Cara Membawa Burung Hantu Bepergian | Drh. Fira Sovica

Adakalanya, owner burung hantu perlu

membawa burung hantu bepergian

, baik untuk tujuan rekreasi atau tujuan lainnya. Nah, artikel kali ini akan membahas cara aman membawa burung hantu travelling atau bepergian. Artikel kali ini sedikit berkaitan dengan artikel cara mengobati burung hantu stress dan artikel caranya karantina burung hantu.

Cara Membawa Burung Hantu Bepergian
Image taken from davesgarden.com


Berikut adalah cara membawa burung hantu bepergian yang saya tulis berdasarkan pengalaman memelihara errol dan padma, burung hantu saya.

Syarat burung hantu bepergian antara lain sebagai berikut:
  1. Sebelum bepergian, pastikan kondisi burung hantu sehat. Sebaiknya urungkan niat anda bepergian membawa burung hantu jika burung hantu anda sedang sakit.
  2. Pastikan burung hantu yang akan dibawa bepergian sudah mengenal anda. Minimal, burung hantu yang akan dibawa pergi jalan-jalan sudah anda pelihara lebih dari 2 minggu.
Jika kedua syarat membawa burung hantu jalan-jalan tersebut sudah terpenuhi, maka cara membawa burung hantu travelling adalah sebagai berikut:
  • buat owlbox sederhana untuk tempat berlindung burung hantu selama perjalanan. Anda bisa membuat owlbox dari bahan kayu yang pernah saya buatkan caranya di artikel cara membuat kandang khusus burung hantu. Alternatif lain, anda bisa menggunakan box karton berukuran besar yang diberi tempat bertengger di dalamnya. Sekali lagi, box karton berukuran besar. Jangan menggunakan box karton berukuran kecil karena bisa membuat burung hantu stress.
  • beri makan burung hantu 2 dan 1 jam sebelum perjalanan, dan jangan memberikan burung hantu makanan setelahnya (diberi makan terakhir 1 jam sebelum keberangkatan, diberi makan lagi 30 menit setelah sampai tujuan).
  • sebelum memasukkan burung hantu ke owlbox, berinteraksilah selama 10 menit dengan burung hantu anda. Tempatkan dia di pergelangan tangan, belai punggungnya, dan katakan kepada burung hantu anda kalau anda akan membawanya jalan-jalan. Burung hantu lebih cerdas dari kebanyakan burung lain, dia sebenarnya mengerti apa yang kita ucapkan kepadanya. Hanya saja dia tidak bisa menjawabnya. Setelah itu, masukkan dia ke owlbox.
  • hindari guncangan dan suara bising saat perjalanan. Anda yang bepergian dengan kendaraan darat dan air umum (kereta, bus, kapal laut), anda bisa menaruh owlbox di pangkuan anda. Bagi anda yang membawa mobil pribadi, anda bisa menaruh owl box di kursi yang kosong. Bagi anda yang ingin bepergian naik pesawat terbang membawa hewan peliharaan anda atau dalam kasus ini bepergian naik pesawat membawa burung hantu, anda bisa menelpon call center maskapai yang akan anda gunakan untuk menanyakan prosedur membawa hewan ke dalam pesawat terbang.
Demikian adalah artikel tentang

cara membawa burung hantu bepergian

. Semoga artikel tersebut bisa membantu anda dan menambah pengetahuan anda tentang cara memelihara burung hantu. Terima kasih. (FS)

60 Responses to "Cara Membawa Burung Hantu Bepergian"

  1. mbak dokter saya mau tanya. burung hantu saya jenis strix seloputo tidak bisa terbang jauh, hanya sekitar 1 meter.
    Matanya juga sering merem, apakah ini kegiatan yang normal bagi burung hantu?
    Sekian pertanyaan dari saya mbak. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies

    1. assalamu'alaikum dok...
      ane mau tanya nich, ane punya celepuk, awal datang dia agresif, naluri berburu masih oke, dan mau makan jangkrik yg ane taruh ditempatnya.
      agar bisa jinak tiap hari ane latih kasih makan disuapin langsung dari tangan, cm jadi sekarang mau makannya kalau disuapin doang, ga mau lg mau makan jangkrik yg ane taruh ditempatnya,
      bagaimana menyikapi hal ini dok ?
      bagaimana agar naluri berburu tetap ada, tp jg bs dijinakan...?
      terima kasih atas pencerahannya dok..

