Cara Mudah Hipnotis Musang Agar Jinak | Drh. Fira Sovica

Mungkin judul di atas terlalu bombastis, tapi saya tidak berbohong. Ya, ada

cara menghipnotis musang agar dia jinak

. Teknik menghipnotis musang agar bisa tenang dan jinak dengan cepat sebenarnya tidak jauh beda dengan langkah dan cara menjinakkan musang yang sebelumnya sudah saya tulis.
Cara Mudah Hipnotis Musang Agar Jinak
Image taken from http://musangkudus.blogspot.co.id


Nah, bagaimana cara menghipnotis musang agar bisa jinak? Berikut adalah penjabaran hipnotis hewan, dan khususnya hipnotis pada musang.
  • Prinsip dasar hipnotis hewan sebenarnya hampir sama dengan hipnotis pada manusia. Perbedaan antara hipnotis hewan dan hipnotis pada manusia, pada hipnotis manusia, orang yang menghipnotis bisa memerintahkan suatu hal yang kemudian di lakukan oleh orang yang dihipnotis. Caranya dengan menempatkan orang yang dihipnotis dalam keadaan senyaman dan serilex mungkin, sehingga orang yang menghipnotis bisa memasukkan perintah-perintah ke alam bawah sadar orang yang dihipnotis.
  • Berbeda dengan hipnotis pada hewan. Manusia yang menghipnotis hewan hanya bisa membuat hewan tersebut tenang saja, dan tidak bisa memasukkan perintah-perintah tertentu ke 'alam bawah sadar hewan'. Artinya, tujuan utama hipnotis pada hewan sebenarnya hanya untuk membuat hewan tersebut tenang, dan bukan jinak.
  • Tingkat kesulitan hipnotis pada hewan berbeda-beda. Dan sejujurnya, sayapun hanya tahu sedikit mengenai hal ini. Dari apa yang saya pelajari, beberapa jenis hewan ada yang mudah dihipnotis (baca: ditenangkan), ada juga yang agak susah. Jenis hewan yang mudah untuk dihipnotis adalah jenis unggas: ayam, bebek, burung, dan semacamnya. Hewan yang agak susah dijinakkan umumnya mamalia karnivora: anjing, kucing, musang, dan jenis hewan mamalia karnivora lainnya.
  • Meski demikian, bila hipnotis pada hewan dilakukan secara terus-menerus, maka kemungkian hewan tersebut akan jinak karena banyaknya interaksi pada hewan saat proses hipnotis berlangsung.
  • Nah, berdasarkan poin-poin di atas, maka kita bisa menyimpulkan bahwa teknik menghipnotis musang agar dia bisa jinak adalah berusaha agar si musang bisa nyaman. Itu poin utamanya. Caranya, keluarkan musang dari kandangnya dengan gerakan selembut mungkin, yang sekira si musang tidak merasa terancam. Anda bisa mengeluarkan musang dengan menarik perlahan bagian pangkal ekornya dengan tangan kiri, mengangkat pantatnya sedikit, lalu 'menyekop' bagian bawah tubuh musang dengan tangan kanan. Anda bisa menggunakan glove/sarung tangan tebal untuk langkah pertama hipnotis musang ini.
  • Setelah musang dikeluarkan dari kandang, tetap pegang pangkal ekor musang dengan tangan kiri kemudian taruh musang di lantai dengan perlahan. Setelah musang ada di lantai, tarik tangan kanan anda, kemudian elus punggung bagian atas musang hingga ekor. Lakukan terus menerus hingga musang tenang, setidaknya 15 hingga 20 menit.
  • Lakukan langkah nomor 6 secara terus menerus, setiap hari. Setidaknya sampai si musang merasa nyaman. Setelah beberapa hari dan musang anda merasa nyaman dan tidak lagi merasa terancam, setelah mengelus punggungnya, usaplah bagian dahi musang anda. Musang yang sudah berhasil dihipnotis akan diam setelah beberapa kali elusan di dahinya. Elus terus bagian dahi musang hingga dia tidak lagi bergerak dan mendengkur. Anda bisa melepaskan tangan kiri anda yang memegang ekor musang jika musang sudah mengalami trance (tidak bergerak saat dahinya dielus).
Demikian adalah

cara musang menghipnotis musang agar tenang

. Semoga artikel tersebut bisa menambah wawasan anda dalam memelihara musang. Terima kasih. (FS)

12 Responses to "Cara Mudah Hipnotis Musang Agar Jinak"

  1. Dok saya mau tanya mengenai artikel agar musang obes yaitu tentang scott's emulsion dan kepala ayam.
    1. Untuk pemberian scott's emulsion takaran harus berapa sendok makan dan berapa kali ?
    2. Apakah musang yg sering dikasih kepala ayam tidak berbahaya terhadap ayam yg ada disekitarnya ?
    Karena di rumah saya banyak ayam,saya takutnya kalau dia dibiasakan makan kepala ayam nanti memakan ayam yg ada di sekitarnya.
    Mohon pencerahan dok karena saya newbie dalam dunia musang.
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. udah ada artikelnya. judulnya dosis scott emulsion untuk musang. :)
      2. musang yang sering dikasih kepala ayam, apakah tidak bahaya untuk ayam disekitarnya? maksudnya gimana ya mas? apa maksud mas, nanti musangnya jadi galak, gitu? kalau itu maksud mas, udah ada artikelnya: Apakah Daging Membuat Musang Jinak Jadi Galak.

      nah, kalo mas punya banyak ayam, musangnya jangan diliarkan. boleh diliarkan asal sambil diawasi. namanya juga hewan, mas. mereka kan cuma mengikuti insting... :)

      Delete
  2. Dok mau tanya, mengatasi musang one man gmna ya? Soalnya kalo sama saya dia manja dan galak nya minta ampun. Tapi kalo ketemu orang langsung lari. Ngumpet gitu

    ReplyDelete
  3. Dok mau tanya, mengatasi musang one man gmna ya? Soalnya kalo sama saya dia manja dan galak nya minta ampun. Tapi kalo ketemu orang langsung lari. Ngumpet gitu

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum dok, boleh kah saya bertanya?

    ReplyDelete
  5. dok musang saya jinnak sama saya bonding juga , tapi kalau di gendong masih gk bisa tenang ya dok jantung nya deg"an gemeter apalagi di keramaian , sorot matanya berubah pupilnya jadi besar , terus kalo sama orang masih hissing/strike , muspan saya umur 12 bulan dok makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masnya takut ya? bener? masnya ragu2 pas mau gendong dia ya?
      karena bisa jadi dia takut karenba masnya takut atau ragu2. karena musang kita cuma mencerminkan bagaimana sifat pemiliknya terhadap dia...

      Delete
  6. Dok mau tanya, musang saya kalau siang jinak banget ke semua orang. Tapi kalau malam wuih.. abis jari tangan dan jari kaki saya di gigit. Apakah semua musang kalau malam hari jadi seperti itu ya dok? rada" gila.. hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mirip si bruno, musang saya dulu. dia juga begitu mas.
      emang kembali lagi ke karakternya. emang udah wataknya kayak gitu. :)

      Delete
  7. Dok numpang tanya
    Kalo musang mencret itu penyebab nya apa ya

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.