Burung Hantu Makan 3 Hari Sekali? Ngaco! | Drh. Fira Sovica

Beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan pertanyaan dari salahsatu pengunjung blog ini. Si penanya menulis bahwa dia mendapatkan keterangan dari blog lain bahwa

"burung hantu hanya membutuhkan makan 3 hari sekali.

Setelah makan, burung hantu membutuhkan waktu hingga pellets-nya keluar, kira-kira 3 hari, setelah itu baru dia bisa diberi makan lagi," begitu kira-kira tulis si penanya. Apa itu pellet? Anda bisa membaca artikel saya penyebab burung hantu muntah.
Burung Hantu Makan 3 Hari Sekali? Ngaco!
Image taken from coltsneckschools.org


Tanggapan saya yang menanyakan url blog tempat si penanya mendapatkan keterangan itu belum juga dijawab hingga tulisan ini saya tulis.
Pendapat yang mengatakan bahwa burung hantu hanya perlu diberi makan 3 hari sekali adalah pendapat yang salah.
Ketersediaan pakan adalah hal krusial dalam memelihara burung hantu. Jangan sesekali telat memberi makan kepada burung hantu peliharaan anda karena fatal akibatnya. Jadwal pemberian makanan dan porsi makan burung hantu sudah pernah saya tulis di artikel jadwal dan porsi pemberian makan burung hantu dan bop.
Hal keliru lain dari pertanyaan yang diajukan si penanya adalah bahwa "burung hantu membutuhkan 3 hingga 4 hari untuk mengeluarkan pellet." Pendapat ini jelas salah karena burung hantu mengeluarkan pellet setelah 6 hingga 10 jam setelah makan jika memang ada sisa makanan yang tidak tercerna. Jika memang seluruh elemen makanan bisa tercerna sempurna, maka burung hantu tersebut tidak mengeluarkan pellet.

Saya tidak tahu dari blog mana si penanya mendapatkan keterangan menyesatkan bahwa pellet dimuntahkan burung hantu setelah 3 hingga 4 hari karena itu jelas salah. Terima kasih. (FS)

60 Responses to "Burung Hantu Makan 3 Hari Sekali? Ngaco!"

  1. asalammualaikum dok.
    owl saya kan buffy fish dok, knp ya tiap malam owl sya ga bunyi, apa buffy fish klo malam emng ga bunyi dok?. trus dok, d telapak kaki owl saya itu seperti ada benjolan daging lebih dok, apa itu wajar ya dok?. oh iya, owl saya udh mature baru 1 minggu lebih d handle tp udah jinak elus dok.
    makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas baca artikel saya cara mengobati bumblefoot pada burung.

      soal dia nggak bersuara, hmm, mending cek fesesnya. parameter kesehatan burung hantu bisa dilihat dari fesesnya. silakan baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya... :)

      Delete
    2. Maaf dok mau tanya.Saya punya burung hantu celepuk usia juve.kok gak bersuara ya dok? Wajarkah?

      Delete
    3. selama dia masih mau makan, fesesnya normal, matanya terbuka (gak merem), itu wajar dan masih sehat....

      silakan mas baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
    4. Belakangan iniburhan saya jarang gerak dok.. Siang malem.. Kalau disodorin makanam di kasih kemulut lama baru di makan itu kenapa ya dok?

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
    6. silakan mas baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      kasih tau saya mengenai fesesnya... banyak sebab, mas. salahsatunya cuaca yang emang lagi gak bagus buat owl. mending jaga agar owlnya gak kedinginan...

      kasih kabar lagi ke saya terutama fesesnya..

      Delete
    7. Slam kenal dok, mau nanya berapa ekor burung puyuh dewasa perhari yang pas untuk makan burung hantu sy yg berjenis barn owl (tyto alba) dewasa..??

      Delete
    8. udah ada di artikel porsi makan burung hantu, mas... :)

      Delete
  2. oh iya, benjolannya itu ada di kedua kaki nya dok tepatnya seperti daging berlebih.

