Makanan Terbaik Untuk Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Jenis makanan yang paling baik untuk burung hantu

adalah pakan hidup. Namun perlu diperjelas lagi pakan hidup seperti apa yang bagus untuk burung hantu. Artikel ini berkaitan dengan artikel jenis makanan untuk burung hantu berdasarkan jenis burung hantunya. Sebelumnya, saya mohon maaf karena baru sempat lagi posting di blog ini dikarenakan kesibukan saya yang 'bejibun'. :(
Makanan Terbaik Untuk Burung Hantu
Image taken from youtube.com


Makanan terbaik untuk burung hantu adalah pinkies atau bayi tikus. Beberapa alasan kenapa saya berpendapat bahwa bayi tikus adalah makanan yang paling bagus untuk burung hantu adalah karena bayi tikus cenderung lebih mudah dicerna. Tulang bayi tikus juga bisa menjadi asupan kalsium bagi burung hantu peliharaan. Selain itu, darah bayi tikus bisa mempertajam insting berburu dari burung hantu.
Harap ditekankan bahwa saya tidak hanya menyebutkan 'bayi tikus putih' di dalam artikel ini. Anda bisa menggunakan jenis bayi tikus apapun. Dengan kata lain, anda bisa memberikan bayi tikus rumah kepada burung hantu anda.

Muncul pertanyaan: "dok, saya susah sekali mendapatkan bayi tikus. Ada alternatif makanan terbaik untuk burung hantu lainnya tidak?"

Jawabannya: Iya, ada. Selain pinkies (bayi tikus), saya juga merekomendasikan bayi hamster sebagai makanan burung hantu. Pilih hamster yang memang masih bayi (belum berbulu).
Di artikel makanan burung hantu berdasarkan jenisnya yang linknya sudah saya berikan di atas, makanan burung hantu berbeda-beda. Apakah semua jenis burung hantu boleh memakan bayi tikus?

Saya berpendapat boleh. Anda bisa memberikan

bayi tikus sebagai makanan semua jenis burung hantu

asalkan ukuran bayi tikusnya disesuaikan dengan ukuran burung hantu yang dipelihara. Untuk burung hantu berukuran besar seperti bubo sumatranus, buffy fish owl, dan sebagainya, anda bisa memberikan bayi tikus berukuran besar. Atau bahkan anda bisa memberikan anakan bayi tikus untuk burung hantu berpostur besar. Untuk burung hantu berukuran sedang seperti barn owl, anda bisa memberikan bayi tikus berukuran sedang. Sedangkan untuk burung hantu berukuran kecil seperti celepuk, oriental bay owl, dan javan scoop owl, anda bisa memberikan bayi tikus berukuran kecil sebagai makanannya. Anda bisa memberikan bayi tikus sebagai makanan tambahan maupun makanan utama untuk owl anda.

Demikian adalah beberapa alasan kenapa saya berpendapat bayi tikus sebagai makanan terbaik burung hantu. Semoga artikel tersebut bisa menambah pengetahuan anda tentang burung hantu. Terima kasih. (FS)

46 Responses to "Makanan Terbaik Untuk Burung Hantu "

  1. dok kalo celepuk saya udh kebiasaan dikasih jangkrik kan gk ada darahnya trus biar dia mau makan pinkies gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara insting dasar, burung hantu sangat suka dengan mangsa yang terlihat lemah dan tidak berdaya dan "keliatan enak" menurut dia... bayi tikus yang masih merah (pinkies) masuk ke kategori itu... :)

      taruh aja deket kakinya pada malam hari, lalu tinggal tidur... :)

      Delete
    2. Dok kalo barn owl dkasih makanan utamanya anak ayam gmn ?

      Delete
    3. sebenernya kalau buat makanan utama, agak kurang cocok mas. kalau hanya sesekali, boleh aja... :)

      Delete
    4. Selamat sore, Dok.
      Mohon maaf mau tanya.

      Saya baru aja beli burung hantu Bubo Sumatranus.

      Kemudian baru baca artikel Dokter Fira, ternyata Bubo Sumatranus termasuk owl dengan level advanced mengurusnya.

      Saya khawatir tidak benar merawat si bubo ini.

      Bolehkah minta bantuan petunjuknya, hal2 apa saja yang perlu saya perhatikan dalam merawat si bubo ini?

