Menggebrak Kandang Musang Bisa Bikin Musang Jinak? | Drh. Fira Sovica

"Dok, katanya biar musangnya gak strike, kita bisa menggebrak kandang musang biar dia jinak. Itu benar nggak dok?" demikian pertanyaan yang kerap ditanyakan oleh pengunjung blog ini kepada saya. Memang, ada banyak sekali teori yang salah dalam menjinakkan musang, diantaranya teori mengetok atau mengetuk (menggebrak-gebrak) kandang musang bisa bikin musangnya jadi jinak. Artikel ini berkaitan dengan artikel hal yang salah dalam menjinakkan musang.


Menggebrak Kandang Musang Bisa Bikin Musang Jinak?
Image taken from babblespeak.wordpress.com
  • Kembali ke pembahasan kita: apakah sering menggebrak kandang musang bisa membuat musangnya jadi jinak atau tidak strike?
  • Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah tidak. Musang yang strike dan galak akan tetap galak meski anda sering menggebrak kandangnya. Malah, perilaku sering menggebrak kandang musang malah akan membuat musang stress.
  • Lalu bagaimana cara ampuh dalam menjinakkan musang dan cara agar musang tidak strike (nyerang)?
  • Saya sudah membuat artikel tentang cara menjinakkan musang dan cara agar musang tidak hissing atau strike. Silakan baca artikel tersebut. Semoga artikel singkat tentang penjelasan apakah gebrak kandang musang bisa bikin musangnya jinak ini bisa membantu anda dalam memahami penjinakkan musang. (FS)

37 Responses to "Menggebrak Kandang Musang Bisa Bikin Musang Jinak?"

  1. Saya mau pelihara musang pandang sekitar umur 3bulan dok. Musang nya belum jinak msih suka strike kalo di kasih makan HF. Trus intensitas bertemu musang nya juga cuma pagi sama sore aja. Soal nya kalo siang saya ngantor. Kira2 berapa bulan itu musang bisa jinak total ya ? Kalo digendong nurut gak gigit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung karakter musangnya sebenernya mas. karena ada musang yang gampang menerima orang baru (gampang kenal sama orang) ada juga yang nggak. tapi segalak2nya musang, pasti bisa jinak.... tinggal kitanya aja sabar atau nggak....

      yang penting sebenernya komitmen. karena pelihara musang juga perlu kedisiplinan. yah ajak dia main, ya kasih makannya, ya bersihin kandang. kalo ajak main, cukup 10 menit aja tiap hari.

      nah, soal jinak total itu, apa maksudnya mas jinak total artinya gak gigit samasekali? sejinak apapun musang, pasti gigit mas. gak ada musang yang gak gigit. baik itu gigitan becanda, maupun serius.

      coba mas baca artikel saya, cara agar musang tidak gigit...

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Dok, saya baru memelihara muspan. Awalnya hanya Saya beri pisang kemudian setelah saya beri susu musang tidak mau makan pisang selahap sebelum diberi susu. Dan musang sering lemah dan tidur, serta malas bergerak. Jadi dok solusi yang bisa dilakukan apa dok ?

    ReplyDelete
  5. Dok saya mau tanya apa bener musang pandan hanya bisa jinak pada satu orang sedangkan musang akar jinak pada semua orang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bener itu mas.
      semua jenis musang ada kemungkinan one-man (cuma jinak ke satu orang) kalau dia gak sering ketemu orang lain selain pemiliknya. makanya cara menjinakkan musang yang bener itu ya dengan cara ajak bermain dan sering2 diketemukan sama orang lain (keramaian), biar dia gak one man....

      coba mas baca artikel saya: apa itu musang one-man

      Delete
  6. Dok...musang saya kalo malem jingkrak2 kan gx mau diem,kayak yg punya dok..di pegang kadang gigit kadang juga gx?biar anteng gimana yah?baru 2 hari adop...makais

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah bagus. karena musang sakit biasanya diem aja. kalau musang mas jingkrak2 gak mau diem, itu artinya dia sehat.
      umur musangnya masih anakan ya? bener? biarin aja, namanya juga bocah. hihihi. mungkin emang karakternya 'rame'... :)

      namanya siapa? kasih nama, dan sering2 dipanggil pake namanya. biar dia bonding sama mas..

