Cara Mengobati Musang Yang Kena Wasir | Drh. Fira Sovica

Mengobati wasir pada musang

sebenarnya pernah dibahas di artikel cara mengobati ambeien pada musang. Artikel ini bisa dikatakan merupakan pengulangan dari artikel merawat musang yang kena ambeien. Dan berikut adalah tips cara mengobati musang yang kena wasir.
Cara Mengobati Musang Yang Kena Wasir
Image taken from kaskus.co.id
  1. Ciri dan tanda musang yang kena wasir.
  2. Tanda dan ciri fisik utama musang yang terkena wasir adalah menebalnya cincin anus musang. Pada kondisi wasir musang yang parah, bagian dalam cincin anus musang ikut keluar hingga terlihat bagian dalam usus musang ikut keluar. Musang juga terkadang lebih banyak duduk diam di dalam kandangnya. Jika tidak ditangani dengan cepat, maka wasir pada musang akan membawa dampak yang lebih parah seperti membusuknya anus musang dan biasanya berakhir dengan kematian.
  3. Penyebab wasir pada musang.
  4. Wasir pada musang disebabkan oleh tidak seimbangnya asupan makanan musang. Terlalu banyak asupan protein, kurangnya serat, serta kurangnya asupan air adalah penyebab utama wasir pada musang. Jika kurang penanganan, wasir akan merusak sistem pencernaan musang yang merupakan bagian terpenting dari kesehatan musang itu sendiri. Jika sistem pencernaan musang rusak, maka penyakit lain akan mudah menjangkiti musang. Maka dari itu, diperlukan penanganan yang tepat dalam mengobati wasir pada musang.
  5. Cara mengobati wasir pada musang.
  6. Perlu penulis tegaskan lagi bahwa wasir pada musang hendaknya diobati dengan cepat. Jika anda melihat cincin anus musang agak menonjol dan berwarna merah, sebaiknya segera lakukan tindakan pengobatan wasir pada musang. Musang yang menderita wasir sebaiknya diubah pemberian makannya. Berikan makanan hanya berupa buah-buahan matang seperti pisang dan pepaya. Penulis sendiri menyarankan pemberian pepaya matang untuk mengobati musang yang wasir. Pemberian madu murni bisa diberikan dengan mencampur madu murni dengan minuman musang. Jika kondisi wasir pada musang sudah parah, sebaiknya bawa segera ke dokter hewan terdekat untuk dilakukan tindakan operasi.
Demikian adalah tips

cara merawat musang yang kena wasir

. Artikel cara mengobati musang yang kena wasir ini diharapkan bisa membantu para pecinta musang dalam memelihara musang peliharaan anda. Terima kasih. (FS)

49 Responses to "Cara Mengobati Musang Yang Kena Wasir"

  1. dok saya baru adop muspan umur 5bln seminggu yg lalu,sepertinya hasil tangkapan,,karakter galak banget,,dia gak mau makan kalo ditungguin,saya coba handfeed tapi nyerang terus,,solusinya gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih aja makan. biarin gak ditunggin juga.
      dan coba jinakkan. cara menjinakkan musang bisa mas search di menu cari artikel. banyak artikel lain juga mengenai menjinakkan musang di blog ini. misalnya, coba search HAL YANG SALAH DALAM MENJINAKKAN MUSANG dan IMPRINT PADA MUSANG....

      yg terpenting dalam menjinakkan musang adalah menghilangkan rasa takut dan rasa takut dilukai. makin mas takut, dia makin berani. dan makin mas takut dia melukai mas, dia akan menyerang mas.... :)

      Delete
  2. sudah sering saya pegang sekali sehari(pakai gloves),,tapi dia coba gigit terus sampai gusinya luka luka(gigi sudah di pangkur)..sekarang nafsu makannya turun,sudah saya kasih curcuma plus tetep aja gak mau makan,makannya cuma pas malam hari itupun sedikit,saya harus gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo begitu, coba mas beli paracetamol di apotik. satu tablet potong 2 bagian sama besar, tumbuk hingga halus, lalu tambahkan ke air minumnya... biar dia minum 3x sehari, pagi, siang, sore....
      makanan sebaiknya tetap diberikan meski sedikit.... pangkurnya ke dokter hewan atau sendiri mas?? :)

      Delete
  3. baik dok nanti saya coba,kurang tau dok mungkin di pangkur sama owner sebelumnya dok..tadi saya ajak main kurleb 30menit masih suka nyerang,tapi dikit" sudah mau di handfood.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau musang nyerang itu sebenernya wajar. mereka memang hewan buas...
      sabar aja sambil terus interaksi sama di... handsfeed terus, sering ajak jalan, sering taro di pundak... :)

      Delete
  4. oke dok,pemberian paracetamol apakah boleh diberikan bersamaan dgn susu/curcuma plus dok?