      Saat ini si bubo saya berikan tikus putih jamper untuk makanannya. Apakah sebaiknya diganti bayi tikus pinkies?

      Lalu apakah boleh bubo diberi ikan mas kecil2 hidup untuk makan?

      Terima kasih dok.

      Delete
    5. betul, mbak. bubo sumatranus bisa dikatakan susah untuk dipelihara. mending kasih tikus putih jumper atau pingkie, jangan dikasih ikan.
      selebihnya, mbak bisa kasih multivitamin ebodvit atau super-n setetes perminggu...

      Delete
    6. Duh, jadi worry. Udah terlanjur pula 😔
      Aku selalu usahakan kasih tikus putih setiap hari siy, Dok.

      Kalo daging sapi potong boleh ga, Dok?

      Lalu kalo ikan mas kecilnya diberikan sebagai tambahan atau cemilan aja apakah boleh, Dok?

      Saat ini saya berikan tikus putih ukuran medium plus, pagi 2, siang 2, malam 3 dengan tambahan cemilan ikan mas kecil2 karena khawatir ga cukup kenyang.

      Hal2 lainnya apa lagi yang harus saya ketahui dalam memelihara bubo ini, Dok?

      Untuk suhu udara sebaiknya gimana, Dok?

      Bubo saya tempatkan di balkon rumah. Saat siang panas, saya masukkan. Ke rumah. Malam tetap di balkon. Saya tinggal di jakarta.

      Apakah yang saya lakukan sudah benar?

      Terima kasih.

      Delete
    7. daging sapi kurang cocok kalo buat bubo sumatranus, ikan kecil boleh diberikan sebagai camian.

      fesesnya gimana mbak?
      cek artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.

      penanganannya udah bagus mbak. tinggal kasih ebodvit aja tiap 2 hari sekali, satu tetes, beli ebodvit di toko makanan burung...

      Delete
  2. Hallo dok hehe. Dok mau tanya nih, tiap ngasih makan Ollaf saya suka pake cara jangkrik nya di masukin ke wadah yang berisi air jadi biar pas dikasih makan si jangkriknya basah dan ollaf gak perlu saya kasih minum lg. Yang mau saya tanyakan : saya tiap kasih ollaf makan sekitar 15 jangkrik, tp di tengah2 pemberian makan dia suka kekenyangan, jd pemberian makannya ditunda. Karena ada sekitar jeda waktu 1jam.n otomatis jangkrik2 yang tadi nya hidup jadi mati (karena terendam air). Apa boleh jangkrik yang mati terendam air saya kasihin lagi ke ollaf? Saya cium jangkrik2 nya tidak bau busuk dll dok .

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik buang jangkrik yang tidak kemakan, atau takar jangkriknya sesuai porsi makan ollaf, mbak... :)

      gak juga sih, biasanya makin nambah usianya, dia tetep makannya. cuaca emang gak bagus sih. begini aja, kalau emang dia makannya dikit, coba lebih sering diberi makan... :)

      fesesnya gimana? :)

      Delete
  3. Mau tanya lg dok :D
    ketika ollaf usia chick dia sekali makan bisa habis smpe 30e jgkrk. Dlm sehari suka 5x pemberian makan. Tp skrg ollaf udh aktif jalan2 sm loncat2 smbl kepakkan sayapnya kok urusan makan jadi susah ya dok. Sehari jadi 3x waktu makannya trs jangkrik juga dlm sekali makan gak habis dari 10e lebih. Apa emang gitu dok? Bertambahnya usia ollaf urusan makan jd berkurang?

    ReplyDelete
  4. Iya dok. Ollaf kadang habis 10 jgkrk kadang juga baru 2e jgkrk dia udah gak mau makan lg.
    Klu masalah feses dia kadang padat kadang cair hitam semua kyk mencret gitu.
    Dok usia ollaf (brancher) udah boleh di mandiin? Soalnya bau :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadi udah saya bales via chat ya mbak.. :)

      kabari lagi :D

      salam buat ollaf dari errol dan padma...

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. dok makanan terbaik untuk bayi buffy fish apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pingkies alias bayi tikus yang masih merah.. :)

      Delete
    2. Tiput dbogor lg susah dok..
      Sudah seminggu lebih belum ada juga dipenjualnya...
      Kalo dkasih makan ikan mas kecil" apa ga apa" bwt kesehatan nya ?

