Penyebab Hamster Memakan Anaknya Sendiri | Drh. Fira Sovica

Hamster yang makan anaknya sendiri

sering terjadi. Banyak sebab yang menjadi penyebab induk hamster memakan anaknya sendiri, diantaranya stress, kurangnya asupan gizi, dan ketakutan. Seperti halnya sugar glider yang makan joey-nya sendiri, hamster yang dikawinkan pada usia terlalu muda lebih beresiko makan anaknya sendiri daripada hamster yang dikawinkan pada usia yang sudah 'matang'.


Penyebab Hamster Memakan Anaknya Sendiri
Image taken from mentalfloss.com
  • Selain faktor penyebab bayi hamster yang dimakan induknya tersebut, adakalanya faktor dari bayi yang lahir abnormal (cacat) juga menjadi penyebab kenapa induk hamster mengkonsumsi bayinya. Faktor ini juga terjadi pada sugar glider, dimana sugar glider kadang memakan bayinya yang terlahir abnormal.
  • Faktor lainnya, adalah faktor manusia. Manusia yang terlalu 'kepo' terhadap bayi hewan, tidak tahan untuk tidak memegang bayi hewan yang baru lahir, kadang membuat induk hewan tidak mau menyapih bayinya, bahkan memakan bayinya yang sudah dipegang manusia.
  • Maka penting untuk membiarkan si induk yang baru melahirkan bayinya agar tenang dan tidak stress pasca melahirkan. Cukup sediakan asupan makanan yang cukup di kandang, dan jangan ganggu si induk. Secara naluriah, mereka tidak butuh campur tangan manusia untuk mengurus bayinya.
Demikian adalah artikel singkat mengenai

penyebab kenapa hamster suka makan bayi hamster sendiri

. Semoga artikel singkat ini bisa membantu anda. Saran, konsultasi, dan komentar masih saya tunggu. Terima kasih. (FS)

0 Response to "Penyebab Hamster Memakan Anaknya Sendiri"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.