Dogfood dan Catfood Menyebabkan Kanker | Drh. Fira Sovica

Banyak pertanyaan yang amankah

dogfood dan catfood sebagai makanan musang

? Dengan artikel ini, saya akan mencoba membahas pertanyaan tersebut. Artikel saya yang tulis ini berkaitan dengan artikel jenis makanan yang bagus untuk musang.


Dogfood dan Catfood Menyebabkan Kanker
Image taken from stuff.co.nz
Seperti yang saya tulis sebagai judul artikel, dogfood dan catfood sebenarnya tidak bagus jika digunakan sebagai makanan sehari-hari kucing atau musang. Makanan instan kucing dan anjing (dogfood dan catfood) bisa menyebabkan kanker baik pada hewan yang mengkonsumsinya, baik itu kucing, anjing, musang, landak mini, dan lain sebagainya.
Anda masih bisa memberikan makanan kucing instan atau makanan anjing instan buatan pabrik sesekali saja, bukan sebagai makanan sehari-hari. Dengan demikian, resiko kanker pada hewan peliharaan bisa sedikit berkurang. Terima kasih. (FS)

23 Responses to "Dogfood dan Catfood Menyebabkan Kanker"

  1. saya pernah berfikir bgitu juga buk dokter,,,
    soalnya yang namanya buatan pabrik biasanya mengunakan bahan2 tertentu untuk menjaga rasa dan ketahanan bahan makanan itu sendiri...

    -Mr_ikky

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mas.
      pokoknya kalau masih bisa kasih makanan alami, mending pake makanan alami aja. dlu kucing saya, saya kasih nasi... :D

      Delete
  2. dok saya kan pengen ngambil burung elang tolong dibikin tentang burung elang ya dok terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. elangnya jenis apa? :)
      ada beberapa artikel mengenai BOP di artikel ini. :)

      klik aja kategori BOP... :)

      Delete
  3. Dok, mau bertanya.. Muspan betina saya, setelah dikawinkan dengan muslom kawan, kemarin saya check keluar putingnya (tapi ga saya liat pasti, saya cuma meraba) apakah itu benar muspan betina saya bunting?

    Apakah test pack manusia cocok untuk hewan?

    Terima kasih dok, ditunggu jawabannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu aja beberapa minggu ke depan.
      biasanya kalau emang berhasil bunting, perutnya akan membesar.

      test pek buat manusia tidak bisa buat manusia. :)

      Delete
  4. Ty dok info nya yg dulu kasih tau saya jgn di kasih makan fcat buat landak mini saya.. work bgt sampai skrng landak saya sehat gak pernah ngalamin sakit perut lg, n gak muntah muntah lg... thank dok

    ReplyDelete
  5. Dok bisa kasih resep raw food buat kucing yg sehat ga
    Sy mau selang seling kasih makan buat kucing sy

    ReplyDelete
    Replies
    1. ide bagus. nanti akan saya susun artikelnya. tunggu aja.. :)

      Delete
  6. Oh ya dok mau tanya jg nih , resep raw food yg beredar di internet ini rata" ga dimasak, kan itu berbahaya kan krn bs terjangkit tokso, klo semisal sy kukus dulu hingga matang gmn ya ? Dan spngetahuan sy kucing suka berbau amis otomatis klo di masak bau amisnya akan hilang sdkit , apa kucingnya tetep mau makan dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau bebas tokso, yang penting adalah cuci bersih sebelum diberikan. opsi lain, bisa disiram pake air panas sebelum diberikan. direbus dulu juga boleh, tapi bagusnya sih cukup disiram pake air mendidih aja... :)

      sayuran sebenernya boleh aja buat selingan. lagi say tulis artikelnya... :)

      Delete
  7. Dan misal aku mix sm sayur kira" mau makan ga dok ya ? Misalnya wortel
    Dan misal minumnya aku kasih jus pepaya boleh ga dok, tp pepayanya encer, apa boleh dok

    ReplyDelete
  8. ini jawaban yg sangat lucu dok
    jelas2 kucing itu carnivora
    dikasih makan nasi??
    drh. wesi prayudha

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal, drh wesi.
      senang bisa berkenalan di blog sederhana saya ini. mohon koreksinya kalau ada pendapat saya yang keliru ya dok. sekali lagi, salam kenal.. :)

      mengenai saya yang memberikan kucing saya nasi, sebenernya itu dulu banget. kucing peliharaan keluarga sebelum kucing saya yang sekarang, si Anjing. tentu saya tidak menyarankan kucing diberikan nasi, kecuali emang diperlukan... :)

      mungkin dokter lebih tahu dan berpengalaman dari saya, bisa share pengetahuan di sini? saya akan senang sekali bisa mendapatkan pengetahuan baru... :)

      salam, drh fira. :)

      Delete
    2. saya sangat senang kalau dokter bisa jadi kontributor di blog sederhana saya ini, tentu credit atas artikel yang dibuat dan jawaban drh wesi atas pertanyaan2 yang masuk akan saya cantumkan. :)

      sekali lagi, terima kasih banyak atas kunjungan dan waktunya... salam. :)

      Delete
  9. Makanan pengganti Cf buat landak mini apa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, bisa kasih kacang tanah cincang atau biji bunga matahari yang tawar. bisa juga kasih ulat hongkong sebagai makanan tambahannya. :)

      mau pelihara landak mini, mbak? ada kok artikelnya... :)

      Delete
    2. Pokoknya kacang2an gtu ya dok,

      Saya ternak landak mini dok, tapi selama saya kasih Cf gak ada yg sampe mual, sakit juga jarang, alhamdulillah

      Delete
    3. ohh... :D
      kemaren bukannya pelihara sg atau burung hantu gitu ya? :D

      Delete
  10. mau tanya dok, beberapa produk dogfood memberikan penjelasan tidak menggunakan bahan pengawet/bahan kimia, menuliskan menggunakan bahan alami, makanan jenis seperti itu apakah baik buat musang dan setiap pemberian berapa banyak dok untuk harian,, untuk buah tidak pernah terlambat setiap makan selalu ada buah pisang kepok. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk dogfood sebenernya sama aja, sama beresiko kankernya. yang bagus buat musang tetep buah..

      NAMUN, kalau sesekali dikasih dogfood, aman-aman aja kok. misalnya seminggu sekali. atau dua minggu sekali. gak apa2. :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.