Thursday, May 25, 2017

Merawat Kura-kura Yang Tempurungnya Retak | Drh. Fira Sovica

Cara mengobati tempurung retak pada kura-kura

bisa dilakukan sendiri dengan syarat retaknya tidak terlalu besar dan parah. Bagi kura-kura yang tempurungnya retak parah atau tempurung kura-kura remuk/hancur sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan terdekat. Dan langkah pengobatan kura-kura tempurung retak ini hanya bisa diaplikasikan pada kura-kura darat dan kura-kura semi akuatik. Artikel ini terkait dengan artikel cara memelihara kura-kura brazil dan artikel cara memelihara pardalis dan sulcata.
Merawat Kura-kura Yang Tempurungnya Retak
Image taken from wikimedia.org



Berikut adalah cara mengobati kura-kura yang tempurungnya remuk atau patah:
  • Perlengkapan yang dibutuhkan untuk mengobati tempurung kura-kura retak: betadine obat luka, cotton bud, handuk atau tisu, dan plester anti air untuk luka (kalau tidak ada bisa diganti pake lakban hitam berukuran sedang yang biasa buat jilid softcover. beli aja di tempat fotocopy).
  • Bersihkan retakan tempurung kura-kura dengan air bersih yang mengalir (air keran) hingga bersih, lalu keringkan dengan tisu atau handuk bersih.
  • Oleskan betadine di permukaan retakan tempurung kura-kura. Bisa dengan diteteskan langsung, bisa juga dengan dibantu dengan cotton bud. Pastikan cairan betadine masuk ke dalam retakan di tempurung kura-kura. Setelah itu, keringkan area di sekitar retakan dari sisa-sisa betadine dengan tisu atau handuk kering.
  • Setelah itu, tutup bagian retakan di tempurung kura-kura dengan waterproof wound tape atau lakban hitam. Jika anda menggunakan lakban, usahakan "sekali tempel". Pastikan seluruh bagian tempurung kura-kura yang retak tertutupi.
  • Kura-kura yang retak sementara bisa dipelihara di daratan (dry dock). Setidaknya selama seminggu atau 10 hari setelah lakban ditempelkan. Berikan asupan amoxicillin untuk kura-kura anda, namun tentu saja jangan sembarangan. Ada dosisnya. Dosis amoxiicillin untuk kura-kura bisa anda baca di artikel dosis amoxicillin untuk hewan.
  • Setelah 10 hari, anda bisa melepaskan waterproof wound tape atau lakban yang menutupi luka retak pada kura-kura. Khusus untuk lakban, sebaiknya lakukan secara hati-hati dan perlahan-lahan.
Demikian adalah

cara mengobati kura-kura yang tempurungnya retak

. Semoga artikel singkat ini bisa membantu anda dalam mengobati kura-kura yang tempurung retak. Ada pertanyaan? Silakan tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)


Silakan upload gambar.