Kenapa Pertanyaan Anda Tidak Dijawab? | Drh. Fira Sovica

Beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan pesan dari salahsatu pengunjung blog ini: "Dokter rupanya tidak menganggap pertanyaan saya penting karena tidak dijawab." Jujur saya sedih mendapatkan pesan seperti itu dari pengunjung. Maka artikel ini saya buat sebagai bahan curhatan saya tentang kenapa pertanyaan anda tidak di jawab. Anda bisa membaca curhatan saya yang lain mengenai tukang copy paste artikel.
Kenapa Pertanyaan Saya Tidak Dijawab?
Image taken from favim.com
Jujur saja, saya sendiri sampai sekarang tidak percaya blog sederhana ini bisa sebesar ini. Awalnya, blog ini digunakan oleh kakak saya untuk menjual hewan-hewan peliharaannya yang 'bejibun'. Blog ini sempat hibernate selama beberapa bulan hingga akhirnya saya izin ke kakak saya untuk menggunakan blog ini sebagai sarana sharing artikel.


Awal mula, pengunjung blog ini cuma 100 hingga 500 orang perhari. Dari jumlah itu, tidak kurang dari 20 pertanyaan konsultasi yang masuk, dan sebisa mungkin saya jawab. Masih dikatakan ringan untuk ukuran saya. :)
Dari 500 visitor itu, mereka sukarela menshare link blog ini ke facebook, twitter, forum pecinta hewan, grup-grup pecinta hewan, dan mencantumkan link ke blog ini di website atau blog mereka sendiri. Blog drh. fira ini mulai menanjak naik. Dari 500 visitor perhari, pengunjung bertahap naik menjadi 1.000, 2.000, 4.000, 6.000, 10.000, 12.000, dan saat ini, visitor kerap mencapai angka 20.000 lebih perhari. Dari 20.000 visitor itu, rata-rata ada 80 hingga 200 komentar yang masuk perhari. Bahkan lebih. Saat perubahan musim begini dimana banyak hewan sakit, tidak kurang dari 350 komentar sebisa mungkin saya balas.

Sebagai manusia yang bisa saja lengah, diantara komentar-komentar yang masuk tersebut bisa saja terlewati satu atau dua komentar. Meski kadang saya mericek kembali untuk memastikan semua komentar yang masuk sudah saya balas, yah, namanya manusia bisa aja terlewati. Saya tidak menganggap komentar anda tidak penting jika memang terlewati dan tidak saya jawab, itu semata-mata karena kelengahan saya sebagai manusia biasa.

Kalau memang pertanyaan anda terlewati atau belum dijawab dalam jangka waktu 2 haru, saya berharap anda bisa mengirimkan ulang pertanyaan yang sama keesokan harinya. Saya akan dengan senang hati menjawab pertanyaan dari anda.

Apakah saya lelah? Tidak.
Saya justru senang mendapatkan sahabat-sahabat maya sesama pecinta binatang, terlebih lagi saya bisa membantu anda semua para pengunjung setia blog ini. Sempat kepikiran ingin resign saja dari instansi tempat saya bekerja dan fokus mengurus blog ini, saya bahkan sempat membuat surat pengunduran diri, namun rupanya dari pihak instansi tempat saya bekerja pun masih butuh bantuan saya untuk wara-wiri ke seantero nusantara.

Saya masih senang menjawab pertanyaan-pertanyaan dari anda semua. Bahkan, saya kerap belajar dari banyak kasus yang terjadi di luar sana. Semoga kita semua diberi kesempatan untuk bertemu muka di dunia nyata. :)

With love, Drh. Fira.

