Wednesday, November 25, 2015

Cara Pakai Minyak Kemiri ke Musang | Drh. Fira Sovica

Cara memakaikan minyak kemiri ke musang

agar bulunya lebat sering ditanyakan oleh pengunjung blog ini kepada saya. Hal ini karena penggunaan dan pengaplikasian minyak kemiri pada musang yang salah akan menimbulkan kerak akibat dari menumpuknya debu yang menempel di sisa minyak kemiri. Artikel yang terkait dengan artikel ini antara lain cara agar bulu musang lebat dan cara mengobati musang yang bulunya rontok.
Cara Pakai Minyak Kemiri ke Musang
Image taken from kaskus.co.id


Ada 2 cara pakai minyak kemiri pada musang.
  • Cara pertama untuk menggunakan minyak kemiri kepada musang cukup mudah.
    1. Awal mula, pastikan musang dalam keadaan bersih. Idealnya, musang sehabis dimandikan saat akan dioleskan minyak kemiri.
    2. Siapkan piring bersih, lalu tuang minyak kemiri ke piring tersebut hingga minyak menggenang di dalam piring.
    3. Siapkan sisir dengan ruas agak renggang. Basahi kedua sisi sisir dengan menempelkannya ke permukaan piring yang sudah digenangi minyak kemiri tadi.
    4. Setelah itu, sisir bulu musang dengan sisir yang sudah dibasahi minyak kemiri tadi. Lakukan hingga bulu musang rapi merata.
  • Cara kedua untuk memakaikan minyak kemiri ke musang adalah dengan menggunakan tangan.
    1. Pastikan tangan dan musang yang akan dipakaikan minyak memiri dalam keadaan bersih.
    2. Tuang beberapa tetes minyak kemiri ke tangan anda. Usapkan hingga merata ke seluruh telapak tangan anda.
    3. Setelah itu, usapkan ke tubuh musang dengan arah berlawanan dengan arah rebahnya bulu musang. Akan lebih bagus jika anda sedikit merenggangkan jari tangan anda sehingga menyerupai sisir, sehingga minyak kemiri akan lebih merata di bulu musang.
    4. Lakukan hingga minyak kemiri merata di seluruh bulu musang.
Demikian adalah

cara pakai minyak kemiri pada bulu musang

. Semoga artikel di atas bisa membantu anda dalam merawat musang dengan baik dan benar. Terima kasih. (FS)

45 komentar

Dok, musang rase 2,5 bulan boleh diberikan minyak kemiri?

kalo rase yang masih bayi, jujur saya belom pernah nyoba.
tapi kalo masih bayi sangat rentan rontok sekali emang. bisa sih kasih minyak kemiri, tapi jangan kebanyakan. jangan sampe basah banget. saya gak yakin aman sih karena belum pernah nyoba... :)

Tapi selama 1 minggu ini bulu2nya juna tidak rontok dok. Tapi ada beberapa helai bulu yg mengeras, mgkin krna terkena makanan ya dok?

iya. kemungkinan besar karena kena sisa makanan... :)

fesesnya juna gimana mas? :)

Kemarin sempet sy ksh cacahan pisang, fesesnya hitam padat.
Skrg sy ksh bubur sun campur susu non lactosa (sgm LLM) fesesnya kuning terang. Ga pernah mencret dok.

Kemarin sempet sy ksh cacahan pisang, fesesnya hitam padat.
Skrg sy ksh bubur sun campur susu non lactosa (sgm LLM) fesesnya kuning terang. Ga pernah mencret dok.

kayaknya bagus. pertahankan.
musang rasenya aktif kan? gak murung?

yang penting adalah jangan sampe telat makan. karena rase sangat tidak tahan lapar.... :)

saya tunggu kabarnya..

