Makanan Agar Musang Cepat Obes | Drh. Fira Sovica

Jenis

makanan musang yang bisa bikin musang cepat gemuk

dan gendut memang tidak banyak diketahui oleh owner musang yang ingin musang cepat obesitas. Namun seperti yang saya tulis di artikel cara menggemukkan musang, musang yang gemuk sangat rentan mati. Alasannya, sudah saya bahas juga di artikel kenapa musang obes rentan mati.
Makanan Agar Musang Cepat Obes
Image taken from imgur.com
Nah, di artikel kali ini, saya akan membahas jenis makanan yang bisa bikin musang cepat gendut dan obes.



  • Jenis makanan yang bisa buat musang cepat gemuk atau obes adalah makanan yang mengandung protein tinggi.
  • Anda bisa memberikan musang peliharaan anda daging ayam rebus yang sudah dicacah, kepala ayam rebus, dan ceker ayam rebus sebagai asupan protein.
  • Namun, harap berhati-hati! Karena musang yang obes sangat rentan akan penyakit.
  • Tetap berikan asupan buah-buahan minimal seminggu sekali kepada musang anda, dan ajaklah musang anda bermain atau jalan-jalan minimal seminggu dua kali agar musang anda tetap sehat. Buah-buahan yang bisa diberikan kepada musang antara lain pepaya dan pisang.
Demikian adalah artikel mengenai

makanan yang bisa buat musang jadi gemuk

. Semoga artikel di atas bisa menjadi acuan bagi anda semuanya. Terima kasih. (FS)

65 Responses to "Makanan Agar Musang Cepat Obes"

  1. Umau tanya dok. Musang saya umur 2bln. Gg mau mkn pepaya, pisang, bubur. Maunya mkn ayam, itupun cm 1hari, saya kasih telur rebus juga gg doyan.Pup jarang klo pun ada cair kuning gitu warnanya. Solusi gmn dok?? Tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih susu ya? jangan dikasih susu.
      dan coba kasih bubur bayi promina, dibuat agak kental (jangan encer2)... :)

      Delete
  2. Dokter, saya punya binturong. Yang ingin saya tanyakan apakah perlu dijemur? Soalnya binturong ini kan hewan nocturnal, takutnya malah merusak mata jika dijemur. Mohon bimbingannya dan terima kasih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dijemur tapi jangan kena matanya langsung. di atas kandangnya kasih kain biar sinar matahari gak kena matanya/badannya langsung... :)

      Delete
    2. Berati intinya cuma diambil hangat/panasnya matahari saja ya dokter? Oke terima kasih dokter :)

      Delete
  3. Selamat malam dok,
    Dok saya mau tanya,muspan saya muntah2 n diare badan nya juga lemas biasanya sangat lincah.bagaimana penanggulangannya ya dok agar dia sehat kembali..
    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak kasih susu ya?
      Jangan dikasih susu! stop pemberian susunya, ganti pake bubur bayi aja.
      terus coba kasih ramuan kesehatan musang. udah ada artikelnya, judulnya ramuan kesehatan musang.

      lakukan!
      dan jangan lupa kabari lagi

      Delete
  4. dok, kalo musang sy umur 1bln bole dikasih susu nggak? trima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dikasih susu. Nanti sakit.
      Cukup kasih bubur bayi promina aja.

      Delete
  5. Selamat sore dok saya peliara musang lagi ni dok sebelum nya musang saya yg berana rosi sudah meninggal jadi saya peliara lagi yg umur 3 bulan lebih kaya nya si .. Jadi gini dok saya beli di pasar jatinegara nah awal tuh musang jinak knpa pas saya beli dan bawa pulanh lalu di masukin kekandang jadi semi jinak ya dok nyosor mulu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kira, di pasar jatinegara itu dia masih stress.
      bisa dibilang dia ketakutan, makanya keliatan jinak. begitu sampe di rumah mas, dia agak lebih tenang. makanya sifat aslinya muncul...