72 Responses to "Kenapa Pertanyaan Anda Tidak Dijawab?"

  1. iseng iseng baca artikel ini, jadi malah terharu dok, sebelumnya saya ucapkan terima kasih sudah rela menyisihkan waktu di sela sela kesibukan anda.
    semoga makin hari makin banya visitor di blog ini dan semoga dokter diberi kesehatan selau. :')

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. gak apa2, mbak.. :D

      seneng bisa kenal dengan mbak iriani :D

      Delete
  3. Halo dr fira, saya baru punya burhan celepuk 2 hari lalu,saya pengen konsultasi kira kira boleh minta kontak dr fira ga? Apa aja boleh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh.
      silakan tulis pertanyaannya di sini.. :D

      Delete
    2. Mau nnya dok celepuk saya warnanya putih namanya sky..dia msh bulu kapas sebaiknya dia di ikat ga sih dok,dia saya taruh di gudang nah dan di gudang itu ada lovebird itu ga apa" dok?

      Delete
  4. Mau nnya dok celepuk saya warnanya putih namanya sky..dia msh bulu kapas di bagian dadanya sebaiknya dia di ikat ga sih dok,dia saya taruh di gudang nah dan di gudang itu ada lovebird itu ga apa" dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 disatuin satu ruangan ama burung lain. asalkan dipisah kandang.

      kalau menurut saya sih taruh di owlbox aja. mas bisa bikin owlbox pakai papan kayu, artikelnya bisa dibaca di artikel cara membuat kandang khusus burung hantu. atau bisa juga dibuat pakai kardus besar (bekas kulkas atau bekas tv) yang dikasih tangkringan di dalamnya, dan dicoak bagian sisinya buat jalan keluar-masuknya...

      Delete
  5. Mba dokter. Em gni
    Aq suka bngung. Salva q kn mash baby .nah tadi.a s anteng d tangan.
    Tp gtw knpa 2 hari blkangan.tiap mau sya pegang n ambl. Lgs posisi defense mbuka mlut n mlengkungin ekor.
    Cara ngatasi.a gmna yah? Mkash

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama mas adop? belum sebulan ya? bener?
      kalau masih masa adaptasi emang begitu mas, kadang jinak kadang malah galak. wajar kok.

      dan perlu saya tekankan juga bahwa reptil biasanya mengetes keberanian ownernya. jadi kalau dia tiba2 begitu, mas jangan takut. biasa aja. kalau mas takut, dia malah makin berani dan makin susah jinak lagi...

      Delete
  6. Dok mau tanya, udah 3 minggu saya pelihara celepuk (jojo & lili) tapi kok susah sekali jinaknya, apa karna berasa ada temennya jadi susah jinak ya dok?
    Soalnya semua yg d blog ini dah saya ikutin
    Untuk umur going to 5 bln
    Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kesalahannya pada pemilihan umur. untuk pemula, sebaiknya pilih celepuk yang dibawah 2 bulan. maksimal 3bulan, itu juga kudu siap2 digalakin ama dia.. :D

      kesalahan kedua: kurang sabar. mas tau umur berapa saya adopsi si errol? saya adopsi si errol waktu dia udah juvenile, setahunan lebih. dulu galaknya ampun2an, sampe kelopak mata kanan saya robek kecakar ama dia. tapi sekarang toh dia bisa jinak total bahkan bonding.

      keselahan ketiga: peliharanya kebanyakan. untuk pertama kali, mending adop satu aja dlu. kalau satu udah jinak, dan kemudian mas beli 1 lagi yang masih galak, kemungkinan bisa lebih mudah menjinakkan yang stau lagi.

      coba lebih sabar lagi. karena kembali ke karakter owlnya. ada yang gampang menerima pelajaran dari manusia, ada juga yang susah. kalau cuma 3 minggu, masih kurang kayaknya mas. saya aja menjinakkan si errol nyaris 2 tahun.... :)

      Delete
    2. Ya bru 1 mggu sya beli.ingn nyba mliara reptil.mkashh y emm mbak .hehe bngung mw pgl ap.
      Sip y aq dh cba. Tdi dgigit emg.tp stlah sya pgang anteng. Y wlw ska brontak pas mau dtngkep.
      Mkash buat saran.a :-)

      Ow y dok.maaf hehe. Gni salva saya yg kcil itu dbagian punggung dket lengan. Kya lecet warna.a rda kuning.
      Itu bhya ap g buat kshtan. Ato itu cma luka biasa.dok? Mkash.n maaf.