Alhamdulillah aktif2 aja dok. Kdg lari2 gitu soalnya free room, pintu kandangnya sy buka hehe biar ga stres di kandang dok
Tapi bbrapa hari ini, intensitas gigitannya makin sering. Tiap ketemu jari2 tangan pasti nggigit dok. Normal kah?

kalau musang rase emang suka iseng, mas. jangankan masih anakan, udah dewasa pun kadang mereka emang suka 'becanda'. emang udah wataknya begitu. :)

istilahnya, udah dari pabriknya kayak gitu, hehehehe....

omelin aja kalo dia gigitnya kebangetan. dan jangan takut. kalau mas takut, dia malah makin 'ngelunjak'... :)

Dok musang disisir pake sisir kucing kok gigit2 sisir apa gak usah disisir aja ya dok?

kalau disisir pakai jari?
sisir aja pakai jari, mas. atau cukup usap2 aja... nggak usah disisir... :)

Baiknya kalo sudah umur berapa dok muspan di beri minyak kemiri, ?

diatas 3 bulan. :) maaf baru balas, saya lagi dalam perjalanan pulang kampung... :)

Dok mau tanya,musang Q umur sekitar 3,5 bulan,Q mandiin tiap hari trus Q pakein minyak kemiri'y juga tiap hari,itu ngaruh ga ya dok,takut'y jadi hair los atau apa lah krn terlalu keseringan,makasih dok sebelum'y

haduwh, jangan dimandikan tiap hari. kasian musangnya. gini aja, lap aja pakai handuk yang dibasahi air hangat. tiap hari gak apa2. kalau mandikan + kasih minyak kemiri, boleh seminggu 2x, itupun sebaiknya dilakukan saat cuaca lagi cerah. jangan pas dingin.

suhu dingin bisa menyebabkan musang sakit. terlebih sekarang lagi banyak hewan yang sakit... :)

Dok musang saya 2 bulan, sudah makan sendiri pisang saya serut. yang mau saya tanyakan dok, dikaki depan 22 nya dan bawah mulut serta hidung bulunya ko pada rontok ya dok, dan setelah makan suka bersihin area wajah pake kaki dan kadang menggaruk wajahnya. itu kenapa ya dok

terus kalo makan rakus dok, di serutup gitu pisang yang saya serut, saya coba kasih pisang potong kecil2 tidak mau dimakan, maunya pisang serut. selain itu suka teriak2 dok. kenapa ya dok

kalau abis kasih makan musangnya, coba mas bersihkan/lap area deket mulutnya pakai tisu basah on alkohol sampe gak ada sisa makanan yang nempel. itu yang bikin bulunya rontok dan bikin gatel...

kalau musang yang anakan (dibawah umur 3 bulan) emang masih suka berisik gitu. kayak nangis gitu cari induknya. makanya mas sering2 ajak main... :)

Baiknya diberikan minyak kemiri utk musang sebelum atau setelah dimandikan? Lengket ga ya kalo dipakaikan minyak kemiri? Tks

setelah dimandikan, mas.
gak lengket kok...

Dok minyak kemiri aman kan dok klo dijilatinya musang

aman kok. gak apa2. mbak.
maaf karena baru balas. :(

Dok otter boleh pake minyak kemiri ngga

This comment has been removed by the author.

boleh. tapi pastikan bulu dan kulitnya bersih dulu, mas...

setelah d oles terus d mandiin lagi gk kan lengket


setelah d oles terus d mandiin lagi gk kan lengket


Dokter sya adopt muskar dari masih merem sampe umur kurleb 5 bulan, klo mau tidur dia ngempeng macam isap baju sya gtu dokter , apa itu wajar dokter?

wajar. dan menurut saya bagus. :)
jangan dikasih susu, mas. cukup kasih bubur bayi promina aja...

Makan nya pisang kadang sya selingin sama telur puyuh dokter, tapi kalo saya kasih makan muspan baby sun campur susu dia mau juga dokter, pas udah di buatkan susu tanpa sun malah gk mw hehe!
Oiya dokter sya kan adopt lagi muspan 1 pasang umur 2,5 up, kenapa muspan yg jantan malah bonding sama muskar betina umur 5 bulan dok? Kmna muskar pergi pasti di ikutuin , muskar tidur di deketin ikut tidur deket muskar nya, kaya macam gk mw di pisah gitu dok? Itu knpa ya dokter
Maaf ya dok macam wacana pertanyaanx hehe

mending mas coba baca artikel saya yang terbaru, judulnya susu untuk musang.