      Delete
    2. umur strixnya berapa?
      kalau dia sering merem, hmm, saya sih khawatirnya dia sakit. soalnya kalau dia sering merem/murung, adalah salahsatu tanda owl sakit.

      fesesnya gimana? bisa mas kasih tau saya fesesnya?

      saran saya sih mending bawa ke dokter hewan sesegera mungkin, mas. :)

      Delete

  2. assalamu'alaikum dok...
    ane mau tanya nich, ane punya celepuk, awal datang dia agresif, naluri berburu masih oke, dan mau makan jangkrik yg ane taruh ditempatnya.
    agar bisa jinak tiap hari ane latih kasih makan disuapin langsung dari tangan, cm jadi sekarang mau makannya kalau disuapin doang, ga mau lg mau makan jangkrik yg ane taruh ditempatnya,
    bagaimana menyikapi hal ini dok ?
    bagaimana agar naluri berburu tetap ada, tp jg bs dijinakan...?
    terima kasih atas pencerahannya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tajamkan lagi insting berburunya dengan cara dikasih bayi tikus (pinkies) berukuran kecil, mas.

      rajin2 latihan juga biar dia tetep jinak dan tetep tajam instingnya.

      silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu. :)

      nama owlnya siapa mas?

      Delete
    2. nama owl Citek dok....
      cara ngasih bayi tikusnya gimana dok...?
      apa jenis celepuk jg doyan bayi tikus ?
      selama ini saya kasih jangkrik terus, ada kah referensi makanan yg baik buat celepuk selain jangkrik..

      Delete
  3. Berarti kalo pakai motor gak bisa ya dok, kan pasti kena suara bising & terguncang², soalnya saya punya niat kapan² mau bawa si larry pulang-pergi kost-rumah Jkt-Bekasi. :(
    Oya dok, hood itu fungsi nya untuk apa ya,??

    ReplyDelete
  4. Hay dok saya mau nanya , saya baru aja nyelamatin burung elang dari orang yang ga ngerti tentang bop .. permasalahannya bulu burungnya itu di guntingin sehingga dia gabisa terbang , gimana caranya supaya burung itu bisa cepat molthing ? Mohon dijawab terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada cara agar burung cepat mouting, mas.
      cukup pastikan makanan yang diberikan bergizi agar pertumbuhan bulu baru nantinya tidak terhambat. :)

      Delete
  5. mau tanya dok...
    saya baru dapet BO nih umur 2minggu mata masih merem,..
    ada dua ekor, yg satu butir telur belum menetas..
    yg sudah menetas ada 2 ekor saya ambil untuk di rawat di inkubator
    saya loloh sendiri.. miunum susu formula SGM 0-6bulan
    makan daging mprit alias daging burger (burungGreja)
    tpi setelah ditelan makanannya ga lama di muntahin lagi dok
    apa memang slalu bgitu makannya ketika umur 2mingguan dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. barn owl dikasih susu? gak salah, mas? :(
      emang suruh siapa dikasih susu?

      susu gak cocok dan gak bagus malah membahayakan untuk sistem pencernaan burung. kalau mau, loloh aja pakai daging emprit cincang halus.

      harusnya sih gak dimuntahin. coba cek fesesnya, gimana warnanya. sekali lagi, hentikan pemberian susu.

      Delete
    2. owh.. jadi ga dikasi minum lg ga papa ya dok..
      skg 1butir telur lagi dah menetas.. masih ada kuning telurnya di tali pusarnya... brpa hari kira kira siap dikasi makan dok untuk yg baru menetas ini..
      untuk kakaknya yg udah umur 2minggu emprit za di cincang ya dok tnpa minum lg ga papa dok..?
      feses nya putih encer..
      tapi selama 2minggu ini susu terus sama emprit potong halus.. sehat sehat za dok.. malah ada suara indukannya skg mah.. kaya ban kempess bgitu pas di buka inkubatornya..