    ReplyDelete
  3. makasih banyak atas penjelasannya. sedikit banyak saya bisa tahu apa yang terjadi pada uta. tapi saya coba rinci...

    pertama, harusnya mbak tidak membeli burung hantu yang sudah dewasa jika memang tidak berpengalaman memelihara burung hantu dewasa sebelumnya. pilih yang anakan dlu. yang masih bulu kapas. dan pilih yang sehat. mbak bisa baca artikel ciri burung hantu sehat dan artikel apa yang harus dilakukan sebelum membeli burung hantu...

    soal kematian uta, harusnya mbak tidak meninggalkan uta dan etou dulu. boleh pergi, tapi gak lebih dari 1 atau 2 hari. ini penting karena burung hantu yang sedang beradaptasi perlu tahu siapa sebenarnya 'masternya'. dari cerita mbak, kayaknya uta emang udah merasa dia sakit, makanya dia mempersilakan etou untuk memangsanya setelah dia mati... perilaku ini wajar kok. kadang induk burung hantu juga akan membunuh bayinya yang baru menetas kalau dia melihat anaknya gak bertahan lama.... ini terjadi juga pada burung hantu, dan hewan lain sebenernya.

    pada dasarnya, semua hewan akan pergi kalau dia merasa ajalnya nggak lama lagi. ya, semua hewan kayak gitu. kalau pun misalnya dia gak bisa pergi karena alasan tertentu (misalnya sakit parah hingga nggak punya tenaga), biasanya dia akan membiarkan hewan sejenis untuk memangsa tubuhnya yang baru mati (belum lama mati)....

    mungkin ini yang terjadi pada uta...

    kalau emang mbak worried, mending bawa etou ke dokter hewan untuk checkup. yah, buat checkup aja sih. silakan cek artikel saya alamat dan nomor telepon dokter hewan daerah jakarta raya

    burung hantu sebenernya gak apa2 ditaruh dalam satu kandang. namun sebaiknya 1 atau 3 hari setelah disatukan terus diobservasi. takutnya berantem. kalau 22nya anteng2 aja, gak apa2 satukan aja...

    dan satu lagi. jangan pakai kandang jeruji kecuali yang besar. bagusnya, mbak punya ruangan sendiri untuk memeliharanya. kayak gudang atau ruangan tak terpakai. taruh aja di situ. kalau saya pakai kamar saya, hehehe. jadi errol dan padma di situ juga 'kandangnya'. :D

    soal kenapa dia gak bersuara, selama fesesnya normal layaknya burung hantu sehat, bisa dikatakan sehat. soal bersuara atau tidak sebenernya balik lagi ke karakter burung hantu itu, meskipun bisa dikatakan bahwa burung hantu yang bersuara lebih mencerminkan bahwa burung hantu tersebut sehat. silakan baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

    apa yang harus dilakukan agar etou tetap hidup? gampang. kasih makan, dan jaga kesehatannya. itu aja sih. :D

    gak apa2 mbak saya malah seneng kok bisa bantu. silakan baca2 aja dlu artikel saya mengenai burung hantu di blog ini... :D

    saya tunggu kabar selanjutnya

    ReplyDelete
  4. makasih banyak atas penjelasannya. sedikit banyak saya bisa tahu apa yang terjadi pada uta. tapi saya coba rinci...

    pertama, harusnya mbak tidak membeli burung hantu yang sudah dewasa jika memang tidak berpengalaman memelihara burung hantu dewasa sebelumnya. pilih yang anakan dlu. yang masih bulu kapas. dan pilih yang sehat. mbak bisa baca artikel ciri burung hantu sehat dan artikel apa yang harus dilakukan sebelum membeli burung hantu...

    soal kematian uta, harusnya mbak tidak meninggalkan uta dan etou dulu. boleh pergi, tapi gak lebih dari 1 atau 2 hari. ini penting karena burung hantu yang sedang beradaptasi perlu tahu siapa sebenarnya 'masternya'. dari cerita mbak, kayaknya uta emang udah merasa dia sakit, makanya dia mempersilakan etou untuk memangsanya setelah dia mati... perilaku ini wajar kok. kadang induk burung hantu juga akan membunuh bayinya yang baru menetas kalau dia melihat anaknya gak bertahan lama.... ini terjadi juga pada burung hantu, dan hewan lain sebenernya.

    pada dasarnya, semua hewan akan pergi kalau dia merasa ajalnya nggak lama lagi. ya, semua hewan kayak gitu. kalau pun misalnya dia gak bisa pergi karena alasan tertentu (misalnya sakit parah hingga nggak punya tenaga), biasanya dia akan membiarkan hewan sejenis untuk memangsa tubuhnya yang baru mati (belum lama mati)....

