Cara Memelihara Kukang | Drh. Fira Sovica

Kukang sudah termasuk perbuatan melanggar hukum karena kukang sudah termasuk hewan dilindungi. Meski demikian, masih banyak sekali orang yang memelihara kukang. Ada yang beralasan karena mereka sudah memilikinya sejak sebelum dilindungi, ada juga yang berkeras untuk menernakkannya. Anda tetap bisa memelihara kukang dengan legal dan sah dengan membuat surat izin memelihara kukang di BKSDA setempat. Cara membuat surat izin memelihara kukang bisa dibaca di artikel cara membuat surat izin memelihara kukang.

Cara Memelihara Kukang

Kukang Jawa
Image taken from ghanifaliq.blogspot.com

Kedua alasan

memelihara kukang

tersebut tentu saja salah. Kukang termasuk jenis hewan dilindungi yang masih banyak dipelihara.

Pertama, jika si pemiliki sudah memelihara kukang sebelum kukang dinyatakan dilindungi, maka saat keluar undang-undang perlindungan kukang seharusnya si pemilik mendaftarkan kukang yang dipeliharanya di BKSDA setempat agar pihak BKSDA bisa terus memantau kukang yang dipelihara.

Kedua, alasan memelihara kukang untuk menangkarkan atau menernakkannya adalah salah besar. Kukang adalah hewan monogami yang hanya kawin dengan pasangan yang ia pilih sendiri, dan ia akan kawin hanya kepada kukang tersebut sepanjang hidupnya (monogami). Anda tidak bisa memaksakan kukang agar kawin dengan penjantan atau betina lain. Dan memaksakannya hanya akan membuat si kukang stress hingga akhirnya mati.

Kembali ke topik

cara memelihara kukang

Kukang adalah pemakan buah dan serangga yang hidup di atas pohon (arboreal). Hewan ini aktif di malam hari (nocturnal), serta berkembang biak dengan cara melahirkan dan menyusui anaknya (mamalia). Cara memelihara kukang bisa dirangkumkan dalam beberapa point berikut ini:
  • Di habitat aslinya, kukang adalah hewan pemanjat yang hidup diatas pohon. Sediakan kandang yang cukup besar dan tinggi dengan aksesoris berupa dahan dan daun-daunan di dalamnya. Semakin tinggi dan luas kandangnya, maka semakin bagus.
  • Makanan kukang bisa berupa buah-buahan yang dipotong kecil-kecil. Buah-buahan yang termasuk makanan kukang antara lain pisang, pepaya, rambutan, dan jenis buah yang lain yang rasanya manis.
  • Kukang membenci semut. Jadi, sebaiknya jauhkan semut dari kandang kukang semaksimal mungkin. Anda bisa menggunakan kapur semut yang digoreskan di sekitar kandang.
  • Beri air di wadah yang ditempatkan di tempat tinggi di dalam kandangnya. Biarkan kukang minum dari tempat itu.
  • Kukang perlu dimandikan jika bulunya sudah sangat kotor. Mandikan kukang dengan campuran air dan shampo bayi. Jangan memandikan kukang yang masih bayi. Kukang yang masih bayi sangat rentan akan suhu dingin dan rentan stress.

Demikian adalah cara memelihara kukang. Sekali lagi penulis tegaskan bahwa memelihara kukang dapat menyebabkan anda dipenjara karena kukang termasuk hewan dilindungi. Jangan pernah memelihara kukang kecuali anda sudah mendapatkan izin dari BKSDA setempat. Saran, kritik, serta komentar bisa ditulis di kolom komentar dibawah ini. (FS)

39 Responses to "Cara Memelihara Kukang"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Dok, saya mau bertanya ...
    Dulu kukang saya Jinak, sekarang kok jadi galak yaaa???
    Adakah tips agar jinak lagi? ...
    Terima kasih ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini sering mas ajak main? ajak berinteraksi?
      bisa juga karena stress loh mas. apakah kandangnya cukup besar? apakah kandangnya terhindar dari bunyi2an bising? :)

      coba dicek lagi cara memeliharanya. sehat selalu buat kukangnya... :)

      Delete
    2. Kalau diajak main/intraksi skarang jarang.. Dia lebih banyak dikandang, karena sya lagi sibuk sibuknya dok... Kalau dibilang besar lumayan lah, kandangnya, kandang kucing yg harganya 300rb (diameternya gatau hehe) ...
      Kalau dari bising nggak juga, paling suara burung kicau saya aja yg berisik, karena jarak kandangnya berdekatan ...

