Pengertian Musang Monofeed dan Polifeed | Drh. Fira Sovica

Bedanya musang polifeed dan musang monofeed

berkaitan dengan jenis makanan yang dimakan si musang. Banyak pecinta musang dari seluruh Indonesia dan Malaysia bertanya kepada saya tentang musang yang hanya mau makan satu jenis makanan saja. Rata-rata, mereka mengeluh dan khawatir karena musangnya tidak mau makan jenis makanan lain yang diberikan selain yang biasa diberikan sebagai makanan. Oh ya, artikel ini berkaitan dengan artikel cara agar musang mau makan semua jenis makanan.
Pengertian Musang Monofeed dan Polifeed
Image taken from balazsbuzas.com
  • Musang yang hanya mau makan satu jenis makanan disebut musang monofeed.
  • Kelebihan musang monofeed antara lain kepraktisan dalam pemberian pakan. Owner musang hanya cukup menyediakan satu jenis makanan saja, tidak perlu mencari atau mengolah jenis makanan lain. Hal ini tentu lebih memudahkan owner dalam memberikan makanan kepada musang peliharaannya.
  • Kekurangan musang monofeed adalah musang jenis ini cenderung malnutrisi. Musang monofeed hanya mengkonsumsi satu jenis zat gizi saja, sementara zat gizi yang lain kurang terpenuhi. Musang monofeed sangat rentan obesitas, yang tentunya tidak baik bagi musang. Musang obesitas sangat rentan mati. Kenapa musang obesitas rentan mati? Anda bisa membaca artikel saya alasan kenapa musang obes rentan mati. Anda juga bisa membaca artikel saya tentang cara agar musang tidak monofeed.
  • Selain jenis musang monofeed, ada pula musang polifeed, yaitu kebalikan dari musang monofeed. Musang monofeed mau makan jenis makan apapun, baik itu daging maupun buah-buahan.
  • Kekurangan musang polifeed antara lain lebih 'ribet' dibandingkan musang monofeed karena sang owner musang harus menyediakan jenis makanan yang bervariasi untuk musangnya.
  • Kelebihan musang polifeed dibandingkan musang monofeed adalah keseimbangan gizi. Musang polifeed menyerap banyak zat gizi karena keanekaragaman makanan yang diperolehnya. Oleh karena itu, musang polifeed biasanya memiliki postur tubuh yang ideal, tidak kurus namun tidak pula obesitas. Hal ini tentu baik dikarenakan banyaknya akibat buruk akibat obesitas pada musang.
Demikian adalah pembahasan mengenai

pengertian monofeed dan polifeed pada musang

. Artikel ini diharapkan bisa menjadi penambah wawasan bagi siapapun yang ingin musang peliharaan yang sehat. Saran, komentar, dan kritik bisa anda ajukan dibawah ini. (FS)

10 Responses to "Pengertian Musang Monofeed dan Polifeed"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Gini Dok, musang saya udah beberapa kali sya kasih kepiting sawah atau sungai dok, sya masaknya direbus dri airnya menenggelamkan kepiting sampai kuahnya tinggal sedikit. Terus saya campur dengan nasi beserta kuahnya. Sepertinya musang saya suka banget dok, makanya lahap dan kaya orang makan krupuk dok, renyah.
    Nah kalau yg sya baca-baca dok kepiting sawah itu gizinya cukup baik, bahkan efek pda bebek yg diberi pakan kepiting kwalitas telurnya meningkat. Apakah baik juga dok buat Muspan saya, minta saranya dok.
    Terimakasih dan maaf panjang dok. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya saya kurang menyarankan makanan lain buat musang selain daripada buah2an. apalagi jika makanan itu belum terbukti baik buat sistem pencernaan musang.
      namun sekali lagi, saya hanya menyarankan. keputusan tetap ada di tangan mas. :)

      Delete
  3. Dok saya mau tanya.. Jika muspan di beri makan jangkrik atau ulat hongkong yg ada di tukang2 burung itu apakah akan berbahaya utk pencernaan musang dan apakah sifat liarny akan muncul layakny seperti kita memberi makan daging ayam mentah..
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kata siapa mas kalau musang dikasih daging mentah dia akan galak lagi? :)
      silakan baca artikel saya apakah daging ayam bisa membuat musang jinak jadi galak...

      serangga boleh dikasih ke musang, namun sebaiknya jangan terlalu sering. yah, seminggu sekali lah... :)

      Delete
  4. Kalau khusus buah terutama pisang saya selalu ready tiap hari dok, tpi hanya untuk cemilan. Teliti tentang kepiting sawah dong dok, barang kali ada manfaat buat yg lain selain musang. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. baik, saya akan mulai project saya yang baru... :)
      terima kasih mas sarannya. nanti hasil researchnya saya coba share di sini ya...

      Delete
  5. Makasih banget dok, semoga saja ada hasil yg bermanfaat buat masyarakat nanti.. ^_^

    ReplyDelete
  6. Dok kenapa musang saya tidak mau makan buah, bahkan suda saya puasakan 1 hari full tetep aja gak mau makan buah
    Solusinya gimana dok?
    Sebelumnya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur berapa musangnya, mas?

      dan biasa dikasih makan apa?

      coba campur dengan makanannya yang lama.

      bisa juga dengan cara diloloh. alias dimasukkin ke mulutnya. pepaya matang dijus, terus loloh aja ke mulutnya...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.