      Delete
    3. agak riskan sebenernya memelihara barn owl yang masih bayi banget atau baru menetas. iya, sementara ini lakukan apa yang biasa mas lakukan aja kecuali pemberian susu. makan dikasih emprit cincang aja.

      udah berapa lama handle bayi bo mas? posisi mas dimana? mungkin nanti saya bisa main kalau emang boleh. :)

      Delete
  6. Mau tanya dok, BO saya umur juve akhir, dilihat dari fesesnya normal, yg mau saya tanyakan kenapa ya kalo matahari masih keliatan dia malas gerak, makan pun harus d sodorin ke paruhnya,.tp kalo malem udah pinter, fttf udah 10mtr an, tp menurut saya masih kurang responsif, kayak masih memastikan gitu penyebabnya apa ya dok, apa itu normal, pengennya ngelatihnya pas sore aja gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal. mas gak tahu kalau burung hantu itu hewan malam? hehehe.

      waktu yang paling bagus buat mentraining barn owl adalah malam. meski ada juga yang suka ditraining siang hari. tergantung gimana karakternya... :)

      Delete
    2. Haha ya tau dok, kata dokter kan mulai ngetrain sekitar jam 4-5 gtu,.kirain semua bisa gitu,.
      Makasih jwabanya dok
      Trus moulting pertama BO saat umur berapa ya dok, ini bulu d sekitar leher pada patah, kata ownernya dulu bekas kena kutu gtu,.apa bener bisa sampe gitu ?

      Delete
  7. Assalamualaikum dok.
    Saya mau nanya, saya kan punya 2 BoP satu nya BK satunya lg BO, dua"nya udh juve akhir dok.
    Nah pertanyaan saya gini, saya kan mau kuliah dok trus saya punya rencana buat bawa dua partner saya itu pergi ke luar kota buat tinggal sama saya wktu kuliah d kota dok. Tp masalah nya saya menggunakan motor dok waktu ke kota nya itu,nah masalahnya itu gmn ya dok cara membawa dua partner saya itu dlm perjalanan 6-7 jam menggunakan kendaraan dok, kalau menggunakan owlbox kan ga mungkin cukup untuk kedua partner saya itu. Tolong d jawab dok.
    Sekian, Terima kasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sekira mas pakai jasa pengiriman hewan gimana?
      atau gojek kalau emang ada di kota mas.

      opsi lain: pakai mobil. mungkin bisa anter sodara atau teman yang bawa mobil.

      bisa juga dibawa satu2. pertama, bawa si bwk dulu, besoknya mas balik lagi, dan bawa si BO. :)

      saya ngerasain kok mas gimana repotnya. hehehe... soalnya saya adop si errol waktu awal2 kuliah... :)

      Delete
  8. Masalahnya dok d tmpat saya itu gak ada gojek, dan kebanyakkan tmn saya itu pke motor dok kuliah nya dan perlu waktu 6-7 jam dok buat sampai d tujuan.
    apa ada cara lain dok biar saya bisa bawa partner saya itu menggunakan motor ?
    Oh iya, BoP saya itu BK sama BO dok, bukan bwk.
    mksih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh... mungkin opsin lain?
      pake jasa pengiriman hewan atau mobil? pake motor juga gak apa2 sih. asalkan selanma 6 jam oitu jangan full di motor. 3 jam sekali berhenti... istirahat sekalian cek keadaan burungnya... :)

      Delete
  9. Dok, minta saran nih, saya mau pulang kampung dari bandung ke madiun via bis. Saya mau bawa viko (celepuk 2,5 bulan) pake tas seukuran 21x21x15 cm. Menurut dokter aman atau nggak, melihat durasi perjalanan sekitar 13jam++? Terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di dalam tas pakai kardus?
      atau gimana?

      asalkan jangan ditaruh dibagasi, taruh dipangkuan mas aja. kasian kalau di bagasi bisa dehidrasi atau bahkan kepanasan. intinya sebenernya jangan kepanasan, jangan terlalu banyak guncangan, sama sesekali dikasih makan....

