Cara Chatting Dengan Drh. Fira | Drh. Fira Sovica

Hingga saat ini, sesi chatting dengan saya, Drh. Fira Sovica, di blog saya, jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com, alhamdulillah selalu ditunggu-tunggu pengunjung blog ini. Biasanya, mereka rutin membuka blog ini hanya untuk melihat status online chatting saya saja. Yang lain, sengaja mem-follow akun Google+ saya untuk mengetahui jadwal chatting saya, karena biasanya saya selalu mengumumkan kapan mau online chatting lewat Google+. Bagi yang belum pernah chatting sama saya karena baru tahu blog ini, silakan follow akun Google+ saya.


Cara Chatting Dengan Drh. Fira
Image taken from vetstreet.com
Lalu

bagaimana sih cara chatting dengan Drh. Fira

di blog ini?
  • Tinggal ikuti terus post saya di Google+, karena saya selalu update jika ingin online. Itu saja. Saat saya online, langsung kunjungi blog ini, jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com, untuk memulai chatting.
  • Saya mohon untuk tidak terlalu 'baku' dan 'kaku' saat chatting. Anggaplah saya ini sahabat anda, yang kebetulan belajar lebih dulu tentang hewan. Jangan sungkan dan ragu. Boleh sesekali bercanda, karena sayapun kadang begitu, hihihi.
  • Dan mohon maaf jika saya telat atau lama dalam membalas chatting anda. Saya selalu menonaktifkan sementara chatting saat masuk waktu sholat, namun kadang juga lupa untuk mematikan fitur chatting karena terlalu buru-buru. Jadi, jika suatu saat saya lama dalam membalas chatting, coba cek: apakah saat itu masuk waktu sholat atau tidak, hihihihi.
Untuk anda yang belum pernah 'ngerasain' chatting dengan saya, ditunggu ya. Terima kasih. (FS)

97 Responses to "Cara Chatting Dengan Drh. Fira"

  1. dok. sya mau tanya, sg saya buntut nya luka parah,seperti hmpir putus, sudah nmpk tulangnya, saya sangat sedih dan galau. penyebabnya saya kurang tahu, ntah dya beekelahi dgn jantan, atau ada tikus yg mggu dya,,, mohon aaran donk, apa yg hrus saya kalukan, dan apabila pemberian anti biotok, bagai mana cara agar sg mau memakan antibiotiknya .....................
    terima kasih dok

    ReplyDelete
  2. dok. sya mau tanya, sg saya buntut nya luka parah,seperti hmpir putus, sudah nmpk tulangnya, saya sangat sedih dan galau. penyebabnya saya kurang tahu, ntah dya beekelahi dgn jantan, atau ada tikus yg mggu dya,,, mohon aaran donk, apa yg hrus saya kalukan, dan apabila pemberian anti biotok, bagai mana cara agar sg mau memakan antibiotiknya .....................
    terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. pindahkan sgnya ke kandang lain. jangan disatuin dengan sg yang sehat.

      jangan dikasih makanan mengandung protein (bubur bayi, jangkrik, ulat hongkong, dll). cukup kasih makan buah aja (pepaya, pisang, lengkeng, pear yang manis). INI PENTING. karena protein bikin lukanya basah terus....

      untuk obatnya, nanti mas beli di apotik amoxicillin 500mg, satu tablet potong jadi 5 bagian sama besar, satu bagian ditumbuk sampe halus, terus kasih 2 sendok teh air mineral. kasih minum ke sgnya tiap pagi dan sore.

      satu lagi, jaga kebersihan kandang.

      kabari terus... :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Ok dok, trimakasih sarannya dok. Sangat membantu

      Delete
    4. Keadaannya makin lemas dok, dya tidak mau makan buah dok, saya kasih pepaya...
      Jadi saya ambil inisiatif kembali ke bubur sun dok, dari pada tidak ada masuk mkanan, tp saya lihat lukanya masih basah dok, apa perlu saya beri betadin dok?

      Delete
    5. Keadaannya makin lemas dok, dya tidak mau makan buah dok, saya kasih pepaya...
      Jadi saya ambil inisiatif kembali ke bubur sun dok, dari pada tidak ada masuk mkanan, tp saya lihat lukanya masih basah dok, apa perlu saya beri betadin dok?