      Saya pernah dikasih saran sma teman agar kukang nggak stress, dikasih Rantai pinggang, saya mau tanya apa itu aman dok?
      Tempat Yg jual kira kira dimana yaa dok?
      Terimakasih :D ...

      Delete
  3. Dok kukang mesti di vaksin apa engga?
    Dokter buka praktek dmna?
    Diperkirkan kukang sy umur 3 bulan krena masih sgde kepalan tangan..
    dan ada yg gede jga..( galak)
    Mau ke vet tapi masih takut krena ga semua bisa megang kukang dengernya mah.. terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. telepon aja dulu. daftar nomor telepon drh sudah saya tulis di salahsatu artikel di blog ini...
      divaksin bisa diatas umur 8 bulan keatas...

      Delete
  4. Oouu gtu dok.. oke..makasii jwaban nya..

    Naah dokter sndiri buka dmna? Sy lokasi di tebet bingung mesti kmna.. kemarin ke nature vet malaah gamaudia gabisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya di daerah bogor mas. :)
      di vet lain gimana? setahu saya sih kukang bisa divaksin mulai umur 9 bulan keatas...

      Delete
  5. Dok kukang saya melahirkan
    apakah perlu di bawa ke dokter hewan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. si kukang menyusui anaknya gak? kalau tidak, saya sarankan sih iya, mending bawa ke dokter hewan... kalau masih menyusui, gak apa2 mas rawat. jangan berisik ya mas, soalnya sangat rentan stress kalo sedang menyusui gitu...

      Delete
  6. Dok kukang saya ngeces" gitu dok. Di bawa ke dokter hewan katanya stress. Cuma dikasih vitamin utk syaraf. Itu gapapa dok? Thx before dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan sakit. mas bisa cek lidahnya dan fesesnya. pakai sarung tangan ya mas...

      amannya sih mending bawa ke dokter hewan terdekat aja biar sekalian di cek.... saya takutnya kena virus atau ada bakteri di mulutnya...

      Delete
  7. permisi dokter saya baru saja mempunyai hewan kukang ..untuk perawatan mandi nya bagaimana dok ? haruskah saya mandikan di siang hari tanpa saya kasih shampo dan di jemur di terik nya matahari? .. atau saya mandikan di malam hari dengan tanpa shampo bisa kan dok..terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur kukangnya berapa? kalau masih anakan, mending jangan dimandikan dlu.
      kalau udah diatas 4 bulan, bisa dimandikan pakai shampoo bayi yang tidak pedih di mata. habis dimandikan, cukup dikeringkan pakai handuk kering aja, lalu diangin2kan...

      FYI, mas tahu kalau kukang dilindungi? :)

      Delete
    2. Dok..saya mau tanya kukang saya(oby)kok dia kayak batuk/bersin kayak gitu.suka di kasih makan pisang dan jangrik.apa dia stres atau gimana dok.mohon di jwb dok.

      Delete
    3. Dok..saya mau tanya kukang saya(oby)kok dia kayak batuk/bersin kayak gitu.suka di kasih makan pisang dan jangrik.apa dia stres atau gimana dok.mohon di jwb dok.

      Delete
    4. coba cek kebersihan sekitarnya? banyak debu nggak?
      cek juga lubang hidungnya, kayak basah gitu nggak?

      kukangnya suka mangap2? kayak kesulitan bernafas? karena tebakan saya sih dia pilek. emang cuaca lagi kurang bagus buat hewan....

      coba jemur aja selama 5 hingga 10 menit tiap pagi sebelum jam 9 pagi. :)

      Delete
  8. Dok mohon sarannya dong, kukang saya sudah pisah dari induknya usia 2,4 bulan makan mulai pilih pilih dok setiap hari harus ganti buah.Dan setiap makan itu tidak pernah banyak.Terakhir kali hanya makan jangkrik dan apel tapi tidak mau lagi minun susu yg saya sediakan bahkan madu nya sudah tidak mau lagi. Kira kira kenapa ya dok? Tolong beri saran bu dokter.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? :)
      coba liat bentuk fesesnya.

      untuk susu, coba mas kasih air madu atau air sari kurma. jangan dikasih susu. mungkin karena itu penyebabnya. dia merasa gak enak perut, makanya dia pilih2 makanan...