    mungkin ini yang terjadi pada uta...

    kalau emang mbak worried, mending bawa etou ke dokter hewan untuk checkup. yah, buat checkup aja sih. silakan cek artikel saya alamat dan nomor telepon dokter hewan daerah jakarta raya

    burung hantu sebenernya gak apa2 ditaruh dalam satu kandang. namun sebaiknya 1 atau 3 hari setelah disatukan terus diobservasi. takutnya berantem. kalau 22nya anteng2 aja, gak apa2 satukan aja...

    dan satu lagi. jangan pakai kandang jeruji kecuali yang besar. bagusnya, mbak punya ruangan sendiri untuk memeliharanya. kayak gudang atau ruangan tak terpakai. taruh aja di situ. kalau saya pakai kamar saya, hehehe. jadi errol dan padma di situ juga 'kandangnya'. :D

    soal kenapa dia gak bersuara, selama fesesnya normal layaknya burung hantu sehat, bisa dikatakan sehat. soal bersuara atau tidak sebenernya balik lagi ke karakter burung hantu itu, meskipun bisa dikatakan bahwa burung hantu yang bersuara lebih mencerminkan bahwa burung hantu tersebut sehat. silakan baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

    apa yang harus dilakukan agar etou tetap hidup? gampang. kasih makan, dan jaga kesehatannya. itu aja sih. :D

    gak apa2 mbak saya malah seneng kok bisa bantu. silakan baca2 aja dlu artikel saya mengenai burung hantu di blog ini... :D

    saya tunggu kabar selanjutnya

    ReplyDelete
  5. Dok, mau tanya lg nih. BO brancher awal dah bisa nangkring blm? Kok kakinya agak kurang kuat nopang badanya ya dok waktu nangkring , apa karna masa pertumbuhan?

    Satu lg dok, saya kan mau buat perch dr peralon nih untuk BO, kira2 diameternya peralon yg pas dan nyaman buat kaki BO yg diameter brp ya dok?

    Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya dah bisa nangkring. kalau belum bisa (alias kakinya lemah), bisa jadi dia kurang kalsium. coba cek kakinya, kalau ditekan dia kesakitan gak. kalau kesakitan, mungkin ada insiden (jatuh dll). kalau gak kesakitan, mungkin kurang kalsium...

      diameter paralonnya? yang biasa buat keran, mas... caranya silakan baca di artikel cara membuat perch.

      alternatif lain yang lebih gampang sebenernya mas bisa coba bikin bow perch dari keranjang parcel bekas. gampangan pake itu.. :)

      Delete
  6. Dok kayaknya BO saya kurang kalsium, cara menanggulanginya seperti apa ya dok? Dulu pernah baca jg d comment blog ini, tp susahnyarinya he he..

    Sama kalau fesses cuma putih sm air tanpa unsur yg item itu denger2 artinya lg stres ya dok?

    Kalau tempat parsel bekas si banyak dok dan udah saya terapkan buat tangkringan celepuk saya, tp kalau buat bo kayaknya kurang kokoh dok. Soalnya bo nya blm jinak, jadi kalau tangkringannya kurang kokoh takutnya nanti dia tambah merasa kurang aman.

    Sory dok kepanjangan dan tolong di cerahkan, makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih bubuk tulang sotong. beli tulang sotong di tukang makanan burung, tumbuk hingga benar-benar halus, taburkan ke makanannya, lalu mas berikan seminggu 2x aja. jangan keseringan.

      iya, saya tahu dia stress karena dari fesesnya...

      kalau handler keranjang parcelnya kurang kokoh, bisa mas lapis pake batang besi... dan bawahnya kasih pemberat... :)

      kasih saya kabar lagi ya mas... :)

      Delete
  7. oh gitu.
    iya, kemungkinan besar karena stress. kalau untuk pemula emang butuh adaptasi buat memelihara owl, perlu pengalaman, tapi saya seneng mbaknya memelihara celepuk yang lebih mudah. buat pelajaran aja ya, nanti mungkin mau pelihara lagi. usahakan jangan sampe mati. :D

    nanti kalau mau beli celepuk lagi, usahakan yang masih anakan. yang masih bulu kapas karena masih gampang dijinakkan dan gak gampang stress.

