Mengobati Ular Mogok Makan | Drh. Fira Sovica

Menangani ular yang mogok makan sebaiknya dimulai dengan mengetahui apa penyebab ular tidak mau makan tersebut. Ada beberapa sebab kenapa ular mogok makan. Nah, artikel mengobati ular mogok makan berikut akan menjelaskan beberapa penyebab kenapa ular nggak mau makan dan cara menangani ular yang tidak mau makan.


Mengobati Ular Mogok Makan
Ada beberapa sebab kenapa ular berhenti makan, diantaranya sebagai berikut:
  • Ular tidak mau makan karena suhu kandang yang terlalu dingin.
  • Seperti yang kita ketahui, ular adalah hewan berdarah dingin. Artinya, suhu tubuh mereka menyesuaikan dengan suhu udara di sekelilingnya. Maka dari itu, penting untuk menjaga agar suhu kandang selalu hangat dan stabil sesuai dengan jenis ular dan usia ularnya. Suhu kandang yang terlalu dingin akan menyebabkan ular mogok makan. Biasanya, ular yang mogok makan karena kedinginan memiliki bentuk feses yang normal (tidak mencret), berbeda dengan ular yang mogok makan karena memang sakit. Maka, jika ular tidak mau makan tapi fesesnya normal, maka cek suhu kandangnya dan naikkan suhu kandang dengan menggunakan lampu penghangat (lampu UVB). Menjemur ular setiap pagi juga diperlukan agar suhu tubuh ular tetap hangat dan metabolismenya stabil.
  • Ular yang mogok makan karena sakit.
  • Penyebab kedua dari kenapa ular tidak mau makan adalah karena ular tersebut sakit. Seperti yang sudah saya tulis di permulaan artikel di atas, ular yang sakit biasanya disertai dengan kondisi feses (tahi) yang berbeda dari biasanya alias mencret. Salahsatu penyakit yang membuat ular tidak mau makan biasanya terletak pada mulut ular. Cek kondisi bagian dalam mulut ular, apakah terdapat bercak putih seperti sariawan di dalam mulutnya? Karena biasanya ular tidak mau makan karena sariawan. Jika ditemukan bercak putih di mulutnya, anda bisa mencoba trik yang saya tulis di artikel cara mengobati sariawan pada ular. Ingin praktis? Anda bisa memberikan suplemen reptile booster yang saya review di artikel cara agar ular tetap sehat.
  • Ular yang berhenti makan karena stress.
  • Stress adalah penyebab ketiga dari sebab ular mogok makan. Stress pada ular bisa disebabkan oleh suhu yang turun naik (tidak stabil), terlalu sering dipegang-pegang, dipegang setelah diberi makan, kandang yang kurang nyaman (terlalu berisik, terlalu ramai), makanan yang kurang, dan lain sebagainya. Tanda ular stress biasanya hanya akan diam di kandangnya (malas bergerak) dan tidak mau makan. Cara mengobati ular mogok makan akibat stress adalah memindahkan ular ke ruangan yang lebih tenang dan pastikan kandangnya memiliki suhu stabil serta makanan yang rutin diberikan sesuai jadwalnya.
Demikian adalah cara mengobati ular mogok makan. Semoga artikel singkat ini bisa menjadi acuan bagi anda semua, para pecinta ular. Masih ada yang mau ditanyakan? Silakan ajukan di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

1 Response to "Mengobati Ular Mogok Makan"

  1. Numpang Promosi ya Min ,,
    Join yuk di EDEN POKER...
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R (.) X Y Z
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10%
    Contact Person :
    WA : +85578633569
    LINK : edenpoker.xyz

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.