      Delete
    3. Oiya satu lg.. kalo dkasih daging sapi yg sudah bberapa hari di kulkas gmn dok ?

      Delete
    4. pake ikan mas kecil boleh. bagusnya sih kalo gak ada pingkies, ya pake daging sapi atau ayam yang fresh.... bukan hasil bekuan... :)

      kalau mas kasih anak ayam? atau emprit? atau puyuh? :)

      Delete
    5. Dari kemaren sich baru dkasih ikan mas kecil sama daging sapi dok..
      Si Allyt kan masih bayi dok belum bisa ditaro di pearch.. trus saya taro dilantai yg dialasi koran ga akan apa" dok ?

      Delete
  7. Sama ini dok.. saya kan punya bayi celepuk juga..
    Kalo dsatuin celepuknya dmakan ga ya dok sama buffy ?

    ReplyDelete
  8. Selamat malam dok saya baru 3 hari yang lalu saya beli barn owl udah mulai bisa terbang tapi kenapa ya dok stiap saya kasih makan bbrp jam kmdian muntah2 makannya kluar smua dok dan gak mau makan sendiri maunya makanannya di masukin ke dalam mulutnya dok..tolong jawabannya di tunggu dok makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kebanyakan kasih makannya. atau bisa jadi juga mas kasih makannya kegedean.

      coba makanannya dicacah dulu sampe kecil2, terus kasih jangan kebanyakan... silakan baca dulu artikel porsi makan burung hantu... :)

      Delete
  9. selamat malam dokter. Dokter mohon tanya, saya memelihara sepasang buffy owl dari chick. Sejak chick mereka selalu makan ikan lele yg sudah sy potongi.

    Skill keduanya sudah sampai JTTF kira2 1 meter dg pakan lele.
    Yg saya ingin tanyakan :
    1. Apakah proses JTTF ataupun FTTF hanya bisa terjadi bila buffy "diiming2in" makanan? ( klo tanpa iming2 makanan keduanya dipanngil namanya tidak mau jttf ke glove dok)

    2. Ketika dilakukan JTTF dngan pancingan pakan lele kedua buffy mentok hanya mau jttf 2-3x, selanjutnya meskipun diiming2i lele lagi keduanya no respon ( tdk mau datang ke glove lagi). Klo baru 2-3 x jttf artinya buffy baru makan ikan lele 2-3 potong (ukuran potongan sekitar 4x4 cm, tebal 0.5-1 cm) apakah cukup porsinya? Apabila tidak cukup apakah saya hrs lanjtuan dg handsfeed ( disuapin)?

    3. Saat ini keduanya sdh juve awal. Saya pernah diberitahu oleh kawan saya, untuk menaikkan skill ke fly to the fist coba pakan diberikan tiput hidup, akhirnya saya coba beri tiput hidup.
    Buffy yg satu sama sekali ga merespon tiput ( sepertinya tidak suka tiput)
    Buffy yg satunya liat tiput langsung respon bahkan langsung berhasil dengan Fly to the fist 6-7 meter. Namun yg unik, saat ini buffy yg suka tiput jd ga mau lagi klo diberi lele ( diberi lele dg jttf tidak respon, disuapi pun digigit lalu dijatuhkan leleenya).
    Kenapa ya dok?
    bagaimana spy dia mau lagi makan lele?( spy bisa slang seling tidak tiput trus, mengingat tiput kurang ekonomis dankadang tidak selalu ada)

    4. Saya amati dok, buffy yg makan tiput jd lebih galak. Suaranya nyaring " ngiiiikkk" kadang2 klo lg genggam tiput trus saya liatin, dia menatap balik dan bunyinya tambah nyaring dan kdg2 ngembangin sayap sambil bunyi "pletok2" ( tanda marah?takut direbut?). Apa krn makan pakan yg ada darah segar seperti tiput, buffy jd lbh galak dok? ( jelas perbedaannya dr sblmnya hanya makan lele)

    Ditunggu balasannya yah dok

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas hasan. saya coba jawab.
      1. kalau mas mau dia nyamperin kalau dipanggil nama, coba sering2 ajak main. sering2 berinteraksi sama mereka.
      kadang emang tergantung karakter buffynya juga sih mas. buffy temen saya ada yang malah bisa imprint sama dia, nyamperin sendiri. coba mas baca artikel imprint pada burung hantu...