    kalau mau beli kakatua, yang terpenting adalah dia udah jinak (dan rata2 kakatua yang dijual ama ownernya biasany emang udah jinak), jadi gak mesti yang anakan dulu.

    atau mungkin mbaknya mau coba pelihara musang? kalau mau, pelihara aja musang pandan.... :)

    sama2. kabari lagi kalau pelihara pet... :)

    ReplyDelete
  8. Dok ada alternatif selain tulang sotong gak? Nyari gak dapet2 e dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. tulang sotong banyak kok dijual di toko makanan burung. ama toko sangkar burung gitu... atau yang jual jangkrik... :)

      alternatif lain, hmm, agak susah sebenernya... bawa ke dokter hewan aja mas.. :D

      Delete
  9. Dok alhamdulillah dah bisa nangkring Dan untuk perch saya buat dr peralon dm 3/4.

    Mau tanya lg nih dok, kalau daging kecil kayak kelamin d atas ekor itu apa ya dok? Di BO sama celepuk saya ada semua, kelihatanya kalau waktu burhannya lg bersihin / ngerapiin bulunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal daging kecilnya, hmm, bisa mas fotoin? selama ini kasih makan apa mas owlnya? selama makannya masih rakus, menurut saya sih bukan masalah. emang kadang ada beberapa kasus kayak gitu. oh ya, cuaca lagi gak bagus buat owl. jadi sebaiknya jaga agar mereka tetap hangat. maaf baru balas, saya lagi perjalanan pulang kampung soalnya... :D saya tunggu kabarnya. n

      Delete
  10. Assalammualaiium dok.
    Dok gmna cara ngelatih owl saya buffy buat naik ke glove ya? Usia nya Si lucky sdh mature dok, padahal saya udh ngelatih pke teknik seperti mengangkat satu kaki nya hingga ke atas(hingga perut) tp tetep nda mau naik dok, trus yg kedua saya dorong lembut blkng kaki nya biar naik ke glove tp nda ada efek nya juga dok padahal waktu lthan saya iming"in makanan terus dok biar lucky mau naik.
    Apa ada teknik lain dok supaya lucky bisa naik ke glove?. Biasanya klo saya pke teknik di atas lucky nya malah terbang dok atau malah cuma diam d perch aja dok
    satu lg dok, lucky masih nda bunyi dok klo malam, palingan cuma bunyi ketika di kasih makan sama waktu d elus" selain itu nda bunyi dok, dari feses nya masih normal dok, masih ada 3 elemen, putih, bening, sama tahi nya. Cuma kmaren feses nya ada warna hijau nya di sekitar tahi nya tp cuma satu hari dok.
    Apa memang buffy klo udh mature nda bunyi dok? atau ada penyebab lainnya dok?
    Makasih dok, maaf bnyk nanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas pertanyaannya. dan maaf karena saya baru balas. saya masih dalam perjalanan pulang kampung. skrng aja di rest area... :D 1. sepertinya lucky bukan tipe burung yang mudah percaya sama manusia ya mas? betul? emang kadang ada sih yang kayak gitu. dan saya yakin dia tetep bisa nurut sama mas nantinya. tinggal masnya aja. hehehe. kalau mas ragu2 atau takut dia gak nurut, nantinya malah dia makin susah. tugasnya mas adalah tumbuhkan rasa percaya diri lucky terhadap masnya. mas bisa taruh si lucky di kamar mas saat mas tidur, biarin si lucky liat masnya tidur. biasanya cara itu ampuh agar bop dan owl percaya ke kita, mas. coba aja... :) 2. soal kenapa dia gak bunyi sebenernya balik lagi ke karakter owlnya. ada yang emang 'rame', ada juga yang pendiem. wajar kok. selama fesesnya normal dan dia sehat, saya kira gak perlu dipermasalahkan. sekarang gimana keadaan lucky? salam nih dari errol dan padma yang lagi rame di jok belakang, hehehehe... :D

