Back Again... :) | Drh. Fira Sovica

Setelah beberapa minggu tidak membuka blog karena kesibukan yang sangat padat, akhirnya mulai hari ini saya kembali aktif di blog ini, hehehe.
Back Again... :)
Ada 250 lebih pertanyaan yang masuk, yang sepertinya tidak memungkinkan bagi saya untuk menjawab semuanya. Mungkin hanya pertanyaan 2 atau 3 hari terakhir saja yang bisa saya balas. Selebihnya, pembaca yang sudah memberikan pertanyaan dan belum terjawab, bisa menuliskan pertanyaan lagi di kolom komentar.



Terima kasih banyak atas perhatian yang masuk, pertanyaan yang bertanya kepada saya, kemana drh. Fira?
Saya baik-baik saja. Sempet sakit beberapa hari, kemudian setelah sembuh dari sakit, langsung ditugaskan keluar kota.
Untuk selanjutnya, blog ini akan kembali aktif seperti biasa. Teman-teman bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan dan konsultasi secepat mungkin dari saya. Jangan lupa untuk search terlebih dahulu pertanyaan yang akan disampaikan di kolom komentar.
Terima kasih banyak untuk semuanya. :)
Salam, drh. Fira Sovica

26 Responses to "Back Again... :)"

  1. Dokter saya bulan depan mau beli barn owl. tapi apakah yang harus saya siapkan . saya adalah pemula. yang blm pernah beli burung begituan

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke.artikel yang saya sarankan: Cara Agar Burung Hantu Tetap Sehat, Porsi Makan Burung Hantu, dan artikel Parameter Kesehatan Burung Hantu. Silakan mas baca artikel tersebut...oh ya, pilih burung hantu anakan aja. yang masih bulu kapas.

      Delete
  2. Dok, kalo barn owl bisa dikasih jangkrik terus aja bisa gak? soalnya kalo nyari emprit susah. saya baru mau beli sih, oiya si errol masih ada dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. errol udah nggak ada, mas... :(
      bagusnya sih mending jangan dikasih jangkrik terus, mas... kalo nggak ada emprit, bisa kasih puyuh...

      Delete
    2. iya dok, maaf ya saya baru baca artikelnya sedih deh. yang sabar ya dok.kalo padma masih ada? sekarang sih saya udah pelihara si joy jenis celepuk usia juve tapi dia masih batting terus sama saya. nanti kalo udah bonding baru coba BO. cara kasih makannya gimana ya dok kalo emprit ke BO yang masih defensive sama kita?

      Delete
    3. padma masih ada, meski kadang keluar rumah kalo laper. kadang juga kalo malem hujan, dia minta makannya sama saya. :)

      kalo ngasih makan celepuk, pake jangkrik, sodorin aja ke mulutnya. jangkriknya jangan yang gede2. yang sekira gampang dia makannya...
      kalo kasih makan emprit hidup ke barn owl yang masih defensif, taro aja di deket dia. terus tinggalin.

      Delete
    4. umur berapa kalo padma terus jenis apa?

      iya si joy saya kasih makan pake tangan terus sekarang,tapi dia kayanya ga dibiasain pake anklet dok jadi suka digigitin terus akhirnya saya taro dikandang sambil ditutup pakai kain kandangnya, boleh gak dok kaya gitu, gimana ya cara biar dia terbiasa sama ankletnya?

      nah kalo tentang barn owl berarti empritnya kita ikat dulu apa kasih makannya dalam kardus dok?

      Delete
    5. oiya dok celepuk saya si joy kok jarang bersuara ya dok paling kalo dideketin aja dia bunyi "klik" pake paruhnya sama "wuup" tapi pelan. makan dan feses normal dok setiap hari juga saya kasih super-n 1 tetes. atau memang karakternya kaya gitu dok? katanya yang jual sih jantan

      Delete
    6. padma jenis barn owl, mas... :)
      emang butuh pembiasaan sih kalo pake angklett. sementara, gak usah pake angklett dulu gak apa2. yang penting dia nyaman aja dulu. focus ke penjinakkan dan bonding aja. makan sodorin pake tangan, sering ajak main, dll... :)

      kalo kasih makan pake emprit, masukkin aja ke kardusnya langsung, terus tutup... jangan diliatin, biarin aja... nanti dia makan sendiri...

      soal si joy, wajar kok. itu dia defends, alias masih galak. nggak apa2, wajar kayak gitu. artinya dia belum kenal sama mas.

      sip. udah baca artikel parameter kesehatan burung hantu? :)

      kabari terus. dan maaf baru balas. :)

      Delete
    7. Udah 8 hari dok tapi si joy defend terus sama saya, itu wajar gak dok?kalo dibilang lama sampe berapa hari dok?

      sering ajak mainnya gimana? kalo saya biasa tiap kasih makan saya elus" kepalanya sampai sayapnya ga melebar lagi,kaya gitu terus.

