Cara Mengobati Salvator Mogok Makan | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa cara

mengobati salvator yang mogok makan

, sesuai dengan penyebab salvator mogok makan yang pernah saya ulas di artikel penyebab mogok makan pada salvator. Pada kesempatan kali ini, saya akan mengetengahkan tema tentang mengobati mogok makan pada salvator.
Cara Mengobati Salvator Mogok Makan
Image taken from fobi.web.id

Inilah beberapa cara mengobati salvator yang mogok makan. Mengobati mogok makan pada salvator ini penulis rangkum berdasarkan pengalaman penulis sebagai dokter hewan.
  • mengobati salvator yang mogok makan karena flu.
  • Mengobati salvator mogok makan karena flu bisa dilakukan dengan menjemur salvator yang mogok makan dibawah sinar matahari dibawah jam setengah 9 pagi sambil direndam dengan air hangat. Lakukan penjemuran ini selama 5 hingga 10 menit, kemudian angkat salvator dari wadah penjemuran dan keringkan. Sebagai treatment, anda bisa memberikan minyak ikan kepada salvator setelahnya. Tusuk minyak ikan, sodorkan ke depan mulut salvator, kemudian tekan butir minyak ikan secara perlahan hingga isi minyak ikan keluar dan dimakan oleh salvator.
  • mengobati salvator yang mogok makan karena salah makan.
  • Seperi yang saya tulis di artikel penyebab mogok makan pada salvator, kadang kala mogok makan pada salvator disebabkan oleh salvator yang tidak sengaja memakan cocopeat yang menjadi alas kandangnya. Jika penyebab mogok makan pada salvator adalah karena memakan cocopeat, maka cara menyembuhkan salvator yang mogok makan karena memakan cocopeat adalah dengan cara membawanya langsung ke dokter hewan. Hal ini penting karena bisa saja cocopeat yang dimakan salvator akan menyebabkan penyakit yang lebih serius di dalam tubuh salvator tersebut.
Demikian adalah

cara mengobati salvator yang mogok makan

. Artikel di atas diharapkan bisa membantu para pecinta salvator dalam mengobati salvator yang mogok makan. Kritik dan konsultasi bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

87 Responses to "Cara Mengobati Salvator Mogok Makan"

  1. terima kasih Dok.. artikelnya membantu :)

    saya baru beli salva di pasar hewan Dok,ukurannya 50cm..
    setelah ssampai di rumah,sy kasih mencit.. tp sampai skrg blm di makan,
    itu knp ya Dok??

    ReplyDelete
  2. Selamat malam dok,
    Salva saya berukuran 35cm, sedang pilek, makan 5 hari sekali cuma sedikit, badannya mulai kurus, buang kotoran sehari sekali.
    Akhir akhir ini sering bersin dan mengeluarkan suara berdesis kasar seperti sedang membuang dahak.
    Cairan yg keluar dari hidungnya sudah 2 hari berwarna kemerahan seperti berdarah.
    Bagaimana pengobatannya ya dok?
    Sejauh ini saya jemur setiap pagi sambil direndam air hangat. Kandang pake alas koran selalu bersih, lampu spot 40watt dipakai setiap malam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oia, sakitnya sudah sekitar 15 hari

      Delete
    2. JANGAN DIRENDAM PAKAI AIR HANGAT MAS. :(
      karena perkiraan saya, ada infeksi saluran pernafasan akibat bakteri. dan air hangat dapat membuat bakteri di infeksinya makin parah. dihangati pakai lampu bagus, namun sebaiknya jangan terlalu panas juga.

      saran saya, hubungi dokter hewan terdekat. saya pernah buat daftar nomor telepon dokter hewan di blog ini. mas bisa menghubungi salahsatu dari mereka untuk solusinya. saya bisa saja memberikan resep antibiotik, tapi antibiotik sendiri memerlukan takaran berdasarkan berat badan salva atau reptil itu sendiri... :)

      sehat selalu buat salvanya

      Delete
    3. mau tanya dok
      salva saya ini udah lama dipelihara sekitar 9 bulan
      gak pernah ada masalah sebelumnya dok
      tp ini kok mogok makan ya dok
      saya peliharanya sudah mulai baby dok, dan salvanya sudah teramat jinak
      untuk alas sih saya gak pernah pakai cocopead dok
      saya cuma pakai alas koran dok
      untuk gejala atau kena flu juga gak dok
      gak pernah bersin dan dia masih aktif di kandang dok
      mohon pencerahannya dok

      makasih :)