      Delete
  11. Kaya nya iya dok, tp dok kamar saya itu kecil ga muat perch saya klo d taruh d kamar, lucky punya ruangan sendiri dok di kamar ukuran 3 meter sambil d pasang equip sama perch.
    Alhamdulillah sehat dok, makan lancar. Kadang waktu d elus dia sering bunyi kaya lg seneng sambil nunduk dok. oh iya dok, kalo lucky saya kasih makan lele yg saya fillet untuk makan utama nya gpp kan?
    Salam juga dari lucky lg ngeliatin saya nntn tv dok, smoga sehat padma sama errol :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lele fillet gak apa2 buat buffy. cukup pastikan gak beku dan bebas bahan kimia ya mas.. kalau toh beku lebih baik diamkan dulu di ruangan terbuka sampe gak dingin lagi....

      ajak ngobrol sambil liat matanya, mas... :)

      Delete
  12. Dok ini fotonya d foto profil g+ saya, kalau untuk celepuk seringnya sih jangkrik, selingannya sapi sama tikus dok. Kalau untuk BO nya ganti2 dok, ter gantung yg dapat apa (sapi, tiput rat, emprit,dan ayam kalau darurat gak dpt yg sebelumnya). Keduanya sama2 rakus dok.

    Saya kira jg bukan masalah dok, soalnya keduanya sehat n bugar. Tapi karna rasa penasaran dan ingin tau makanya saya tanyakan he he..

    Untuk bo nya lg mencret, tp lg saya terapi senduhan air sirih.

    Maaf lama dok, td pagi baru sempet fotoin

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak muncul mas fotonya. atau mas ganti gambar di akun blogger mas aja. opsi lain, share aja di facebook. terus kasih linknya kemari ya...

      oh ya. bisa kasih air seduhan daun sirih. tapi tetep observasi, makanannya jaga kebersihannya, dan cuaca lagi gak bagus buat owl, jadi lebih baik pindahkan ke ruangan yang lebih hangat....

      Delete
  13. Ini link nya dok
    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1148492225168594&id=100000234828552

    Iya dok, BO saya kasih kamar sendiri dan terpisah sm Letty(celepuk)

    Nanya lg dok, untuk sexing harus nunggu jinak gak? Buat BO saya, biar bisa cepet kasih nama gitu he he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sexing gak harus nunggu jinak kok... :)
      linknya gak bisa dibuka, mas...

      sekarang gimana owlnya? sehat? cek terus fesesnya. udara lagi gak bagus buat owl, jadi sebaiknya pindahkan ke ruangan yang agak hangat... :)

      Delete
  14. Dari hp bisa dok, pake Gcrome atau gak aplikasi fb. Saya coba buka d browser yg lain jg gak kebuka dok.

    Sehat semua dok, BO saya fesses nya jg udah normal.

    Dok, untuk celepuk sm BO dari makan sampai ngeluarin fesses itu butuh berapa jam ya dok kira2? Biar pas d ajak main gak berak :D

    Maaf dok kalau ngerepotin dan banyak nanya he he

    Btw makasih ya dok buat ilmunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah seneng masnya nanya kemari. gak apa2, kalau ada yang ingin ditanyakan, kemari aja ya mas... :)

      soal berapa lama owl mengeluarkan pelletsnya, silakan mas baca artikel burung hantu cuma dikasih makan 3 hari sekali? ngaco!

      Delete
  15. Bukan ngeluarin pellet dok tp ngeluarin fessesnya atau bisa d bilang berapa waktu yg d butuhkan untuk mencerna makanan pada burung hantu dok

    Ok dokter, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh. tergantung jenis owlnya sih mas. makin besar jenis owl biasanya makin lama waktu cerna makanannya... :)

      mungkin nanti saya buatkan artikelnya... makasih atas idenya... :)

      Delete
  16. Ok bu dokter, makasih. Di tunggu jg artikel2 nya :)

    ReplyDelete
  17. Mau nanya dok . Cara membedakan jantan dan betina nya bo gimana ya ? Jawaban yang saya tau masih simpang siur .

    BO saya yang 1 nya agak sakit dok . Saya kasih minyak ikan malah gak di minum nya . Netes terus malah d muout nya . Saya gak ngerti skit apa tpi saya liat . Mata terpejam terbang nya lemah banget . Nafas cepat .
    Saya pengen ngirim foto nya dok biar lebih jelas .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok artikelnya cara membedakan jenis kelamin burung hantu.... silakan search aja di blog saya ini... :)

      cek mulutnya, mas. silakan mas baca artikel saya cara mengobati frouce pada burung hantu... :)

