Cara Memelihara Ikan Guppy | Drh. Fira Sovica

Ikan guppy banyak dipelihara karena warnanya yang bermacam-macam serta kemudahan memelihara. Ikan guppy juga memiliki harga jual yang relatif stabil dibanding ikan hias lainnya. Jenis ikan eksotis lain yang pernah penulis bahas adalah cara memelihara ikan buntal.
Memelihara Ikan Guppy
Image taken from zonaikan.wordpress.com

Memelihara ikan guppy

membutuhkan beberapa syarat khusus dan perlengkapan memelihara ikan guppy. Berikut adalah cara merawat ikan guppy yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sendiri:
  1. Siapkan akuarium berukuran standar beserta perlengkapannya. Anda juga bisa menggunakan aerator agar kadar oksigen dalam air bisa terjaga. Usahakan agar suhu air bersuhu kamar, tidak terlalu dingin juga tidak terlalu panas. Inilah penyebabnya kenapa akuarium tempat memelihara ikan guppy tidak boleh ditempatkan dalam ruangan ber-ac.
  2. Pilihlah ikan guppy yang dipelihara, pilih ikan guppy yang sehat. Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih ikan guppy yang sehat adalah dengan cara melihat di tubuhnya. Ikan guppy yang sehat tidak memiliki bintik-bintik putih yang disebabkan oleh penyakit white spot di tubuhnya. Seperti halnya penyakit white spot pada jenis ikan hias lain, penyakit white spot pada ikan guppy disebabkan oleh bakteri. Ciri ikan guppy yang sehat lainnya adalah ikan guppy bergerak aktif di dalam air. Setelah memastikan ikan guppy sehat, maka anda bisa memasukkan ikan ke dalam akuarium pemeliharaan.
  3. Makanan ikan guppy cukup diberikan 2 kali sehari, pagi dan petang. Makanan ikan guppy adalah pellet berukuran kecil standar ikan hias. Karena ukuran mulut ikan guppy yang kecil, sebelum diberikan sebaiknya pellet makanan ikan guppy dihancurkan terlebih dahulu. Sebaiknya jangan sampai ada sisa makanan yang tertinggal di dalam akuarium setelah ikan guppy selesai diberi makan. Angkat makanan yang tidak termakan dari dalam akuarium.
  4. Ganti air dalam akuarium tempat memelihara ikan guppy 2 minggu sekali atau jika air dalam akuarium sudah terlihat keruh. Siapkan wadah berisi air, pindahkan ikan guppy dari dalam akuarium ke wadah tersebut, kemudian kuras dan bersihkan akuarium. Perhatikan sudut akuarium dari kemungkinan tumbuhnya lumut, sikat dengan sikat gigi bekas.
    Setelah yakin semua bagian akuarium bersih, siram dengan air, bersihkan lagi, kemudian isi air. Masukkan kembali ikan guppy ke dalam akuarium. Jaga kebersihan aquarium dan air tempat memelihara ikan guppy agar ikan guppy peliharaan tetap sehat.
Demikian adalah

cara memelihara ikan guppy

. Bagi anda yang mencari info tentang cara memelihara ikan guppy semoga artikel diatas bisa membantu anda dalam merawat ikan guppy. Saran, komentar, serta konsultasi bisa ditulis di bawah ini. Terima kasih. (FS)

0 Response to "Cara Memelihara Ikan Guppy"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.