    ReplyDelete
  5. Dok, saya mau tanya, apa penanganan sugar glider yg terkena wasir juga sama.dengan yg di tulis di atas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. relatif sama. kasih buah aja, pepaya lebih bagus.
      silakan mas baca artikel cara mengobati sugar glider yang kesulitan buang air.... :)

      Delete
  6. Hai dok, musang saya terkena wasir baru semalam, bagaimana penangannya?kalau saya tekan kedalam wasirnya apakah bisa berakibat fatal?Kasihan sekali musangnya.. Trimaksih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. penanganan musang yang kena wasir bisa mas baca di artikel di atas... :D
      jangan ditekan. bahaya. praktekkan saja cara di atas.

      Delete
  7. Dok, penangan otter yg wasir bagaimana ? Sama juga seperti musang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak riskan kalau otter kena wasir.
      mungkin bawa aja ke dokter hewan, mbak. saya gak jamin bisa sembuh kalau pakai cara di atas. :)

      Delete
  8. Asalamualakum dok ....
    Dok mau minta saran.a ...musang saya umur sekitar 4 bulan, kena wasir mungkin gara2 sering d kasih nasi kecap terus oleh pemilik lama.a ... Sekarang udah saya stop nasi kecap.a tapi ga mau makan apa2 dok udah d kasih pepaya sama pisang yg d potong kecil2 ga ada yg d sentuh sedikit pun ... Saya coba d kasih susu, sari kurma, pisang dan pepaya yg d blender lalu d suntikan ke musang.a ... Awalnya dia mau nelen tpi lama kelamaan musangnya langsung muntah dok .... Minum jg ga mau ... Sarannya gimana dok

    ReplyDelete
  9. Sebelum.a saya ucapkan trimakasih dok

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. DOk klo musang yg sembelit d kasih mixrolak boleh ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan. cara mengobati musang sembelit udah ada artikelnya.

      Delete
    2. Masalah.a musang saya ga mau makan selain nasi kecap dok ...... Dulu d suntikin jus buah2han masih mau sekarang udah susah banget dok, berontak terus ...... Kalo dipaksa percuma suka d muntahin lagi ..... Solusinya gimana dok ......
      Trimakasih

      Delete
    3. pepayanya di jus aja lalu dipipetkan. atau pakai suntikan.

      mas juga bisa baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja...

      Delete
    4. Klo musang d dalem kandang suka jadi buas dok ..... Tpi klo udah d keluarin terus d pegang sekitar 10 menitan langsung jinak lagi .....

      Delete
  12. dok musang saya kena wasir trus ada benjilan merah kluar . apa ada cara pengobatan lain selain melakukan oprasi dok?
    pemberian obat apa untuk mengobatin wasirnya?
    pemberian makan apa yg baik jiga musang sudah terkena wasir dok?
    terimakasih

    ReplyDelete
  13. Dok maaf saya lancang,saya ingin minta wa dan ingin tanya tanya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak membuka japri (jalur pribadi). :)
      kalau ingin bertanya, apapun itu, via komentar di sini aja. pasti saya balas.

      Delete
  14. Dok maaf saya lancang,saya ingin minta wa dan ingin tanya tanya dok

    ReplyDelete
  15. Dok, biaya operasi musang yang terkena wasir berapa ya dok? Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur saya kurang tahu. kalau perkiraan sih sekitar 850 sampe 1,5jt mas.
      emang gak bisa diobati dulu dengan cara pemberian buah?

      Delete
  16. Malm bu doktr.says mau tanya.saya punya musang umur 2,5 blnan. Kenapa ya ko dri dlm klamin nya.kluar cairan yng bauu kaya nanah gt (ma'af). Musang ny betina.?mohon solusi ny bu doktr.gmna cara ngobatin ny. Trimakasii

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 bagian kelaminnya?
      sejujurnya saya takut infeksi sih.

      nanahnya gimana? bau nggak?

      dia suka garuk2 bagian kelaminnya?

      udah coba dibersihkan?


      kabari lagi. untuk jaga-jaga, mbak baca aja dulu artikel DOSIS AMOXICILLIN UNTUK HEWAN, baca aja dulu ya. jangan dipraktekkan dulu. saya mau lihat jawaban dari pertanyaan di atas... :)

      Delete
  17. Engga buu dokctr.gak pernh garuk2 d bagian klamin. Paling cuma d jilat2 n gt. Lumayan bauu dok. Trus klw di Kasih makn telor rebus malh makin parah makin bnyak keluar cairan ny gt. Suka d bersiahin tiap hari jg di lap pake kapas. Tp klw dari musang ny sendri mh sehatt dok makn ny jg banyak trus dan.lincah jg suka brcanda gt sma sya. Cuman itu aja buu doktr. Klamin ny gt. Sya harus gimna yaa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending jangan dikasih makanan yang mengandung protein dulu. kasih makan buah aja selama seminggu ini. sambil diobservasi apakah cairannya masih keluar atau nggak....