      Delete
  3. mau tanya dok
    salva saya ini udah lama dipelihara sekitar 9 bulan
    gak pernah ada masalah sebelumnya dok
    tp ini kok mogok makan ya dok
    saya peliharanya sudah mulai baby dok, dan salvanya sudah teramat jinak
    untuk alas sih saya gak pernah pakai cocopead dok
    saya cuma pakai alas koran dok
    untuk gejala atau kena flu juga gak dok
    gak pernah bersin dan dia masih aktif di kandang dok
    mohon pencerahannya dok

    makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu diingat2 juga sebelumnya dia dikasih makan apa atau diingat2 dia kenapa. takutnya ada luka, perubahan suhu kandang yang mendadak yang menyebabkan dia stress, atau dia tidak sengaja memakan bedding, dll.... banyak sebab sebenernya... kalau mas bener2 gak tau dia kenapa, saya sarankan mending bawa ke dokter hewan saja.....

      mang selama ini dikasih makan apa mas?

      Delete
  4. selamat malam dok, saya mau tanya sudah hampir sebulan samba saya mogok makan itu penyebab & obatnya apa yah ??? sama kakinya bengkak sebelah ??? padahal sekarang udah rutin jemur lagi flu basah & flu keringnya pun sudah sembuh ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi karena kakinya bengkak, dia merasa tidak nyaman dan menyebabkan mogok makan.
      saran saya sih bawa ke klinik aja agar bisa dilakukan tindakan yang lebih tepat untuk mengetahui sebabnya mas.... dijaga kebersihan kandangnya... :)

      Delete
  5. Dok mau tanya. Jadwal makan dan alas kandang yg bagus buat baby salva itu apa yah ? Thanks dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat baby salva, bedding/alas kandang yang bagus adalah koran bekas yang bersih. jangan pakai cocopeat atau lainnya karena kalau termakan, bisa bikin salva sakit...

      jadwal makan 3x sehari dengan porsi yang disesuaikan. sering2 ajak main, sering2 elus, karena semua reptil bisa baca pikiran kita dari sentuhan tangan. kayak kuda. :)

      Delete
  6. Dok mau tanya. Jadwal makan dan alas kandang yg bagus buat baby salva itu apa yah ? Thanks dok

    ReplyDelete
  7. Maaf tanya lagi dok. Bagus mencit apa jangkrik untuk baby?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangkrik dan pinkies berukuran kecil.
      tau kan pinkies? bayi tikus putih...

      Delete
  8. Okee. Makasih banyak dokter fira:) sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2. mas bisa kembali kemari jika ada yang ditanyakan... :)

      Delete
  9. Dok, baby saya ga mau makan pinkies dr kmrn knp yah? Apa karena udh biasa dikasih jangkrik?
    Trs suka kaya bersin itu kenapa yah? Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bersin, kemungkinan karena kedinginan. kandangnya gak dikasih lampu? atau ruangannya terlalu dingin ya? coba dijemur tiap pagi selama 10 hingga 15 menit, dibawah sinar matahari sebelum jam 9 pagi.

      iya, kemungkinan karena belum terbiasa dikasih makan pinkies. taruh aja, tinggalin. nanti juga biasanya dimakan sendiri. atau bisa juga dilukai sedikit. biasanya dia akan lebih bernafsu kalau ada darahnya..

      Delete
  10. dokter mau tanya, saya baru beli salva jinak banget, saya masih pemula . ketika saya beri makan , trus langsung saya ajak main, langsung deh muntah, pertanyaan saya , bisa mogok makan sampai berapa hari ? dan bagaimana penanganannya, karena saya udah explore gak ada artikelnya, sebelumnya terima kasih banyak dok,, saya pemula banget dok maklum

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduuwh, kenapa abis dikasih makan langsung diajak main, mas? :(
      semua reptil kalau abis dikasih makan, diamkan dulu sel;ama 1 atau 2 jam sampe makanannya tercerna, baru bisa diajak main....

      sebelumnya maaf karena baru balas.... :(

      Delete
  11. Udah mau makan sekarang dok, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. fiuh, syukurlah... saya ikut senang... :)
      kabari terus ya mas...