      Delete
  3. Klo untuk obat luarnya di beri apa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih bubur bayi. kasih aja jus pepaya, mas. kalo dikasih bubur bayi, lukanya gak bakal sembuh...

      iya, bisa kasih betadine...

      udah dikasih amoxicillin kan?

      Delete
  4. Sudah dok, saya kasih buah pear suka kok donk,tp jd jrg mkn dya, di pouch melulu klo mlm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. usahakan tetep makan, meski cuma sedikit.
      lanjutkan aja treatmentnya ya mas....

      gimana lukanya? kasih kabar lagi ya mas...

      Delete
  5. dok saya mau tanya , kucing saya tidak bisa berdiri dan hanya diam saja itu kenapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mbak? mencret? hmm, kucing yang sehat dan yang sakit biasanya dari bentuk, warna, dan bau fesesnya aja beda. coba mbak identifikasi dari situ.... ada perubahan kah? :)

      lalu dia mau makan? :)

      kalau mau, coba mbak foto fesesnya, upload di postimage.com, terus taro linknya di sini... saya tunggu ya... :)

      Delete
  6. Sudah dok, saya kasih buah pear suka kok donk,tp jd jrg mkn dya, di pouch melulu klo mlm...

    ReplyDelete
  7. Selamat pagi Dok,
    maaf Dok, saya mau menanyakan beberapa hal.
    1. Secara peraturan atau perundangan apakah diijinkan untuk memelihara BOP jenis burung Bantu barn owl? Saya tertarik mau pelihara, tapi takut bermasalah dengan pihak berwenang. Barangkali dokter paham masalah tsb.
    2. Saya memiliki seekor anjing campuran husky dengan golden, ( bapaknya husky murni, ibunya husky + golden) namanya Kenzo, usianya tanggal 31 October 2016 besok genap 1 tahun, saat ini bulunya banyak sekali rontok, apakah wajar?? Apakah tidak apa2 bila dimandikan dengan shampo khusus anjing saat bulunya banyak rontok?
    3. Masih terkait kenzo, sampai saat ini sepertinya kenzo masih sangat takut dengan orang, kira2 apa ada trio khusus supaya kenzo tidak takut Dan strees.

    Terima kasih Dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas. saya coba jawab... :)
      1. barn owl belum termasuk dilindungi karena jumlahnya masih sangat banyak di alam. saya juga pelihara barn owl kok mas... :)
      2. mas punya dugaan kenapa bulunya rontok? kutuan atau jamuran barangkali? saran saya mending cek dulu ke dokter hewan, biar sekalian dikasih treatmentnya... :)
      3. fesesnya kenzo gimana mas? mencret?
      mungkin kenzo nggak terbiasa aja keluar rumah, atau emang mas sengaja taro dia di dalam rumah terus. coba sering2 ajak main ke rumah, ketemu orang lain selain orang rumah. bagusnya, gabung ke komunitas pecinta anjing, terus ikut gath. bisa juga bawa ke CFD di kota mas... :)

      saya tunggu kabarnya :)

      Delete
  8. Assalamaikum dok
    Apa kabar hari ini ?
    Emang bener ya dok kalau buntut sg bengkok ga lurus tuh masih belum jinak dan kalau udh jinak ga bengkok melungker gitu, soalnya 2 sg saya yg buntutnya ga lurus emng galak banget padahal masih baby entah kenapa baby ini galak banget ,
    Apakah baby galak ngikutin sifat induknya yg galak atau jarang di handle? Terima kasih dok
    Mau chat ga pernh nemuin waktu online haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi. saya sore ini atau siang ini (tanggal 31 oktober 2016) juga online kok... dan maaf karena baru balas... :D

      bentuk ekor gak menunjukkan dia jinak atau nggak kok mbak.

      sg baby emang gitu, sifat alaminya masih kentara banget... dan wajar kok.... tinggal sering2 ajak main aja... :)

      Delete
  9. selamat pagi dok,
    dok saya mau tanya gimana cara merawat obay yg masih sangat chick seperti baru menetas....
    terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, cara merawat burung hantu bulu jarum.

      yang pasti sih, jangan sampe kedinginan, dan jangan telat kasih makan. selebihnya, silakan baca artikel yang saya sarankan... :)