      gak apa2, umur segitu masih gampang dijinakkan kok....

      fesesnya gimana? lancar? :)
      kabari lagi

      Delete
  6. Mungkin bisa jadi dok yg jual juga kya ga beres orng nya suka kasar sama binatang .. Iyaa ini si sudah mulai jinak dok di elus mao , kga nyosor mulu boro" klo gigit uda ga dok .. Tapi suka ga biasa diam bulak balik trus hooh sampai pusing kelapa saya dok ngeliat nya -_-"
    Oya dok kira" proses jinakin nya umur 3 bulan sampai kapan ya dok saya ga sabar untuk keluarin dia dari kandang biar bisa gendong manjain

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang umur segitu wajar kok pecicilan. namanya juga masih anak2... :)

      mas bisa keluarkan dia tapi di ruangan tertutup aja. misalnya di kamarnya mas. masnya merokok? kalau mas gak merokok, taro aja kaos bekas pakai mas yang masih bau keringet di atas kandangnya dia, dijembrengin (dilebarin) biar bau tubuh mas kecium sama dia. biar dia kenal sama masnya nanti...

      ajak main, minimal 5 atau 10 menit setiap hari. rutin setiap hari ya mas.. :)

      ditunggu kabarnya. oh ya, coba mas baca artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Iyaa dok :D
    Wah saya mah ngeroko dok hehe :D
    Oke deh nanti saya coba dok di lepas di kamar saya tapi sekalian baju saya,saya taro di kandang nya dia :)
    Wah saya ajak main trus setiap hari di kandang dok hehe bawa dia keluar ngejemur trus mandiin , saking manja nya dia saya suwapin sama sya pake tangan tiap hari minum susu SGM sma minyak ikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kalo masnya merokok, mending jangan mas. takutnya residu rokoknya malah masuk ke paru2nya dia.

      dan kalo mas kasih susu, fesesnya mencret nggak?
      bagusnya sih mending jangan dikasih susu, mas. kalo toh mau dikasih susu, bisa kasih susu sgm llm non laktosa. biasanya kalo selain susu non laktosa, malah bikin dia sakit.... :)

      Delete
  9. Oke dok saya baca dlu artikel yg dok barusan kasi :)
    Sekali lagi terimah kasih dok :)

    ReplyDelete
  10. Yauda iya dok saya ga taro baju saya di kandang nya ..
    Iya saya juga tau dok susu nya yg non laktosa saya emg pake itu semenjak rosi masi ada :)
    Fases nya mah normal dok kga mencret ..
    Oya dok klo di lepas di kamar saya takud nya ngacir lagi soalnya ada pentilasi nya takud nya manjat" gimana solusin dok .. Wong ni musang kga bisa diam mulu mundar mandir mulu apa lagi di lepas hooh 😮

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      kalo gitu, cukup elus aja di dalam kandang. atau mas bisa lepasin tapi sambil diawasi. kalau dia udah mulai manjat2, turunin lagi aja. jangan sampe lengah. :)

      sekarang gimana keadaan rosi? :)
      masih pecicilan? :)

      Delete
  11. Iya gpp dok :)
    Iya ini saya elus setiap hari pagi sama mlm di ajak percanda sudah mulai saya keluarin dari kadang manja sekali dia tidur mulu klo di pangku hooh :D
    Yah dok saya selalu awasi trus terimah kasih atas saran dan infonya dok sangat membantu sekali buat saya :)
    Alhamdulilah sehat dan aktif . tpi suka batuk" setiap di kasi makan pisang saya suwapin karna gigi nya di pangkur dari penjual nya jadi saya suwapin , tapi gtu suka keselek saking nafsu makannya , trus di keluarin lagi makanan nya dok dari mukutnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, kalo emang sering keselek, coba makanannya dipotong2 dulu. pisangnya potong2 kecil2. sesekali ajarin juga makan sendiri, mas. di luar kandang. mungkin sambil main. sodorin aja mangkuk berisi potongan pisangnya ke dia.. sambil dia makan, sambil elus2 dan ajak ngobrol. biar dia kenal suara mas.