      Delete
  12. Udah mau makan sekarang dok, terima kasih

    ReplyDelete
  13. Dok, mau tanya. Saya punya baby salvator udah hampir sebulan telinga sebelah kiri bengkak terus nda mau makan. Itu gimana mengatasinya dok ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. awal bengkaknya kenapa mas?
      dia suka garuk2 bagian yang bengkaknya?

      kemungkinan dia gak mau makan karena ngerasa kesakitan dengan bengkaknya. hmm, kalau boleh saya sarankan, mending bawa ke dokter hewan terdekat. soalnya terlalu banyak kemungkinan penyebabnya...

      Delete
    2. Dia biasa aja dok, Sekarang dia lebih suka diam. Sampai sekarang belum mau makan, kemarin sudah dikasih minyak ikan tapi ndak mau makan juga. Kira kira di Kasih obat apa yah, soalnya di sini susah cari dokter hewan

      Delete
    3. jangan dikasih minyak ikan, malah terganggu nanti sistem pencernannya.
      coba kasih daging emprit. mas siangi burung emprit, kemudian ambil dagingnya aja. cacah2 kecil2. dan taro di kandang salvanya. biasanya kalau makanan fresh kayak gitu dia lebih nafsu makan.....

      kalau emang gak mau makan juga, coba aja cacah lagi dagingnya sampe kecil2 banget, terus coba masukkin ke mulutnya dia...

      untuk bengkaknya, saya butuh info mengenai berat badan salvanya. saya tunggu ya mbak...

      oh ya. fesesnya gimana? mencret atau normal?

      Delete
  14. Dok mau nanya ini salva saya sudah disediakan jamgkrik dan setiap pagi saya jemur tapi kok engga mau makan juga yah dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek fesesnya/tahinya. apakah ada perubahan dari bentuk dan warnanya atau baunya? karena cara melihat hewan sehat atau nggak, bisa dari fesesnya.. tahinya...

      sayangnya mas juga gak ngasih tau dia udah berapa lama mas pelihara, terus umurnya juga mas nggak kasih tau.... agak kesulitan saya menganalisanya... :)

      Delete
  15. Selamat Pagi dokter, hari ini saya menemukan salvator di sungai kecil panjang 20 CM sedang berenang mengejar berudu. Setelah saya bawa pulang ditaruh di box plastik P35cmxL20cm kering, saya kasih jangkrik belum dimakan juga, trus saya kasih air segelas supaya jangkrik ngambang tapi belum mau juga. Mohon saran seperti apa kandang yang baik untuk salvator dan saya belum berani elus elus. Terima kasih atas sarannya. Gatot

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      sekarang gimana kabar salvanya, mas? harusnya dikarantina dulu di box kering dan sunyi.

      bisa taro jangkrik, terus tinggalin. bagusnya sih kasih bayi tikus yang masih merah.

      maaf karena baru balas. kabari terus ya mas.

      Delete
  16. Dok saya punya salva baby 20-35cman dia mogok makan karna pilek, udah 4 hari bersin kencang dan sering keluar lendir dari mulut nya.. cara ngatasin nya gimana ya dok??

    ReplyDelete
  17. Hai dok, mau tanya, saya baru beli baby salva 15-20cm kurleb, terus karena terlalu lama di taruh dalam pouch, dia lemas ga gerak" tapi msh hidup. Skrg lagi saya jemur dengan lampu 15watt. Gimana yah dok penanganannya? Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah? baby salva mas taro pouch?
      salvator gak biasa ditaro di pouch, mas. mereka bukan animal pouch. jangan ditaro di pouch, pantes aja stress...

      jangan dijemur. taro aja dikandangnya, didiemin. taro kandangnya di tempat yang gak banyak suara....

      Delete
    2. udah dok, cuma makannya harus di suapin yah? makannya berapa kali sehari yah dok ? saya kasih jangkrik porsinya kira" brpa banyak?

      Delete
    3. emang dari dulu kalo makan harus disuapin, mas?
      sekarang gimana keadaan salvanya?

      iya, sementara ini kasih makan dengan cara disuapi aja dulu. asal dia mau makan.

      cek fesesnya/tahinya. mencret gak?

      Delete
    4. masih lemas dok salvanya, saya baru beli tgl 11 kemarin dok. fesesnya ga mencret tapi kaya berbentuk jangkrik yg udah hancur gtu. porsinya berapa banyak jangkrik dok perhari untuk makannya?

      Delete
    5. tapi masih mau makan?
      tetep kasih makan, meski cuma dikit gak apa2.

      kabarin terus ya mas.

