Wednesday, November 25, 2015

Cara Pakai Minyak Kemiri ke Musang | Drh. Fira Sovica

Cara memakaikan minyak kemiri ke musang

agar bulunya lebat sering ditanyakan oleh pengunjung blog ini kepada saya. Hal ini karena penggunaan dan pengaplikasian minyak kemiri pada musang yang salah akan menimbulkan kerak akibat dari menumpuknya debu yang menempel di sisa minyak kemiri. Artikel yang terkait dengan artikel ini antara lain cara agar bulu musang lebat dan cara mengobati musang yang bulunya rontok.
Cara Pakai Minyak Kemiri ke Musang
Image taken from kaskus.co.id


Ada 2 cara pakai minyak kemiri pada musang.
  • Cara pertama untuk menggunakan minyak kemiri kepada musang cukup mudah.
    1. Awal mula, pastikan musang dalam keadaan bersih. Idealnya, musang sehabis dimandikan saat akan dioleskan minyak kemiri.
    2. Siapkan piring bersih, lalu tuang minyak kemiri ke piring tersebut hingga minyak menggenang di dalam piring.
    3. Siapkan sisir dengan ruas agak renggang. Basahi kedua sisi sisir dengan menempelkannya ke permukaan piring yang sudah digenangi minyak kemiri tadi.
    4. Setelah itu, sisir bulu musang dengan sisir yang sudah dibasahi minyak kemiri tadi. Lakukan hingga bulu musang rapi merata.
  • Cara kedua untuk memakaikan minyak kemiri ke musang adalah dengan menggunakan tangan.
    1. Pastikan tangan dan musang yang akan dipakaikan minyak memiri dalam keadaan bersih.
    2. Tuang beberapa tetes minyak kemiri ke tangan anda. Usapkan hingga merata ke seluruh telapak tangan anda.
    3. Setelah itu, usapkan ke tubuh musang dengan arah berlawanan dengan arah rebahnya bulu musang. Akan lebih bagus jika anda sedikit merenggangkan jari tangan anda sehingga menyerupai sisir, sehingga minyak kemiri akan lebih merata di bulu musang.
    4. Lakukan hingga minyak kemiri merata di seluruh bulu musang.
Demikian adalah

cara pakai minyak kemiri pada bulu musang

. Semoga artikel di atas bisa membantu anda dalam merawat musang dengan baik dan benar. Terima kasih. (FS)

27 comments

Dok, musang rase 2,5 bulan boleh diberikan minyak kemiri?

kalo rase yang masih bayi, jujur saya belom pernah nyoba.
tapi kalo masih bayi sangat rentan rontok sekali emang. bisa sih kasih minyak kemiri, tapi jangan kebanyakan. jangan sampe basah banget. saya gak yakin aman sih karena belum pernah nyoba... :)

Tapi selama 1 minggu ini bulu2nya juna tidak rontok dok. Tapi ada beberapa helai bulu yg mengeras, mgkin krna terkena makanan ya dok?

iya. kemungkinan besar karena kena sisa makanan... :)

fesesnya juna gimana mas? :)

Kemarin sempet sy ksh cacahan pisang, fesesnya hitam padat.
Skrg sy ksh bubur sun campur susu non lactosa (sgm LLM) fesesnya kuning terang. Ga pernah mencret dok.

Kemarin sempet sy ksh cacahan pisang, fesesnya hitam padat.
Skrg sy ksh bubur sun campur susu non lactosa (sgm LLM) fesesnya kuning terang. Ga pernah mencret dok.

kayaknya bagus. pertahankan.
musang rasenya aktif kan? gak murung?

yang penting adalah jangan sampe telat makan. karena rase sangat tidak tahan lapar.... :)

saya tunggu kabarnya..

Alhamdulillah aktif2 aja dok. Kdg lari2 gitu soalnya free room, pintu kandangnya sy buka hehe biar ga stres di kandang dok
Tapi bbrapa hari ini, intensitas gigitannya makin sering. Tiap ketemu jari2 tangan pasti nggigit dok. Normal kah?

kalau musang rase emang suka iseng, mas. jangankan masih anakan, udah dewasa pun kadang mereka emang suka 'becanda'. emang udah wataknya begitu. :)

istilahnya, udah dari pabriknya kayak gitu, hehehehe....

omelin aja kalo dia gigitnya kebangetan. dan jangan takut. kalau mas takut, dia malah makin 'ngelunjak'... :)

Dok musang disisir pake sisir kucing kok gigit2 sisir apa gak usah disisir aja ya dok?

kalau disisir pakai jari?
sisir aja pakai jari, mas. atau cukup usap2 aja... nggak usah disisir... :)

Baiknya kalo sudah umur berapa dok muspan di beri minyak kemiri, ?

diatas 3 bulan. :) maaf baru balas, saya lagi dalam perjalanan pulang kampung... :)

Dok mau tanya,musang Q umur sekitar 3,5 bulan,Q mandiin tiap hari trus Q pakein minyak kemiri'y juga tiap hari,itu ngaruh ga ya dok,takut'y jadi hair los atau apa lah krn terlalu keseringan,makasih dok sebelum'y

haduwh, jangan dimandikan tiap hari. kasian musangnya. gini aja, lap aja pakai handuk yang dibasahi air hangat. tiap hari gak apa2. kalau mandikan + kasih minyak kemiri, boleh seminggu 2x, itupun sebaiknya dilakukan saat cuaca lagi cerah. jangan pas dingin.

suhu dingin bisa menyebabkan musang sakit. terlebih sekarang lagi banyak hewan yang sakit... :)

Dok musang saya 2 bulan, sudah makan sendiri pisang saya serut. yang mau saya tanyakan dok, dikaki depan 22 nya dan bawah mulut serta hidung bulunya ko pada rontok ya dok, dan setelah makan suka bersihin area wajah pake kaki dan kadang menggaruk wajahnya. itu kenapa ya dok

terus kalo makan rakus dok, di serutup gitu pisang yang saya serut, saya coba kasih pisang potong kecil2 tidak mau dimakan, maunya pisang serut. selain itu suka teriak2 dok. kenapa ya dok

kalau abis kasih makan musangnya, coba mas bersihkan/lap area deket mulutnya pakai tisu basah on alkohol sampe gak ada sisa makanan yang nempel. itu yang bikin bulunya rontok dan bikin gatel...

kalau musang yang anakan (dibawah umur 3 bulan) emang masih suka berisik gitu. kayak nangis gitu cari induknya. makanya mas sering2 ajak main... :)

Baiknya diberikan minyak kemiri utk musang sebelum atau setelah dimandikan? Lengket ga ya kalo dipakaikan minyak kemiri? Tks

setelah dimandikan, mas.
gak lengket kok...

Dok minyak kemiri aman kan dok klo dijilatinya musang

aman kok. gak apa2. mbak.
maaf karena baru balas. :(

Dok otter boleh pake minyak kemiri ngga

This comment has been removed by the author.

boleh. tapi pastikan bulu dan kulitnya bersih dulu, mas...

setelah d oles terus d mandiin lagi gk kan lengket


setelah d oles terus d mandiin lagi gk kan lengket



Silakan upload gambar.