      so far, so good. perkembangan rosi juga pesat. kabari terus. :)

      Delete
  12. Iya sudah saya potong kecil sekali dok masi aja di muntahin saking nafsu nya hooh ;(
    Kasian dok klo dia makan sendiri suka jato makanan nya karna kga ada giginya :(
    Ini aja saya lepas dok malah nyamperin saya malah tidur di paha manja nya :D
    Saya setiap hari ajak ngobrol trus dok sampai lupa sama pacar saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terlalu manja juga sebenernya kurang baik, mas.
      tapi somehow, saya setuju dengan pendekatan mas. cuma mungkin agak dilatih lagi biar dia agak mandiri dikit, hehehe... :)

      Delete
  13. Dok musang saya ko ngga obes obes ya,padahal setiap hari saya kasih pala ayam 2 biji

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma 2 biji? coba tambah lagi. :)
      dan sebenernya, cepat obes atau nggak itu kembali lagi ke genetiknya mas. sama aja kayak manusia. kan ada tuh orang yang gampang banget gendut, ada juga yang kurus melulu meski udah makan banyak. bener? nah musang juga kayak gitu.

      tapi masih bisa digemukkan kok. meski sebenernya hati2. silakan baca artikel saya KENAPA MUSANG GEMUK RENTAN MATI

      Delete
  14. dok kalau cara milikin wanita sepeetimu bagaimana ya dok

    ReplyDelete
  15. dok kalau cara milikin wanita sepeetimu bagaimana ya dok

    ReplyDelete
  16. Dok kalau musang sya 3 biar cpet mkan sendiri gmn ya dok caranya soale tiap hari nyuapin lo dok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya berapa?
      kalo udah diatas 3 blan, mas bisa praktekkan artikel di artikel cara agar musang mau makan apa saja...

      Delete
  17. dok numpang bertanya, saya baru saja beli muslom umur 1,3 bulan, cara bedain musang lombok asli sama palsu gimana ya dok, terus pemberian makannya saya kasih pagi jam 7.00, sore jam 3.00 sama malem jam 9.00, apakah pola makan yg saya berikan itu baik dok.
    terimakasih dok sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya musang lombok asli itu apa ya mas? apakah bulunya asli warna item apa hasil cat gitu? udah saya bahas sebenernya di artikel bulu musang di cat...

      untuk jadwal makannya udah bagus. mas kasih makan apa?

      Delete
  18. iya dok caranya bedain lombok asli sama yg di warnain, soalny bulu di telinga numbuh putih kayak seperti musang pandan, apakah itu karna dia masih baby jd bulunya begitu, tak kasih makan pisang yg di halusin + susu non lakto + sun rasa pisang di mix jd 1 tak bikin agak encer. kdang tak kasih sun + ati ayam tp seper empat dr takaran sun di mix

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalau musang hasil cat, dari halus bulunya juga beda. agak kerasa keras dan kaku kalau dipegang. :)

      dari menu makannya sih bagus. seminggu sekali kasih buah aja mas...

      Delete
  19. di bagian kuping bulu ad yg berwarna agak putih dok, kira" musang bisa ganti bulu gak misalny yg tadinya lombok berganti bulu ke musang pandan, apa itu cuma faktor bulu baby ya dok,. sekarang udah di variasi mix pisang sama sun don, tidak 100% sun semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. kalau emang musang mas itu musang hasil cat, lama kelamaan akan ketauan bulu aslinya seiring dengan tumbuhnya bulu.... :)

      Delete
  20. ok dok, lillahita'ala aja lah, itung" belajar piara aja
    makasih dok atas info yg di kasih

    ReplyDelete
  21. Mau nanya dok,chupa musang saya kok dilepas lari sana sini ya jdi berantakan kamar saya pdhal dulu dia gak gt,apa ada pengaruh birahi?
    Umurnya udh 10 bln

