Cara Memelihara Ikan Arwana | Drh. Fira Sovica

Sama halnya dengan memelihara ikan lain,

memelihara ikan arwana

juga membutuhkan syarat utama untuk memelihara ikan umumnya, yaitu kebersihan air sebagai media hidup ikan arwana.

Dan meskipun tidak sesulit memelihara ikan koi, memelihara ikan arwana membutuhkan beberapa prasyarat dan syarat memelihara ikan arwana.

Cara Memelihara Ikan Arwana
Image taken from citraarowana.com
Ikan arwana adalah jenis ikan air tawar yang berhabitat asli di sungai-sungai pulau Kalimantan. Warnanya yang indah serta keeksotisan ikan ini membuat ikan ini populer di kalangan pemelihara ikan hias.
Nah, bagaimana syarat dan cara memelihara ikan arwana? Berikut adalah beberapa tips cara memelihara arwana yang penulis rangkum berdasarkan pengalaman sendiri:
  1. Siapkan media pemeliharaan ikan berupa kolam atau akuarium yang sesuai dengan ukuran ikan arwana. Sebaiknya endapkan atau diamkan terlebih dahulu air yang akan digunakan sebagai media hidup ikan arwana selama kurang lebih 24 jam sebelum air tersebut dimasukkan ke media pemeliharaan ikan. Anda juga bisa memasang filter air dan untuk menjaga kualitas air akuarium. Jangan menambahkan aksesoris lain di dalam akuarium karena ikan arwana cenderung akan merusak benda apapun yang ditaruh di dalam air
  2. Masukkan ikan arwana ke dalam akuarium dan perhatikan perkembangannya selama satu jam kedepan.
  3. Ikan arwana adalah ikan predator yang lebih menyukai pakan hidup. Makanan ikan arwana yang paling baik adalah kelabang hidup dan jangkrik. Jumlah pemberian makan ikan arwana adalah sebanyak 2 kali sehari dengan porsi yang pas, artinya tidak kurang dan tidak lebih. Ingat, sisa makanan dalam air yang dibiarkan saja dapat menyebabkan air terkontaminasi dan kotor yang berdampak pada kesehatan ikan. Segera angkat sisa makanan jika ada sisa makanan dalam air.

Demikian adalah tips dan trik

cara memelihara arwana

Semoga tips tersebut bisa membantu anda dalam memelihara ikan arwana. Kritik, saran, dan komentar bisa dikirim di kolom komentar dibawa ini. Terima kasih. (FS)

5 Responses to "Cara Memelihara Ikan Arwana"

  1. Dok ada saran ga kalo buat arwana yg masih kecil? Dikasih makan apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. anakan ikan arwana bisa kasih jangkrik yang kakinya dibuang, anak katak, atau bisa juga cacing sutra

      maaf karena baru balas...

      Delete
  2. Dok saya arwana saya ukuran kurang lebih 10 cm dok kok dia berenang nya di atas mulu ya , ? Saya pake ukuran akuarium yg panjang nya 1 m dok , dan saya kasih anak ikan mas kecil agak banyak sama ada ikan komet juga yg lebih besar dri dia ada ikan ali gatir yg ukuran nya sama kaya ikan arwana nya , apa tidak apa apa begitu ? , saya mlihara ikan arwana silver

    ReplyDelete
  3. Dok saya arwana saya ukuran kurang lebih 10 cm dok kok dia berenang nya di atas mulu ya , ? Saya pake ukuran akuarium yg panjang nya 1 m dok , dan saya kasih anak ikan mas kecil agak banyak sama ada ikan komet juga yg lebih besar dri dia ada ikan ali gatir yg ukuran nya sama kaya ikan arwana nya , apa tidak apa apa begitu ? , saya mlihara ikan arwana silver

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya berenangnya di atas gimana ya mas? masih horizontal (ekor dan kepala sejajar) atau udah vertikal (ekor dibawah, kepala di atas, posisi menggantung)

      cek aja dulu kualitas airnya, pastikan kualitas airnya bagus...

      maaf karena baru balas...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.