      Delete
  10. Malam dok maaf mau tanya..
    Saya baru adop musang rase, kata si pemilik sebelumnya umur musang baru 1 bulanan tapi sudah bisa makan sendiri. Dan si musang biasanya kalo lapar selalu di beri makan pisang. Karna saya taku gizi musang kurang saya kasih susu non laktosa dan bubur bayi rasa pisang. Tapi musangnya ga mau makan dok. Yang mau saya tanyakan...
    1. Apakah tidak apa" musangnya di kasih makan pisang terus ?
    2. Gimana caranya biar si rase mau makan susu / bubur bayi ?
    3. Ada ciri" fisiknya ga agar tau umur musang rase ?
    Maaf banyak nanya dok, terimakasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas dikasih susu, fesesnya jadi mencret ya? bener?
      1. gak apa2 kok dikasih pisang. apalagi dia kan udah terbiasa dikasih makan. :)
      2. kalau belum diatas 3 atau 5 bulan, kasih aja makan yang dia mau dulu. kalau emang biasanya dikasih pisang, kasih aja pisang. gak apa2 kok. :)
      3. kalau saya nggak liat langsung musangnya, agak susah sih. bisa kasih saya foto musangnya? post aja di postimage.org, terus linknya taro disini... oh ya, terutama foto bagian giginya... :)

      Delete
    2. Iyah dok mencret, tapi ga cair banget. Namanya pawpaw dok. Pawpaw ga akan kekurangan gizi dok kalo makan pisang terus ?
      Oke dok nanti saya coba posting fotonya..
      Sama ini dok. Kan pawpaw masih saya kandanginnya di kardus, nah kalo di dalem kardua pawpaw sering lari", sering salto"an, sering lompat"an tapi kalo saya keluarin dari kardus pas lagi main sama dia malah cuman jalan doang sama ngumpet dideket saya.gapapa itu dok ? Makasih dok, maaf banyak tanya hehe

      Delete
    3. https://postimg.org/image/lokz6ptix/

      Buat foto giginya susah dok. pawpaw gerak" terus.giginya baru tumbuh dikit dok. Bisa keliatan umurnya dari foto itu dok ?

      Delete
    4. selain pisang, bisa dikasih bubur bayi.
      mending hentikan aja susunya. kasian. sistem cernanya terganggu itu... :(

      itu normal. dulu rase saya juga gitu. mereka kadang gigit2 bagian tubuh kita yang punya bau khas, kayak telinga atau ujung jempol kaki. dan itu normal. arti gigitan mereka biasanya lebih ke "ini bisa dimakan nggak ya?" atau "kalau aku gigit ini, masterku marah nggak ya?". makanya, kalau dia gigit, jangan dimarahin. towel aja kepalanya, sambil bilang, "jangan gigit"

      saya dulu pelihara rase juga sebelum errol dan padma (burung hantu saya)....

      kabari terus. dan silakan baca2 aja dlu artikel2 saya tentang rase... :)

      Delete
    5. Oke dok nanti saya coba saran dokter..
      Iyah saya sudah baca" artikel dokter yg mengenai musang rase dok :)

      Makasih dok

      Delete
    6. Pagi dok...
      dok, pawpaw gamau di kasih bubur sun, saya sudah coba yg rasanya beras merah & pisang tetep gamau dok. Di kasih pepaya juga gamau dok. Pengennya pisang teruuuuus..
      Gimana nih dok ?

      Delete
    7. kalo ditinggalin, dia tetep gak mau makan? coba kasih bubur bayi promina, terus taro di kandangnya. terus tinggal. jangan diliatin. karena kadang rase kalo diliatin gak mau makan.


      tapi kalo tetep gak mau, gak apa2, kasih aja pisang terus. :)

      Delete
    8. Iya dok sudah saya tinggalin tetep gamau, saya coba dengan bubur sun. Okei nanti saya coba pakai promina dok..