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi karena birahi.
      kenapa nggak coba dikawinkan, mas? jadi galak juga nggak?

      coba mas cek artikel ciri musang birahi

      Delete
  22. dok saya hana, musang saya namanya moko sudah 3 hari belum pulang gara2 nemu anakan musang. sebelumnya juga sudah pernah hilang 2 kali tapi pas malem biasanya balik lagi, kok sekarang ndak ya dok. sudah lama yang ngadop mau 1 tahun dan sudah lulut banget sama saya... tpi smenjak ada yg baru ngilang dan kadang ada suaranya moko sama temen2nya disekitar sekret saya, kalo ngembaliin moko gimana ya dok, belum ikhlas ditinggal saya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan dia jealous karena merasa tidak diperhatikan. coba saya tanya sama mbak hana, sejak ada anakan musang, mbak agak lebih focus ke anakan musang daripada sama si moko ya? bener?

      karena musang bisa baca pikiran kita. semua hewan kayak gitu. cuma kadang kita aja yang nggak ngeh.....

      nggak coba dicari? mungkin di sekitaran rumah? atau coba tenangin pikiran, meditasi. duduk santai rileks, terus coba panggil moko di dalam pikiran. tapi inget, mbak harus rileks dulu. biasanya kalau emang moko sama mbak udah imprint, bisa kok dia dipanggil dengan cara itu....

      Delete
  23. Dok.aku punya musang pandan umur 3 bulan
    Aku mau tanya, apakah kalau beri scot emolsion atau penambah nafsu makan lainnya akan ngaruh dan buat musang itu lebih doyan makan.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya bahas di artikel dosis scott emulsion untuk musang...

      Delete
  24. dok, musang saya umur 2 bulan lewat dikit, kondisi lg hairlose tp udah 2mgg ini belum numbuh bulu baru dok, biar cepet numbuh di kasih apa ya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan dulu dia hairlossnya karena apa. apa karena kutu, atau karena kotor, dll. jadi sebabnya dulu disembuhin.

      kalau mas yakin dia gak kutuan dan gak kotor, mas bisa kasih minyak kemiri ke bulunya.... cek artikel saya, cara memberikan minyak kemiri untuk musang...

      Delete
  25. Saya pnya musang umur 2 at 3 bln gmana caranya kalau musang sudah besar tidak mau ayam dan burung biasanya kalau di biarin suka menghampiri dan mau memakannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya, biar mereka gak memangsa ayam atau burung?
      sebenernya sih agak susah untuk benar2 menghilangkan. karena emang udah instingnya kayak gitu. mungkin bsa dengan memberikan makanan non-daging sama musangnya sejak kcil, biar dia terbiasa hanya makan buah aja, tapi itupun harus diawasi kalau deket ayam atau burung... :)

      Delete
  26. Dok, sya mau tanya, sy punya muspan usia 4 bpn, sya merawat'y dari usia 0 bulan, dri mata tertutup smpe usia 4 bln, smpe sekarang kok musang'y, petakilan sma gigit trs, smpe tangan sya berdarah trs klw mainin musang'y, padahal sya merawat'y dari usia 0 bulan, gimana dok cara merawat'y biar bisa jinak total, sy sudah ikutin cara di artikel bi dokter yg cata menjnakkan musang,

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur segitu emang lagi pecicil pecicilannya.
      ibarat ABG, dia tuh lagi suka nyoba hal-hal baru. inget nggak dlu masa SMP kita gimana? hehehehe...

      kira2 kayak gitu. jangan malah takut dan jangan malah dijauhin. kalau mas deketin terus dia, nanti malah dia bonding sama kita... :)

      Delete
  27. Dok mau tanya saya baru beli muspan umur 4 bulanan tapi hairlos dok padahal ga kutuan dan masih pecicilan. Nah 3 hari kemudian tiba tiba jadi pincang 1 kaki doang yg blakang itu kira kira kenapa ya dok bisa pncang? Saya udah cek kakinya aga luka dideket kukunya.makanan saya kasih pisang dan paya itupun suka ga abis,minumnya air dan baru sekali saya kasih susu mohon pencerahan nya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu. stop susunya.
      kasih makanan bubur bayi promina aja coba mas.

      fesesnya gimana? mencret?

