Sunday, April 12, 2015

Penyebab Kematian Unggas Ternak | Drh. Fira Sovica

Penyebab ayam ternak sering mati mendadak

kadang ditanyakan kepada saya, terutama oleh mereka yang pemula dalam memelihara ayam. Penyebab unggas ternak yang sering mati mendadak ada banyak sebab, namun biasanya karena ketidaktahuan peternak. Bagi anda yang mau mencoba ternak sugar glider, anda bisa membaca artikel cara ternak sugar glider.
Image taken from hargaayam.wordpress.com


  • Unggas ternakan seperti ayam, bebek, mentok, dan lain sebagainya memang sangat rentan stress. Terutama jika unggas yang dipelihara adalah unggas anakan (DOC, DOD). Umumnya, penyebab kematian unggas ternak yang mati mendadak adalah karena adanya bunyi-bunyi mengagetkan yang membuat unggas stress, selain juga karena penyakit. Unggas yang mati karena stress akibat bunyi yang mengagetkan biasanya tidak memiliki ciri khusus. Tidak ditemukan adanya pertanda kematian ini biasanya membuat para peternak unggas kebingungan.
  • Bagi anda yang mau beternak unggas baik itu berupa ternak ayam, ternak bebek, atau ternak unggas lainnya, sebaiknya pilih lokasi kandang yang bebas bunyi-bunyi mengangetkan dan gangguan-gangguan sejenisnya.
Demikian artikel singkat mengenai

penyebab kematian unggas ternak

. Artikel ini saya harapkan bisa membantu anda dalam memelihara ternak unggas anda dengan baik dan benar. Terima kasih. (FS)

20 comments

Ayam kampung sy 3 ekor kok mati ya? Sy lepas udh hampir bbrp bulan, sy pelihara dari desember 2016, kemarin bru mati, apa faktor cuaca dok?

banyak sebab. salahsatunya iya, cuaca.
tapi biasanya kalo ayam kampung utamanya sih penyakit, mas.... kalo cuaca, ayam kampung lebih kuat dan tahan....

kecuali kalo ayam kampung anakan: bisa juga dari cuaca (1), kemudian penyakit (2), dan kemudian insiden (jatuh dll)....

Sy kampung super (blaster) dok, ada campuran negri sm bangkokny

oooh... :)
mas coba kasih super-n ke ayamnya. setetes setiap hari aja...

Oke dok.. oh iya, klo bebek biar nggk terlalu bau dikasih apa ya dok?

ada suplemen biar feses bebek gak bau. kayak probiotik gitu. saya lupa namanya apa, hehehehe...

Kira kira carinya dmn & brp hrgny, vebek klo dilepas bisa balik ky ayam nggk dok?

mending jangan dilepas liar dulu mas. ayam kayak gitu suka dicuri...

cek aja di google coba. probiotik hewan agar feses tidak bau.

Iya juga sih dok, ayam bangkok sy jg pernah ilang dua hari, pdhl kandangnya di samping pos hansip, trus bbrp hari kemudian nemu do pemulung, nebus 20k deh... Rugi dikit sih, dripada beli baru 50k ekwkek

Di toko burung/unggas di sekitar saya gaada dok probiotiknya

iya. dulu kebetulan kami sekeluarga ternak ayam juga. plus, kakek punya beberapa koleksi ayam kate. dan sering tuh dicuri... karena emang dilepas liar...

tempo hari kakak saya beli probiotik ayam di tokopedia, mas... bisa kirim kok...

Oke.. nanti saya cari

Saya malah lebih lucu dok kasusnya, aymnya saya kurung di kandang posisi pintu ketutup (penahan pintu jg udh fix) trus entah kenapa kata hansip pqgi pqgi ayam sy lepas 1 trus dimasukin lgi (hansipnya nggk tau sy puny 2), trus bbrp hri dicari ketemu

lah, kok bisa? syukurlah ketemu...

sekarang gimana keadaan ayamnya, mas? :)

kasih super-n aja setetes setiap hari...

Sering megap megap dok, ky aus gitu, pdhl minum ada 1 gallon, jarang keliatan makan jg dok ayam bangkok sy, nggk serakus ayam kampung sy yg dlu, bebek sy jg jarang makan dok skrg

kalo megap megap kayak gitu biasanya karena dia kepanasan, mas.... tempatnya kepanasan... jadi mending pindahkan ke yang adem...

Kandangnya adem dok, soalny di teras sy taronya, skrg malah lgi sering ujan dok

cek lubang hidungnya. apakah ada pilek or something. kalau cuaca lagi bagus, bisa jemur juga pagi2. jangan lama2...

super-n udah dikasih, mas? :)

Udh dok, tpi masih megap, klo idung kykny normal dok, tpi ayam sy yg betina nggk megap

pisahkan aja yang megap2 ke kandang sendiri. jangan disatuin. terus rutin kasih super-n. dan pastikan kandangnya hangat....

terus observasi aja dulu sampe 2 hingga 5 hari ke depan, mas....

Kemaren ayam sy mati 1 dok (ayam negri) itu krn kegemukan atau knp ya dok?

banyak sebab sih mas. tapi sebelum mati, tepatnya beberapa hari sebelum mati, biasanya keliatan tuh dari fesesnya....


Silakan upload gambar.