Mengobati Kuping Musang Keluar Air | Drh. Fira Sovica

"Dok, kenapa ya telinga musang saya mengeluarkan air?"

demikian pertanyaan yang diajukan kepada saya. Memang, penyakit kuping musang mengeluarkan air atau nanah bisa disebabkan oleh berbagai sebab. Artikel ini akan sedikit mengupas tentang cara mengetahui penyebab telinga musang mengeluarkan air atau nanah. Anda bisa membaca artikel yang berkaitan dengan artikel ini, yaitu artikel cara memelihara musang rase.


Mengobati Kuping Musang Keluar Air
Image taken from britannica.com
  • Ciri kuping musang yang sehat.
  • Kuping musang yang sehat memiliki ciri yaitu tidak adanya kotoran yang menumpuk di dalam kuping musang, tidak berair, tidak terdapatnya lapisan lilin di bagian dalam telinga musang,
  • Penyebab kuping musang mengeluarkan air.
    1. Penyebab kuping musang mengeluarkan air bisa diketahui dari warna dan aroma cairan yang keluar dari kuping musang tersebut. Jika warna cairan yang keluar dari kuping musang itu berwarna kekuningan, kemerahan, dan warna lainnya, serta agak berbau, kemungkinan yang bisa terjadi adalah terjadinya infeksi di dalam kuping musang. Biasanya, musang yang kupingnya mengeluarkan cairan karena infeksi akan sering menggaruk atau menggosok-gosokkan kupingnya dengan kaki atau ke jeruji kandang.
    2. Jika cairan yang keluar dari kuping musang tidak berwarna dan tidak berbau serta musang tidak sering menggosok kupingnya, saya sarankan anda untuk mengobservasi keadaan musang selama dua hingga enam hari ke depan. Jika cairan terus keluar dari kuping musang selama 2 hingga 6 hari tersebut, saya sarankan sebaiknya anda tetap membawa musang anda ke dokter hewan terdekat untuk check up.
  • Cara mengobati kuping musang yang mengeluarkan cairan atau nanah.
  • Jika cairan yang keluar dari kuping musang berwarna kekuningan, kemerahan dan berbau, saya sarankan agar anda membawa musang anda ke dokter hewan untuk check up dan mendapatkan antibiotik untuk mengobati infeksi pada kupingnya. Selama obat diberikan, jangan memberikan makanan yang mengandung protein ke musang: jangan memberikan kepala ayam rebus, bubur bayi, dan semacamnya. Cukup berikan buah-buahan sebagai makanan, seperti pepaya dan pisang.
Demikian adalah

cara mengobati telinga musang yang mengeluarkan air

. Semoga artikel langkah pengobatan kuping musang ini bisa membantu para musang lover dalam memelihara musang. Terima kasih. (FS)

0 Response to "Mengobati Kuping Musang Keluar Air"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.