Hak-hak Hewan Peliharaan | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa hak hewan peliharaan yang mau tidak mau dipatuhi oleh orang yang memelihara binatang peliharaan jenis apapun. Hak binatang peliharaan tersebut kerap disebut sebagai Five Freedom (5 kebebasan), dan ditetapkan oleh Perkumpulan Global untuk Perlindungan Hewan (WSPA, world society for protection animals). Artikel ini terkait dengan artikel cara merawat kucing persia.



Hak-hak Binatang Peliharaan
Berikut adalah 5 hak hewan berdasarkan world society for protection animals.
  1. Bebas dari kelaparan dan kehausan (freedom from hunger and thirst).
  2. Hak pertama yang harus anda penuhi sebagai orang yang memelihara hewan, hewan apapun itu, adalah memastikan bahwa hewan peliharaan anda bebas dari rasa lapar dan haus.
  3. Bebas dari rasa tidak nyaman (freedom from discomfort).
  4. Hal kedua yang harus anda patuhi sebagai pemelihara binatang peliharaan adalah memastikan bahwa hewan peliharaan anda bebas dari rasa tidak nyaman. Pastikan bahwa hewan selalu dalam keadaan bersih, memiliki kandang yang cukup, bebas dari kepanasan atau kedinginan, serta terjamin rasa nyaman lainnya.
  5. Bebas dari rasa sakit, luka, dan penyakit (freedom from pain, injury, and disease).
  6. Kebebasan yang ketiga yang harus anda penuhi adalah kebebasan atas rasa sakit, luka, dan penyakit. Memberikan vaksin secara rutin adalah salahsatu pemenuhan atas hak hewan ini. Pastikan juga anda memiliki dokter hewan 'langganan' untuk mengantisipasi kondisi darurat pada hewan yang luka atau kecelakaan.
  7. Bebas dari rasa takut dan stress (freedom from fear and distress).
  8. Pastikan bahwa kondisi kandang nyaman untuk hewan, serta hindari penyebab stress adalah salahsatu bentuk dari pemenuhan hak hewan untuk terhindari dari stress.
  9. Bebas dari mengekspresikan perilaku normal hewan (freedom to express normal behavior).
  10. Anda tidak boleh memaksakan hewan untuk bertingkah laku seperti yang anda inginkan. Biarkan hewan berperilaku layaknya hewan sejenisnya. Hal tersebut adalah pemenuhan hak hewan untuk bertingkah laku seperti adanya.
Itulah 5 hak binatang peliharaan yang harus dipenuhi oleh para pemilik hewan peliharaan. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi anda. Anda pertanyan? Silakan ajukan di kolom komentar. Terima kasih (FS)

0 Response to "Hak-hak Hewan Peliharaan "

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.