      Kalo tetep gamau tapi aman yah dok dikasih pisang terus. Sampai umur berapa kira" dok ? Kan yg saya tau, rase harus ada asupan daging dok. Saya takut ke depannya pawpaw gamau di kasih palyam atau yg lain dok. Maunya pisang terus :(

      Delete
    9. gak apa2 kasih pisang sampe dia dewasa, lalu setelah dewasa, sekitaran umur 6 atau 7 bulan, pisangnya bisa dicampur cacahan ati ayam rebus....

      sekarang gimana cara kasih pisangnya? dipotong2 dulu?

      udah pernah kasih makanan lain? coba kasih hati ayam rebus yang dicacah.... :)

      Delete
    10. Cara nyampurinnya dengan pisang di apain dok ? Di bejek" di campurin aja ?
      Okei nanti saya coba dok.
      Iyah pisangnya saya potong" kecil soalnya giginya pawpaw masih dikit dok.
      Selama ini baru di coba bubur sun rasa pisang, gamau. Di kasih bubur bayi nestle, gamau. Di kasih pepaya gamau, di jus juga gamau. susu juga gamau. Paling maunya pisang doang dok. Tapi minumnya air di campur madu mau minum dok..

      Oh iya dok, biaya buat suntik vaksin sama rabies kira" berapa yah ? Terus bertahan sampe berapa bulan dok ?

      Delete
    11. iya, bisa dicacah dulu pisangnya. :)
      mengenai vaksin, coba baca artikel saya vaksin pada musang...

      Delete
  11. Dok, muspan umur 5 bulan yang nafsu makan kurang lebih baik di kasih minyak ikan atau vitamin ya? Nafsu makan buah kurang tapi kalo telur palyam doyan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih ramuan kesehatan musang racikan saya, mas. coba baca artikel saya, ramuan kesehatan musang... :)

      Delete
  12. Dok mau tanya saya ada baby salva dan fs mereka baru sampe rumah barengan. Yang harus di lakukan apa yah dok apa di biarin dulu biar terbiasa sama lingkungan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, karantina dulu. jangan disatuin dalam satu kandang, mas.
      diamkan di ruangan yang sepi suara biar mereka tenang. taro aja makanannya di kandangnya...

      Delete
  13. selamat sore dok, saya memelihara burung nuri maluku umur sekitar 1tahunan.
    belakangan ini burung saya sering muntah walaupun dengan rentang waktu yg jauh.
    tapi hari ini muntah terus dalam rentang waktu berdekatan, bahkan hilang nafsu makan (makanannya saya pakai bubur bayi cerelac rasa pisang). jadi saya beri air hangat + madu. dia minum terus tapi masih tidak mau makan. perutnya besar seperti kembung, muntah" lalu bersin tapi tidak ada cairan d hidungnya.
    pertolongan apa yang bisa saya berikan agar kondisi nya membaik dok ?
    sekian, dan terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama pelihara, mas?
      dan udah berapa lama dikasih bubur bayi?

      jangan dikasih bubur bayi. cukup kasih buah aja. bagusnya pepaya, biar sistem pencernaannya bagus. jangan dikasih air hangat, cukup kandangnya aja pindahkan ke tempat yang agak anget...

      kabari terus...

      Delete
    2. sudah 6bulan dipelihara dok. dan diberi bubur bayi sejak awal pelihara.
      jadi solusinya bgmana dok ? langsung saya ganti dengan buah saja ?
      tapi masih muntah terus dok. sehari ini sekitar 12x muntah dan yang keluar cairan putih kental sdikit berbusa. kotorannya cair, dipagi hari warna hijau muda tapi menjelang sore warna bening.
      nafsu makan juga hilang jadi maunya minum terus. begitu makan langsung muntah dok.

      Delete
    3. fesesnya gimana? jadi mencret?
      kalau saran saya, mas bisa kasih super-n. beli aja di toko makanan burung.

      kalau sampe 2 hari ke depan gak mendingan juga, mending bawa ke dokter hewa.

      cek terus fesesnya. kalo boleh, fotoin fesesnya, dan kirim kesini. upload aja di postimage.org, terus linknya taro di sini...

      Delete
    4. https://postimg.org/image/wsy13o9vt/

      itu link gambar fesesnya dok.
      maaf kalo tidak jelas karena dia lg gak dikandang. lg sakit maunya digendong terus dok dan bawaannya tidur terus. jarang bersuara jg.
      tapi dari pagi muntahnya sudah berkurang.
      saya beri pepaya serut karena dia tidak mau mengunyah dok.

      Delete
    5. gak apa2 kasih pepaya serut. sementara ini observasi aja, terutama fesesnya.
      kalau gak menyulitkan, saya minta gambar fesesnya terus.

      jaga kebersihan makanannya. sementara itu aja sih.

      oh ya, mas bisa bantu kasih super-n ke burungnya, beli di toko makanan burung, kasih setetes setiap hari.