      Delete
    6. gamau dok, tetep aku suapin dibuka mulutnya gitu. dok kalo aku kasih pelet ikan gapapa kan yah? terus minumnya aku sepet. apa dia pilek yah dok? perlu di jemur ga?

      Delete
    7. jangan dikasih pellet ikan mas. gak cocok.
      iya, kasih ikan kecil aja, ikan mas kecil. yang kira2 gampang dimakan.

      masih sama sekarang? masih lemes?
      fesesnya gimana? mencret?

      Delete
    8. masih dok, masih lemes :(
      fesesnya mencret dok..
      terus hidungnya kaya lendir gtu..

      Delete
    9. suka mangap2 juga ya mulutnya?
      coba aja jemur 10 menit, pagi-pagi sebelum jam 9 pagi.

      selebihnya, mas bisa kasih terramycin. tetes ke lubang hidungnya. coba cek artikel saya, cara mengobati pilek pada kura-kura....

      Delete
    10. iyaa dok.. makasih yahh sarannya selama ini.. salvaku kmrn siang udah meninggal, padahal paginya sblm berangkat sklh masih melek dan udah mulai gerak-gerak :"( tapi siangnya dia udh ga ada :(

      once again, thanks banget yah dok saran"nya 🙏🏻

      Delete
    11. Dokter maaf saya mau nanya.. saya pemula memelihara biawak ukuran skitar 1meter.. udah 3 hari ga mau makan.. udah tak kasih daging ayam, telur puyuh rebus, jangkrik, ikan mati dan burung hidup ttp ga dimakan.. udah tak ksih minyak ikan tp juga ga dimakan dok.. trs udah dijemur.. satwa nya agak liar jd takut ngamuk kl dibawa ke dokter dok.. jd msti gmn saya dok?

      Delete
    12. Dokter maaf saya mau nanya.. saya pemula memelihara biawak ukuran skitar 1meter.. udah 3 hari ga mau makan.. udah tak kasih daging ayam, telur puyuh rebus, jangkrik, ikan mati dan burung hidup ttp ga dimakan.. udah tak ksih minyak ikan tp juga ga dimakan dok.. trs udah dijemur.. satwa nya agak liar jd takut ngamuk kl dibawa ke dokter dok.. jd msti gmn saya dok?

      Delete
    13. Dokter maaf saya mau nanya.. saya pemula memelihara biawak ukuran skitar 1meter.. udah 3 hari ga mau makan.. udah tak kasih daging ayam, telur puyuh rebus, jangkrik, ikan mati dan burung hidup ttp ga dimakan.. udah tak ksih minyak ikan tp juga ga dimakan dok.. trs udah dijemur.. satwa nya agak liar jd takut ngamuk kl dibawa ke dokter dok.. jd msti gmn saya dok?

      Delete
    14. sebelumnya maaf karena baru balas. saya abis keluar kota kemaren....

      harusnya begitu sampe rumah, biawaknya taro dulu di ruangan sepi. biar dia gak stress. iya, dia gak mau makan dll kemungkinan karena stress. salahnya adalah mbak malah jemur dia. ya tambah stress, hehehe...

      sekarang gimana keadaan biawaknya?

      sebagai pemula, mbak yakin bisa pelihara biawak segede itu? udah jinak biawaknya atau masih nyerang?

      sekali lagi maaf karena saya baru balas. ditunggu jawabannya... :)

      Delete
  18. dok mau tanya..salva saya ukuran 40cm, sekarang kok jadi suka ngumpet terus dibawah alas koran yaa padahal 3 hari semenjak saya beli masih oke2 aja normal dan makan lancar, saya kasih tempat ngumpet tetep aja larinya kebawah alas koran terus...skrg jg makannya sedikit tp dia gak pilek atau sakit apapun dok,,fecesnya jg normal,,
    itu knp ya dok?? trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarang mas ajak main ya? bener? coba lebih sering lagi diajak main...

      kalo nafsu makannya bagus dan fesesnya juga oke, serta gak ada tanda2 pilek, saya kira dia masih sehat...

