Mengatasi Duri Landak Mini Rontok | Drh. Fira Sovica

Duri pada landak mini

sama seperti bulu pada burung, mereka memiliki siklus pergantian duri pada waktu-waktu tertentu. Proses pergantian duri ini sama halnya seperti proses mabung pada burung, tentu dengan beberapa perbedaan. Proses pergantian duri pada landak mini biasa disebut dengan istilah quilling, berasal dari kata quill (bulu). Sebenarnya, saya secara pribadi tidak setuju dengan istilah quilling, karena 'hedgehog doesnt have any quills'. Mereka punyanya spines (duri), bukan quills. Tapi karena istilah itulah yang selama ini dipakai untuk mendeskripsikan proses pergantian duri pada landak, maka bolehlah kita sebut istilah itu sebagai quilling. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara memelihara landak mini.


Mengatasi Duri Landak Mini Rontok
Image taken from http://honesttopaws.com
Bagaimana cara mengobati duri landak yang rontok? Dan bagaimana cara membedakan landak yang bulunya rontok dengan landak yang sedang ganti duri (quilling)?
  1. Landak yang ganti duri biasanya hanya melepaskan duri yang 'tua' saja. Duri tua pada tubuh landak biasanya memiliki ukuran yang lebih tebal, lebih panjang, serta warna yang lebih gelap. Pada proses quilling, duri muda tidak ikut copot dari tubuh landak. Itulah perbedaan landak yang durinya rontok dengan landak yang sedang ganti duri.
  2. Proses quilling atau ganti duri pada landak terjadi lebih sering pada landak mini anakan. Pada landak mini berusia kurang dari setahun, proses ganti duri terjadi antara 2 hingga 3 kali hingga melewati usia setahun lebih.
  3. Siklus pergantian duri pada landak mini dewasa biasanya bervariasi, dan cenderung tidak bisa diprediksi. Namun biasanya, landak mini melewati beberapa kali proses pergantian duri selama hidupnya. Saya pribadi pernah memelihara beberapa ekor landak mini, dan penurut pengalaman saya, proses quilling terjadi dalam jangka waktu 5 hingga 7 bulan.
  4. Landak mini yang sedang dalam proses quilling sebaiknya jangan 'diajak main' terlebih dahulu. Jaga kebersihan kandang, dan atur asupan makanan dengan tepat. Anda bisa memberikan minyak ikan dengan dosis satu butir setiap minggu hingga duri yang lepas akibat proses quilling sudah tumbuh kembali.
  5. Seperti yang saya tulis di poin pertama, proses quilling hanya melepaskan duri tua dari tubuh landak. Artinya, duri muda pada tubuh landak tidak ikut terlepas pada proses quilling. Jika duri muda ikut terlepas, kemungkinan besar itu bukan quilling melainkan rontok.
  6. Landak mini yang bulunya rontok bisa disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya kebersihan yang kurang terjaga, stress, asupan makanan yang kurang seimbang antara kalsium, protein, dan lemak; kutu, problem hormon pada tubuh landak, perubahan suhu yang tiba-tiba, insiden fisik (berkelahi dengan landak lain, kawi) dan lain sebagainya.
  7. Bagi anda yang memiliki problem landak mini yang bulunya rontok, sebaiknya mengecek beberapa poin tersebut terlebih dahulu, lalu melakukan kontra indikasi atas gejala yang muncul. Anda juga bisa memberikan minyak ikan untuk membantu pemulihan atas problem duri rontok disamping melakukan kontra indikasi atas gejala yang muncul tersebut.
Demikian adalah

cara mengobati duri landak yang rontok

. Saya berharap artikel ini bisa membantu pada hedgehog owner dalam memelihara landak mini. Terima kasih.(FS)

