Mengobati Avian Tuberculosis Pada Burung | Drh. Fira Sovica

Artikel mengenai

cara mengobati avian tuberculosis

beberapa hari lalu sempat ditanyakan oleh salahsatu pengunjung blog ini. Maka, artikel cara mengobati TB burung ini saya susun untuk menjawab pertanyaan tersebut. Artikel ini berkaitan dengan artikel lain mengenai burung yaitu cara mengobati burung yang ngorok.
Mengobati Avian Tuberculosis Pada Burung
Image taken from http://vetmed.tamu.edu
  • Tak bisa dipungkiri bahwa avian tuberculosis atau penyakit TBC burung adalah penyakit yang mematikan. Avian tuberculosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium avium. Bakteri ini bersifat zoonosis, artinya bisa menular dari hewan ke manusia dan sebaliknya.
  • Penyakit avian tuberculosis atau penyakit TBC burung bisa dikatakan berbahaya, baik bagi burung dan juga berbahaya bagi manusia. Tercatat, avian tuberculosis banyak terjadi pada unggas peliharaan (ayam, bebek) dan burung peliharaan.
  • Adapun tanda burung yang kena penyakit TB burung (avian tuberculosis) antara lain meningkatnya urine pada feses (silakan baca artikel cara mengetahui kesehatan dari fesesnya) disertai dengan meningkatnya jumlah bakteri pada bagian feses, membuat bau feses lebih menyengat dari biasanya. Ciri lain avian tuberculosis pada burung adalah burung kehilangan berat badannya dalam waktu singkat, diare berkepanjangan, kesulitan dalam bernafas, dan tidak bisa berdiri dengan tegak (timpang). Tanda avian tuberculosis pada organ dalam burung antara lain timbulnya bintik-bintik menyerupai cacar pada hati dan paru-paru burung yang terkena avian tuberculosis.
  • Banyak veterinary yang berkeyakinan bahwa avian tuberculosis sangat berbahaya dan tidak bisa disembuhkan. Untuk pendapat yang pertama bahwa avian tuberculosis sangat berbahaya, saya sependapat. Namun untuk pendapat yang kedua yang mengatakan bahwa avian tuberculosis tidak bisa disembuhkan, jujur saya kurang begitu sependapat.
  • Saya berpendapat bahwa burung yang kena avian tuberculosis masih bisa disembuhkan asalkan burung yang terkena avian tuberculosis masih bisa bertahan dalam masa penyembuhannya. Dan inilah tantangan sebenarnya.
  • Burung yang positif terjangkiti TB burung hendaknya dipisahkan dari burung lain dan dikarantina dalam kandang karantina. Kandang karantina sendiri memiliki memiliki aliran udara yang bagus (tidak pengap) karena avian tuberculosis menyebar lewat udara dari feses burung yang terjangkit avian tuberculosis. TBC burung sendiri memiliki metode penyebaran melalui udara, hingga sebaiknya anda menggunakan masker saat akan memasuki ruang karantina.
  • Adapun waktu karantina burung yang positif kena TBC burung atau avian tuberculosis cukup lama. Dibutuhkan waktu karantina selama 2 tahun karantina dan check lab pada burung yang kena avian tuberculosis tiap 6 bulan sekali. Selama karantina, jaga agar daya tahan tubuh burung tetap kuat.
  • Dibutuhkan obat berupa antibiotik untuk mengobati avian tuberculosis. Saya sarankan anda agar mengunjungi dokter hewan terdekat untuk berkonsultasi secepatnya jika anda mencurigai burung peliharaan anda terkena avian tuberculosis.
  • Patut saya tekankan sekali lagi bahwa avian tuberculosis sangat berbahaya, baik bagi manusia maupun bagi burung. Dan mental anda sebagai owner burung akan diuji saat tahu bahwa burung peliharaan anda menderita penyakit ini. Penyebaran bakteri pada burung yang kena TBC burung kepada manusia yang berinteraksi dengan burung tersebut juga sangat mungkin terjadi. Maka dari itu, hindari kontak dengan burung yang terkena avian tuberculosis. Gunakan sarung tangan dan masker saat akan memegang burung yang terjangkiri TBC burung selama masa karantina berlangsung.
  • Terlebih dari itu, sekali lagi saya tegaskan, jaga selalu daya tahan tubuh burung yang kena avian tuberculosis selama masa karantina berlangsung. Daya tahan tubuh yang kuat adalah faktor utama dalam mengobati avian tuberculosis pada burung.
Demikian adalah

cara mengobati avian tuberculosis

. Tidak mudah untuk mengobatinya, namun selama anda yakin bisa dan mengikuti setiap langkah pengobatan avian tuberculosis pada burung, saya yakin burung yang kena avian tuberculosis bisa disembuhkan. Terima kasih. (FS)

24 Responses to "Mengobati Avian Tuberculosis Pada Burung"

  1. dok mau nanya, apakah dm yg terkena pnyakit saraf bs sembuh total?? ini saya minumin meloxicam 1x1 tp td pagi kejang n skarang udah agak mendingan

    ReplyDelete
  2. dok mau nanya, apakah dm yg terkena pnyakit saraf bs sembuh total?? ini saya minumin meloxicam 1x1 tp td pagi kejang n skarang udah agak mendingan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung seberapa parah sebenernya, mas. kemungkinannya 50/50. :)

      Delete
    2. kalau soal obatnya, (meloxicam), sebenarnya harus dicek dlu apakah benar burungnya kena penyakit syaraf atau bukan. namun sebaiknya jangan kasih obat sembarangan tanpa rekomendasi dokter yang sudah melihat burungnya langsung...