      Delete
    6. ini foto feses terbarunya dok
      https://postimg.org/image/u8etutful/

      baik dok, anjuran minum nya 1 tetes / hari saja ya ? langsung diberi ke burungnya atau dicampur ke minumannya dok ?

      Delete
    7. madunya udah distop?
      bubur bayinya udah distop?
      ganti pake buah aja. nothing to worry, cuma dia kayaknya sistem pencernaannya terlalu berat buat ngolah glukosa. kalo saya liat dari fesesnya sih gitu.

      lanjutkan lagi.

      oh ya, super-n langsung diteteskan ke mulutnya... :)

      kabari terus.

      Delete
    8. semuanya sudah di stop dok, sekarang dberi buah parut saja dok soalnya ga mau ngunyah dok.
      super-n nya sebaiknya ditetes pagi/malam dok ?

      Delete
    9. super-n dikasih sehari setetes, waktunya terserah. bagusnya terjadwal. misalnya malem, ya malem terus. pagi ya pagi terus. gitu. :)
      nanti fotoin lagi fesesnya ya mas... :)

      Delete
    10. selamat siang dok, ini foto fesesnya hari ini (sekitar jam 10pagi)
      https://postimg.org/image/aivc6d0xd/

      semalam sudah saya beri super-n nya 1tetes.
      tadi pagi saya beri pepaya parut, tp malah muntah.
      lalu saya jemur dulu di matahari pagi kira" 15menit, lalu saya beri pepaya lagi dan sudah tidak muntah.
      setelah itu dia buang air dan itu fotonya.

      sementara ini makannya cukup bagus dok dan tidak muntah. masih selalu mengembangkan bulu jadi badannya nampak bulat dok.
      dia juga masih tidak mau bersuara. apa itu hal yang wajar dikala burung nuri sakit dok ?

      Delete
    11. dok, ini foto fesesnya sore ini

      https://postimg.org/image/56zzuvc2f/

      saya beri apel parut, karena waktu diberi pepaya lagi sudah tidak mau dimakan dok.
      tapi fesesnya ada bercak hitamnya. sampai sore ini sudah tidak muntah lg dok.

      Delete
    12. oh, saya seneng liat fesesnya yang ada hitamnya itu. udah agak mendingan. super-n lanjut terus, mas.
      sekarang udah gak muntah lagi kan?

      kabari terus, kalau bisa infoin lagi soal fesesnya... :)

      Delete
    13. https://postimg.org/image/5n0audgzt/

      itu foto fesesnya pagi ini dok waktu lagi d jemur.
      masih muntah dok, cuma pagi" saja sewaktu abis bangun tidur. muntahnya bening berbusa seperti lendir.

      kalo fesesnya ada hitam"nya apakah sudah sehat dok ? feses normal nya harusnya yg kayak gimana dok ?

      Delete
    14. kalau fesesnya udah ada hitamnya, ada kemungkinan udah baikan sistem pencernaannya. belum 100% baik, tapi ada perbaikan...

      udah dikasih super-n belum?

      Delete
    15. selalu dikasi setiap malam dok.
      kira" diberi super-n nya sampai kapan ya dok ?
      lalu, apakah selain buah boleh d beri susu dok ?
      soalnya burungnya selalu ngomong minta susu terus dok.
      sebelumnya selain bubur bayi, biasanya saya beri susu ultra kemasan biru dok.

      Delete
    16. sebelumnya maaf karena baru balas. saya abis keluar kota kemaren.

      sekarang gimana keadaan burungnya mas? emang burungnya bisa ngomong?
      jangan dikasih susu. malah terganggu lagi nanti sistem cernanya.kasih super-n sampe dia normal lagi...
      kabari lagi ya mas...

      Delete
  14. hari ini masih muntah" dok.
    fesesnya seperti yg sebelumnya, ada bercak hitamnya. kadang ada bercak hijau.
    makannya bagus dok, makan buah parutnya lahap. tapi sekarang muntah" lg dok. :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah sembuh dok. sudah tidak muntah lagi, makannya juga sudah bagus dok, jadi saya stop pemberian super-n nya. tidak apa ya dok ?
      iya dok kebetulan dia bisa ngomong dan cukup paham untuk di ajak komunikasi dok.

