Tuesday, July 4, 2017

Cara Memelihara dan Berburu Orangutan | Drh. Fira Sovica

Memberi tahu bagaimana orangutan dibunuh dan diburu adalah cara terbaik untuk menyadarkan masyarakat, bahwa dibalik kelucuan hewan ini, ada kekejaman tentang bagaimana orangutan dirampas dari habitatnya dan dijadikan hewan peliharaan. Ya, bagi anda yang ingin

memelihara orangutan sebagai binatang peliharaan

, anda sebaiknya memahami bagaimana orangutan diburu oleh 'penjahat-penjahan alam' yang begitu kejam merampas hewan ini dari alam dan habitatnya. Artikel ini terkait dengan artikel cara memelihara binturong.
Nah, bagaimana cara memburu orangutan di habitatnya? Berikut adalah caranya.
  • Harga anakan atau bayi orangutan berharga lebih mahal dibandingkan orangutan yang sudah dewasa, karena orangutan anakan dianggap relatif lebih mudah dijinakkan. Untuk mendapatkan bayi dan anakan orangutan, tentu saja para pemburu biadab itu menjadikan induk orangutan yang sedang menyusui sebagai terget.
  • Induk orangutan yang sedang menyusui anaknya tersebut diserang hingga terjatuh dari atas pohon, kemudian dikejar dan ditembaki. Tujuannya jelas: untuk membunuh si induk dan mendapatkan anaknya. Saat induknya berhasil dilumpuhkan, pemburu kejam itu membunuh induk orangutan dengan cara mendaratkan pukulan mematikan di atas kepala si induk, atau menghujaninya dengan tembakan. Tak jarang, anakan dan bayi orangutan itu tetap menyusui, bahkan saat induknya sudah jadi mayat, sebelum akhirnya pemburu kejam itu menariknya dari jasad induknya.
  • Para pemburu biadab itu kemudian menjual anakan orangutan ke tengkulak, yang tentu akan menjualnya lagi ke pasar gelap hewan dilindungi. Anakan dan bayi orangutan yang malang kemudian dikirim secara ilegal menggunakan kapal laut, dan dikirim ke pasar hewan internasional untuk diperjual belikan.
  • Tidak semua anakan dan bayi orangutan bisa bertahan di dalam perjalanan pengiriman itu, dan kurang dari sepertiga orangutan yang berhasil hidup: Dari 10 anakan dan bayi orangutan yang dikirim ke pasar internasional, biasanya hanya tersisa 3 atau 2 ekor saja yang selamat hingga tujuan akhir......
  • Bertahan hidup hingga berhasil di jual di pasar hewan internasional tentu juga bukan jaminan anakan dan bayi orangutan akan hidup hingga dewasa. Sangat jarang ada orangutan yang hidup hingga dewasa di tangan manusia. Rata-rata, orang yang memelihara anakan dan bayi orangutan akan "kehilangan minat" dalam memelihara hewan ini saat orangutan yang dipelihara menginjak remaja atau dewasa. Hal ini dikarenakan pada usia remaja atau dewasa, sifat asli dari orangutan akan muncul seiring dengan insting buasnya. Biasanya, pemilik orangutan akan melepaskan begitu saja orangutan peliharaannya di daerah yang bahkan bukan di habitatnya. Akibatnya, tentu saja pada akhirnya orangutan tersebut akan mati.
Begitulah

cara pemburu memburu orangutan

. Semoga artikel di atas bisa membuka mata pembaca sekalian tentang bagaimana orangutan diburu. Semoga pula artikel ini bisa mengurangi perburuan orangutan. Terima kasih (FS)

25 comments

Assalamualaikum Dok, saya ingin bertanya terkait kitten saya namanya Kitty. Saya melakukan rescue sekitar sudah 2 bulan, ketika pertama kali di temukan kedua mata Kitty tertutup dan kotor. Setiap hari saya bersihkan matanya dan kini matanya sudah dapat terbuka tp hanya satu dan satunya masih tertutup. Sampai saat ini matanya juga terus berair.

Saya sudah pernah membawanya ke vet, waktu itu Kitty diberikan tetes mata dan dicoba untuk di buka matanya tp belum bisa. Katanya matanya yang satu masih lengket dan blm bisa di buka. Dan juga tidak diberikan obat apapun untuk matanya. Dokter memberikan arahan untuk kembali lagi tp saya belum cek lagi karena keterbatasan biaya. .

Mohon penjelasannya ya Dok, penyakit apa yang Kitty jalani dan solusinya. Terimakasih sebelumnya Dok :)

This comment has been removed by the author.

Dokter,saya punya buffy fish,saya kasih lele pillet,kalau boleh tau ngasih makannya sehari berapa ekor lele ya?dia udah brancher akhir kayaknya....

cek artikel saya: porsi makan burung hantu

dok, mau tanya. kalau saya memelihara kakatua f2 yang di dapat dari penangkaran kira kira perlu izin bksda lagi ndak dok? tujuan saya memelihara,

Dokter,buffy fish saya kok setiap saya datengin mulutnya terbuka,terus keluar air dari mulutnya,kayak liur gitu mungkin....,mohon solusinya...

pangkarannya resmi? mas dapet surat keterangan dari penangkarannya?
kalau emang punya surat dari penangkarannya, saya kira aman...

nafsu makannya gimana?
kayaknya sih pilek, mas....

penanganan pertama, mas bisa kasih super-n. setetes pagi, dan setetes sore. langsung tetesin ke mulutnya.
dan coba mas baca artikel cara mengobati pilek pada burung...

