Cara Memelihara Snowy Owl | Drh. Fira Sovica

Snowy owl atau burung hantu salju adalah jenis burung hantu yang ada di film Harry Potter. Memelihara snowy owl bisa dikatakan agak susah bagi pemula, pun demikian bagi orang yang sudah terbiasa memelihara burung hantu dengan klasifikasi expert ini. Ya, burung hantu snowy owl tidak cocok dipelihara oleh orang yang baru memelihara burung hantu, dan tidak cocok pula dipelihara di Indonesia.
Cara Memelihara Snowy Owl


Sebabnya jelas, jenis burung hantu ini hidup di daerah dingin, yaitu sekitar lingkar kutub dan daerah sekitarnya (amerika utara dan eurasia). Saya sendiri sudah pernah beberapa kali menangani jenis burung hantu berbulu putih ini, tentu saat saya sedang bepergian untuk tugas keluar negeri. Artikel kali ini akan membahas mengenai cara merawat burung hantu salju, dan artikel ini berkaitan dengan artikel saya, jenis burung hantu dan kesulitan memeliharanya.
  • Bedanya burung hantu snowy owl yang jantan dengan yang betina terletak pada warna di bulunya.
    Seluruh badan burung hantu snowy owl jantan berwarna putih, sementara tubuh burung hantu snowy owl betina memiliki corak gurat cokelat tua di tubuhnya.
  • Seperti halnya jenis burung hantu dengan tingkat kesulitan tinggi lainnya, snowy owl berkarakter keras. Agak susah untuk menjinakkan dan melatih burung hantu snowy owl karena sifatnya yang keras kepala. Saya bilang agak susah, namun bukan berarti tidak bisa jinak :).
  • Snowy owl adalah jenis burung hantu penyendiri. Mereka jarang terlihat bersama burung hantu snowy owl lainnya kecuali saat musim kawin.
  • Makanan snowy owl adalah hewan pengerat, mamalia kecil, anak burung, dan reptil berukuran kecil. Anda bisa memberikan pingkies atau cacahan daging emprit atau puyuh segar sebagai makanan snowy owl peliharaan anda.
  • Snowy owl sangat tidak cocok dipelihara di negara tropis seperti Indonesia. Salahsatu penyebabnya adalah iklim. Snowy owl yang dipelihara sejak bayi di negara tropis mungkin bisa menyesuaikan diri, namun tetap saja resikonya terlalu besar, dan bisa jadi snowy owl tersebut tidak bisa bertahan hingga dewasa.
Itulah cara memelihara burung hantu harry potter alias burung hantu snowy owl. Semoga artikel singkat ini bisa membantu anda dalam menangani burung hantu snowy owl jika kelak ada yang memelihara burung hantu snowy di indonesia. Ada pertanyaan? Silakan ajukan di bawah ini. Terima kasih. (FS)

10 Responses to "Cara Memelihara Snowy Owl"

  1. Ka, burunghantuku celepuk, dia sakit mencret gitu fesesnya putih trs mata tertutup terus dan di mulutnya ga ada putih2 gitu sih ka. Tp napsu makan msh baik dan saya kasihnya ulet hongkong sama jangkrik saja sih, apa perlu daging ayam gitu? dan apakah ayam di supermarket itu baik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih kena frounce. cek artikel saya, cara mengobati frounce pada hewan.

      untuk celepuk, cukup kasih makan pake jankrik aja.

      kalau udah dikasih super-n, tinggal wait and see aja. :D

      mudah2an membaik.

      kabari lagi

      Delete
  2. Saya sudah kasih super n sih ka, apakah akan membaik?

    ReplyDelete
  3. owl sama alap alap beda jenis ya dok

    ReplyDelete
  4. Dok maaf menggangu, saya kemaren baru adop buffy umur 7bln, setelah saya taruh di rumah buffy nya gak mau makan dr kemaren sampe hari ini dy cuman makan 3 ekor puyuh ajh, bagaimana cara mengembalikan nafsu makan sama menghilangkan stress nya dok mohon bantuannya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih super-n. beli di toko makanan burung. kasih setetes pagi, setetes sore.

      biar dia gak stress, karantina. cek artikel saya, cara karantina burung hantu.

      Delete
  5. Permisi dok, saya punya owl buffy. Dan sekarang dia sedang sakit, sayap bagian kanan turun dok. Saya priksain keklinik hanya dikasih vitamin saja, disayap yang turun tidak ada tanda memar ataupun patah. Namun bulunya banyak yang patah dok

    Napsu makannya tidak mau menelan makanan besar, dan sangat sensitif jika didekati

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk fesesnya gimana mas? apakah elemen fesesnya masih 3 elemen, sesuai dengan artikel parameter kesehatan burung hantu? umur buffynya berapa? dan biasa mas kasih makan apa? biasa dikasih suplemen apa? saya takutnya sih dia kurang kalsium. coba mas kasih aja pingkies (bayi tikus yang masih merah), taro deket dia, terus tinggal... jangan diliatin... nantinya dia dapet asupan kalsium dari pingkies...

      Delete
  6. Numpang ya bossku ^^

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus Welcome Untuk New Member:
    - Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
    - Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
    - Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
    - Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
    - Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
    - Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    AGEN POKER DAN DOMINO TERPERCAYA
    CARA MENANG DI KENARIPOKER
    AGEN JUDI ONLINE BERKUALITAS
    AGEN POKER SANGAT AMAN TERPERCAYA
    AGEN SICBO BERKUALITAS TERJAMIN AMAN
    BANDAR CEME TERPERCAYA TERBAIK
    KENARI POKER
    AGEN DOMINO TERAMAN DAN TERPERCAYA
    BANDAR CAPSA YANG PALING AMAN

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.