      Delete
    3. bisa mas foto lukanya? biar saya analisa.
      dia suka menggaruk bagian yang luka?

      ganti aja foto profil mas dengan foto itu... :)

      Delete
  7. Makasih ya dok atas fakta si errol dan pencerahan nya, berasa bisa lebih semangat & sabar jadinya.

    Salam buat errol dan padma dok dari jojo dan lili :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2. :)
      mas boleh kemari lagi kalau ada apa2. :)

      silakan baca2 artikel mengenai burung hantu di blog ini.. :)

      Delete
  8. Ga si mbak. G suka dgaruk..mlah anteng.gtu
    Ad via lain g mbak? Bbm atau fb mgkn


    Ow y. Em salva q yg kcil mkannya menurun.tu knp y dok? Stlah sya beri 1 salva lagi.
    Apakah harus sya pisah biar nafsu mkannya balik lagi ato gmna? ..ato mgkn ad sbab lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. pisah aja dlu, mas. bisa jadi emang lagi adaptasi. :)

      Delete
  9. Oke.. Deh mkash kalo gtu dok. Mgkn kalo fto luka pda salva. sya krim lwat fb gpp ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas post di facebook, lalu linknya mas taruh di sini.. biar saya bisa liat... :)

      Delete
  10. https://m.facebook.com/photo.php?fbid=745378355592766&id=100003618242351&set=a.387122388085033.1073741828.100003618242351&refid=17&__tn__=E

    Tu dok. Link.a mf lo gmbr.a krg jlas.
    Luka.a s sktran setngah centi.
    Oval warna.a kuning rda coklat gtu

    Itu luka bysa ap bkn? N bhya g yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih gak apa2. namun saya sarankan sering2 dibersihkan lukanya. dia gak sering gigit2 bagian yang luka kan? kalau dia sering gigit2 bagian yang luka, kemungkinan lukanya kena bakteri or something. kemungkinan digigit sama salva yang lebih besar bisa aja, makanya lebih baik pisahkan aja dlu... :) gak ada daratan (batu, dll) agar dia bisa 'mendarat'? :) kasih aja daratan di akuariumnya, mas. :)

      Delete
  11. Ow y. Dn dya jdi 4 hri ni g mw mkan.sya kash jangkrik pun mash utuh

    ReplyDelete
  12. Oke dok.mkash. Udh sya pisah dn kash batuan juga .
    Kdg ska dgaruk gtu jd sya kasih obat merah
    Kalo feses.a s rada cair gtu.ad puth2nya jg
    Beda sma feses salva yg satu.a dok.

    Maf lo byk tnya. Bru kali ni pndh ke reptil

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba observasi selama 1 minggu atau 2 minggu ke depan.
      jaga kebersihan air, dan jangan sampe kotor yang bisa menimbulkan infeksi pada luka....

      Delete
  13. haduh itu sih kebangetan...
    blognya bermanfaat banget...
    makasih ta mba semua tulisannya membantu banget :)
    semoga tambah rame dan tambah gedhe blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, makasih banyak doanya. :D

      bisa nanya2 ke blog ini kalau ada yang perlu ditanyakan.

      Delete
  14. malam mbak fira
    q punya BO sekitaran juve awal
    awal mulanya kalo makan lahap banget, tp skrang udah agak males"an gto
    trus klo q liat dr fecesnya kayaknya dia mencret mbak
    tuh gmna cara ngobatinya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. warna fesesnya bercampur antarelemen atau hanya 1 warna?
      biasa dikasih makan apa dan terakhir makan gimana?

      kalau emang dia gak mau makan samasekali, mending bawa ke dokter hewan aja mas. kalau masih mau makan, jaga pola makannya. terutama kebersihannya. kasih bayi tikus aja. :)