This comment has been removed by the author.

penangkar resmi sih dok. terimakasih atas infonya dok

dok musang saya di kaki belakang nya kek ada koreng hitam gitu suka dia garuk"in atau di gesek"in ke lantai , nah ada baca di comment dok katanya di pakein betadin itu berapa kali sehari nya dok ? dan juga itu gara gara apa ya ?

iya, bisa pake betadine, mas.
bisa saya liat gambarnya? kirim aja kemari.

rutin mas mandikan nggak?

Assalamualaikum dok..kucing saya yg kuning digambar sepertinya habis tertabrak mtr atau saya ga tau mngkn ditendang orang,saya sdh bw ke dokter hewan dkt rmh tp hslnya msh seperti itu (jln diseret) kasian dia dok jd tdk aktif lg..apa ada solusi yg saya bs lakukan buat bnt penyembuhannya dirmh?trm ksh atas jwbannya dok

dokternya gak periksa kakinya?
kalau mbak tekan kakinya, dia kayak kesakitan?

mbak tinggal di kota mana?
bawa aja ke rumah sakit hewan terdekat, mbak. saya takutnya ada masalah di tulangnya, apalagi kalo pas ditekan kakinya, dia kayak kesakitan....

This comment has been removed by the author.

ini dok gambar nya https://ibb.co/mriGzv , klo soal mandi 3X selama 1 minggu kadang 4x klo udah bener bener kotor.

selamat siang dok,
saya punya hamster jenis roborovski.
2 hari yg lalu kuku di kaki belakang sebelah kiri trnyta ada yg patah.
Utk sementara saya cm bisa lap lukanya dgn air hangat dan sisanya si hammy jilat2 lukanya sendiri.
Harus gimana ya dok, biar lukanya cepet kering?
Krn saya pantau kmrn sudah sempat kering lukanya, tp trnyata td mlm berdarah lg.
Aktivitas jalan,lari dan nafsu makan dia masih normal.
Dan kuku yg patah masih bisa tumbuh kembali kah dok?

Terima Kasih.

Dok, burung hantu saya umur dua bulan, wajar tidak kalau dia tidak seaktif waktu umur satu bulan? Biasanya tiap malam dia screeching, tapi semenjak menginjak dua bulan, sudah tidak ribut, tapi malah jadi sering chirping kalau disentuh (saya pikir dia loves cuddling) dan sering tidur dok, siang malam (mungkin karena masih dua bulan?)
Kemudian, beberapa hari ini dia losing interest at eating. Biasanya dipanggil dari jauh langsung datang, sekarang harus kurang dari setengah meter, itu saja harus dipancing terlebih dahulu. Apa ada masalah?
Poopnya baik according to your blog.
Dia juga sering menggerakkan tenggorokannya dok, setahu saya kalau seperti itu dia lagi cooling down karena suhu panas atau capek. Tapi dia tidak bergerak saja begitu. Minumnya sesuai anjuran blog dokter juga heheh. Apa stress karena nyamuk? Atau.. Karena makin dewasa jadi makin kalem?
Maaf panjang sekali dokk :)
Ditunggu jawabannya, takutnya harus di bawa ke vet segera atau ada condition tertentu.. Atau terlalu banyak diberi makan, karena saya kurang tau harus beri berapa banyak untuk two months old barn owl

kalo gak berdarah, gak apa2. mas.
kalo berdarah, kasih betadine.

jaga kebersihan musang dan kandangnya. jemur minimal seminggu sekali.

maaf ya mas karena baru balas...

sebelumnya maaf karena baru balas...
ada lukanya? kalo ada, jaga kebersihan lukanya dan kasih dosis amoxicillin aja. dosisnya ada di artikel DOSIS AMOXICILLIN UNTUK HEWAN....

untuk kuku hamster bisa tumbuh lagi kok....

sebelumnya maaf karena baru balas.
biasa diberi makan apa?
coba beri pakan hidup seperti bayi tikus yang masih merah. selengkapnya, baca artikel saya: cara agar burung hantu mau makan.

emang banyak nyamuk? sebaiknya dihindari. kemungkinan emang dia gak nyaman karena banyak nyamuk.

interaksinya selama ini gimana?

saran saya, kasih obat yang saya tulis di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT....

This comment has been removed by the author.

Assalamu alaikum, dok.
Elang saya jenis CHE LM, umur 3 bulan, baru belajar terbang.
2 hari terakhir respon tiba2 hilang, lesu, malas bergerak.
Kedua sayap bagian dalamnya lembab, basah terus, sampai2 ada bercak2 darah/luka, apakah itu pengarujnya dok?
Harus gimna ya dok??

Terima kasih!

wa alaikum salam...
dia suka garuk2 ketiaknya?
mas rajin jemur burungnya gak? coba aja jemus, mas....
10 hingga 15 menit... sebelum jam 9 pagi....

saya takutnya ada kutu akibat lembab di bawah sayapnya...


Silakan upload gambar.