      Delete
  3. kata bibi saya ( dulu perawat ) si memang kemungkinan kena sarafnya soalnya dia kjang2 gt :'( n gmana y dok buwat menambh nafsu makanya?? soalnya dia kadang rakus kadang malah males n d buang makananya. fsesnya jg nrmal

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, bibinya perawat hewan ya mas.
      agak susah juga untuk mengetahui sebabnya, karena saya juga gak bisa liat langsung.

      saran saya tetap sama. bawa ke dokter hewan terdekat. :)

      Delete
  4. oh bukan dok :-D dulu perawat d rumahsakit :-D :-D :-D

    ReplyDelete
  5. brusan pingsan lg dok ( kaku ). tak dketin api kalau pngsan jd anget lgsung sadar trus kalau d kasi makan selang beberapa jam d muntahin it kenapa dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana?
      nasehat saya tetep sama. bawa ke dokter hewan aja mas. :)

      Delete
    2. feses masih nrmal pg ini udah g kejang e makan nrmal

      Delete
  6. itulah masalahnya dok :-) di sini g ada dkter hewan :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetep observasi ya mas. siaga aja.
      di kota mas gak ada komunitas bop? cari aja di facebook...

      Delete
  7. Dok cara menentukan burung itu positif terjangkit tbc gimana ya ty

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mengetahui secara pasti burung kena tubercolosis atau nggak, ya tentu dengan bantuan dokter. dan emang sebaiknya begitu, mas... jangan nunggu parah dulu baru dibawa ke dokter, karena fatal kalo sampe kelamaan..

      Delete
  8. Dok, saya baru beli lagi burung celepuk. Sekarang saya beri nama rocky balbulat 😁😁😁
    Saya mau tanya dok, dirumah saya menggunakan obat nyamuk elektrik (mat), apa berbahaya bagi rocky jika saya menyalakan obat nyamuknya ?
    Karna rocky tidak pernah saya taruh di luar ruangan, selalu di dalam rumah, dan sekarang musim hujan jadi banyak sekali nyamuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending hindari, mas. kalo bisa taro di ruangan lain. saya sih berpendapat aman-aman aja, tapi ya siapa tahu....

      sekarang gimana si rocky? rutin kasih super-n ya. dan maaf baru balas.

      Delete
    2. Masih dalam tahap pendekatan sama rocky, usianya udah juvenile, sekarang masih agak2 galak tapi kalau lagi di kasih makan ( FOF ) lumayan ramah, matuk2 pelan, lepas stengah jam galak lagi.

      Delete
    3. maaf karena baru balas.
      hayo laporan. sekarang gimana rocky? :)

      Delete
    4. Rocky sehat dok, nafsu makan nya bagus, masih belum percaya sama saya tapinya, selalu pasang posisi defense setiap kali mau di elus.

      Delete
    5. lanjut lagi.
      omong2, itu yang milih nama mas sendiri? nama itu muncul dari mas sendiri, tiba2 muncul di kepala mas? :D

      nanti saya ceritakan kenapa saya nanya gitu, hehehe....

      sementara lanjut lagi. tetep kasih makan dengan cara disuapin... sering2 ajak ngobrol sambil liat matanya...

      Delete
    6. Itu nama waktu pertama kali milih dia, kepalanya muter muter mirip gerak tipu petinju, dan badan nya bulat, jadilah rocky balbulat ( rocky balboa )

      Omong2 kalau masih belum percaya begini, baiknya di kasih makan di perch atau langsung tahapan FOF dok ? Soalnya rocky gelisah terus kalau di tangan

      Delete
    7. oooh, jadi gitu ceritanya. :D
      jangan, mas. mending pendekatan dulu. istilahnya, manning dulu. biar dia kenal. elus2, suapin pake tangan, ajak main minimal 10 menit sehari... :)

      udah dikasih super-n, mas? :)

      Delete
    8. Oke dok,
      Super n nya rutin tiap hari, cuman rocky minum hanya sedikit2, apalagi kalau habis makan, rocky jarang minum.

      Delete
    9. maaf karena baru balas.

      just info, hati2 karena akhir2 ini cuaca lagi gak bagus buat hewan. mending pindahkan ke dalam ruangan dulu, rutin kasih super-n, rutin kasih makan...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.