      Delete
  19. dok mau tanya..salva saya ukuran 40cm, sekarang kok jadi suka ngumpet terus dibawah alas koran yaa padahal 3 hari semenjak saya beli masih oke2 aja normal dan makan lancar, saya kasih tempat ngumpet tetep aja larinya kebawah alas koran terus...skrg jg makannya sedikit tp dia gak pilek atau sakit apapun dok,,fecesnya jg normal,,
    itu knp ya dok?? trmksh

    ReplyDelete
  20. Saya mau tanya dok,saya baru beli salva baby 3 hari yg lalu,hari kedua saya kasi filed ikan tapi gk mau di makan,terus tadi saya kasi makan dengan cara di suap di buka mulut nya,apakah itu gk apa apa dok??
    Terus vitamin yg baik buat salva apa ya dok,dan berapa kali pengadilan dalam seminggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 dikasih makan dengan cara disuapin begitu kok. asal kecil2 aja kasih makannya. jangan kegedean potongan dagingnya... :)

      Delete
    2. Iya dok,makasih ya dok,
      Terus dok kalo vitamin dan kalsium yg bagus buat salva apa ya dok?

      Delete
    3. untuk kalsium dan vitamin d, biasanya saya menyarankan merk exoterra, mas... :)

      Delete
  21. dok salva saya,sudah saya kasih minyak ikan dan di jemur serta direndam make air hangat kok tetap tidak mau makan dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab sih mas. tergantung mogok makannya karena apa.
      pertama cek fesesnya. tahinya. apakah mencret atau nggak.
      terus cek juga lubang hidungnya, apakah keliatan kayak pilek atau nggak.

      kalau mau pasti sih sebenernya mending mas bawa ke dokter hewan aja...

      Delete
  22. dok mau tanya, saya punya savannah monitor, akhir-akhir ini stok mencit pakan di daerah saya susah dapetnya. dan terpaksa saya kasih makan daging ayam. selama setahun melihara, pengalaman savmon saya 40% muntah setelah makan daging ayam selang 3-4 hari setelah makan.
    pertanyaannya, apakah ada solusi buat pakan savmon saya? kalau bisa masih menggunakan daging ayam karena masih mudah nyarinya. makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilih daging ayam yang fresh. maksudnya bukan bekuan. mas bisa beli anak ayam atau anak puyuh, potong, terus ambil dagingnya aja....

      dan sebelum dikasih cacah dulu.... :)

      Delete
  23. Dok kalau cara ngobatin salva cacingan caranya gmana

    ReplyDelete
  24. Maap dok mau tanya salvator saya udah 3 bulanan terus 2 minggu ini dia gak mau makan knp ya dok?? Trus pas di rendah itu kluar lendir dari mulut ama idung ya itu knp ya dok?? Terus gmna cara mengatasinya dok??

    ReplyDelete
  25. Maap dok mau tanya salvator saya udah 3 bulanan terus 2 minggu ini dia gak mau makan knp ya dok?? Trus pas di rendah itu kluar lendir dari mulut ama idung ya itu knp ya dok?? Terus gmna cara mengatasinya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? mencret?
      cuaca emang lagii gak bagus buat reptil.

      jangan sampe kedinginan. taro di dalam ruangan aja kalo ujan atau kalau malem.

      Delete
  26. Selamat pagi dok, mau tanya Saya ada baby savmon Yang makan harus disuapi, nah cara biar baby savom tersebut makan sendiri gimana ya? Trimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih cacahan daging kecil-kecil, mas.
      kalau masih baby sih suapi aja, biar dia kenal sama kita nantinya. biar jinak dan bonding sama kita. kalau makan sendiri, malah nggak jinak nanti.... :)

      Delete
  27. Malam dok. Saya nemu salvator, sempat saya ikat kaki tangan mulutnya, pake lakban. Nah, saya taro di akurium, alas Koran sama tempat air. Dia lebih sering berendem di air. Gamau makan. Udah kasih ikan, jangkrik, ayam, gadimakan juga. Feses ya mencret. Knp ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara taro di daratan aja mas. jangan di air. terus coba kasih anak ayam. terus tinggal (jangan diliatin). anak ayamnya anak ayam idup. biarin aja di ruangan itu sendirian, 6 sampe 12 jam...

      Delete
  28. Dok salva saya kalo makan maunya di suapin mulu (dipaksa buka mulutnya) baru mau dimakan sama dia, solusinya gimana ya dok biar dia mau makan sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih makanan yang keliatan lemah. kayak bayi tikus yang masih merah dan belum ada bulunya (pingkies). biasanya salva lebih nafsu makan kalo begitu.... taro, terus tinggal aja. tiap 30 menit cek.