      sudah di cek artikelnya ya paling jarang bersuara aja,dia lebih suka jangkrik daripada tidbit. kalo jangkrik langsung dilahap sama dia tapi kalo tidbit lama nelannya. sama responnya selalu liat kemuka saya.

      oke dok, iya gapapa makasih ya udah mau bantu 😊

      buat artikel tentang burung hantu lagi dong dok biar bisa chatting disana

      Delete
    8. mending kalo cuma 8 hari. saya dulu diserang si errol sampe lebih dari 6 bulan. dan itu dia nyerang, bukan cuma defends aja. sampe robek kelopak mata saya dicakar.... :)

      ajak main dengan cara elus, keluarin dari kandang dan elus2.... :)

      kalo chatting dan nulis emang masih belum sempet karena lagi hektic banget, sibuk.... kalo riset sih tetep, sekarang lagi riset burung hantu... :)

      Delete
  3. wah ngeri banget sampe lompat gitu, kalo si joy si paling kalo lagi di bawah aja mau diambil kadang dia suka lompat terus nyengkram tangan.itu celepuk ga kebayang kalo kena cakar errol yang jenis barn owl hihi, intinya tetep sabar dan telaten aja ya dok?

    harus pake anklet dong dok? soalnya udah bisa terbang owlnya, terus lebih galak kalo diluar kandang dia. mungkin karena lebih dekat sama saya

    oh gitu ya, okedeh tetep ditunggu artikel selanjutnya sehubungan dengan riset burung hantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bener mas. dulu si errol kan burung hantu liar, saya adopt. :)

      kalau owlnya belum jinak dan belum anteng, saya kira nggak usah pake angklett aja mas. biar dia lebih percaya sama kita. :D

      sip. kalo mau kesehatan owlnya saya analisa, mas kirim aja foto fesesnya/tahinya....

      Delete
    2. iya dok terima kasih masukan"nya, nanti kalau sekiranya fesesnya agak aneh saya kirim foto ya, bisa lewat sini atau lewat mana kirimnya?

      Delete
    3. lewat sini aja mas.
      upload di bagian atas tulis komentar, terus linknya taro di form tulis komentar... :)

      Delete
    4. ok, sip. dok apa bulu owl bisa bagus lagi? soalnya selama proses manning bulunya jadi kurang bagus dan belum saya mandikan juga nanti nunggu sampe bonding dulu. kira-kira apa tipsnya?

      Delete
    5. kalau yang saya baca di artikel dokter yang "tips cara merawat bulu burung hantu" disitu kasih vit e dan vit d seminggu sekali. kira kira apa nama obatnya?super-n cocokkah?beraia dosisnya kalau kasih per minggu?

      Delete
    6. iya, mas. super-n udah bisa. :)
      untuk dosisnya, udah di artikel cara agar burung hantu tetap sehat

      Delete
    7. berarti seminggu setetes dok? atau tiap hari kasih?

      Delete
    8. di artikel cara agar burung hantu tetap sehat sudah saya jelaskan... :)

      Delete
  4. kalau untuk porsi makan celepuk sehari 24 jangkrik cukup gak? saya kasih makan pagi,sore, malam 8 ekor

    ReplyDelete
  5. Salam pecinta satwa...
    Dokter saya mau nanya, saya bru aja dapet buffy fish owl, usia juve mid. Kondisi bbrapa bulu sayap dan ekor ada yg patah, apakah bisa kita minta bantuan dokter hewan utk memperbaiki(mencabut) shg nantinya diharapkan dpt tumbuh bulu baru...
    Kasihan kemampuan terbangnya ga maksimal dok....
    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sih dibantu dicabut dengan bantuan dokter hewan, tapi kayaknya sama aja mas. si owl akan teteap kesakitan. mending diamkan aja, nanti terganti sendiri...

      Delete
  6. Assalamualaikum bu Dokter Fira,
    Salam kenal saya widi (pria) dari tangerang.selama ini saya jadi silent follower tp tetep fokus sama artikel2 dokter tentang owl khususnya.saya punya parter jenis nya BO namanya tito, ia sudah juve tengah saya pelihara dari BC awal sejauh ini Alhamdullila dia sehat2 saja.ada yang ingin saya tanyakan ke bu dokter, di komunitas kami ada istilah rilis ke alam, hal ini diperuntukan untuk owl yang sudah mencapai usia mature dan siap kawin..apakah hal tersebut perlu dok..dan seberapa besar persentase untuk parter kita ketika dia sudah menemukan pasangan nya untuk memulai keluarga barunya..terima kasih dok semoga Allah selalu memberi kesehtan untuk dokter agar bisa menularkan ilmu2 untuk kita semua Aamiin.wasallamualaikum.

    ReplyDelete
  7. Dok saya mau tanya,kenapa kucing saya saat dia lagi tidur pup.pup nya itu cair,dan dia nya tidur lelap.makan lancar,aktivitas sehari2 juga normal itu knpa ya dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.