      2. dia gak mau nyamperin pas jttf ke 2 atau 3, karena dia udah kenyang. kadang emang ada yang kayak gitu, si errol juga gitu dulu. triknya kasih tidbits kecil2 aja.... :)

      3. meski saya belum pernah nyobain tikus putih (hehehe), tapi secara insting emang burung hantu lebih menyukai tikus putih dibandingkan ikan.
      itulah sebabnya kenapa buffy fish mas ada yang stop makan ikan setelah nyobain tikus putih. tapi bisa dibalikin lagi kok, bisa dibiasakan lagi makan ikan lagi.... coba aja kasih terus... :)

      4. nggak. saya seumur2 kasih makan si errol dan padma pakai tikus, mereka tetep jinak. buffy mas emang dasarnya belum jinak bener, sehingga saat nyoba hewan yang ada darah segarnya, instingnya timbul lagi. malah menurut saya ini bagus, coba mas latih saat instingnya lagi tajam. menurut pengalaman saya, lebih mudah dilatih...

      kasih kabar lagi ya mas... saya tunggu...

      Delete
  10. dokter terimakasih untuk jawabannya..

    Dokter, mohon tanya, klo yg padma dan erol makan tikus apa ya y dok?( di nomor 3 dokter menulis blm pernah kasi tikus putih)
    bgmn membedakan tikus rumah dan tikus got dokter?

    Oh ya dok, jesse kedua buffy saya belum 2 bulan udah putus ldok, sy membeli di tmpt resmi cukup terkenal di A&..Falcxxxry..
    apakah memang waktunya sependek itu dok? jesse nya kulit 2 lapis..
    apakah ada perawatan khususnya dok spy awet ? ( kemungkinan menurut saya krn kena kotoran/basah lalu kering dan basah lagi jd keras lalu putus)


    dok apakah bila saya letakkan ikan hidup dalam baskom besar berisi air , apakah memungkinkan buffy mengambil sendiri ikan ke baskom dok? dan bisakah dia memakan ikan lele hidup ( tanpa dipotong) 1 ekor berukuran botol air mineral 600 cc?

    salam untuk padma and erol =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya di poin ke tiga "meski saya belum pernah nyobain tikus putih (hehehe)" itu maksudnya adalah saya belum pernah makan tikus putih, hehehe. kalau errol dan padma sih emang makanannya tikus putih kalau mereka lagi males cari makan sendiri di alam...

      membedakan tikus rumahan dan tikus got sebenernya dari baunya juga beda, mas. bau tikus got lebih amis dibandingkan tikus rumahan. tikus rumahan lebih bersih. yang dikasih adalah tikus rumahan yang masih bayi. biasanya mereka bikin sarang di tempat2 tersembunyi kayak bagian bawah lemari atau di pojok atap...

      putus ldok itu apa ya mas? saya kurang mengerti. mungkin mas bisa jelaskan lagi... :)

      kalau ikannya benar2 hidup (artinya masih berenang di air), sebenernya tergantung insting berburunya si buffy. ada yang bisa, ada juga yang nggak mau, mas. dulu pernah ada kok kenalan saya yang buffynya bisa nyamber sendiri ikan di baskom. coba aja... :)

      kalau emang nggak bisa, coba ikannya bunuh, terus taruh di deket buffynya. taro aja di bawah, jangan dikasih air.... kalau dalam waktu 10 atau 15 menit gak dimakan, ambil. buang. :)

      salam juga buat jesse... kabari lagi ya mas...

      Delete
    2. maaf salah ketik dok..

      seharusnya : jesse yg dipakai buffy saya sudah putus baru 2 bulan pakai ( mksd saya jesse, temennya anklet dok =), tp ankletnya gpp, jessenya aja yg putus..

      bagaimana perawatan jessenya dok ( ankjess) spy tdk gampang putus?


      klo tikus yg di taman2 umum seperti di rumah2 kmgkn tikus got ya dok? sepertinya agak susah klo bedakannya dg dibaui

      trims dok

      Delete
    3. oh... saya kira jesse itu owl juga... :D

      biasanya angklett dan jesse itu ada kelasnya, mas. ada yang khusus buat burung hant ukuran besar, sedang, dan kecil. ada juga yang buat elang. yang buat burung hantu kecil tentu beda yang buat elang.

      coba beli aja yang khusus buat BOP/elang, mas...

      soal apakah burung hantu bisa makan tikus liar, jawabannya bisa asalkan dilatih dulu. si errol udah bisa kok. cuma ya itu, latihannya lumayan lama. dari mulai pengenalan bau racun, ketangkasan menangkap mangsa, dan mengenali tikus yang bersih dan sehat.... lumayan lama...

      kayaknya udah ada artikelnya, mas. cara melatih burung hantu berburu sendiri dan cara agar burung hantu giring kandang...