      Delete
  28. Kita mao tanya nie dok musanmubulam kita badannya rada kurus gmna cara baik gemuk badan nya ya terus makan kaya kurang nafsu gtu mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya berapa mas?
      kalau musangnya masih dibawah umur 3 bulan, yang penting dia sehat aja dulu. kalau soal dia belum gemuk, malah bahaya kalau masih bayi udah obes. bisa gagal jantung.

      Delete
  29. Dok mau tanya kalo musang di kasih havermout ada efek sampingNya gak ya. Dan boleh gak terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. havermout oatmeal mas? boleh. udah ada artikelnya kok di blog ini: Menggunakan Oats Sebagai Makanan Musang

      Delete
  30. Dok mau tanya, musang saya umur 5bulanan sering main dihalaman rumah, dia kaya jilat2in tanah dok, apa itu normal dok? Apa ngga nyebab in cacingan? Makasih:)

    ReplyDelete
  31. DOK SAYA PUNYA 2 EKOR MUSANG PANDAN USIA 1 TAHUN 4 BULAN, KEDUA MUSANG SAYA DARI INDUKAN YG SAMA DOK, UNTUK PORSI MAKAN ANTARA YG JANTAN DAN BETINA SAMA TETAPI UNTUK BENTUK FISIK MUSANG SANGAT BERBEDA, MUSANG JANTAN GEMUK DAN YG BETINA KURUS BANGET DOK. PADAHL JENIS MAKANAN DAN PORSI MAKAN SAMA DOK, APA MUSANG BETINA SAYA TERKENA PENYAKIT DOK?? UNTUK NAFSU MAKAN SAMA-SAMA LAHAP DOK CUMA YG JANTAN PUP SEHARI 1 KALI, YG BETINA SETIAP HBIS MAKAN SELALU PUP DAN PUPNYA NORMAL SEPERTI PEJANTAN. KIRA-KIRA KENAPA YA DOK? TOLONG BANTU SARAN DOK..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak, maaf, untuk penulisannya bisa pake huruf normal nggak? jangan pake kapital semua... :)

      nggak. soal postur musang emang beda2. ada yang bongsor, ada yang emang posturnya kecil. sama aja kayak kita manusia. kan ada manusia yang makannya banyak tapi gak gemuk2, dan ada juga manusia yang makannya dikit tapi langsung gemuk.... musang juga sama kayak gitu...

      Delete
  32. iya maaf dok, pakek PC kantor uda di seting besar semua tulisanya dok..


    iya dok, terimakasih ilmunya.. :)

    ReplyDelete
  33. Dok, sy minta saran dari kekurangan sy yg baru adopt si ocon umur 1 bulanan, udh melek..

    Dari karakternya dia pecicilan, kalo dilepas dilantai suka explore kmana mana blm bisa bonding. kalo bangun pasti minta dot susu tp ga banyak, ga lama pasti pee.. gitu aja tiap hari.. pup nya semi kental..

    Minta tambahan sarannya, trims

    ReplyDelete
  34. dok mau tanya muskar saya umur kurang lebih 6 bulan kok gabisa anteng ya

    ReplyDelete
  35. Dok saya mau tanya, musang saya udah umur 3,5bln akhir bulan ini mau 4bln, tapi gak suka buah²an dok, kalau dikasih telur rebus sama ayam rebusan sama nasi kecap itu gapapa kah dok? Takutnya kembali jadi liar lagi, tips agar musang saya mau mkn buah²an dok gmna mohon dijawab dok😭🙏🏻

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.