      Delete
    2. ada campurannya mbak, biasa q kasih anakan burung puyuh
      terakhir kali makan ya gto, kalo udah 2x mkan yg ke-3 cuma buat mainan z
      cuma dikoyak" z mbak
      kalo dikasih bayi tikus tuh gmn cara ngasih makannya ?
      dicincang apa dibiarin hidup

      Delete
    3. kalo kasih bayi tikus, cukup ditaruh deket kakinya aja. terus tinggal, jangan diliatin.

      kalau mas liatin, kadang dia gak mau makan. cuma dimainin aja makanannya. mungkin karena itu juga kemaren2 kalo kasih makan ketiga gak dimakan, mas. CMIIW. :)

      observasi terus, terutama soal fesesnya.

      Delete
  15. Mkash y dok.. Buat srannya. Dn skg udh mdingan udh mau mkan. Wlw dkit. :-)

    ReplyDelete
  16. Tp kata para owl lovers kalo dikasih makan burung puyuh fesesnya emank gto mbak...
    Soalnya burung puyuh banyak mengandung zat kapur...
    Pa bnar kyak gto mbak...?
    trus gmn sih caranya biar BO q tuh mau nangkring d tangan q mbak...?
    soalnya, meski ada umpan d tangan dy cuma nangkring sbentar doank mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau soal burung puyuh mengandung zat kapur, hmm kayaknya sih gak mas. mungkin kalau mas kasih ama bulu2nya sekalian atau ama tulang2nya, bisa aja. namun kalau mas siangi dlu (hanya dikasih dagingnya aja), kayaknya sih sama aja kayak jenis daging lainnya...

      Delete
  17. ouw gto ya mbak...
    klo BO takut tiap da orang lewat, gmn cara ngatasinya mbak...?
    apa lagi d rumah q bnyak bnget anak kecilnya...
    tlong donk mba d bimbing cara pelihara BO...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2, nanti juga dia anteng sendiri. asalkan jangan terlalu berisik, mas.
      jangan ada suara2 mengagetkan....

      Delete
  18. wah klo gto susah mbak...
    soalnya d rumah q bnyak bnget an kecil...
    namanya anak kecil mbak...
    suka bnget berisik...
    selain cara yg d atas...
    ada cara lain g...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending pindahkan ke ruangan yang sekira minim suara.

      Delete
  19. Dok,saya mau tanya. Saya seminggu pelihara barn owl usia juvenvile akhir. Yang pertama saya tanyakan,sudah saya karantina 3 hari dalam kardus,setiap harinya saya kasih anakan puyuh hidup" dan dia mau makan. Setelah itu kan saya taruh perch. Tapi pas di perch kok tidak mau makan dok? Saya taruh lagi di box,trus saya tutup boxnya dan tak kasih anakan puyuh baru dia mau makan. Itu bagaimana dok? Apakah digituin trus? Mohon balasannya ya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas tau sifat dasar burung hantu dan bop apa? :)
      mereka menganggap kita adalah 'makhluk yang tidak bisa dipercaya'. hal ini juga yang membuat mereka kadang gak mau makan kalau diliatin atau disekelilingnya ada manusia. mereka menganggap kita meracuni dia....

      sementara ini, kalau kasih makan, taruh aja di box. setelah dia makan, taruh di perch lagi, biar dia terbiasa dengan manusia. owlnya hasil tangkapan liar ya mas? mas beli di pasar burung?

      soal kenapa pas dikeluarkan dari box dia masih galak, ya iyalah mas masih galak. kan belum dijinakkin. kalau proses menaruh owl di box kardus itu maksudnya untuk mengkarantina si owl agar terbiasa dengan lingkungan barunya, dan itu gak merubah sifat si owl. silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu... :)

      salam dari errol dan padma. kasih kabar lagi ya mas...