      Delete
  7. DOK, mau tanya..
    1. Musang pandan sya kok fesesnya ada warna hijau2 gitu ya, padahal gak saya kasi sayuran/ apalah yg warnanya hijau, gimana cara mengatasinya dok?
    2. Saya rencana mau adopt baby musang rase, tapi saya bingung, saya kan masih sekolah, pulangnya sore, apa kalo saya kasih makan pagi waktu mau brangkat, trus dikasih makan lagi waktu sore, apa bisa mati dok?,kan kantanya misang rase bisa mati krn telat makan??, cara mengatasinya gmna dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, apa kabar mbak?
      1. baunya gimana?
      mungkin mbak bisa kasih kurma tahniq. udah saya bahas di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang.
      2. iya, rase emang gak tahan lapar. apalagi yang masih baby. mending jangan, mbak.

      oh, masih sekolah? tadinya saya kira udah kerja, hihihi.... :D

      Delete
    2. Kabar baik dok, 😁
      1. Baunya seperti biasa sih dok, saya gak pernah kasih dia kurma dok, saya cuma kasih pisang sama cf.
      2. Gitu ya, untung belum jadi beli, hahaa, saya masih sekolah sekolah dok,haha

      Delete
    3. sebelumnya maaf karena baru balas, hihihi. jumat, sabtu, dan minggu biasanya sama emang keluar bareng keluarga. baru minggu sore bisa on lagi, hihihihi....
      1. kemungkinan warna hijau di fesesnya karena CF itu. mungkin bisa dikurangi, ganti sama pepaya. :)
      2. iya, hehehe. sepengalaman saya, yang paling tahan laper itu biul. musang biul. kekurangannya, baunya tajem banget. mirip bau ban terbakar... :)

      Delete
    4. 1. Setiap hari saya kasih pisang. TRus malmnya cf. Soalnya dia suka banget dok sm cf

      Delete
    5. oh, itu bagus. :)
      sekarang gimana keadaan musangnya?

      Delete
    6. Alhamdulillah sudah baik, sudah mau main2 sama temennya, makasih dok sarannya

      Delete
    7. kabari lagi kalau ada apa-apa... :)

      Delete
  8. dok saya mau minta saran doterne ,, saya baru beli musang usia sekitar 3 bulan ,,, dengan kurang teliti setelah sampai di rumah dengan perjalan 7 jam ternyata musang saya giginya telah di pangur ,, habis ,, apakah ini akan mempengaruhi kesehtan musang saya dok ,, memang sampai saat ini musang saya sehat dan sudah mulai jinak ,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2, yang penting dia sehat. mas kasih makan apa? saya tunggu kabarnya

      Delete
    2. ini saya kasih makan pisang dok,,, memang sesekali saya kasih sop ayam atau saya kukus kan ikan ,,, saya liahat dia suka kali makn pisang,, tapi kok gak mau makan pepaya ya,,?
      terus dok kok musang saya kok maunya ngajak main aja ya ,,, kalau saya pulang kerja selalu ribut dan kalau dah di keluarin dari kandang pasti gigitin kaki ,, pokonya apa yang nampak dia di bagian tubuh saya ,,

      Delete
    3. coba mas baca artikel saya, cara agar musang mau makan apa saja. :D
      musang emang suka gigit2in bagian tubuh kita yang punya bau khas kayak kaki dll... wajar kok.. :D

      Delete
    4. makash banyak ya dok udah di bantu..

      Delete
    5. oh ya dok,,, nama musang saya chiko,
      rencananya mau saya vaksin ,, barusan saya ke dokter hewan terdekt, katanya vaksinnya sama dengan kucing ya dok,,, kata beliau dah komplit sama anti rabies,, tapi apakah si chiko dah bisa di vaksin di usia 4 bulan sekarang dok...

      Delete
    6. iya betul, vaksin pada musang emang secara prinsip sama dengan vaksin dengan kucing... gak tanya sama dokternya, apakah dia udah bisa vaksin sekarang atau belum? karena tergantung kesehatan musangnya juga....

      jadi, mas. gini. vaksin itu sebenernya cuma memancing sistem imun yang sedang non aktif menjadi aktif. karena ada sistem imun yang harus dipancing dulu, baru dia bisa 'aktif'. nah gunanya vaksin ya buat itu.

      makanya syarat utama sebelum divaksin adalah hewannya sehat. kalau hewan sakit kan daya imunnya lagi lemah, jadi sistem imun yang mau dipancing juga gak maksimal. yang ada malah nanti hewannya tambah sakit... :)

      seperti itu. :)

      Delete
    7. insyaallah si chikosehat walafiat dok,,, tapi kok akhir akhir ini dia nampak begitu agresif ya dok ,,, sering takut ,, terus kalau di pegang cendrung mengigit ,, apakh ada yang salah gitu ,, terus warna fesesnya juga sekarang jadi hitam dan bau sekali ,, padahan seminggu lalu gak gitu ,, satu lagi dok , jika saya bersihkan kandang si chiko dua kali sehari apakah itu baik atau ada efek lain baginya ,,, soalnya setiap pagi dan sore pasti saya cuci dengan sanlite kandangnya biar gak bau ,, kalau si ciko sendiri 2 kali sehari setiah pagi hari selalu saya mandikan apakh yang saya lakukan itu dah betul dok