      Delete
  18. Saya mau tanya apakah saat beli burhan harus di karantina dulu dok??
    Saya habei beli burhan langsung saya kasih angklet dan tarangan . 1 hari kemudian si burhan ku saya kasih makan jangkrik gak mau di sambar cuma di liatin aja maunya di suapin (kadang mau kadang enggak) dan matanya sering merem . himana caranya biar bisa lebih agresif lagi dok?
    Jenis burhan: celepuk
    Saya kasih nama: si joko

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, harus, mas.
      kayaknya sih iya, dia stress. waktu beli (waktu mas masih di tokonya), apakah burung hantunya udah kayak gitu? mata merem?
      harusnya sebelum beli, mas baca dlu artikel saya ciri burung hantu sehat...


      coba cek fesesnya, samakan dengan yang ada di artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.

      Delete
    2. Kalau fasesnya sama kaya yang gambarr pertama dok. Hitam,cairan bening, putih. Giman caranya enggak stress lagi dok?

      Delete
    3. biar dia gak stress, coba mas karantina. silakan baca artikel saya cara karantina burung hantu.

      dari fesesnya sih dia masih sehat. kayaknya sih iya, stress ringan aja mas. nanti kalau udah mas karantina, silakan mas coba jinakkan... :)

      Delete
  19. Sore dok, mau tanya sya baru beli celepuk brancher, cakar/kukunya patah sampe ga keliatan dok. Yg keliatan cuma jarinya aja. Jdi kaya buntung gitu kukunya. Msh berdarah sedikit. Kira2 harus diapain ya dok? Msh bisa tumbuhkah kalau kukunya patah begitu? Dan kira2 brpa lama kalau emg bisa tumbuh? Terima kasih dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuku burung hantu yang patah biasanya akan terganti dengan kuku yang baru.

      kalau bagian kukunya masih berdarah, coba aja kasih betadine... :)

      Delete
  20. Oh iya dok.
    Opsi selain lele fillet sama anak ikan nila ada ga dok. ikan gabus bisa? atau ada opsi lain dok?

    Sama waktu yg pas buat training lucky jam brp dok? dan dlm sekali lthan berapa menit yg diperlukan? dan berapa kali dalam sehari latihan itu d lakukan dok?

    Dan ciri" lucky yg lg nyaman gmn ya dok? Sama d daerah badan mana BoP agar ketika d elus merasa nyaman dok?

    Mksih dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gabus untuk buffy fish owl sebenernya boleh2 aja kalau gabus fillet. tapi saya nggak jamin aman ya mas, belum pernah nyoba soalnya. hehehe. do at your own risk aja... :)

      yang paling utama dalam melatih burung hantu sebenernya bukan dari lamanya, tapi dari seringnya. lebih baik masnya latihan sehari 5 atau 10 menit tapi dilakukan setiap hari secara rutin daripada sekali latihan 1 jam misalnya, tapi cuma sekali doang dilakukan.

      setau saya buffy lebih nyaman ditatap matanya langsung sama dielus bagian kepalanya.... itu sih yang saya tahu... CMIIW.... :)

      Delete
  21. dok saya mau tnya
    burung bop sya kok tiba2 seperti gx kuat untuk duduk ( masih chick )
    kaki cenderung menjulur ke dpan & kepala e sering geleng2 ke tanah
    klo di paksa berdiri sering sperti sempoyongan
    3 hari yg lalu bsa melek tp skrng mata e merem
    sya ksih makanx mix daging ayam & sapi
    wktu di ksih daging ayam sehat wktu di ksih daging sapi bru muncul gejala sperti yg saya sbutkan
    feses insyallah normal dok
    sblm e mkan normal 3 hari yg lalu tp skrng cma makan 2 suapan saja
    mohon bantuanya dok
    sblmnya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya.silakan baca artikel saya cara mengobati burung yang kakinya mengangkang....

      Delete
  22. Maaf tanya lagi dok.

    Apakah gak apa" dok menggabungkan si Lucky sama bondol atau CG dalam satu ruangan ukuran PxL 3 meter dok ? saya takut klo d gabungin si lucky bisa nyerang bondol atau bisa malah sebalik nya dok.

    satu lagi dok, apakah gak apa" ketika lucky mandi sendiri di bak yg udh d sediain equipment nya gak d lepas dok? Gak ngerusak equip nya kan dok klo equip nya gk di lepas waktu dia mandi sendiri d bak?.