      Delete
  29. Dok Salva saya mata yg kanan ga mau kebuka itu kenapa ya sy pernah obatin pake rebusan daun sirih udah kebuka lagi tapi pas bsok nya malah ga kebuka buka lagi sampe sekarang . Gimana cara mengobati nya ya dok makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2? terutama sekitar matanya?agak riskan sih... kalo boleh saya saran, mending bawa ke dokter hewan aja mas. bisa saya rekomendasikan pake obat tetes mata gentamicyn, tapi saya gak janji bisa sembuh.... soalnya saya nggak bisa liat salvanya langsung...so, saya merekomendasikan, bawa ke dokter hewan. atau kalau mas mau ambil resiko, beli obat tetes mata gentamicyn, terus tetesin ke matanya. dengan catatan: do at your own risk...

      Delete
  30. Dok mau tanya, br adopt varanus nebulosis panjang sekitar 70cm tp lemot bgt diem aja gk mau bergerak. Dikasih makanan jg gk mau dimakan. Apa yg harus dilakukan agar nebu saya bisa aktif lg dan mau makan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesny gimana mas? mencret?
      nebu-nya tangkapan liar atau tadinya dipelihara sama orang?

      mending karantina dulu. taro di ruangan sepi.
      mas bisa kasih air jahe juga, tapi jangan sembarangan. ada cara bikinnya di artikel obat alami untuk kura-kura

      Delete
  31. dok salva saya sakit pilek dan disini lagi mendung saya harus apa dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. pindahkan ke dalam rumah, yang agak hangat.
      kasih lampu juga bisa. tapi jangan terlalu deket. kalau terlalu deket, malah dehidrasi nantinya

      Delete
  32. kalo baru dapat gimana biar cepat biawaknya mau makan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karantina dulu. taro di ruangan yang sepi (jangan ada suara mengagetkan). gak gelap gakk apa2, asalkan sepi suara... :)

      setelah 4 jam, coba kaksih makan... :)

      Delete
  33. Dok mau tanya
    Salva baby saya sempet lepas selama seminggu
    Truss ketangkep lagi, tapi pass ketemu sekarang dia kalok di pegang suka pup + gak mau makan
    Itu knapa yha?
    Mohon solusinya
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. stress. biarin aja emang suka gitu.
      mungkin usahakan agar dia kenal sama mas lagi. sering ajak main, kasih makan dengan cara disuapi... :)

      Delete
  34. Dok sy mau tanya, bagaimana menanggani savmon yg muntah terus?setiap sy kasih makan tikus, jangkrik muntah setelah 2-3 hr setelah makan. Pupnya juga sedikit cair tidak padat. Padahal selama 3 bulan yg lalu lancar tdk ada masalah.tetapi klo makan pinkies tdk muntah. trm ksh

    ReplyDelete
  35. dok kenapa ya salva saya ga mau makan padahal tiap pagi suka di jemur terus kandang nya d kasih lampu tetep aja ga mau makan
    tidur mulu lgi tpi lagi ganti kulit salva nya tolong pencerahan nya dok

    ReplyDelete
  36. terus dari mata nya suka ada belek atau keluar air mata kenapa ya dok

    ReplyDelete
  37. Maaf dok saya mau tanya ,salva saya yg ukuran 40cm mogok makan,trus badan ny udah mulai kurus nyampe ekor ny juga kurus banget ,udah 3 hari mogok makan ny dok ,biasa saya kasih jangkrik sama cecak ,trus kandang pake box plastik ...maaf minta saran biar nafsu makan sama keaadan kandang ny harus gimana
    Thks

    ReplyDelete
  38. Dok saya pny varanus auffen sudah seminggu lebih mogok makan padahal minggu lalu masih makan mencit, kondisi tidak pilek dan tidak sariawan , sudah coba jangkrik dan potongan ayam tidak mau makan juga, apa karena pengaruh ganti kulit ya dok? Tapi apa sampai seminggu lebih bgni?

    ReplyDelete
  39. Dok cara mengobati nebu cacingan bagaimana ya

    ReplyDelete
  40. Mau tanya dok salva saya kan udah dapat 1minggu yang lalu saya kasi makan itu dimakan tapi 2/4 jangkrik tapi malu² terus sekarang gak mau makan apa gara² saya free hendele alas pakai foresbrak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo makan, coba jangan diliatin mas. tinggal aja.
      dan kalo bisa, kasih makan pinkies, bayi tikus putih yang merah. kalo gak bisa, ya kasih jangkrik aja.
      taro, terus tinggal aja...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.