Obat Cacing Untuk Reptil | Drh. Fira Sovica

Banyaknya pemilik kura-kura, bearded dragon, ular, dan jenis reptil lain yang bertanya kenapa saya tentang obat cacing untuk ular, obat cacing kura-kura, obat cacing untuk bearded dragon, dan

obat cacing untuk reptil

lain kerap ditanyakan oleh pengunjung blog ini kepada saya. Artikel kali ini kita akan membahas sedikit tentang obat cacing untuk reptil peliharaan anda. Artikel ini terkait dengan artikel obat cacing untuk musang.
Obat Cacing Untuk Reptil
Image taken from flickr.com



Nah, berikut adalah beberapa jenis obat cacing untuk bearded dragon, kura-kura, dan jenis reptil lainnya:
  1. Panacur, obat cacing untuk reptil.
  2. obat cacing panacur umum digunakan untuk mengobati kura-kura cacingan, ular cacingan, bearded dragon cacingan, dan jenis reptil lainnya. Harap ditekankan bahwa panacur tidak bisa digunakan secara sembarangan. Ada patokan dosis yang harus anda ikuti. Artikel mengenai dosis obat cacing panacur bisa anda baca di artikel dosis obat cacing panacur untuk reptil.
  3. Stop Worm, obat cacing untuk kura-kura, ular, dan jenis reptil lainnya.
  4. Sebenarnya, bahan aktif yang terkandang dalam obat cacing Stop Worm sama dengan bahan aktif pada obat cacing panacur. Anda bebas menggunakan merk obat yang mana yang ingin anda gunakan. Dosisnya pun relatif sama. Silakan baca artikel mengenai dosis panacur yang linknya sudah saya taruh di atas.
Demikian adalah dua jenis

obat untuk kura-kura cacingan

, ular cacingan, bearded dragon cacingan, dan jenis reptil lainnya. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan bagi anda semua. Terima kasih (FS)

13 Responses to "Obat Cacing Untuk Reptil"

  1. Assalamu'alaikum
    Dokter saya punya burung lovebird yang sedang sakit mata, sekarang kondisinya sudah memprihatinkan karena matanya udh ga bisa melek.
    Kira2 itu penyakit apa dok??
    Terus cara menyembuhkannya gmna??

    ReplyDelete
  2. kalo tempurung lecet kura2 ambon bisa sembuh tidak dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, mbak. dikasih betadine aja, terus di drydock (taro di daratan dulu)... rutin kasih betadine, pagi dan sore. setelah tiga hari, bisa kembalikan ke air..

      Delete
  3. Dokter, kura2 saya lagi tidak mau makan. Kalau dilihat dari keadaan fisik terlihat masih baik2 saja dan cukup aktif. Makanan yg selalu saya berikan adalah pelet untuk kura2. Tapi hari kamis lalu dia makan namun dimuntahkan, kemudian sempat bab sedikit hari jumat dan sabtu padahal setelah muntah dan sedikit bab, dia tidak mau makan apa2. Bab tidak mencret dan seperti biasa. Kemarin ini hari senin sore sudah mau makan peletnya dan seperti kelaparan, tapi tadi pagi ternyata dimuntahkan lagi. Jika dilihat dari perilakunya, dia sering melihat ke bawah (dasar baskom tempat rendamannya) seperti sedang mencari sesuatu.. Kenapa yah dok ? Apakah saya boleh alternatif berikan pisang untuk dimakan krn kalau saya baca dari artikel2, kura2 suka bosan dengan makanannya.. tapi apa benar krn dia bosan makanannya atau krn hal lain yah dok ? Mohon bantuannya sangat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan dia bosan. bisa kasih jenis makanan lain.

      berenangnya miring2 nggak? matanya sering merem?

      oh ya, jenis kura2nya apa mbak?

      untuk pencegahan, bisa kasih air jahe untuk kura-kuranya. tapi jangan sembarangan. ada resepnya di artikel OBAT ALAMI UNTUK KURA-KURA

      Delete
    2. Kura2 ambon atau batok dikenalnya.. ada garisan kuning yg jadi ciri khas di sekitar kepalanya. Berenang tidak miring dan matanya juga tidak sering merem. Tapi kemarin sempat lemas mungkin krn ga makan2.. sy sempat kasih buah pisang yg sudah dipotong kecil2,tpi tidak dimakan juga.. mungkin krn selama ini makan pakan kura2 dan belom pernah sy coba kasih makan lain.. daya bingung supaya dia mau makan harus dikasih vitamin prnambah nafsu makan yg alami tapi darinapa yah dok ?? Kemarin malam sudah mau makan tapi saya kasih sedikit krn makannyabburu2 bgt dan saya takut dia muntah jadi sy kasih 30-50 butir pakan perlahan2. Pagi ini sy cek sudah tidak muntah dan uda mulai aktif lagi.. sebaiknya diberi apa yah dok ??

      Delete
    3. di akuariumnya kasih daratan, jadi kalau kedinginan dia bisa naik ke daratan situ....

      untuk nafsu makan, bisa kasih air jahe yang saya sarankan sebelumnya.

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. dok ular saya terdapat benjolan di perut yg disebab kan cacing obatnya apa ya dan harus beli dimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa dikasih makan apa? dan dia masih lancar pup/berak?
      mending bawa ke dokter hewan, sesegera mungkin mas.

      Delete
  6. Dok minta resep dosis obat cacing panacur untuk soa layar, sy cari2 artikel "dosis obat cacing panacur untuk reptil" tidak ketemu. Trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis cacingnya apa mas?
      karena beda jenis cacingnya, dosisnya beda juga.

      makanya lebih baik bawa ke dokter hewan aja biar lebih tepat... :)

      umumnya, panacur biasanya 50 s/d 100 mg/kg berat badan...

      Delete
    2. Sepertinya cacing pita dok, keliatannya di (maaf) ee nya ada cacing putih kecil2 & perutnya buncit (keras).
      Pemberian panacurnya tiap hari atau brp hari sekali dok ?
      Trims atas jawabannya

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.