jadi yang kecilan kayak deket sama yang musang agak besarnya ya mas? wajar kok, karena dia mungkin anggap itu sodaranya. :_)

Sodara ya dok, padahal sya udah ada rencana mw dijodohin dok wkwk! Soalx si kecil pandan klo udah waktux free room gk ktemu sma enes(muskar) pasti besuara macam mencari dok, tapi bgtu sya ksh deket langsung hening suarax dok hehehe
Oiya dokter gmna cara bedain luka karna garukan sama jamur dok? Soalx muspan yg betina bulux abis dok, klo masalah kebersihan kandang dan bulu no 1 yg paling sya perhatikan dok. ,awalx sya kira kutu dok, jd sya ksh mandi pke anti septick sabunx pke dettol, (warnax yg kaya teh) , 1-2 mggu yg lalu walaupun rontok tapi kukitx bersih dok, tpi skrg kaya macam ada merah gtu dok, pertanya.an sya dok itu bercak merah apa karna jamur , garukan atau gigitan muspan jantan, muskar ketika sya free room jadi satu? Soalx sya sering ngeliat mreka bertiga loncat" kejar"an sambil gigit" gtu dok?? Boleh gk sih dok klo di freeroom sya gabung? Maaf dokter sya cwe hehe
Makasih dokter

mau mbak kawin silang? antara muskar sama muspan? :)

kalo jamur biasanya menimbilkan rasa gatal, kadang saking gatalnya, si musang sampe garuk2 terus hingga luka agak besar. kalo cuma luka garuk biasa gak sebesar luka karena garukan jamur.

makanya lebih baik hindari jamur pada musang. jangan sampe karena sering garuk2 akibat jamur malah menimbulkan luka.

musangnya masih bayi/anakan ya mbak? normal kok, biasanya emang musang ngerontokkin bulunya pas peralihan antara bayi ke anakan, atau dari anakan ke dewasa. nanti akan tumbuh bulu baru. yang penting jaga kebersihannya.

bisa juga dioles pake VCO. dikit aja, jangan sampe basah banget. dan pastikan tidak ada jamur atau kutu di badannya sebelum mas mengoleskan VCO ke badan musang yang setengah botak itu.

boleh aja di freeroom gabung. tapi awal2 mungkin sambil diawasin aja. :)

Skitar 2.5 bulan up lah dok, soale udh bsa makan sendiri hehe
Pengenx gitu dok, hbs deket bget, tapi apa bisa ya dok d. Kawinkan silang?
Yg sya liat dok yg banyak luka di daerah buntutx dok
Pdahal sya jarang liat dy menggaruk d. Buntut dok,
Pintar sdh di free room breng dok, main loncat" sambil menggigit, ujungx ngantuk tidurx barengan di kasurx dok hehe

saya perlu cek family-nya. kalau family-nya beda, ya gak bisa... :)
biasanya hanya musang yang family-nya sama yang bisa dikawin silang....
dan setau saya, muspan dan muskar beda family...

kesehatannya gimana?
muskar emang lebih agresif dan lebih aktif dibandingkan muspan... :)

Alhamdulilah sehat semua dok,dokter klo musang yg umurx harusx udh gk ngedot lg, tapi ttp di dot apa pupx pasti berair ya dok?
Birahix musang umur brpa ya dokter ?

coba mbak ajarin makan sendiri aja. taro aja makanan beruba bubur bayi promina di kandangnya, terus tinggall... jangan diliatin...

soal musang birahi, udah ada di artikel cara mengawinkan musang, siklus hidup musang, dan ciri musang birahi

Sip dokter, muskar sya umur 6 bulan hidungx berair pilek gtu dokter, kadang mgkn sangking gatalx hidungx dy geleng kepala sampe kluaran air" gtu dok ,
Dalam 2 hari ini muskarx gigit beneran dok ni tangan sya jd tumbal 😄 Pdahal biasax gk pernah seserius sampe buat berdarah bgini gigitx dok, apa ada kaitanx karna pilek atau apa ya dok? Soalx 2 hari ini jg setiap sore saya bawa lari" ... Apa ada kaitanx sma perubahan caracter yg
jd agresif karna dibawa jalan" sore atau karna pilek dok?