      Delete
    8. satu lagi ni dok ketinggalan ,, apakah pengaruhnya apabila sistem imun itu dah aktif , apakah ada efeknya supaya lebih jinak ,,? soalnya di sini vaksinnya muahal banget dok ,,

      Delete
    9. kalau baca dari komentar masnya sih ciko kayaknya emang musang yang moody. kayak si bruno dulu. jadi kadang2 galak sendiri, kadang malah jinak banget. itu wajar kok.

      kalau soal fesesnya, kalau ada perubahan dari segi feses, stop makanan lain selain buah2an. kasih pisang atau pepaya aja. selain itu, stop.

      ngebersihin kandang dua kali sehari kayaknya terlalu banyak, mas. cukup sehari sekali aja. mas pake kandang yang dibawahnya ada penampung kotorannya? kalau penampung kotorannya, bisa dibersihkan 2x sehari, kalau kandangnya sendiri, cukup sehari sekali aja... :)

      memandikannya juga, mending jangan 2x sehari mas. mungkin karena itu juga dia jadi strike sama masnya, karena dia stress. cukup seminggu dua kali aja.

      sistem imun dan tingkat kejinakan musang gak berhubungan samasekali. jadi gak mempengaruhi kejinakan musang. :)

      Delete
  9. ok dok saya bakal terapin tu ,, jadi kalau sering di mandikan gak begitu bagus ya dok ,,? kalau buah yang paling dia suka hanya pisang dok,,,
    saya pakai kandang yang ada penampung feses di bawahnya dok ,,
    oh ya dok sebelum saya terima kash banyak dah banyak di bantu ,, saya sangat terbantu,, jangan bosan bosan apabila saya bolak balk nanya sama bu dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah seneng bisa bantu. mas bisa terus nanya di blog ini karena emang itu tujuan blog ini dibuat. :)

      saya tunggu :)

      Delete
  10. Dok saya mau nanya nih dok, saya baru adopt musang umurnya 2,5 bln, waktu seblum saya adopt saya sempet survei dulu, keadaannya bagus sehat dan ga pernah garuk garuk, pas saya adopt semingguan lebih terus dia garuk garuk dok, padahal setiap pagi saya mandiin terus saya jemur sesuai artikel dari blog ini, kandang nya juga saya bersihin, tapi kok dia masih garuk garuk ya dok, udah 2 hari ini dia garuk garuk terus dok, tapi bulunya sih ga rontok, saya takut dia kena skabies, tolong pencerahannya ya dok ?
    Terima kasih 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau umur segitu, jangan dimandikan dulu. lap aja pakai handuk basah. abis itu jemur sebentar (jangan kelamaan)...

      kalau tanda scabies, biasanya selain garuk2 juga di kulitnya ada bintik2 dan kayak ada kerak gitu di badannya. cek aja dulu. kalau gak ada bintik2 dan gak ada kerak gitu di badannya, kayaknya bukan scabies....

      Delete
  11. Permisi dok mau Tanya.. Saya punya muspan usia 1thn. Jantan. Nah dia kalo dikandang strike trus dok sama hissing kalo saya deketin. Nah biar ga hissing sama strike lg gimana ya dok ? Soalnya mau saya keluarin kandang aja saya takut hahaa soalnya kalopun dikeluarin sama ttp strike ke saya. Saya jd ga pernah ngeluarin dia soalnya strike trus ke saya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      kalau mas takut, dia nggak bakalan berhenti begitu.
      sama aja kayak kita ngadepin hantu, kalau kitanya takut ya dia akan makin seneng ngisengin kita... :)

      kalau soal digigit sih, emang udah resikonya pelihara musang ya digigit, mas... :)

      Delete
  12. Permisi dok mau Tanya.. Saya punya muspan usia 1thn. Jantan. Nah dia kalo dikandang strike trus dok sama hissing kalo saya deketin. Nah biar ga hissing sama strike lg gimana ya dok ? Soalnya mau saya keluarin kandang aja saya takut hahaa soalnya kalopun dikeluarin sama ttp strike ke saya. Saya jd ga pernah ngeluarin dia soalnya strike trus ke saya .

    ReplyDelete
  13. Cara mengobati musang yg pilek gimana dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya di blog ini, mas.
      https://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2015/04/cara-mengobati-musang-pilek.html

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.