Membersihkan Kandang Hewan Yang Kena Scabies | Drh. Fira Sovica

Cara

membersihkan kandang hewan yang terkena scabies

memang membutuhkan perhatian khusus. Hal ini agar biang kerok penyebab scabies bisa dimusnahkan dari seantero kandang dan mencegah penularan penyakit scabies ke hewan lain yang akan menempati kandang tersebut.

Membersihkan Kandang Hewan Yang Kena Scabies
Image taken from animalradio.com

Membersihkan kandang bekas hewan yang terkena scabies mudah saja. Berikut adalah cara membersihkan kandang hewan yang terkena scabies:
  1. Pindahkan hewan yang kena scabies ke kandang karantina yang telah disediakan.
  2. Agar kutu scabies tidak menular kepada anda, pegang hewan yang terkena scabies tersebut dengan sarung tangan karet dan tempatkan kandang tersebut di kandang karantina. Agar kutu scabies tidak menyebar, tempatkan kandang karantina di ruangan khusus yang jauh dari jangkauan hewan lain. Lakukan perawatan khusus untuk hewan yang terkena scabies. Anda bisa membaca artikel tentang cara mengobati scabies pada kucing, tentang cara mengobati scabies pada anjing, dan cara mengobati scabies pada musang. Lakukan pengobatan kepada hewan yang terkena scabies hingga hingga scabies benar-benar sembuh.
  3. Bersihkan kandang hewan yang telah kosong dengan menyiramkan air hangat dicampur desinfektan merk Neguvan atau Asuntan secara merata.
  4. Pastikan semua senti permukaan kandang dan jeruji kandang terkena air, kemudian sikat setiap bagian kandang secara menyeluruh. Anda juga bisa menggunakan desinfektan bermerk lainnya yang banyak dijual di toko perlengkapan hewan, cukup pastikan kalau desinfektan yang anda gunakan memang dikhususkan untuk membunuh tungau penyebab scabies.
  5. Setelah setiap bagian kandang dibasahi dan disikat, siram dengan air yang mengalir secara merata hingga sisa desinfektan hilang.
  6. Jemur kandang di bawah terik matahari selama 1 atau 2 jam hingga kandang yang basah kini kering sempurna.
Demikian adalah cara membersihkan kandang hewan yang terjangkit kutu scabies. Semoga artikel singkat tentang

cara membersihkan kandang hewan yang terkena scabies

di atas bisa membuat anda lebih aware lagi dalam mencegah scabies pada hewan dan mengobati scabies pada hewan. Saran, komentar, dan konsultasi akan kesehatan hewan bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

0 Response to "Membersihkan Kandang Hewan Yang Kena Scabies"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.