Mengetahui Jenis Kelamin Anakan Kura-kura | Drh. Fira Sovica

Banyak orang yang kerap bertanya kepada saya tentang jenis kelamin anakan kura-kura, apakah bayi kura-kura miliknya termasuk kura-kura jantan, atau kura-kura betina. Jawaban atas pertanyaan bagaimana membedakan jenis kelamin kura-kura saat masih bayi memang sudah sering saya bahas di kolom komentar, namun baru kali ini saya buatkan artikelnya. Artikel ini terkait dengan artikel saya yang lain, cara memelihara kura-kura pardalis.
Mengetahui Jenis Kelamin Anakan Kura-kura



Nah, bagaimana cara mengetahui jenis kelamin kura-kura saat kura-kuranya masih anakan?
  • Sejujurnya, agak susah untuk membedakan anakan kura-kura jantan dan bedanya anakan kura-kura betina saat kura-kuranya masih bayi atau anakan. Bahkan bagi dokter hewan sekalipun.
  • Cara yang bisa dilakukan adalah melihat secara langsung organ reproduksi bayi kura-kura dengan cara dioperasi, selain juga dengan cara cek DNA-nya. Tentu saja kedua cara tersebut tidak bisa dilakukan oleh orang sembarangan, alias harus dilakukan oleh dokter hewan.
  • Secara visual, anakan kura-kura akan terlihat perbedaan jenis kelaminnya saat mencapai usia setengah dewasa, atau saat tempurung kura-kura sudah mencapai diameter 10 cm.
Demikian adalah cara mengetahui jenis kelamin bayi dan anakan kura-kura. Semoga artikel di atas bisa memberikan anda petunjuk tentang cara membedakan anakan kura-kura jantan dan bayi kura-kura betina. Ada pertanyaan? Silakan ajukan di kolom komentar dibawah ini. (FS)

0 Response to "Mengetahui Jenis Kelamin Anakan Kura-kura"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.