      mereka suka buah2an yang terasa manis kayak lengkeng, mangga yang manis, dan sebagainya. bisa juga kasih pisang, terutama pisang yang aromanya harum kayak pisang sunpride. tapi kalau gak ada sunpride, kasih pisang lampung juga gak apa2... :)

      Delete
  9. SELAMAT MALAM DOKTER, DOKTER KUKANG SAYA BARU 1MINGGU MELAHIRKAN DAN INDUK JANTANNYA SUDAH RESPON KAWIN LAGI. JADI SIKAP KE ANAKNYA ITU AGAK GALAK. APA HARUSNYA DIPISAH KANDANG SAJA? MOHON SARAN DOKTER. TERIMAKASIH

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. mending pisahkan aja untuk sementara waktu, mas...

      Delete
  10. Dok sya baru punya kukang , nah kukang nya aya taruh di kandang yg ckup besar , nah pas sya mau ngeluarin nya ko agresif y ? Apa ada trik ngambil kukang dari kandang dok? Padahal udh jinak kukang nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kalau kukang kayak gitu, mas.
      nggak ada trik khusus sih, palingan diemin aja dlu sampe dia terbiasa dengan lingkungan barunya. istilahnya, karantina dlu. :)
      masnya merokok? kalau nggak merokok, taruh aja kaus bekas pakai mas di atas kandangnya. biar dia tahu bau tubuh mas. nanti bisa lebih tenang dia kalau sama masnya....

      usahakan jangan panik dan jangan takut kalau megang kukang. biasa aja. karena kukang lebih tajam, mereka bisa tahu kalau manusia di dekatnya takut atau ragu2... :)

      Delete
  11. Dok, dlu kukang saya gemuk sekali sekarang kok kurus banget soalnya susah makan, di kasih pisang sama rambutan setiap harinya sama minum susu. Gimana dok biar gemuk kayak dulu lagi? Thanks dok ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. stop susu, ganti madu asli atau sari kurma aja. kok bisa kurus? ada perubahan pola makan?

      Delete
  12. Dok.. jadi cara ngambil kukang dr kandang tu gimana dok .ap dari punggung, kaki, atau apa.. soalnya kalo ambil gitu aja dia hissing sama gigit dok :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, mas jangan takut waktu mau ambil. kalau mas takut, dia malah nyerang dan makin sering hissing. biasa aja.

      bebat tangan mas pakai kain. bisa juga pakai sarung tangan.

      sebenernya agak susah juga kalau lewat tulisan, hihihi. saya bingung jelasinnya. tapi secara prinsip agak mirip kayak angkat kucing: tangan kanan mas di bagian dada, sementara tangan kiri mas buat megang tubuh bagian bawahnya...

      bisa juga pake satu tangan. tangan kanan aja. caranya dengan cara 'disekop' dari bagian tubuh bawahnya. dari pantatnya.

      yang terpenting adalah buat dia nyaman. kalau emang dia banyakan nyerangnya, mending diamkan dulu di kandang. sering2 dielus aja tiap hari, biar dia jinak dulu. kasih makan disuapi pakai tangan. dan kalau mas gak merokok, mas bisa taruh kaus bekas pakai mas di atas kandang biar dia kenal bau tubuh mas...

      Delete
  13. Dok.. jadi cara ngambil kukang dr kandang tu gimana dok .ap dari punggung, kaki, atau apa.. soalnya kalo ambil gitu aja dia hissing sama gigit dok :(

    ReplyDelete
  14. Dok, bagi para pemelihara kukang apa tidak sebaiknya disarankan untuk mengembalikan ke instansi yang bertanggung jawab yaitu BKSDA. Kan dokter sendiri tahu kalau kukang itu dilindungi. Apa ini tidak menyalahi kode etik dokter untuk memberikan edukasi yang lebih baik terhadap peran satwa di alam. Klo memang BKSDA menurut dokter kurang bisa dipercaya, tapi kan ada beberapa lembaga non pemerintah yang serius untuk merehabilitasi kukang eks peliharaan agar bisa dikembalikan ke alam. Mohon kerjasamanya, jika tidak keberatan bisa email emailan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  15. Hi dok..saya setuju dengan komen mas agung diatas, bukannya sok tahu tapi kenapa dokter tidak menyarankan agar kukang di kembalikan ke BKSDA? Atau LSM yg concern terhadap perlindingungan kukang IAR di Bogor misalnya. Bagaimanapun kukang itu bukanlah pet. Melepasnya kembali ke alam tentu tindakan lebih bijak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas. saya sibuk sekali akhir2 ini, makanya baru bisa balas hari ini... :)

      terima kasih atas komentarnya. seperti yang saya tulis di paragraf pertama di artikel di atas, bahwa memelihara kukang adalah tindakan melanggar hukum. dari kalimat itu seharusnya mereka yang berniat memelihara kukang sebaiknya berhenti 'berniat' memelihara kukang....

