Penyakit Kepala Melintir Pada Musang | Drh. Fira Sovica

Penyakit kepala melintir pada musang

tidak hanya terjadi pada musang saja. Anjing dan kucing juga bisa terkena penyakit kepala melintir pada musang. Artikel ini saya tulis berdasarkan konsultasi salahsatu pengunjung blog ini kepada saya lewat menu chatting. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara memelihara musang bulan yang saya post sebelumnya.


Penyakit Kepala Melintir Pada Musang
Image taken from cicadatree.blogspot.com
Penyakit kepala melintir pada musang biasa disebut head tilt. Dalam bahasa kedokteran, penyakit kepala melintir pada hewan disebut idiopathic vestibular. Seperti yang sudah saya tulis di awal artikel, penyakit head tilt pada musang tidak hanya terjadi pada musang saja, namun juga kerap terjadi pada anjing dan kucing. Artikel ini akan mengupas sedikit tentang penanganan dan cara mengobati penyakit kepala melintir pada musang.
  • Pengertian penyakit kepala melintir (idiopathic vestibular).
  • Sebenarnya, nama kedokteran dari penyakit kepala melintir pada musang bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai penyakit ini. Penyakit kepala melintir disebut idiopathic vestibular dalam bahasa kedokteran. Mengutip sumber dari Wikipedia, Idiopathic bisa diartikan sebagai "istilah yang digunakan untuk menjelaskan kondisi medis yang belum dapat terungkap jelas penyebabnya", sedangkan vestibular adalah sistem dalam tubuh yang mengatur keseimbangan, postur, dan orientasi tubuh dalam ruangan. Jadi, secara singkat, penyakit kepala melintir pada musang adalah penyakit kehilangan kendali atas keseimbangan dan orientasi tubuh karena sebab yang belum bisa ditentukan. Penyakit kepala melintir lebih sering terjadi pada hewan yang sudah tua, maka dari itu, penyakit ini juga kerap disebut "Old Animal Vestibular Disease". Penyakit head tilt juga kerap terjadi pada hewan yang masih muda, meski tidak dibutuhkan penanganan medis bila penyakit kepala melintir ini terjadi pada musang yang masih muda.
  • Ciri musang yang terkena penyakit head tilt.
  • Tanda dan ciri musang yang terkena penyakit kepala melintir antara lain posisi kepala yang tidak bisa normal (tidak bisa lurus sebagaimana mestinya), berjalan tertatih-tarih dan kerap tersandung dan terjatuh, mata yang kurang fokus, gerakan yang berputar-putar di satu area, dan kadang muntah.
  • Penyebab penyakit kepala melintir pada musang.
  • Meski secara umum bisa diketahui bahwa penyebab penyakit kepala melintir pada musang adalah akibat tidak berfungsinya sistem vestibular pada musang, namun ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya head tilt pada musang, diantaranya luka pada bagian dalam kuping, kerusakan otak, penyakit kekurangan kalsium (metabolic disease), kekurangan asupan tiamin, infeksi saluran nafas bagian atas, pertumbuhan jaringan sel yang tidak normal (neoplasia), racun pada bagian kuping, dan infeksi pada bagian tengah kuping akibat bakteri, parasit, dan infeksi lainnya.
  • Penanganan penyakit kepala melintir pada musang.
  • Jika musang peliharaan anda mengalami penyakit vestibular disease atau penyakit kepala melintir pada musang, saya lebih menyarankan agar anda mengunjungi rumah sakit hewan terdekat dengan kota anda. Bagi anda yang tinggal di Jakarta, anda bisa mengunjungi rumah sakit hewan di daerah ragunan. Sementara bagi anda yang berdomisili di surabaya, anda bisa mengunjungi rumah sakit hewan di fakultas kedokteran hewan unair.
Demikian adalah cara menangani musang yang terkena head tilt. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam

mengobati penyakit kepala melintir pada musang

. Konsultasi via chatting dan komentar di post masih saya buka. Terima kasih. (FS)

14 Responses to "Penyakit Kepala Melintir Pada Musang"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Selamat malam dokter...apa kabar???maaf ganggu sy mau nanya..udah 4 hari sy beli chick celepuk bulu kapas tp kok ngeliat sy takut ya dok ,apalgi pas sy mau kasih makan dia lgsung mundur gak karuan!! Mohon solusinya dok..makasih

    ReplyDelete
  3. Dok mau nanya kalo burung hantu katarak cara ngobatinnya gmn yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending dibawa ke dokter hewan terdekat, mas, biar sekalian dicek... :)

      maaf baru bales, komentar mas kelewat... :D

      Delete
  4. Dokter fira sekarang udah gak pernah bales chat kitaa kita orang penggemar owl

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaah, saya tadi online mas.. :D
      tunggu besok ya... saya besok online dari pagi...

      Delete
    2. Dokter fira online dimana??klo di hangouts gak pernah ada balesannya

      Delete
    3. online di menu chat di blog. di bagian kanan bawah tuh ada tulisan Drh. Fira Sedang Online...

      hari ini (13 juni 2016), saya online sampe jam 4 sore....

      Delete
  5. Dok muspan saya umur 1,5 bulan kok badan nya kejang2, ngegigit2 kaki depan nya sendiri, knp ya dok

    ReplyDelete
  6. Udah mati dok musangnya pas malam itu juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. :(

      saya ikut sedih, mas.... buat pelajaran aja buat ke depannya...

      Delete
    2. Selamat siang dok saya punya musang umur sekitar 2 bulan sudah bisa makan sendiri entah kenapa akhir2 ini musang saya suka gigit2 kandang sendiri dan kepalanya suka nyeruduk ke lantai ,tapi kadang kalau sudah tidur normal sendiri

      Delete
    3. maaf karena baru balas, mas.... saya abis sakit kemaren...

      kalau umur segitu emang lagi aktif2nya. jangan sering2 ditaro di kandang, sering ajak main aja biar dia anteng... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.