      Delete
    2. Saya beli di orang dok,katanya memang hasil tankapan. Untuk pemberian makannya apa dibiasakan seperti yang dokter saranin? Errol sama padma dapat saran juga dari leah dok. Hehe

      Delete
    3. iya, sementara seperti yang saya sarankan aja mas...

      lakukan yang saya saranbkan di atas...

      salam juga buat leah...

      Delete
  20. Tambahan,setelah dikarantina dalam box dia juga masih galak.

    ReplyDelete
  21. Dok maaf ni. Aq bolak balik tnya mslah salva q.

    Gni bkas luka yg kmarin itu ko jdi berwarna putih trus nonjol .jdi kya kulit tp tebel. Dn dbgian perut. Sisiknya ad yg nglupas dn mncul kya kulit tebel htu dok.jd kya kutil gtu

    Itu gmna dok? N bahaya ap g y. Tp dia g garuk2 ataupun gigit. Dia anteng. Si dkash mkan jg lhap

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering mas jemur?
      makan dikasih apa? saran saya kasih sayuran aja.

      kalau mas worry, mending bawa ke dokter hewan aja biar lebih jelas dan bisa dicek. tebakan saya sih ada hubungannya sama infeksi atau virus, entah papiloma atau apa. perlu diperiksa langsung.

      jangan takut mahal kalo dibawa ke dokter hewan.. :)

      kasih saya kabar lagi. sering2 dibersihkan aja bagian yang lukanya. bisa jadi karena penyembuhan. :)

      Delete
    2. oke dok, em tapi sayur emg suka setau saya mereka karniv,, kalo sayur dkash sayur jenis apa? mkash n maaf

      Delete
    3. semua hewan karniv kadang memakan sayuran atau buah untuk memperbaiki sistem cernanya.
      atau kalau emang mau gak ribet, bawa ke dokter hewan aja biar sekalian dicek...

      selama ini dikasih makan apa mas? cek kebersihan makanannya... :)

      Delete
  22. berita duka mbak...😢
    owl q d curi orang tadi pagi...
    pdhal setelah q ikuti saran mbak fira...
    owl q udah mulai skill lagi...
    sedih mbak...

    ReplyDelete
  23. Dok maf. Saya kan dkash hamster 2. Nahkuping mreka itu kaya berjamur gtu. Cara nyembuhinnya gmna?.. Yah. Trutama dbagian kuping dok. Mslah.a sblum.a di pemlik sblum.a d kerawat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru saya balas... saya sakit 2 hari ini...

      agak usah sebenernya kalau berjamur, terutama untuk hamster... dimandikan pun sebenernya agak riskan kecuali oleh orang yang sudah berpengalaman. mbak bisa mandikan dengan air hangat campur dettol cair sedikit. atau bisa juga dengan cara dilap bagian kupingnya dengan air hangat campur dettol cair....

      saya sih lebih merekomendasikan me-lap kupingnya dengan air hangat campur dettol... atau lebih bagus lagi, bawa ke petshop terdekat yang biasa memandikan kucing...

      Delete
  24. Ohalah cpet smbuh y dok. :-) . maf y dok


    Oke dok makasih.atas pnjelasannya .. Dn maaf buat yg Sebelumnya. Gws dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru saya yang maaf... :)

      mas bisa konsul lagi kesini kalau ada yang perlu ditanyakan...

      Delete
  25. Oke.mba. mkash y. :-) sukses ya buat krja n blog.a

    ReplyDelete
  26. dokter,, saya baru saja piara ular blood phyton atau sebutan biasanya dipong. 2mggu pertama stlh beli lincah, mkan lancar, mggu ke dua saya kasih makan mencit tp muntah,mggu ke 3 jg muntah lg dok, skrg dy pilek. gimana ini dokter? di tempat saya jarang sekali dokter yg biasa melayani reptil. satu lg dokter, apakah dipong itu memang tidak boleh d jemur?? mohon penjelasannya dokter.. terimakasih banyak sblmnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ular muntah biasanya karena kebanyakan kasih makan.
      mbak gak tanya porsi makannya ke owner sebelumnya? :)

      kalau mau silakan gabung ke grup pecinta reptil di facebook. biasanya mereka punya rekomendasi vet khusus reptil...