      Delete
    4. terimakasih yah dokter..salam untuk erol and padma

      Delete
    5. oke. kabari lagi. errol lagi marahan sama saya karena saya paksa masuk owlbox selama perjalanan mudik, hihihi...

      Delete
  11. dok mohon bertanya, sekitar rumah musim hujan gini banyak sekali keluar vaginula/siput tanpa cangkang / siput telanjang, apakah buufy fish owl dan strix setulupo boleh saya kasihkan hidup2? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur saja saya nggak pernah pake siput itu buat makanan owl. dan agak beresiko sebenernya, karena lendirnya. takutnya malah ganggu sistem cernanya. toh kalau misalnya direbus dulu pun, dagingnya masih terlalu alot....

      jadi mending jangan, mas.... :)

      Delete
  12. Mau nanya dok...aq baru beli celepuk di pasar burung. Tp aq belinya kegedean maksudnya dag terlalu gede Krn kekurangan pengetahuan...pas nyampe rumah aq kan g pny ruangan khusus akhirnya aq taro di kandang bekas lovebird adekku tp kandangnya besar dan ada tenggernya...yg mau aq tanya aq kan g bs karantina apa g masalah..aq cm tutup kandangnya pake kain agar lebih gelap krn kubtaro di ruang tamu ...dan hari pertama dikasih jangkrik 4 dimakan...pagi subuh aq kasih lagi sampe sore g dimakan...burungnya juga diem aja dan sering merem jadi khawatir...ada saran g dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kandangnya pindahkan ke ruangan yang sepi suara. biarin di situ aja, biar dia tenang.

      terus kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat... :)

      Delete
  13. asslmlkm dok.. saya mau tanya,saya baru punya owl kira" udh satu mnggu,dan kbtuln dptnya dari alam dan mngkin bru bljr trbng.. yg saya mau tnyakn apkh blh owlnya d msukn k kndng/d ikat pakai tali.. skrng brungnya sdh jinak,klw mlm ska brntak d kandng.. saya mnta solusinya y dok.. sblmnya saya ucpkn trmksh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah dikandangin, cukup masukkin aja ke dalam kardus yang agak besar.... bekas akua botol yang besar (1 ltr).... :)

      jenis owlnya apa mas?

      coba mas kasih obat yang saya tulis di artikel: cara agar burung hantu tetap sehat. baca juga artikel parameter kesehatan burung hantu...

      Delete
  14. Kalo di kasih makan hamster boleh kan dok hamster yg kecil itu. Burung hantu saya jenis tyto alba.?

    ReplyDelete
  15. Dok bubo saya juve gak mau minum, dia takut kalo liat air di bak bawaannya pengen kabur, saya kasih minum pake sedotan juga agak berontak, solusinya gimana ya dok biar dia bisa minum sukur2 mau minum sendiri. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama pelihara? \
      gak usah dipaksa dulu. yang penting dia mau makan. atau makanannya bisa mas celupin ke air mineral dulu sebelum diberikan ke burungnya...

      Delete
  16. Dok izin bertanya? Saya kan dapet barn owl liar trus dia masih takut kalau saya samperin dan juga udah saya karantina, udah 3hari ini. Yang saya pertanyakan sampai brpa hari barn owl di karantina itu?
    Tarimakasih dok

    ReplyDelete
  17. Dok..saya mau nanya owl saya celepuk pupnya lancar,makan rakus,badan tegak,tapi suka terbang kemana mana,usia masih brancher tengah,solusinya biar ga terbang terbang kemana mana gimana ya dok,kalo dia terbang²Pupnya di mana mana,kalo dipasang ankjess,saya merasa kasian ama kakinya,solusinya gimana ya dok,,maaf

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.