Jenis Komunikasi Prairie Dog Dan Artinya | Drh. Fira Sovica

Tak bisa dipungkiri, prairie dog adalah hewan yang sangat kompleks dalam hal komunikasi.

Prairie dog memiliki berbagai cara komunikasi ke sesamanya

. Artikel berikut akan sedikit membahas mengenai jenis komunikasi pada prairie dog. Artikel ini berkaitan dengan artikel saya mengenai prairie dog lain, yaitu cara memelihara prairie dog.



Jenis Komunikasi Prairie Dog Dan Artinya
Inilah beberapa bentuk komunikasi pada prairie dog:
  • Berdiri dengan kaki belakang.
  • Jika prairie dog berdiri dengan kaki belakangnya, maka bisa dikatakan bahwa dia sedang mengecek keadaan di sekelilingnya. Perilaku prairie dog berdiri dengan kaki belakangnya juga bisa saja terjadi saat prairie dog mencium adanya bahaya yang mendekat ke koloninya, serta untuk memanggil anggota koloninya
  • Berciuman.
  • Prairie dog sering berciuman. Sebenarnya, mereka tidak sepenuhnya berciuman. Mereka kerap menempelkan gigi atau mengendus hidung prairie dog lainnya. Perilaku ini mirip dengan perilaku mamalia pada umumnya, yaitu mengenali mamalia lain melalui bau tubuhnya. Sadar atau tidak, secara naluri manusia juga mengenali bau tubuh manusia lain dari aroma tubuhnya. Bayi yang sedang menangis akan tenang jika sudah digendong ibunya karena si bayi mengenali bau tubuh ibunya.
  • Mengeluarkan suara dan berteriak.
  • Prairie dog adalah hewan yang sangat vokal. Setiap suara yang dikeluarkan prairie dog sebenarnya punya makna dan arti sendiri-sendiri. Frekwensi suara yang dikeluarkan prairie dog juga menentukan artinya. Saat keadaan sedang tenang dan aman, prairie dog biasanya mengeluarkan suara yang cenderung lebih rileks, sementara jika keadaan sedang genting atau sedang berbahaya (misalnya saat diserang mendadak oleh predator), prairie dog biasanya akan memperingatkan koloninya akan datangnya bahaya itu dengan mengeluarkan suara yang lebih melengking.
Demikian adalah

jenis komunikasi yang digunakan oleh prairie dog dan artinya

. Semoga artikel singkat ini bisa menjadi penambah wawasan bagi anda yang berniat memelihara prairie dog. Ada pertanyaan? Silakan ajukan pertanyaan anda dibawah ini. Terima kasih. (FS)

3 Responses to "Jenis Komunikasi Prairie Dog Dan Artinya"

  1. selamat malam dok maaf saya bertanya melenceng dari topik, saya mempunyai elang bwk udah BC akhir 1minggu yg lalu saya kasih makan bwk saya dengan ati ayam tapi hanya kuat 2hari saja bwk saya gak mau makan ati ayam lg, kemudian saya beli mencit jumper (tikus putih kecil) saya kasih makan hidup" dia suka bgt itu sampe sehari habis 5ekor mencit jumper, tetapi hanya kuat 4hari dok bwk saya gak mau makan lg, yg aneh lg saya kasih mencit hidup dia malah bunuh doang gak di makan mencitnya terus juga dia tiduran doang dok posisinya kya ayam ngramin telor, klo saya tarik dari kandang dia lari lg di kandang trus tiduran lg.pertanyaan saya kenapa bwk saya itu dok gak seperti biasanya yg suka tangkring terus nafsu makannya berkurang itu dia bosan atau dia kena penyakit apa dok? sifat dia beda gak kaya pas sehat dlu yg lincah
    terimakasih dok

    ReplyDelete
  2. Assalammualaikum,saya punya bubo blakistoni,skillnya udah fttf 15 meter lebih,selanjutnya saya latih apa yaa dok?soar bisa gak?

    ReplyDelete
  3. Dok, mau tanya kalo chick itu belum bisa melihat ya dan chick sya jarang bersuara dok tapi makan lancar apa kah itu normal?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.