Thursday, June 12, 2014

Cara Mengobati Kerontokan Bulu Musang Rase | Drh. Fira Sovica

Seperti yang sudah dibahas di artikel cara memelihara musang rase, musang rase termasuk jenis musang yang agak susah dipelihara. Bulu musang rase amat mudah rontok, terutama jika terkena urin, kotoran, serta sisa makanannya. Artikel berikut akan membahas

mengobati kerontokan bulu musang rase

.
Cara Mengobati Kerontokan Bulu Musang Rase
Image taken from ariepetshop.blogspot.com
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kerontokan bulu musang rase. Dan berikut adalah cara mengobati musang rase yang mengalami hairloss atau kerontokan bulu.
  1. Bersihkan sisa makanan yang menempel pada bulu musang rase, sisa urin yang menempel pada bulu musang rase, serta bekas kotoran yang menempel pada bulu musang rase.
  2. Bersihkan bulu musang rase dengan kain yang dibasahi air hangat, lalu biarkan hingga bagian bulu musang rase tersebut kering. Anda juga harus rajin membersihkan kandang musang rase anda, jangan sampai ada kotoran dan urin yang menempel pada bulu musang rase anda.
  3. Beri makanan yang sesuai dengan makanan musang rase.
  4. Tidak seperti anggota keluarganya yang lain, musang rase adalah hewan karnivora, yaitu hewan pemakan daging. Maka dari itu, musang rase hendaknya hanya diberi daging sebagai makanan utamanya. Anda juga bisa memberikan hati ayam rebus sebagai makanan utama musang rase anda. Pemberian makanan yang sesuai akan mencegah hairloss pada musang rase.
  5. Sebagai pencegahan rontoknya bulu musang rase, oleskan minyak kemiri pada bulu musang rase secara rutin setiap minggu.
  6. Pastikan minyak kemiri yang anda gunakan adalah minyak kemiri asli tanpa campuran karena minyak kemiri campuran kadang memiliki kandungan zat kimia yang malah akan membuat bulu musang rase rontok.
Demikian adalah cara

mengobati hairloss pada musang rase

dan cara mengatasi kerontokan bulu pada musang rase. Saran demi perkembangan artikel ini bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

19 comments

Dokter maaf saya ingin bertanya,apabila terjadi hair loss itu agar cepat tumbuh perawatannya seperti apa? Dan apabila infeksi mata kan jangan terkena air,apa mandi kering saja pakai bedak? Mohon pencerahannya dok,terima kasih

cara agar bulu musang menjadi lebat bisa dibaca di http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/04/cara-agar-bulu-musang-menjadi-lebat.html

kalau lagi infeksi mata sebaiknya memang tidak dimandikan dulu. cukup lap saja matanya dengan lap steril atau tisu yang dibasahi air hangat. bersihkan kotoran dan belek di matanya secara menyeluruh, lakukan setiap pagi dan sore selama satu atau dua minggu. dan selama perawatan sebaiknya makanannya diganti dengan buah2an matang seperti pepaya dan pisang, jangan memberikan makanan yang mengandung protein dulu seperti kepala ayam rebus/daging2an, bubur bayi, dan semacamnya. cukup hanya buah2an. semoga membantu dan jangan sungkan berkonsultasi di sini lagi... :)

Dok kalo musras dikasih makan CF/DF buat harian & puyuh, buat sampingan boleh dok ??
& kalo makanan rase di alam liar itu biasanya makan hewan apa ??

makanan terbaik untuk rase tetap yang sudah saya tulis di atas. :)
kalau catfood atau dogfood sebaiknya jangan karena pencernaan rase relatif beda dengan kucing atau anjing. puyuh bisa diberikan.

rase biasakan makan hewan ternak dan mamalia kecil seperti tikus, burung, ular, kadang bangkai hewan lain. jadi lebih baik sebenarnya kalau mas memberikan burung emprit kepada rase. gampangnya sih kasih ati ayam aja mas... :)

tidak ada.
beberapa orang katanya menyarankan pakai sampo kucing, tapi itu juga salah karena sampo kucing malah membuat bulu rase tambah rontok...

pakai minyak kemiri aja mas, seperti di sebut di artikel di atas....:)

Misi dok numpang tanya dok .mohon bantuan nya dok..
Nih musang saya kok bulu ekor nya rontok sampe botak ya dok itu gara" apa dok dan bgaimana cara numbuh in lagi dok makasih bnyk dok

banyak sebab. biasanya karena kondisi kandang yang kotor, kondisi musang kotor, kutu, dll. bisa ditumbuhkan lagi kok...
sering2 dimandikan aja. jaga kebersihan kandang... :)

Hehe iya dok soal nya di kasih temen dok
Kalo masalah suhu lingkungan dan faktor makanan bisa ga dok .

gak kecuali suhu rumah atau lingkungan mas SANGAT PANAS... :)
kalau standar2 aja sih biasanya gak... :)

Dok mau tanya minyak kemiri itu bisa kita beli dimana ya ? Sama mungkin dokter punya saran belinya yg merek apa klo ada

mas bisa bikin sendiri, itu lebih bagus. caranya cari aja di google. atau nanti bisa saya bikinkan artikelnya buat bikin minyak kemiri, resep dari ibu saya... :)

kalau mau beli, beli aja minyak kemiri cap tiga anak. :)

Maaf dok mau tanya lagi musres saya saya beri makan pisang terus sama telur sesekali bagai mana menurut dokter apakah bagus atau tidak ??

selama ini gak ada keluhan kan? gak pernah keliatan sakit dll?

boleh aja kok mas. :)

sehat selalu buat rasenya...

mau tanya dok, apa gejala seperti diatas berlaku jg utk otter? saya punya o tter umur kira" 3 bln, belakangan ini bulunya khusunya dibagian kaki dan kelaminnya mengalami kerontokan. Gejala awalnya seperti ada kerak / kulit yang kering yang lama" terkelupas. Apa bs jg krn aergi pada susu, krn sampe skrg hanya diberikan susu saja. Mohon petunjuk bagaimana mengobatinya. Terima kasih.

This comment has been removed by the author.

sebelumnya maaf karena baru balas, mas.
jujur saja, untuk otter, saya tidak bisa berkomentar banyak. karena kulit otter sendiri sangat sensitif.

kebersihannya gimana? kecil kemungkinan karena alergi susu. saya lebih cenderung ke kebersihannya kurang terjaga. dia suka garuk2 badan? kemungkinan karena kutu juga sih.... :)

Assalamualaikum dok mau tanya masa pergantian bulu muspan gmna ya??

setau saya sih gak ada waktu2nya, mas. kalau nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bulu mencukupi, ya pasti dia akan membantu pertumbuhan bulu yang kurang maksimal.

jadi intinya sebenernya gizinya. coba kasih aja minyak kemiri khusus musang. ada kok artikelnya... :)


Silakan upload gambar.