    Makasih Dok.

    ReplyDelete
  23. Selamat pagi dok,
    sebelumnya mohon maaf kalo nick G+ saya agak gimana gitu :D

    oke, langsung saja, saya baru adopt barn owl chick 2hari yang lalu. Kebetulan dia makannya sangat lahap. 3 pinkies gede berbulu+5 mencit medium + 1 mencit indukan dilahap dalam satu malam. (total pembelian tikus diatas 56rb @_@).


    berhubung harga tikus sedang melonjak, (FYI: saya juga memelihara reptil biawak. dan itu seharusnya jatah biawak tapi diambil sama dia semua T_T) lalu saya kepikiran untuk mencari alternative pakan yang murah dan tentunya sehat. saya sudah membaca artikel bu dokter bahwa barn owl tidak cocok dikasih ikan. nah pertanyaan saya bagaimana kalo variasi makannya begini:

    senin tikus putih, selasa daging ayam, rabu daging sapi, kamis daging ikan, jumat-minggu campuran dari variasi keempat makanan diatas, misal, daging sapi 1ons dicampur 3ons daging ayam, atau daging ikan dicampur daging ayam, atau daging ikan dicampur daging sapi. tentunya selama jumat-minggu ditambahkan 1 mencit besar


    jika menurut bu dokter cocok, sebaiknya berapa perbandingannya untuk campuran pakannya? agar kesehatan barn owl saya tetap terjaga. atau perlu ditambahkan campuran lainnya?

    terima kasih sebelumnya.

    btw nama barn owl saya hud-hud :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi. tadinya saya kira mau spam. :D
      gimana kalau mas kasih emprit atau doq? kalo opsinya antara emprit/doq, ayam, daging sapi, dan ikan, saya lebih pilih emprit/doq. jadi bisa dibilang emprit/doq itu alternatif tikus putih... :)


      Delete
  24. dok jika burung hantu diberikan daging ayam dilakukan berapa hari sekali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung jenis burung hantunya, mas.
      coba mas cek artikel saya MAKANAN BURUNG HANTU.

      maaf karena baru balas. kabari lagi ya mas.

      Delete
  25. Maaf dok, sy mau tanya apakah celepuk boleh di kasih ikan teri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak boleh mas.
      kan celepuk gampang makanannya, jangkrik.

      Delete
  26. Dok mau nanya ini.. Bubo saya hbs jemur pagi kok jd gk bersuar melengking kyk biasanya? Dan hbs jemur biasa kl wktny mkn dia pst mau terbang ke tngan tp pagi cm bbrp kli aja dan itu pun lama bgt.. Mlm malah gk mau.. Apa krn sblmny sempat saya ksh daging ayam potong ya dok selama 2 hri.. Dan hbs jemur itu mlm saya kasih tikus.. Eh paginya muntah tapi bkn pelet.. Dan habis itu gk mau mkn lg sampe malam.. Kl fesesnya msh ad putih dan jg bening

    ReplyDelete
  27. Mau tanay dok, saya punya burhan celepuk, tapi gak terlalu aktif dan kaya lemes matanya merem terus, tpi klo di pegang agresif dan makannya ttep banyak, itu kenapa ya dok?
    Terus feses nya beda beda dok kadang normal, kadang agak kuning sama kadang hitam, itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
  28. Dok. Burung hantu biasanya dapat bertahan hidup tanpa makanan gak? Misal bertahan hidupnya cuma 3 hari tanpa makan gitu. Klo gak, biasanya burung hantu celepuk ini bisa bertahan hidup berapa hari tanpa makan?

    ReplyDelete
  29. Halo dok, mau tanya ko bay owl saya ga bersuara dan ga goyang ya sama kalo malem di masukin rumah apakah harud di matiin lampunya?

    ReplyDelete
  30. Siang dok,. Saat ini saya sedang keep 3 ekor Burhan,. 1 tyto usia bc akhir, 1 tyto usia bc awal & 1 celepuk usia Juve.,
    Yg saya tanyakan knp di antara mereka cuma si tyto bc akhir yg menerima kehadiran saya ,.
    Apa karna faktor imprint.?
    Lalu bagaimana penanggulangan nya.?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ada faktor imprint, dan sangat mungkin juga karena kurang manning untuk 2 ekor yang lain, mas. lebih sering diajak main lagi....

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.