Cara Mengobati Fly Strike | Drh. Fira Sovica

Fly strike adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh masuknya larva lalat (belatung) ke dalam tubuh hewan peliharaan.

Mengobati hewan yang menderita fly strike

kerap ditanyakan oleh pengunjung blog ini kepada saya.
Cara Mengobati Fly Strike
Domba, hewan yang bisa terkena flystrike. Image taken from pinterest.com
Fly strike kerap terjadi pada hewan yang kurang terjaga kebersihannya sehingga mengundang datangnya lalat. Cara mengobati fly strike selengkapnya sudah pernah saya bahas di artikel cara menangani hewan yang ada belatungnya.
Hewan yang terkena fly strike akan sangat terganggu. Maka dari itu, sangat penting untuk mempelajari bagaimana caranya mengobati flystrike pada musang. Terima kasih. (FS)

6 Responses to "Cara Mengobati Fly Strike"

  1. Permisi dok maaf keluar dari topik, saya punya marmut umur kurang lebih 1 tahun, waktu terkena diare saya kasih tempe kukus alhamdullilah sudah tidak diare lagi, tapi setelah diare kok nafsu makannya berkurang bagaimana cara menanganinya dok? biasanya sebelum diare saya sering kasih makan bayam, wortel, mentimun, dan konsentrat tiap malam hari. Sebelumnya terima kasih dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? setelah diarenya mendingan, fesesnya gimana? masih mencret? baunya gimana?
      marmut biasanya ketahuan dia sehat atau nggak dari fesesnya, baik bentuk, warna, dan baunya. beda loh marmut yang sehat dengan marmut yang sakit dari segi fesesnya...

      tebakan saya sih, dia kayaknya masih merasa 'nggak enak perut' setelah diare kemaren. coba pindahkan kandangnya ke ruangan yang lebih hangat. mas gak tahu kalau marmut juga bisa kembung dan masuk angin? :)

      Delete
    2. sebelum diare fesesnya encer, tapi setelah saya kasih tempe kukus sudah kembali normal lagi fesesnya tapi sedikit berair, dan setelah diare sudah saya pindahkan kandangnya ke tempat yang lebih hangat. Berarti kalo perutnya kembung harus dikasih apa dok?

      Delete
    3. coba mas baca artikel saya cara mengobati kucing kembung, secara prinsip sama aja... :)

      kabari terus....

      Delete
    4. Mas Aditya,

      Saya sudah memelihara marmut lebih dari 8 tahun dan banyak kejadian up and down yang sudah saya alami.

      Untuk marmut, mereka berbeda dengan kucing, anjing, dll. Pengobatannya pun berbeda. Karena itu marmut, kelinci, kura-kura disebut hewan eksotis.

      Untuk masalah Mas Aditya:
      1. Beri hay/ rumput
      2. Kasih pelet (pelet yang bagus khusus guinea pig bermerk Oxbow dengan kandungan vitamin C yang tinggi)
      3. Hentikan sayur mayur sementara hingga diare berhenti
      4. Jangan kasih tempe atau makanan manusia lainnya. Marmut ga bisa mendigest itu. Apalagi terlalu banyak karbohidrat bisa membunuh marmut. Dia hanya bisa makan sayur dan buah.
      5. Jangan terlalu banyak beri bayam karena banyak mempunyai banyak zat besi yang kurangbaik. Boleh diberikan 1 minggu 1x. Makanan dia yang utama adalah: selada hijau, tomat, timun, siomak. Jangan berikan wortel setiap hari karena itu membuat diare.
      6. Perut kembung memang akibat pencernaan dan makanan seharinya tidak baik. Sehingga terasa kembung.

      Hope it helps dan semoga marmutnya cepat sembuh. Jika tidak membaik, bawalah ke dokter yang biasa menangani hewan eksotis seperti ini.

      http://www.guinealynx.info/
      baca2 link guine linx untuk panduan perawatan yang lebih baik :)

      Delete
    5. terima kasih untuk mas ThinkUthing atas saran dan komentarnya, mungkin mas aditya bisa ikuti saran mas ThinkUthing yang memang sudah berpengalaman di bidangnya.... :D

      ditunggu komentar mas ThinkUthing selanjutnya... :D

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.