Cara Memelihara Burung Wikwik | Drh. Fira Sovica

Kicauan burung wikwik atau burung kidasih dianggap sebagai tanda ada orang yang meninggal. Bahkan, di beberapa daerah, burung ini sering diburu lantaran ada yang menganggap burung ini bawa sial. Padahal, tidak demikian adanya. Burung wikwik, sering disebut juga burung wiwik dan burung kidasih atau burung daradasih adalah jenis burung kicau dari cuculidae. Memelihara burung daradasih atau burung wikwik relatif mudah. Artikel ini saya kaitkan dengan artikel cara agar burung kicau tetap sehat.



Cara Memelihara Burung Wikwik
Nah, bagaimana cara memelihara burung wikwik?
  • Kebutuhan kandang untuk burung wikwik relatif sederhana, yaitu kandang standar untuk burung kicau yang bisa anda beli di toko makanan burung.
  • Di habitat aslinya, makanan burung daradasih adalah serangga dan buah-buahan kecil. Anda bisa memberikan jangkrik dan ulat hongkong sebagai makanan burung wiwik peliharaan anda.
  • Tempatkan kandang di tempat yang tenang dan suhunya normal, tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin. Burung ini kerap stress jika ada suara-suara mengagetkan. Dan sebaiknya kerodong atau pindahkan kandang ke dalam ruangan pada malam hari.
  • Kandang wajib dibersihkan minimal seminggu 3 kali atau setiap 2 hari sekali.
  • Mandikan burung daradasih minimal seminggu 3 kali, kemudian jemur dibawah sinar matahari pagi sebelum jam 9 pagi selama 15 hingga 20 menit.
Demikian adalah cara memelihara burung wiwik atau burung daradasih yang saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan ajukan di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

0 Response to "Cara Memelihara Burung Wikwik"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.