      Delete
    2. wow, keren! (y) :D
      kalau emang dirasa sudah sembuh, gak apa2 stop super-n nya. sebenernya sih super-n dikasih terus juga gak ada masalah, malah menurut saya bagus buat penambah daya tahan tubuh....

      mas mau kasih makanan yang lama lagi atau kasih buah aja ke depannya?

      Delete
    3. rencananya hingga kedepannya akan tetap saya beri buah dok.
      tapi kalopun saya stop super-n nya, tidak akan ada masalah kan dok ? baiknya bgmna ya dok ? soalnya malam ini tidak saya kasih. apa dikasihnya besok malam dok ?

      Delete
    4. maaf baru saya balas. sekarang gimana keadaan burungnya mas? :)

      Delete
    5. sudah sehat dok.
      sudah aktif lagi, sudah tidak muntah jg.
      makan saya terus kasih buah. tp super-n nya tidak saya kasih lagi dok.

      Delete
    6. wah, saya seneng dengernya. semoga sehat terus ya mas. :)
      maaf karena baru balas. kabari terus. :)

      Delete
    7. pagi dokter,
      terima kasih atas bantuan sebelumnya, sekarang nuri nya alhamdulillah sehat, sudah lincah dan cerewet lagi ngomongnya.
      saya ada pertanyaan nih dok.
      pasca sakit kemarin, saya sekarang beri makan pepaya, kadang di parut kadang di potong kotak" aja dan di taruh di tempat makannya.
      tapi hanya berjalan sekitar 3hr dia sudah ga mau makan pepaya nya lagi, jadi daya hanya beri pepaya waktu pagi. siang hari saya beri pear.
      sedari 2hari lalu, dia sudah tidak mau makan pear lagi. tp pepaya dimakan.

      nah, waktu kemarin, pepaya maupun pear di buang"in dari wadah makannya dok. di gigit juga cm sedikit, setelah itu di ambil dan dbuang pakai paruhnya.
      saya sempat nanya ke org" yg hobi burung di grup pecinta burung facebook, kata mereka di pagi hari di beri pepaya / pisang kepok,nanti siangnya dikasih SKM (susu kental manis).
      pertanyaan saya, boleh ga dok kalo nuri saya beri skm ? sebelum sakit kan dia pernah saya beri susu, tapi susu cari (susu ultra).

      Delete
    8. oh iya, satu lagi dok.
      boleh gak nuri di potong sedikit kuku nya ?
      kuku dia sudah panjang dan tajam sekali dok. jadi kadang kalo dia hinggap di bahu, atau naik ke tangan, jadi sakit.

      Delete
    9. saya seneng mas nanya dulu sebelum kasih susu kental manis ke burungnya. tapi jujur saya kurang setuju kasih SKM ke burung. efeknya mungkin gak langsung keliatan, tapi takutnya ada gumpalan lemak yang menumpuk di sistem pencernaan burungnya....

      prisipnya sebenernya sama aja kayak makan mie pada manusia. kalau sesekali gak gak sering2 banget, ya gak masalah. mungkin 2 atau 3 hari sekali bisa kasih SKM....

      oh, berarti emang karakter burung mas termasuk yang moody (bosenan). dulu burung nuri saya juga gitu kok. emang perlu banyak jenis makanan kalau kayak gitu, mas... :)

      tapi tetep kasih buah, pisang, apel, pear, dll... :)

      boleh potong ujung kukunya sedikit. asal gak tajem aja. sekitar 1 atau 2mm dari ujung kukunya. jangan kepanjangan, takutnya nanti malah melukai....

      Delete
    10. untuk pisang dok, kan ada macem" jenis pisang.
      bagusnya pisang yg mana dok ? kalo pisang sunrise bisa ga ?
      lalu mengenai gunting kuku nya dok, pakai gunting kuku biasa (yg untuk orang) atau gunting kuku kucing yang bengkok tengahnya ?

      Delete
    11. pisang boleh pake pisang sunpride, atau pisang lampung. :)

      soal gunting kukunya, bisa pake gunting kuku bayi... :)

      Delete
    12. baik dok.
      terima kasih banyak dok. akan saya coba beri pisang sunpride nya.

