Cara Memelihara Babi | Drh. Fira Sovica

Bagi orang muslim, babi merupakan hewan yang dilarang untuk dikonsumsi. Namun, banyak pula orang yang ternyata memelihara babi di sini. Maka dari itu, saya membuat artikel ini untuk mereka yang memelihara babi atau ingin pelihara babi sebagai hewan peliharaan.
Cara Memelihara Babi
Beginilah cara merawat babi sebagai hewan peliharaan:
  • Babi adalah hewan yang sosial, mereka membutuhkan teman sebangsanya agar tidak kesepian. Babi yang dipelihara sendiri biasanya akan mengalami stress, kecuali jika anda sering mengajaknya bermain.
  • Babi membutuhkan kandang yang cukup besar sebagai tempatnya tidur. Sehar-hari, anda bisa melepasliarkan babi peliharaan anda di dalam rumah saat dia tidak sedang tidur sambil diawasi, karena babi termasuk hewan yang sangat gemar mengacak-acak rumah anda. Anda juga bisa membawa babi peliharaan anda jalan-jalan keluar rumah jika keadaan memungkinkan.
  • Sebaiknya, hindari barang mudah pecah atau belah dari jangkuan babi.
  • Makanan babi peliharaan yang terbaik adalah buah-buahan seperti potongan apel, pear, pisang, pepaya, sayur-sayuran seperti mentimun, wortel, sawi, potongan singkong mentah, dan potongan ubi mentah. Hindari makanan yang berasa asam seperti jeruk yang asam, lemon, dan makanan yang mengandung kafein tinggi seperti coklat, kopi, dan teh. Makanan diberikan 3 kali sehari dalam wadah makan.
  • Secara umum, karakter babi adalah jinak jika ia dibiasakan dengan kehadiran manusia. Luangkan waktu minimal 5 atau 10 menit untuk bermain dengan babi peliharaan anda.
  • Secara alami, babi tidak bisa berkeringat saat kepanasan. Maka dari itu, pastingan ruangan tempat memelihara babi memiliki suhu yang stabil. Tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin pula.
  • Babi bisa dilatih seperti halnya anjing dan kucing. Kunci melatih babi adalah kedekatan dengan tuannya. Makin dekat anda dengan babi peliharaan anda, maka makin mudah dia menerima perintah dari anda.
Demikian adalah cara memelihara babi. Semoga artikel singkat ini bisa menambah pengetahuan anda tentang memelihara hewan. Masih ada yag mau ditanyakan? Silakan ajukan di kolom komentar dibawah ini ya. (FS)

0 Response to "Cara Memelihara Babi"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.