16 Responses to "Mengatasi Duri Landak Mini Rontok"

  1. Thank dok.. saya kira seperti hamster/kucing bulu nya tdk botak.. landak nya hanya sekitar duru di kepala(tengkuk) warna yg lbh dominan hitam(salt &paper) yg rontok dan seprti nya tdk terkena jamur karena tdk garuk" dan tidak ada putih putih(kutu)/kerak yg copot juga yg pajang pajang duri nya.. maaf dok mau tanya lg kasih minyak ikan nya itu di oles / di makan? Saya punya minyak ikan yg untuk jantung(kapsul)apa boleh di gunakan?dan makan nya tetap pada porsi nya 2-3x (2sendok makan)ulat hongkong dan 3-4 jangkrik 2hr sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. minyak ikan dioles aja ke mulutnya atau dioles ka sebutir makanannya. mas ambil sebutir makanannya (dogfood/catfood), oles minyak ikan di situ, terus sodorkan ke mulut landak mininya biar dimakan.... kalau dikasih makan ulhong, caranya sama.... mungkin kalau ulhong bisa ditetesin ke ulat hongkongnya sebanyak 2 kapsul, lalu diaduk.... jangan lebih dari 2 kapsul... :)

      jaga suhu ruangan dan kebersihan ya mas... saya tunggu kabarnya..

      Delete
  2. Dokter, ini SG saya sudah OP. Apa perlu d pisah ya anaknya? Kok kakak saya bilang katanya d pisah anaknya dr induknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah sampe anaknya mandiri.
      silakan baca artikel saya siklus hidup sugar glider dan artikel cara mengawinkan sugar glider... :)

      Delete
  3. Dok aku mau nanya ini landak aku kan umur nya sekitar 4-5 bulan, betina. Dari awal beli emang kaya gasuka gitu mungkin perlu adaptasi ya. Baru jalan beberapa minggu ini dia garuk2 dan durinya rontok. Penyebabnya apa yah? Dan penanganannya bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies

    1. cek, takutnya kutuan. ada kayak ketombenya gitu nggak?
      udah berapa lama pelihara?
      banyak sebabnya sih mas.... tapi cek itu aja dulu...

      seminggu sekali bisa dimandikan, dan jaga juga kebersihan kandangnya

      Delete
  4. Dok mau tanya ini landak aq ada kyk ketombenya d punggungnya, apakah itu terkena penyakit kutu?,bagaimana cara mengatasinya?,landak q telingannya kyk keluar lendir awalnya d telinga kirinya trs telinga kananya juga keluar lendirnya warnanya kuning kyk congeken itu kenapa? Dan bagaimana cara mengatasi telinganya itu?

    ReplyDelete
  5. Dok mau tanya ini landak aq ada kyk ketombenya d punggungnya, apakah itu terkena penyakit kutu?,bagaimana cara mengatasinya?,landak q telingannya kyk keluar lendir awalnya d telinga kirinya trs telinga kananya juga keluar lendirnya warnanya kuning kyk congeken itu kenapa? Dan bagaimana cara mengatasi telinganya itu?

    ReplyDelete
  6. Halo dok, saya mau tanya nih, landak saya mengalami rontok duri, tapi tidak banyak, kira" 2-3 batang setiap harinya, kalau habis saya mandikan pasti dpt beberapa duri lepas, sudsh saya periksa tidak ad jamur maupun kutu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2?
      kalau dia gak suka garuk2, saya kira normal kok. nanti juga akan terganti bulu baru... :)

      Delete
  7. Sore Dok mau tanya dong....landak mini umur 4 bulan durinya rontok. aku baru adopsi 1 minggu yang lalu jadi masih newbie. sehari lumayan bisa rontok sampai 5-10 duri. itu karena kutu atau apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebersihannya dijaga, mas. bisa jadi karena kotor.
      terutama beddingnya. alas kandangnya. bubuk kayu itu. berapa kali seminggu diganti?

      kutu? bisa jadi. dia sering garuk2? di kulitnya keliatan banyak yang gerak2...? kalau iya, bisa jadi kutu...

      coba mas baca artikel saya: cara memandikan landak mini

      Delete
  8. Dok mau tanya landak mini saya usia 2 bulanan, di telinganya ada benjolan kayak jerawat, knp ya dok?sama habis saya mandikan durinya rontok yg kecil2 gak banyak sih dok?

    ReplyDelete
  9. Dok di kuping landak saya ada jerawat kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak nggak? atau cuma satu doang? kalo cuma satu dan ada nanahnya, coba pecahin, abis itu kasih betadine obat merah...

      Delete
  10. malam dok,landak mini saya baru 3,5 bulan dia suka garuk2 gitu.bulunya juga botak,tapi durinya masi lebat.itu karena apa ya.padahal aaya sudah mandikan rutin pakai antiseptik pula

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.