Jenis Burung Merak | Drh. Fira Sovica

Burung merak adalah jenis burung yang memiliki bulu yang sangat indah.

Jenis burung merak

juga merupakan jenis burung dilindungi di Indonesia. Faktor utama berkurangnya populasi burung merak adalah akibat perburuan ilegal, biasanya untuk keperluan konsumsi, dipelihara, maupun dijualbelikan.
Saya ingatkan sekali lagi bahwa merak adalah jenis burung yang dilindungi. Jadi, saya sarankan agar anda tidak memelihara burung merak sebagai hewan peliharaan kecuali jika anda memenuhi prosedur memelihara burung merak secara legal melalui izin BKSDA setempat.



Ada beberapa jenis burung merak yang dikenal di dunia. Sejauh ini, ada 7 jenis burung merak yang wilayah penyebarannya mayoritas berada di Asia dan Afrika. Berikut adalah beberapa jenis burung merak:
  • Malaysian Peacock Pheasant Poliplectron Malacence.
  • Jenis Burung Merak
    Jenis burung merak pertama adalah jenis Malaysian Peacock Pheasant Poliplectron Malacence, atau biasa disebut Merak Malaysia. Ciri burung merak malaysia adalah memiliki jambul yang panjang, warna bulu gelap metalik, biru, hijau, serta kulit pipi oranye, serta leher yang berwarna gelap. Merak malaysia adalah jenis burung merak dimorfis, artinya antara burung merak jantan dan betina bisa diketahui dengan tanda dan ciri tertentu. Perbedaan warna bulu pada burung merak malaysia adalah cara termudah untuk membedakan jenis kelamin merak malaysia. Burung merak malaysia jantan biasanya memiliki jambul yang lebih pendek dan lebih halus, serta warna bulunya yang cenderung lebih gelap. Jenis burung merak malaysia banyak terdapat di pulau kalimantan dan sumatera pada ketinggian lebih dari 1200 meter di atas permukaan laut. Habitat burung merak malaysia adalah hutan lebat.
  • Montain Peacock Pheasant Inopinatum.
  • Jenis merak kedua adalah Montain Peacock Pheasant Inopinatum, atau biasa dikenal dengan nama merak gunung. Secara penampilan, jenis merak gunung hampir sama dengan burung merak malaysia. Perbedaannya hanya terletak pada jambul: burung merak gunung tidak memiliki jambul, atau memiliki jambung yang sangat pendek sehingga agak sulit dilihat. Jenis burung merak gunung memiliki habitat asli di Malaysia, dan hidup di hutan lebat dengan ketinggian 3500 meter diatas permukaan laut.
  • German Peacock Pheasant Poliptron Germani.
  • Burung merak jerman, demikian adalah sebutan umum bagi burung merak German Peacock Pheasant Poliptron Germani ini. Merak jerman memiliki warna bulu yang dominan abu-abu, kulit pipi berwarna merah, jambul kecil, dan bagian berwarna putih di atas lehernya. Burung merak jerman memiliki wilayah penyebaran di Cochinchina, Gunung Anuan, serta hidup di ketinggian 4000 meter diatas permukaan laut.
  • Grey Peacock Pleasant Poliptron Bicalcaratum.
  • Jenis burung merak selanjutnya adalah Grey Peacock Pleasant Poliptron Bicalcaratum, atau sesuai namanya, burung ini disebut merak abu-abu. Memiliki warna bulu dominan abu-abu, leher berwana abu-abu agak putih, serta tidak ada bulu di wajah merak abu-abu. Burung merak abu-abu betina biasanya memiliki ukuran badan lebih kecil dari burung merak abu-abu jantan, serta warna bulunya lebih gelap. Dari semua jenis burung merak, merak abu-abu adalah jenis burung merak dengan penyebaran paling luas di dunia. Burung merak abu-abu memiliki habitat asli di Hainan Cina, Burma, Thailand, Laos, dan daerah sekitar Himalaya. Burung merak abu-abu hidup di ketinggian 600 kaki diatas permukaan laut, di daerah hutan lebat.
  • Merak Congo.
  • Jenis burung merak Congo adalah jenis burung merak yang sangat unik karena jenis merak ini adalah jenis burung merak satu-satunya yang ditemukan di luar benua Asia, yaitu di Congo, Afrika. Tak banyak info mengenai burung merak Congo selain penyebarannya yang berada di wilayah Congo, di daerah lembah sungai.
  • Pavo Muticus.
  • Jenis merak selanjutnya adalah jenis Java Green, atau kerap pula dinamakan Pavo Muticus. Jenis burung merak yang satu ini adalah jenis merak yang memiliki tubuh paling besar dibandingkan jenis merak lainnya. Dan seperti namanya, jenis merak Pavo Muticus memiliki bulu yang dominan berwarna hijau, ekor yang panjang dan mempesona, serta jambul di kepala yang berdiri tegak. Panjang ekor merak hijau betina biasanya tidak sepanjang bulu ekor merak hijau jantan. Jenis merak hijau banyak tersebar di India, Myanmar, Thailand, Pulau Jawa, serta Cina, dan biasanya ditemukan di area hutan jati dengan ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut. Populasi merak hijau turun drastis dari tahun ke tahun disebabkan perburuan ilegal.
  • Pavo Kristatis.
  • Pavo kristatis, atau sering pula disebut Indian Blue, adalah jenis burung merak dengan bulu yang mayoritas abu-abu kebiruan, jambul yang tegak lurus berbentuk kipas, bulu leher berwarna biru, serta sayap yang berwarna abu-abu kebiruan dan hitam. Ekor merak jenis Indian Blue berwarna hijau dan memiliki ekor yang panjang.
Demikian adalah beberapa

jenis burung merak

yang populer di dunia. Semoga artikel ini bisa menjadi acuan bagi anda para pecinta burung merak. Ada pertanyaan? Silakan ajukan di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih (FS)

0 Response to "Jenis Burung Merak"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.