Cara Memelihara Aldabra | Drh. Fira Sovica

Aldabra adalah salahsatu jenis kura-kura terbesar di dunia. Dan seperti halnya memelihara sulcata dan memelihara pardalis,

memelihara kura-kura aldabra

kurang lebih sama caranya seperti memelihara sulcata dan pardalis.
Di habitat aslinya, kura-kura aldabra yang memiliki nama latin Aldabrachelys Gigantea hidup di padang rumput dan menghabiskan waktunya untuk mencari makan. Kura-kura aldabra adalah jenis kura-kura herbivora (pemakan tumbuhan), meski kadang-kadang juga memakan serangga, bangkai hewan-hewan kecil, dan kura-kura lain yang sudah mati. Kura-kura aldabra adalah jenis kura-kura yang berumur panjang selain kura-kura galapagos. Umur kura-kura aldabra bisa mencapai 200 tahun. Secara fisik, kura-kura aldabra bisa dikenali dengan bentuk kaki yang kuat, leher yang panjang, serta bentuk tempurung yang berbentuk dome tinggi.
Cara Memelihara Aldabra
Image taken from kaskus.co.id
Meski ada beberapa perbedaan, cara memelihara kura-kura aldabra relatif sama dengan cara memelihara sulcata. Dan berikut adalah cara memelihara kura-kura aldabra:
  1. kandang kura-kura aldabra.
  2. tidak dibutuhkan kandang khusus untuk memelihara aldabra. anda bisa menggunakan akuarium atau container box sebagai kandang kura-kura aldabra. sebagai alas kandang (bidder), anda bisa menggunakan kertas koran yang bersih sebagai alas kandang kura-kura aldabra. Kandang aldabra sebaiknya dibersihkan setiap minggu sekali secara menyeluruh. Anda juga sebaiknya mengangkat kotoran kura-kura aldabra dari dalam kandang setiap hari.
  3. makanan kura-kura aldabra.
  4. seperti yang sudah dikemukakan diatas, makanan kura-kura aldabra adalah tumbuh-tumbuhan dan sayur-sayuran. para penggemar kura-kura aldabra biasanya memberikan buah-buahan seperti apel dan pisang sebagai makanan aldabra. anda juga bisa memberikan pellet sayuran yang biasa dijual di toko makanan hewan tertentu. tempat minum bisa anda taruh di pojok kandang. air minum yang diberikan untuk kura-kura aldabra adalah jenis air mineral, dan ganti air minum setiap 3 hari sekali.
  5. cara merawat kura-kura aldabra.
  6. tidak dibutuhkan perawatan khusus kura-kura aldabra. untuk menjaga kesehatannya, anda cukup menjemur kura-kura aldabra setiap minggu dibawah sinar matahari. lakukan penjemuran ini dibawah jam 9 pagi selama 10 menit.
Demikian adalah

cara memelihara aldabra

yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sendiri. Semoga artikel tersebut diatas bisa menjadi acuan bagi anda dalam memelihara kura-kura aldabra. saran, kritik, dan komentar bisa anda tulis dibawah ini. terima kasih. (FS)

0 Response to "Cara Memelihara Aldabra"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.