      Delete
  10. Ada tas khusus dok, yang ada kandangnya didalem tas, seukuran kandang hamster yang sedang. Selama perjalanan kalo berhenti dikasih makan ya. Takut muntah dok. Kemaren diajak cfd dia muntah2

    ReplyDelete
    Replies
    1. muntahnya gimana? air aja atau ada sisa makanan juga? karena kadang burung hantu suka memuntahkan sisa makanannya. istilah hal tersebut dinamakan pellets.

      wajar kok kalau setelahnya dia gak mogok makan berkepanjangan.... :)

      kasih saya kabar lagi. dan silakan mas baca2 artikel saya yang lain ya... :)

      Delete
  11. Dok, iko udah mulai adapt di madiun :) tapi kalo dikasih makan jangkrik dia malah nolak, gmna ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sodorin jangkriknya ke paruhnya.
      cek juga fesesnya. silakan baca dlu cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
  12. Mba Dokter mau tanya.. Celepuk sy kok masih belum bisa lihat yak..karena klo di kasih makan jangkrik..(disodori) tidak tau posisi tangan sy...

    kira2 umurnya 3-4 minggu... karena Katarak/memang belum bisa melihat

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang matanya katarak??
      kalau matanya jernih2 aja sih kayaknya...

      bulunya masih bulu kapas ya? bener?

      mungkin ruangannya terlalu terang. coba bawa ke ruangan yang penerangannya agak redup. lalu kasih makan... :)

      kalau masnya worried, mending bawa ke dokter hewan aja..

      Delete
  13. dok burung hantu saya celepuk chick abis jatuh dari tangga sayap sama kaki nya tidak mau bergerak itu kira" knp yah ?
    trus penyembuhannya gmn ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kakinya mas tekan perlahan, dia keliatan kesakitan? kalau kesakitan, mending bawa ke dokter hewan aja kalau dalam 2 hari belum ada perubahan....

      makannya gimana? masih mau makan?

      Delete
  14. kalau kakinya mas tekan perlahan, dia keliatan kesakitan? kalau kesakitan, mending bawa ke dokter hewan aja kalau dalam 2 hari belum ada perubahan....

    makannya gimana? masih mau makan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo soal makannya si masih rakus ko dok cuma kaya lumpuh aja

      Delete
    2. sekarang gimana keadaannya, mas?
      mendingan atau memburuk? :(

      maaf baru balas...

      Delete
  15. Udh mati dok pas saya bawa ke dokter hewan taunya besoknya mati dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ikut sedih... :(
      buat pelajaran aja ke depaannya biar gak terulang lagi... :)

      Delete
  16. Selamat sore dok.. Saya ada celepuk umur 2.5 bulan.. Mau saya ajak jalan2 nginap di jogja dari wonosobo, apa harus pakai owlbox? Kalo saya lepas di kursi sebelah saya apakah stress?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending bikin owlbox darurat dari kardus. lalu taruh kardusnya di samping mas atau dipangkuan mas selama perjalanan....

      dari wonosobo ke jogja cuma sekitar 1 jam-an, gak lebih dari 2 jam. jadi bisa dibilang aman... :)

      Delete
  17. Ohhh oke dok.. Salam dari mposmpos (hahaa namanya lucu ya)..dia lagi seneng terbang terbang

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam balik dari errol dan padma.
      kabari saya lagi kalau ada apa2... :)

      Delete
    2. Dok kalok burung hantu di bawa gath cuma di tangkringin di tangan selama perjlanan aman gak dok?

      Delete
  18. Dok mau tanya, umur rata rata celepuk berapa tahun ya?

