Tidak Ada Musang Yang Jinak Total! | Drh. Fira Sovica

Mungkin artikel saya kali ini akan sedikit membawa perdebatan bagi anda para pecinta musang. Anda bisa berpendapat apa saja mengenai artikel ini, namun perlu saya tekankan bahwa

tidak ada musang yang jinak total

. Tidak ada musang yang benar-benar jinak seperti kucing atau anjing. Musang tetaplah musang, yang merupakan hewas buas yang tidak segan menyerang dan menggigit anda.



Lalu bagaimana dengan kasus musang yang dipelihara sejak bayi oleh manusia, sehingga dia sangat jinak kepada orang yang memeliharanya?
Tidak Ada Musang Yang Jinak Total!
Tetap saja. Musang tersebut bisa jadi hanya jinak kepada satu orang atau satu keluarga manusia yang memelihara musang tersebut saja, namun tetap buas kepada manusia lain yang tidak dia kenal. Anda bisa membaca artikel saya tentang musang one-man di artikel pengertian musang one-man.
Jika memang anda ingin memiliki musang dengan kemungkinan menggigit dan menyerang yang lebih sedikit, maka adopsilah musang hasil breeding, musang hasil ternakan manusia. Bukan musang liar tangkapan alam. Ada banyak breeder musang yang berhasil mengembangbiakkan musang, anda bisa bergabung ke grup-grup pecinta musang. Itupun sebenarnya tidak 100% musang tersebut tidak menggigit. Artinya, masih ada kemungkinan bahwa musang hasil ternakan pun bisa menggigit dan menyerang. Namun setidaknya, musang hasil breeding memiliki kemungkinan menyerang dan menggigit yang lebih sedikit dibandingkan musang tangkapan liar.
Demikian adalah artikel singkat mengenai

tidak ada musang yang jinak total

. Artikel ini terkait dengan banyak artikel mengenai musang di blog ini. Jadi, saya sarankan bagi anda yang pemula dalam memelihara musang, anda bisa membaca artikel lainnya. Bagi anda yang ingin bertanya, silakan ajukan pertanyaan anda di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

15 Responses to "Tidak Ada Musang Yang Jinak Total!"

  1. Dok musang saya gk mau makan nasi cara nya agar musang saya mau makan nasi gmana ya...sama Kalau musang saya kalau saya kasih kalung mesti pingin dia lepas.....Apakah saya tetap beri dia kalung dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel CARA AGAR MUSANG MAU MAKAN APA SAJA... :)
      gak usah dikasih kalung dulu. terutama kalo dia masih kabur2an.

      Delete
  2. Dok saya mau tanya kalo musang saya malas makan apa dia sakit?, Kalo pengen bikin dia nafsu lagi gimana dok?, Kalo dia sakit ngobatinnya gimana dok?, Saya masih pemula baru adopt muspan umur 2 bulan dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas biasa kasih makan apa? coba kasih bubur bayi promina, campur sari kurma.
      dan jangan dikasih susu. stop susunya.

      Delete
  3. saya punya musang udah numbuh gigi.
    tp masih bunyi kaya baby supaya dia berhenti dot dan mau makan pisang dll itu gimana?

    ReplyDelete
  4. Sore dok,saya mau nanya.kemarin saya beli musang umur 3 bulanan.mata kirinya ada katarak sedikit.trus saya baca artikel ngobatin kataraknya dengan diet buah.udah mulai hilang tuh kataraknya.klo sudah sembuh,bisa di kasih palyam lgi ga dok?
    Makasih sebelumnya dok...

    ReplyDelete
  5. Dok muspan saya kalo di kasih makan di wadah kok gamah di makan yaa bak maunya di suapin pake spet kira kira gimana caranya yaa ba

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya berapa?
      kalau umur musangnya udah diatas 3 bulan, bisa praktekkan artikel CARA AGAR MUSANG MAU MAKAN APA SAJA.... alias dipuasakan...

      Delete
  6. Umur muspan saya 2 bulan baa dia di dalem kandang suka lari2an gituu apaa si cimus lagi streess mba..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama fesesnya gak mencret dan nafsu makannya masih bagus, saya kira dia masih sehat.

      malah bagus. kalo musang stress, dia gak bakalan aktif (lari2 dll) gitu. justru kalau dia stress, dia akan diem di pojokan... :)

      Delete
  7. Dok, mau tanya nih, musangku kok bulu kakinya warnany coklat, padahal umurnya baru 10 bln, trus kalo bulu musang dikasih minyak zaitun boleh ga dok? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. minyak zaitun buat ngelebatin bulunya? :)
      boleh aja. tapi bagusan pake minyak kemiri. ada loh artikel mengenai minyak kemiri khusus musang di blog ini...

      gak apa2, kok. mungkin pigment warnanya aja soal bulunya. :)

      musangnya sehat? :)
      mbak kabarnya gimana? dulu sering ke blog ini kan? :D

      Delete
  8. Iya dok, coba dipakein gpp ya dok,

    Oo, bukan karena ada parasitnya ya dok

    Alhamdulillah sehat, tp kynya bb nya kurang dok, Alhamdulillah saya juga sehat ��, iya soalnya dokternya ramah mau jawab2 pertanyaan & keluhan, terimakasih dok

    ReplyDelete
  9. Iya dok, coba dipakein gpp ya dok,

    Oo, bukan karena ada parasitnya ya dok

    Alhamdulillah sehat, tp kynya bb nya kurang dok, Alhamdulillah saya juga sehat ��, iya soalnya dokternya ramah mau jawab2 pertanyaan & keluhan, terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar menambah berat badan, coba aja tambahin asupan proteinnya. bisa kasih makan daging ayam, rebus atau mentah juga gak apa2. cacah2 dulu.

      bukan. kalo parasit pasti dia udah garuk2 atau semacamnya.

      mbak bisa kirim foto kakinya kemari? :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.