      nah lalu gimana kalau ada kasus orang yang sudah terlanjur memelihara kukang? di paragraf selanjutnya di artikel di atas saya juga sudah menuliskan kemungkinan itu, yaitu melapor ke bksda.

      saya sengaja menuliskan arttikel di atas dengan judul cara memelihara kukang dengan tujuan adanya reverse psycology di alam bawah sadar pembaca. lapis demi lapis paragraf di dalam artikel di atas sebenernya saya sudah 'menanamkan' yang berkaitan dengan 'jangan memelihara kukang'. :)

      namun demikian, saya setuju dengan menyerahkan kukang yang terlanjur dipelihara ke IARS di bogor, jawa barat. mungkin nanti saya update artikelnya...

      sekali lagi, terima kasih banyak ya mas yuqi... :)

      Delete
  16. Dok beberapa wkt lalu,sy nemu kukang digudang saya, skr tiba2 ada anaknya, nah biar sy tau dia nyusuin atau gak dr mana? Karena anaknya suka diem di pojok kandang, kandang yg ada sekarang t 165 cm lebar 60 cm cukup atau tidak kadang ini? Dan indukny di bagian pantat, agak botak dengan bulu yg mengkeriting ini kenapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru bisa balas.
      sekarang gimana keadaannya?
      si anak nggak suka gelantungan di induknya? atau si induk gak samasekali gendong anaknya?

      mas pernah liat mereka bareng2?

      hmm, sementara ini biarin aja. karena saya khawatir kalau mas pegang si anak, malah nanti direject (nggak mau disusuin lagi) sama induknya. sama aja kayak kucing sih, induk kucing kan suka gak mau ngasuh anak yang udah bau tangan manusia. kukang juga gitu.

      untuk masalah ekornya, yang penting jaga kebersihan kandang. cuaca lagi gak bagus buat hewan, jadi jangan sampe hewannya kedinginan atau kepanasan... :)

      Delete
  17. Dok.maaf nanya lagi.kan kukang saya belom jinak baru mau di elus.pas saya sedang pegang tangannya dia mlh strike maugigit gitu dok.cara keluarin nya gimana dok.soalnya saya mau cek feses ama lobang hidung nya basa atau tidk.trims dok atas perhatianya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena saya baru balas...

      coba mas bungkus dulu tangan mas pakai kain tebal sebelum gendong dia. gendongnya pake pergelangan tangan aja, jangan di bahu.

      kabari lagi ya mas...

      Delete
  18. Ass dok.saya mau kabari lg tentang kukang saya. dia dok kayaknya udah berkurang batuknya tapi dia blom mau di keluarin.saya udh lakuin saran dri dokter tapi dia masih gk mau gimana ya dok.trims dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masnya ngerokok gak?
      kalau masnya gak merokok, coba mas taro kaus bekas pakai mas yang masih bau keringet diatas kandangnya. dilebarin. maksudnya, dijembreng. ditaruh melebar gitu....

      biar dia bisa kenal bau tubuh mas... :)

      sambil terus interaksi, dielus dikit2, dan kalau makan disuapi/disodori ke mulutnya...

      Delete
  19. Ass dok.saya mau kabari lg tentang kukang saya. dia dok kayaknya udah berkurang batuknya tapi dia blom mau di keluarin.saya udh lakuin saran dri dokter tapi dia masih gk mau gimana ya dok.trims dok.

    ReplyDelete
  20. Walaupun udh 2 tahun ini blog semoga masih update
    Saya mau nanya dok , kukang sayang ko cma minum susu doang yaa susah sekali buat di kasih makan bahkan saya baru berhasil ngasih dia makan sekali tpi bukan pke buah2an tpi pake nasi , soalnya saya kasih buah buahan cma di liat doang , susu pun pke susu bendera , apa itu gpp dok ??
    Kukangnya masih kecil perkiraan saya umur 1 bulanan

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.