya saja yang kena sepertinya.. Berlubang sama ada belatungnya.. Dan belatungnya didalem.. Banyak lubangnya belum sampai ke anus sepertinya..
    Kalau saya kasih betadine terus kira kira belatungnya bakalan mati sendiri nggak ya dok? Soalnya yang kemarin baru dikasih betadine sudah nutup lukanya tinggal lubang yang disisi satunya.. Kalau belatungnya diambil gk bisa.. Soalnya belatungnya sembunyi didalem terus kucing saya kesakitan tiap mau diambil.. Saya nggk tega buat ngambilnya
    Gimana dok?

    ReplyDelete
  34. Dok tolong ya, pertanyaan diatas
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  35. Assalamualaikum
    Dokter, hari ini saya melihat sendiri kalau kucing saya (di Tengkuk) banyak belatungnya akibat di gigit anjing
    Sy jauh dr drh, sy usahakan sy bersihkan dgn Kapas, Alkohol, dan seka air hangat dan sy ambil belatung yg ada di Luka itu
    Alhamdulillah sdh bersih
    Untuk sekitar Luka sy ksh Supertetra
    Kira" aman gk ya bu Dokter.?
    Lalu Bagaimana cara kita membersihkan belatung yg ada di dalam (Takutnya sdh menjalar ke dalam tubuh)
    Kalau dgn suntik sy harus beli obat apa di apotik
    Terimakasih sebelumnya

    🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  36. Assalamualaikum dok ini kucing saya juga seperti ini dok belatungnya sudah saya bersih kan dok tapi kucing saya masih lemas aja dok dan keluar lendir juga gitu dari mulutnya, ini gimana ya dok?

    ReplyDelete
  37. Selamat sore Dok,
    Kucing saya kotorannya ada belatungnya. Selama ini makannya dengan cat food yang berupa biskuit. Lalu 2 hari lalu mengeluarkan kotoran namun ada belatungnya. Apakah berbahaya dan apa yang sedang dialami kucing tersebut?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.