Mengobati Ular BallPython Yang Mukanya Bengkak | Drh. Fira Sovica

Beberapa hari yang lalu, salahsatu pengunjung blog ini bertanya

kenapa muka ular ball python peliharaannya bengkak

. Banyak pula pertanyaan sejenis yang masuk di blog ini, baik secara langsung (melalui chat) atau via komentar. Artikel cara menangani bengkak pada muka ball python ini berkaitan dengan artikel cara mengobati ular sariawan dan cara memelihara ular ball python.


Mengobati Ular BallPython Yang Mukanya Bengkak
Image taken from reptilescanada.com
  • Sejujurnya, agak sulit untuk mengetahui kenapa ular ball python bisa bengkak di bagian muka tanpa melihat langsung ularnya. Namun sepengalaman saya, bengkak pada bagian wajah ular ball pyton dan ular lainnya biasanya disebabkan oleh infeksi di bagian mulut.
  • Infeksi pada bagian mulut biasanya ditandai dengan bengkaknya bagian gusi ular. Karena merasa tidak nyaman, ular kerap menggosok-gosok bagian wajahnya. Inilah yang menyebabkan bengkak pada wajah ular peliharaan anda.
  • Jadi, yang harus anda lakukan adalah mengecek bagian mulut ular yang mukanya bengkak. Apakah ada bagian mulut yang bengkak atau tidak. Jika ada, kemungkinan hal itulah 'biang keladi' dari bengkaknya muka ular peliharaan anda. Bengkak pada bagian gusi ular biasanya ditandai dengan timbulnya bagian putih yang agak membesar di bagian gusi ular.
  • Untuk mengobati ular ball python yang mukanya bengkak adalah dengan cara mengobati bengkak atau infeksi pada bagian mulutnya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan obat kumur yang mengandung chlorhexidine untuk mengobati bengkak. Selain chlorhexidine, betadine dan listerine juga bisa digunakan sebagai obat anti-infeksi pada ular peliharaan anda.
  • Cara menggunakan chlorhexidine atau betadine/listerine untuk mengobati gusi ular yang infeksi adalah dengan menggunakan cotton bud. Bersihkan bagian mulut yang infeksi dengan kapas yang dibasahi air hangat, lalu ditotol-totolkan cotton bud yang sudah dibasahi chlorhexidine atau betadine pada bagian gusi yang bengkak tersebut. Untuk bagian wajah yang bengkak, anda bisa mengkompress bagian wajah ular yang bengkak tersebut dengan handuk hangat yang kering.
  • Lakukan treatment di atas sehari 2 kali. Jaga daya tahan tubuh ular dengan menjaga pola makan ular.
Harap ditekankan bahwa saya sebenarnya sangat menyarankan anda untuk membawa

ular yang bengkak di bagian wajahnya

tersebut ke dokter hewan agar mendapatkan penanganan yang tepat. Saya tidak menyarankan anda untuk melakukan treatment yang saya tulis di artikel ini jika anda belum berpengalaman dalam menangani ular yang sakit. Terima kasih. (FS)

8 Responses to "Mengobati Ular BallPython Yang Mukanya Bengkak"

  1. Dok muspan saya bulunya masih rontok.biar g rontok kasih apa ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama? dan dia keliatan suka garuk2 nggak? umur musangnya berapa?

      Delete
  2. Dok muspan saya bulunya masih rontok.biar g rontok kasih apa ya dok

    ReplyDelete
  3. Hi dokter fira, ini saya juan yang selalu bertanya di blog ini soal shiro obay saya dok, tapi kali ini saya ingin tanya soal ular saya dok, dia baby boa bci sekitar 60cman, biasanya perilakunya di terrarium tidak pernah aneh dok, dia cuma bertengger aja di perch kayukayuan di terranya, tapi semenjak kemarin setelah saya mencoba memberi makan emprit pakannya shiro (saya biasa kasih pingkies bulu) setelah dia makan dia jadi suka menggali ke aspen bedding, bahkan setelah saya handle dan rendam rutin pun dia selalu kembali ke dalam aspen beddingnya, saya berasumsi awalnya mungkin dia butuh lebih kehangatan buat digest pakannyakan, makanya saya juga sedikit lebih di seringkan menjemurnya, tapi dia tetap saja di dalam beddingnya dok, apakah possible kalau boa saya sedang sakit ya dok? Karena memang setelahnya saya temukan satu emprit yang mati mendadak di kandangnya, tapi selama ini shiro dan salva saya makan emprit dan doq nya tidak pernah bermasalah dok, mohon pencerahannya yaa dokter, salam ke errol dan padmanya dari shiro yang sudah mulai nakal kesanakemari hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. errol udah nggak ada, mas. pergi, dan kayaknya emang dia pergi karena emang udah deket sama ajalnya. sama aja kayak kucing, kalo udah merasa ajalnya deket, dia pergi dari ownernya... :)

      boa bci emang suka mengubur dirinya sendiri, mas. normal kok. atleast selama dia mau makan, dan kandangnya hangat. jangan dipegang dulu setelah makan, mas... :)

      Delete
    2. Turut berduka yaa dok, semoga bisa dapat penggantinya errol yang lebih baik lagi

      Ohh begitu okeoke dokter, saya sempat worried aja soalnya gabiasanya dia begitu, dan terakhir saya lihat memang mau shed ternyata. Thanks yaa bu dokterπŸ™πŸ™

      Delete
    3. sip. kabari terus. dan maaf karena saya baru balas... :)

      Delete
  4. Dok saya mau tanya, saya akan membeli ball python spider. Pas udah fix harganya si seller bilang klo ciri khas dr ball python spider ini senidiri adalah wobling, stelah saya cari tau memang ball python spider ini rata" pd wobling. Apakah itu benar dok? Dan bisa disembuhkan apa tidak? Trmkasih sblmnya πŸ™πŸ™

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.