Cara Merawat Bulu Kelinci | Drh. Fira Sovica

Merawat kelinci dengan bulu pendek

lebih mudan dan lebih simpel dibandingkan merawat kelinci dengan bulu panjang. Karena alasan inilah, bagi anda yang berniat memelihara kelinci yang lebih mudah, sebaiknya pilih jenis kelinci dengan bulu pendek. Namun bagi anda yang 'siap repot', anda bisa memilih memelihara jenis kelinci dengan bulu panjang. Artikel tentang kelinci lainnya yang ada di blog ini antara lain cara mengobati mencret pada kelinci.
Cara Merawat Bulu Kelinci
Image taken from vetwest.com.au


  • Cara merawat kelinci dengan bulu pendek, anda cukup memandikannya seminggu sekali dengan sampo khusus kelinci. Waktu yang tepat untuk memandikan kelinci adalah pagi hari, sekitar jam 7 hingga jam 8 pagi. Cara memandikan kelinci bisa anda baca di artikel tata cara memandikan kelinci. Setelah dimandikan, kelinci bisa dikeringkan dengan cara dilap dengan handuk kering atau dengan menjemurnya selama 5 hingga 15 menit dibawah sinar matahari. Sebaiknya, hindari penggunaan hair dryer untuk mengeringkan bulu kelinci.
  • Merawat kelinci berbulu panjang agak sedikit berbeda dengan merawat kelinci dengan bulu pendek. Kelinci berbulu panjang harus sering-sering disisir dengan sisir khusus bulu kelinci atau sisir kucing. Hal ini tentu untuk mencegah bulu kelinci gimbang (merekat satu sama lain dan membuat kusut). Sisir bulu kelinci sesering mungkin, minimal 2 kali sehari. Kelinci dengan bulu panjang juga dimandikan 2 kali seminggu dengan sampo khusus kelinci. Setelah dimandikan, keringkan bulu kelinci dengan handuk, lalu jemur dibawah sinar matahari selama 5 hingga 15 menit sambil disisir. 
Demikian adalah cara merawat kelinci berbulu panjang dan cara merawat kelinci dengan bulu pendek. Semoga artikel singkat diatas bisa menjadi penambah wawasan dan referensi bagi anda yang memelihara kelinci. Terima kasih. (FS)

2 Responses to "Cara Merawat Bulu Kelinci"

  1. cara membersihkan bulu kelinci yang berwarna kuning karena terkena pipisnya gimana ya dok? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. rajin dimandikan aja, mbak nurul :)
      udah ada kok artikelnya...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.