      Delete
  27. Malam dokter fira,,
    Saya ingin konsultasi, kucing di rmh saya sedang sakit (Kucing Lokal laki2), ada yg seseorang yg mengikatkan karet pada penis’y. dan saya jg sdh terlambat mengetahui’y,, penis’y sdh sebagian menghitam dan nyaris terbelah, tp saya sdh berhasil memotong karet tersebut. kira2 apakah ada kemungkinan kucing itu bs bertahan dok??
    klo menurut org2 kucing tersbut sdh sakit Lm,,
    Terimakasih dok sblum'y,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapapun yang mengikatkan tali ke alat kelamin kucing itu, semoga kelak masuk neraka... :((

      sekarang gimana keadaannya?
      agak susah juga sebenernya, namun sebaiknya jaga pola makan kucingnya.... jaga daya tahan tubuhnya... kalau emang worried, mbak bisa bawa ke dokter hewan terdekat biar dicek...

      kabari saya lagi ya mbak...

      Delete
  28. Malam dok. Balik lagi akunya.
    Gini. Aq bngung .
    Tuk kandang salva tu dkash lampu. Nah tp lampu yg pas itu lmpu yg jns apa. Brapa wat. Da yg ngash sran sruh pke lmpu aquarium ad jg yg bohlam. Jd sya bngung .jd mhon jwban n srannya dok :-) mkash.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya sih lampu UVB khusus reptil, mas. ada kok yang jual di kaskus atau di toko perlengkapan reptil...

      kalau misalnya susah, hmmm, pake bohlam oke juga. tapi gak usah pake lampu juga sebenernya gak masalah asalkan kandangnya dijaga agar tetap hangat.... dan kalau pagi, salvanya dijemur... :)

      oh ya, jarak antara lampu dan salvanya jangan terlalu dekat ya mas. kalau kepanasan malah dehidrasi salvanya. kira2 30 hingga 60 senti dari kandang aja...

      dan usahakan di kandangnya ada hiding box, jadi kalau salvanya kepanasan dia bisa neduh di hiding box itu... :)

      saya tunggu kabarnya... :)

      Delete
  29. Mba balik lagi. Skg pnya temen baru wkwk baby gecko...tp dy kliatan krus .karna ekor.a kecl n kliatan tlang pnggul.a ..pas sat sy beli. Nah sya pngn.a jd gemuk. Gemukin.a gmna y? Trutma tuk pembrian pakan tu pake ap? Shari brpa x? Ukrnnya s bru 7cm.n.. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya dulu cara memelihara gecko. hehehe. oh ya, fesesnya gimana? normal atau mencret?

      Delete
  30. Emm oke deh. Dok.. :-)
    Normal sii.. Lnjong gtu.. Tp kmarn mw mkan. Skg malah g mw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap, silakan mas baca dlu artikel saya. kalau ada yang ditanyakan, silakan ajukan di artikel tersebut ya. jangan di sini. biar saya gak bingung jawabnya, hehehe. karena kadang ada orang konsultasi soal gecko tapi dia tulis pertanyaannya di artikel musang, akhirnya saya sendiri yang bingung. hahahaha. :D

      Delete
  31. Haha.. Ya mba maaf yah. Tp aq g konsul dmusang kok wkwk.
    Mkash mba info.a :-)

    ReplyDelete
  32. Dok maaf mau tanya pilek pada baby salva bisa sembuh ga sih ?, soalnya udab ane jemur setiap hari plus di rendem pake air hangat kyaknya ga ada perubahan , tsrima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sembuh. mas coba aja baca artikel saya cara mengobati kura-kura pilek, di sana ada obatnya.... cara kasihnya dengan ditetesin ke lubang hidungnya...

      tapi kalau emang udah parah banget, kenapa gak dibawa ke dokter hewan terdekat aja, mas? :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.