      Delete
  18. Minal aidzin walfaidzin buu docktr. Ma.f bru bisa bls. Ohh iya dok okk saya coba saran dri bu docktr. Soalnya ampe skarng jg masih kluar cairan ny dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, saya juga minta maaf karena baru balas, mas...

      sekarang gimana keadaan musangnya mas?

      Delete
    2. Dok ini punya saya musangnya kok nggak mau makan buah" an sudah saya kasih pepaya juga tidak mau,makannya juga susah terus di anusnya itu ada benjolannya itu kenapa dok?? Cara pengobatannya bagaimana?

      Delete
    3. umur musangnya berapa?
      kalau diatas 3 bulan, dipuasakan aja. cek artikel saya, cara agar musang mau makan apa saja.

      saran lain: bawa ke dokter hewan terdekat....

      Delete
  19. Assalamualaikum. Buu docktr. Buu si reva musang sya.blm juga smbuhh.pdahal sya udh ikutin saran dri buu docktr. Kmarin kurng lbih 1.minggu. Makn ny cuma pisang sma pepaya.tp smpy skrng cairan ny masih ada mlahan kadang2 cmpur ada darah ny buu docktr. Hrus gimna lgi ya dock soalnya d daerah sya ini gda docktr Hewann.mohon minta solusi penyembuhan ny gimna dock. Sblm ny Trmaksi & ma.f ganggu mlm2

    ReplyDelete
  20. dok musang saya engga mau makan buah umur nya 3 bulan lebih mau nya makan nasi cmapur daging

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah 3 bulan lebih?
      coba praktekkan artikel CARA AGAR MUSANG MAU MAKAN APA SAJA

      Delete
  21. Selamat pagi dok .. saya ada musang pandan dah 1 minggu ini dia susah BAB nafsu makan juga kurang.. BAB sedikit tapi berulang2 seperti orang sembelit .... ditempat saya hampir tdk ada dokter yg paham musang ( kucing dan anjing saja ) saya sudah x ray dan ini hasilnya .. semoga dokter bisa memberi penjelasan kepada saya untuk penanganan terbaik.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas, mas... :(

      upload gambarnya di bagian silakan upload gambar, lalu linknya taro di komentar, mas....

      kasih makan buah aja. pepaya. terus air minumnya kasih air kelapa. lakukan secepatnya. sekarang.

      dan jangan dikasih makanan lain selain itu....

      dan coba mas beli obat pencahar yang dimasukkan lewat anus. kayak dulcolax. tapi yang dimasukkan lewat anus ya. bukan yang diminum.

      Delete
  22. Dok musang saya kan hamil tapikok di kelaminya keluar cairan kaya nanah apakah bisa diobati?

    Penyebabnya apa?
    Apakah musang hamil boleh minum susu ibu hamil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bukan nanah, cuma kayak hormon gitu. biarin aja.
      jangan dikasih susu manusia, mas.

      cek artikel saya, cara merawat musang hamil

      Delete
  23. Dok misang saya umir 3 mingu dia kalu pup hanya malam saja apakah itu sakit dok?

    ReplyDelete
  24. Dok musang saya murung trs itu knp ya dok susah makan . Pas saya liat dia cmn pipis doang gada pub nya sm sekali . Itu wasir yaa ? Kasian dok udh mau sekarat apalagi klo napas kaya sekarat tolong dibntu dok . Slama ini mkannya hanya pisang aja . Kadang di campur buah lain jg klo kg gda pisang.

    ReplyDelete
  25. Maaf dok musang saya sering nempelin bagian buang air besarnya kaya ngeden gtuh dok kenapa ya, obatnya apa dok umur kurang lebih 3 bulam

    ReplyDelete
  26. dok... ada dr hewan yg bilang gk boleh asal ngasih amoxilin buat hewan..pa lagi para setamol....
    saya mau nanya muspan saya birhi...tapi knpa dia banyak diam ya....

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.