Cara Mengetahui Kadar Oksigen Dalam Air | Drh. Fira Sovica

"Dok, gimana ya

cara untuk mengetahui kadar oksigen di dalam air tanpa alat bantu?

" Demikian pertanyaan yang masuk ke saya sore kemarin. Sebenarnya, ada cara gampang untuk mengetahui apakah oksigen di dalam air pemeliharaan ikan sudah cukup atau masih kurang. Berikut adalah cara mengetahui kandungan oksigen dalam air. Oh ya, artikel ini berkaitan dengan artikel bedanya ikan koi dan ikan mas.



Cara Mengetahui Kadar Oksigen Dalam Air
Image taken from reference.com
  • Setiap jenis ikan biasanya akan menunjukkan gejala-gejala khusus jika air tempat pemeliharaannya kurang oksigen. Ikan mas akan sering megap-megap di permukaan air saat oksigen dalam airnya berkurang. Biasanya terjadi pada pagi dan siang hari.
  • Pada ikan yang punya mulut berukuran kecil, gejala yang ditimbulkan akibat kurangnya kandungan oksigen dalam air adalah ikan sering muncul ke permukaan air kemudian turun lagi dengan cepat. Orang jawa biasanya menyebut perilaku pada ikan ini dengan istilah 'nenggak'. Nah, ikan yang memiliki mulut berukuran kecil biasanya akan sering 'nenggak' jika air tempat hidupnya kurang oksigen.
  • Ikan jenis lainnya biasanya akan sering mengambang dengan posisi 'berdiri' jika kurang oksigen. Posisi ikan yang mengambang dengan posisi vertikal ini biasanya terjadi pada ikan lele. Selain kekurangan oksigen, faktor yang membuat ikan lele berdiri mengambang ini biasanya karena kandungan gas lain yang terlalu tinggi.
Demikian adalah

cara mengetahui kadar oksigen dalam air

. Semoga artikel ini berguna bagi anda. Oh ya, artikel ini akan dilanjutkan dengan artikel cara menambah asupan oksigen di dalam air. Bagi anda yang penasaran bagaimana cara agar kandungan oksigen dalam air meningkat, anda bisa mengklik link artikel cara menambah oksigen dalam air pemeliharaan ikan. Terima kasih. (FS)

0 Response to "Cara Mengetahui Kadar Oksigen Dalam Air"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.