      Delete
    13. dok, saya mau nanya.
      bgmana cara membedakan burung nuri kepala hitam jantan dan betina ?
      saya tidak tahu sinyo saya ini jantan atau betina dok.
      kemudian, saya sudah beri pisang, tp cuma digigit sedikit lalu dibuang lagi.
      kembali saya beri pear lg baru makannya lahap.

      lalu, pasca sakit kemarin, kondisi sekarang kan sudah sehat dok.
      hanya saja badannya jadi bulat.
      apa karena terlalu saya beri makan, sinyo bisa jadi kegemukan ya dok ? saya khawatir kalo dia obesitas nantinya akan sakit lagi.

      Delete
    14. nuri kepala hitam sebenernya termasuk burung monomorphic. artinya, kalo secara visual, susah dibedakan mana nuri kepala hitam yang jantan dan mana yang betina. artikelnya masih saya riset bersama teman2 saya sesama dokter hewan, rangkumannya nanti saya publish di blog ini... :)

      sementara ini kasih aja makanan yang dia mau. makan masih lancar? :)

      Delete
    15. makannya lancar, bahkan lahap dok selama makanannya di selangseling dan di ganti" dok.
      tp untuk kemungkinan obesitas bgmna dok ? soalnya karena makannya lahap, jadi cepat habis dan di isi lagi.

      Delete
    16. kayaknya itu bukan obesitas, cuma bulunya aja yang lagi mekar. atau mas pegang aja badannya langsung (menyusup ke bawah bulunya)... apakah badannya kerasa agak gemukan?

      Delete
    17. https://postimg.org/image/k78h0j1tf/

      itu foto sinyo sehabis mandi dok.
      dan waktu saya pegang, perutnya besar dok. seperti buncit gitu dok.

      Delete
    18. jantan itu mas. :D
      sedetik setelah liat fotonya sinyo, saya tebak dia jantan.

      dia sehat2 aja kok. karena lagi mekar aja kali bulunya.

      atau, coba kas kasih foto fesesnya. :)

      Delete
    19. ini foto fesesnya dok
      https://postimg.org/image/wg4nt2p41/

      bedainnya darimana nya dok ? bisa ktahuan itu jantan / betina nya ?

      Delete
    20. baru selesai riset jenis kelamin nuri kepala hitam, jadi tahu. hehehe. publish soon. :)

      Delete
    21. terima kasih info nya dok.
      daya tunggu publish nya :D

      Delete
  15. Siang dok, saya mau tanya kmrn saya beli kura2 dada merah sesuai kriteria yang dokter sarankan, kura2 ini saya campur dgn kura2 brazil yg ukurannya setara. Namun, dada merah yang saya beli ini tdk mau makan, sudah 1 hari ini. Makanan yg saya berikn sudah sya coba : daging mentah, pelet, dan cacing beku. Smpe hari ini kura2 nampak sehat namun tdk mau makan. Apa yg hrs dilakukan ya dok? Dipisahkan dgn kura2 brazil / masih adaptasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sementara pisah aja dengan kura2 brazilnya. kemungkinan masih adaptasi itu mas.

      taro aja cacing bekunya di akuariumnya...

      kabari terus

      Delete
    2. Baik dok, malam ini sudah saya pisah dan tadi beli pelet tetra yg biasa dimakan dia,tp malem ini blm mau makan jg
      Smoga bsk mau makan deh...
      Terima kasih dok

      Delete
    3. sebelumnya maaf karena baru balas.
      sekarang gimana keadaan kura2nya mas?

      Delete
    4. Setelah dipisah dan airny diganti aqua dia mau makan cacing beku tp sepenglihatan saya masi sedikit makannya dan malu2,
      Kira2 ada solusi lain atau hanya masalah waktu adaptasi saja ya dok??

      Delete
    5. bagus. ada peningkatan. kemungkinan berarti emang airnya kurang bagus atau airnya masih bikin dia 'kaget'.... agak susah ngejelasinnya, hehehe, tapi intinya dia masih belum terbiasa dengan kondisi air yang 'baru'....

      dan lagi, bisa aja dia gak mau makan karena diliatin. jadi coba aja kasih makanannya, terus tinggal... :)

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Dok saya baru adopt baby retic uk +-90cm, kata seller sebelumnya dia dia makan burung emprit apakah aman dok ?, dan jangka waktu makannya berapa lama yah ?, dan apa yang harus saya lakukan supaya dia sehat dan nafsu makan terus. Trima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya, saya baru tahu ada retic dikasih makan emprit. mas belinya di pasar hewan atau emang sama orang yang sebelumnya pelihara dia (hobiis)?
      kalau sama hobiis, boleh diikutin. mungkin emang udah kebiasaan makannya begitu... :)

      Delete
  18. Dia pelihara dok, kata dia reticnya hasil breed dan saya tanya awal makan yaitu burung emprit. Tapi gapapa dok ?, apa saya ganti mencit ?.

