Sunday, April 12, 2015

Penyebab Kematian Unggas Ternak | Drh. Fira Sovica

Penyebab ayam ternak sering mati mendadak

kadang ditanyakan kepada saya, terutama oleh mereka yang pemula dalam memelihara ayam. Penyebab unggas ternak yang sering mati mendadak ada banyak sebab, namun biasanya karena ketidaktahuan peternak. Bagi anda yang mau mencoba ternak sugar glider, anda bisa membaca artikel cara ternak sugar glider.
Image taken from hargaayam.wordpress.com


  • Unggas ternakan seperti ayam, bebek, mentok, dan lain sebagainya memang sangat rentan stress. Terutama jika unggas yang dipelihara adalah unggas anakan (DOC, DOD). Umumnya, penyebab kematian unggas ternak yang mati mendadak adalah karena adanya bunyi-bunyi mengagetkan yang membuat unggas stress, selain juga karena penyakit. Unggas yang mati karena stress akibat bunyi yang mengagetkan biasanya tidak memiliki ciri khusus. Tidak ditemukan adanya pertanda kematian ini biasanya membuat para peternak unggas kebingungan.
  • Bagi anda yang mau beternak unggas baik itu berupa ternak ayam, ternak bebek, atau ternak unggas lainnya, sebaiknya pilih lokasi kandang yang bebas bunyi-bunyi mengangetkan dan gangguan-gangguan sejenisnya.
Demikian artikel singkat mengenai

penyebab kematian unggas ternak

. Artikel ini saya harapkan bisa membantu anda dalam memelihara ternak unggas anda dengan baik dan benar. Terima kasih. (FS)


Silakan upload gambar.