    ReplyDelete
  19. Dok mau tanya, umur rata rata celepuk berapa tahun ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel umur burung hantu.
      maaf baru balas, saya lagi sakit sekarang... :(

      Delete
  20. Dok burung saya buffy fish kalo mau jalan jalan pake motor gimana? Ada cara atau saran ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung, dia udah terbiasa apa belum.
      kalau dia udah jinak, udah bonding sama masnya, dan dia udah terbiasa naik motor dan udah biasa dengan suara bising (mengagetkan), saya kira gak apa2.... :)

      kalau mas baru beli buffy fish, dan buffy fishnya belum jinak atau masih defends, mending jangan dulu mas. focus ke penjinakkannya aja... :)

      Delete
  21. Dok punten , saya udah ada niat adopt BoP (celepuk)
    Yg saya mau tanyain , kan saya kerja ni dok dari jam 7 - 7malem. Yg saya khawatirkan & bingung itu ngasih makannya. Diartikel lainnya ngasih makannya mesti pas waktuny, sedangkan saya ga bisa keluar2 kerjanya.
    Apakah saya harus mengurungkan niat untuk bisa punya peliharaan ? Karena saya kasian nanti malah ga keurus & berujung RIP owlny. Tp disatu sisi udah kebelet pengen punya owl.
    Mohon pencerahan dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, emang agak riskan sih. tapi biasanya owl lebih banyak makan pada waktu malam. kalo siang, mereka lebih banyak tidur.

      pas mau berangkat kerja, mas bisa kasih makan dulu dianya...

      Delete
  22. Permisi bu dokter, sy mau konsultasi nih, kan sy punya celepuk yg baru di adop skitar 4 hari lalu, prtama sy beli umurnya skitar 4bln udh bisa trbang dikit2, trus sy latih, ksih mkan dsb, udh mulai jinak dan nurut jga, tpi tgl 4 juli nanti sy akn brangkat KKN, dan yg pastinya kmungkinan bsar sy gaakn bisa bawa si Tito, burung sy, klo saya titipin k adik atau sodara sy kira2 resikonya gmna aja ya dok.? Terutama mngenai kdekatan sy sma si Tito. Minta pndapatnya dong dok, baiknya gimana ya.? Makasih sblumnya bu dokter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih tau cara kasih makannya. yang penting jangan telat kasih makan. dan kasih super-n setetes setiap hari biar dia sehat... beli super n di toko makanan burung...

      kalo soal kedekatan, dia akan tetep inget sama masnya kok. tenang aja. saya juga dulu kadang ninggalin si errol lebih dari 2 minggu, dia tetep inget sama saya.

      kkn berapa minggu, mas? :)

      Delete
  23. Mau nanyak dok, saya punya punya BO baru Juve awal masih belajar terbang, nah saya mau perjalanan pulang kampung naik motor, itu ngeletak in BO nya ditaruh box apa gimana dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake box kardus aja mas. yang agak besar kayak kardus bekas akua botol yang besar... :)

      Delete
  24. Dok saya mau tanya..
    Klo saya bawa perjalanan jauh trs owlny g di masukin ke owlbox tapi saya pegang atau saya taru di pangkuan saya, itu masalah g...
    Bisa buat owlny stres atau engga klo g pke owl box
    Terimakasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah bagus begitu, mas... :)

      mending pake owlbox, minimal bikin dari kardus bekas...

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Oooowh...

    Makasih y atas infonya...😃

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah dok, owl saya selamat sampai tujuan
    Terimakasih sarannya

    ReplyDelete
  28. Dok izin bertanya, saya memiliki partner Barn owl umurnya sekitar 2-3bln namanya kano , ahkir ahkir ini agak aneh dok dia sering menutup mata sebelah kiri kalo mau di pegang atau kalo dia lagi merhatiin sesuatu baru mata kirinya terbuka, dan dia jadi jarang bersuara dok, ini kenapa ya, kalo makan sih masih rakus dan normal, soal feces juga masih tiga elemen putih, air bening aga kental dan kotoran hitam kecil kecil(dominan putih kental kaya body lotion) ngomong ngomong saya kasih makan anak hayam di potong potong

    ReplyDelete
  29. Dok klo ukuran owlbox yg digunakan bepergian untuk barn owl berapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau owl ukuran medium dan kecil, bisa pake kandang travel yang buat kucing aja mas. :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.