    ReplyDelete
  19. Selamat siang dok, saya mau tanya soal kucing saya dok. Uda tiga hari ini, kaki nya lemas aja dok. Susah jalan dok, gemetaran. Seblumnya kucing saya uda sakit sariawan selama 1 minggu. Ada obatnya ga dok buat kaki yg lemas dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya/tahinya gimana, mas?
      mencret ya?
      terlalu banyak kemungkinan. dan saya pikir ada hubungannya dengan sistem pencernaannya, karena sariawan yang baru sembuh.

      coba mas kasih aja suplemen kucing nutriplus gel. kalau dalam seminggu belum baikan juga, mending segera bawa ke dokter hewan....

      untuk makanan, kasih makanan yang lembut2 dulu. kasih wetfood.

      kalo bisa, kirim foto fesesnya. caranya cek bagian PERHATIAN...

      Delete
  20. Selamat siang dok, saya mau tanya soal kucing saya dok. Uda tiga hari ini, kaki nya lemas aja dok. Susah jalan dok, gemetaran. Seblumnya kucing saya uda sakit sariawan selama 1 minggu. Ada obatnya ga dok buat kaki yg lemas dok?

    ReplyDelete
  21. Halo drh. Fira Sovica, perkenalkan saya Dina. Saya punya pudel yg cukup sensitif makanannya. setiap hari saya kasih dry food lamb atau salmon dgn kualitas premium, seperti Equlibrio Sensitive, Happy Dog Mini Canada, dan baru saja saya ganti dengan Monge Lamb n Rice yg kualitasnya Super premium, tanpa pengawet. mslhnya adalh, saya dibuat terkejut krn saya mnemukan bbrpa belatung di dlm makanannya. kata penjual itu biasa trjadi dgn makanan yg tanpa pngawet. apakah makanan ini msh aman dikonsumsi pudel saya, stlah saya sortir belatung2 menggelikan itu dokter?
    Terima kasih sebelumnya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan diberikan ke anjing dan jangan dikonsumsi.
      cek tanggal expired dogfoodnya. udah lewat apa belm.

      Delete
  22. Sore Bu Dokter, Saya Mau Nanya, Saya Tuh Kepengen Melihara Barn Owl Yang Masih Brancher,Sedangkan Saya Masih Sekolah + Pemula

    ReplyDelete
  23. Sore Bu Dokter, Saya Mau Nanya, Saya Tuh Kepengen Melihara Barn Owl Yang Masih Brancher,Sedangkan Saya Masih Sekolah + Pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. masnya yakin? bisa kasih makan sebelum berangkat sekolah?
      kalau yakin, silakan aja... :)

      rajin baca aja artikel2 di blog ini, hehehe

      Delete
  24. Assalamualaikum drh. Fira Dovica

    Saya punya burhan jenis tyto alba, saya rawat dari bayi, dan skrng umurnya kurang lebih 2 bulan. Selama merawat saya sering kasih minyak ikan supaya cepat tumbuh bulu dan menambah nafsu makan. Bulu burung memang tumbuh cepat, terutama di bagian sayap. Sehingga burung sperti tidak kuat untuk mengangkat sayap keposisi sebagaimana mestinya. Sayapnya terurai kebawah. Mohon solusi untuk mengatasinya. Apakah saya harus memberhentikan minyak ikan? Apakah sayap tersebut akan seperti itu hingga dia besar.

    ReplyDelete
  25. Dok,,saya kan beli musang marteen,,,dari owner pertama sangat jinak,,,tapi pas disaya udah 3 minggu masih aja galak,,,memang pas bawa perjalanan lumayan jauh pake motor,,,umur skrg 9-10 bulan,,apakah itu karena faktor mulai birahi awal,,,dan bagaimana menangani musang marteen birahi tanpa ada betinanya,,, terimakasih sebelumnya....

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.