dia belum kenal sama mbak? bsa jadi kayak gitu. atau bisa juga dia stress. nafsu makannya gimana?

atau coba mbak cek. apa kalau digigit mbak ngerasa takut atau kaget? karena sama aja kayak hantu. kalau kita takut pas liat dia, dia malah makin seneng ngerjain kita. prinsipnya sama kayak gitu. :)

mbak bisa taro kaos bekas pakai mbak di kandangnya. kalau bisa, yang masih bau keringat. biar dia kenal sama aroma tubuh kita. dan usahakan terus ajak main. kalo digigit sama luka-luka kecil mah udah jamak buat orang yang pelihara musang, hehehe... :)

mending kalau dia masih pilek, jangan dibawa jalan dulu. cukup jemur aja minimal seminggu sekali. bagusnya lebih dari seminggu sekali.

Iya sih dok, kaget hehe soalx biasax gigitx main" tiba" kok dalam bget nancap gigix wkwk

Udh dket bget sya dok, bahkan udah bonding, waktu pas lg main sama temen pas sya panggil namax malah dteng dok, tapi gk tau sih dok kebetulan apa memang dy tau suara sya wkwk

Dokter ini musang pandan sya umur 4 bulan yg jantan knpa mencret mulu ya dok? Makanx masih susu sama sun , fesesx wrna hijau ada air campur pup sdikit biji" gtu dok

Satu lagi dok, musang suntik vitamin dan antibody bagusx brpa lama sekali dok? Soalx sya sering panik dok klo ky mencret atau batuk atau lemes klo sya liatx, padahal makanx normal aja dok gk menurun, jd sdikit" sya bawa ke Doktet hewan, 😂

musang itu egonya gede. setiap hewan pemburu kayak gitu. dia sebenernya ngerti sama panggilan kita, cuma ya gitu. karena egonya gede, kadang dia nggak mau. maka buat dia percaya sama kita adalah salahsatu kuncinya...

gak apa2, namanya pelihara musang pasti digigit. emang sakit sih, tapi nanti juga terbiasa...

soal musang yang mencret, jangan dikasih susu. stop susunya. dan coba mbak baca artikel susu untuk musang....

musang gak perlu dikasih suntik vitamin atau antibody, cukup makanannya aja yang dijaga. bisa pake nutriplus gel juga buat suplemennya. :)

sekarang gimana keadaan musangnya, mbak? maaf karena baru balas. kemaren abis libur. :D

Sya ksh sgm ananda yg 0-6 bulan dok, biasax gk mencret tp tba" skrg mencret dok. Udh ada 1 mggu, jd sya ganti ni dok ya? Memang bsa brubah gtu dok ya?

Dok apa bener musang pandan lebih rentan sakit di banding musang akar?
Oiya dok sya dpt kabar apa bener musang skrg hewan dilindungi ?

mending stop dulu susunya. mungkin dia lagi gak fit or something. bisa mbak kirim foto fesesnya ke sini? biar saya analisa....

nggak juga. musang pandan gak lebih rentan sakit dari musang akar. yang saya tahu, musang rase yang sistem pencernaannya lemah...

nggak. musang belum termasuk hewan dilindungi... :)

Slamat pagi dokter
Sya tau skalix penyebab mencretx dok, stiap sya kasih telur puyuh rebus pasti mencret dok dua"x , udh 2 kali sya tes wkwk
Brarti gk cocok ya dok? Bagusx asupan proteinx dganti apa ya dok? Yg simple gtu dok selain kpala ayam rebus, maklum dok anak kuliahan yg cuma ngkos jd cri yg simple wkwk

Musang akar umur 6 bulan klo sehari sekali di ksh susu campur sun boleh kh dok?

hehehehe. kasih protein nabati aja mbak.
jagung rebus yang dicacah bisa...

jangan dikasih susu, cukup bubur bayi aja. promina lebih bagus. :)


Silakan upload gambar.